10 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Orang Dewasa dan Anak Bayi Campur Flu

loading...
Sakit radang tenggorokan adalah hal yang lumrah. Penyakit ini biasa menyerang anak-anak dan orang dewasa tanpa pandang usia. Biasanya, sakit tenggorokan muncul pada saat pergantian cuaca atau dikarenakan aktivitas yang berat yang membuat daya tahan tubuh melemah dan virus atau bakteri penyebab sakit tenggorokan datang menimbulkan infeksi. Penyakit ini sama seringnya seperti sakit batuk atau pilek. Untuk mengetahui Cara Mengatasi Radang Tenggorokan  dan flu bisa dengan mengetahui penyebabnya dulu misalnya dengan mengganti menu makanan yang lebih sehat. Sebab, makanan juga bisa menjadi jalan virus atau bakteri masuk dalam tubuh.

Upaya pencegahan dan penanganan secara tepat dan serius tentu saja dibutuhkan guna mengatasi masalah radang tenggorokan. Karena, saat sakit tenggorokan muncul dan disertai peradangan, penderita akan merasa tidak nyaman untuk makan, minum ataupun beraktivitas. Dalam mencari Cara Mengatasi Radang Tenggorokan, hal yang harus diketahui juga adalah jenis-jenis radang itu sendiri. Anda mungkin pernah mendengar faringitis yang muncul dikarenakan adanya infeksi di daerah tenggorokan atau faring. Infeksi ini jika dibiarkan tanpa diberikan penanganan yang serius sudah pasti akan memicu peradangan di tenggorokan. Virus menjadi 80% penyebab utama dalam masalah radang tenggorokan.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Orang Dewasa

10 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Orang Dewasa dan Anak Bayi Campur Flu
Saat radang tenggorokan muncul, penderita akan mengalami penurunan daya tahan tubuh dengan ditandai adanya panas tinggi atau demam. Biasanya, penderita terkena radang tenggorokan karena alergi, bakteri, aktifitas rokok, debu, terlalu sering makan makanan pedas, banyak minum alkohol dan es serta asam lambung yang naik ke tenggorokan. Namun, jika anda tergolong orang yang tidak ingin buru-buru periksa ke dokter, anda bisa mengatasi radang tenggorokan dengan menggunakan Cara Mengatasi Radang Tenggorokan secara alami di rumah.
1. Gunakan bawang putih
Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Orang Dewasa dan Anak Bayi Campur Flu
Sebagai bumbu dapur, bawang putih seringkali dijumpai dalam berbagai jenis makanan. Bawang putih ternyata tidak hanya berfungsi sebagai bumbu masak loh. Bahan masakan yang satu ini juga cukup dikenal sebagai obat dari radang tengorokan. Sehingga, menggunakan bawang putih untuk menyembuhkan radang tenggorokan bisa lebih cepat, tepat dan aman untuk dikonsumsi.

Caranya:
Cukup siapkan 1 siung bawang putih, kupas bersih dan cuci. Anda bisa mengunyahnya begitu saja. Dengan mengunyah bawang putih, maka tubuh anda akan mendapatkan cairan alicin yang bisa membuat radang tenggorokan anda pulih secara bertahap. Untuk melakukannya, lakukan secara teratur sampai anda merasa bahwa radang tenggorokan anda sembuh.

2. Lemon
Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Orang Dewasa dan Anak Bayi Campur Flu
Untuk radang tenggorokan yang disebabkan oleh sakit amandel, gunakan lemon sebagai bahan yang tepat guna menyembuhkannya. Semua orang pun tahu bahwa lemon dilengkapi dengan kandungan vitamin C yang terbilang tinggi. Sehingga, bisa menjadi Cara Mengatasi Radang Tenggorokan yang aman, praktis dan ampuh.

Caranya:
Siapkan 1 buah lemon dan bilas sampai bersih dulu. Ambil air lemon dengan diperas. Air perasan lemon dicampur dengan secangkir air hangat dan aduk sampai benar-benar rata. Hindari menambahkan gula atau pemanis apapun, sebab khasiatnya akan hilang untuk menyembuhkan sakit tenggorokan terutama radang amandel. Minum secara rutin dan teratur setiap harinya saat tenggorokan terasa sakit. Anda bisa berhenti meminumnya jika terasa tenggorokan benar-benar sembuh.

3. Jus belimbing
Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Orang Dewasa dan Anak Bayi Campur Flu
Banyak orang yang benar-benar suka dengan belimbing karena rasanya yang enak. Anak-anak dan orang dewasa gemar menyantapnya. Tetapi, tahukah anda manfaat belimbing untuk kesehatan? Ya, belimbing sangat efektif jika digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan. Menggunakan belimbing pun bisa jadi solusi yang baik, apalagi jika di daerah anda tidak sulit mencari buah belimbing di pasar dengan harga yang ekonomis.

Caranya:
Siapkan belimbing matang dan dicuci sampai benar-benar bersih. Belimbing yang sudah dicuci bersih, diblender beberapa menit hingga halus. Hindari penambahan gula atau pemanis lainnya yang membuat khasiatnya hilang. Minum jus belimbing sebanyak 3 kali dalam sehari secara rutin. Dalam kurun waktu yang tak lama, radang tenggorokan pun bisa disembuhkan.

4. Gunakan air garam
Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Orang Dewasa dan Anak Bayi Campur Flu
Cara lainnya yang bisa anda gunakan sebagai Cara Mengatasi Radang Tenggorokan dengan cepat adalah air garam. Banyak orang memilih menggunakan air garam sebagai solusi sakit gigi, tetapi air garam juga besar manfaatnya untuk menyembuhkan radang tenggorokan.

Caranya:
Siapkan air hangat sedikit, campurkan dengan garam 1/2 sdm. Aduk hingga garam benar-benar larut. Gunakan sebagai air kumur untuk mengobati radang tenggorokan. lakukan 1 kali sehari secara rutin supaya sakit tenggorokan anda bisa segera sembuh.

5. Teh jahe
Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Orang Dewasa dan Anak Bayi Campur Flu
Cara mengatasi radang amandel selanjutnya adalah dengan menggunakan teh jahe. Campuran teh dan jahe akan memberikan rasa menenangkan pada radang tenggorokan. Cara ini bisa dilakukan di rumah, sehingga anda bisa bersantai dengan menyeruput minuman yang masih hangat ini.

Caranya:
Ambil satu ruas jahe dan memarkan. Rebus jahe dalam setengah gelas air. Tambahkan air seduhan teh dan minum saat masih hangat. Cara ini sudah pasti dapat melegakan tenggorokan.

6. Teh chamomile dan madu
Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Orang Dewasa dan Anak Bayi Campur Flu
Teh chamomile juga bisa menjadi pilihan anda untuk menikmati minuman hangat saat tenggorokan terasa sakit akibat peradangan dan dapat meringankan sakitnya guna menelan makanan atau minuman lebih mudah. Campuran madu bisa memberikan penyembuhan pada area tenggorokan yang mengalami peradangan karena madu yang kaya akan nutrisi.

Caranya:
Siapkan teh chamomile dan seduh dalam secangkir air hangat. Tambahkan 1 sendok madu. Jika tidak ada madu, jangan menggunakan gula atau pemanis buatan lainnya.

7. Air kunyit dan garam
Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Orang Dewasa dan Anak Bayi Campur Flu
Jika anda ingin yang lebih ampuh sebagai Cara Mengatasi Radang Tenggorokan tanpa harus ke dokter selain berkumur dengan air garam, tambahkan kunyit. Kunyit memiliki kandungan yang positif guna mengatasi masalah peradangan di tenggorokan.

Caranya:
Rebus 1 ruas kunyit dan tuang air rebusan kunyit pada cangkir kecil. Ambil 1/2 sdm. Garam dan campurkan. Aduk perlahan sampai ramuan benar-benar rata. Cara ini dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh bakteri penyebab radang. ini juga bisa untuk cara mengatasi radang tenggorokan pada anak anda yang mengalami sakit tenggorokan .

8. Daun kemangi
Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Orang Dewasa dan Anak Bayi Campur Flu
Bagi pecinta daun kemangi, mereka cenderung mengkonsumsi daun kemangi sebagai lalapan. Namun, saat anda mengalami radang tenggorokan, daun kemangi bisa menjadi obat alami yang mempercepat penyembuhan peradangan di tenggorokan.

Caranya:
Rebus daun kemangi. Ambil airnya dan gunakan sebagai air untuk berkumur atau diminum tanpa campuran apapun.

9. Madu dan lemon
Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Orang Dewasa dan Anak Bayi Campur Flu
Madu dan lemon memiliki kandungan antibiotik alami yang sangat bagus untuk mempercepat proses penyembuhan peradangan yang bisa membantu membuat anda merasa lebih baik dalam mengatasi rasa sakit di tenggorokan.

Caranya:
Campurkan madu dan perasan lemon dalam segelas air hangat. Pastikan jika anda tidak menambah pemanis lainnya termasuk gula. Tips diatas bisa juga digunakan sebagai cara mengatasi radang tenggorokan pada bayi usia 1 tahun .

10. Hisap uap air panas
Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Orang Dewasa dan Anak Bayi Campur Flu
Cara ini terbilang cara tradisional yang juga sangat bagus sebagai Cara Mengatasi Radang Tenggorokan. Bahkan, nenek moyang kita memilih melakukannya guna meredakan rasa sakit di tenggorokan. Cara ini bekerja secara efektif untuk meredakan nyeri tenggorokan.

Caranya:
Siapkan air panas, dan hisap uapnya. Lakukan dalam kondisi yang rileks dan santai.
Baca juga :12 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami Dengan Cepat

Itulah 10 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan yang bisa kami berikan untuk orang dewasa. Kunci utama adalah menangani radang tenggorokan sejak dini sehingga tidak benar-benar parah, menjaga kebersihan, menghindari polusi, hindari merokok dan makan makanan sehat yang bernutrisi sehingga bisa mempercepat penyembuhan radang tenggorokan.

Artikel Terkait