10 Nama Obat Radang Tenggorokan Tradisional Pada Orang Dewasa paling Ampuh

Loading...
Radang tenggorokan juga dikenal sebagai faringitis. Penyakit ini kerap terjadi dikarenakan masalah infeksi pada daerah tenggorokan. Umumnya, penyakit radang tenggorokan bisa sembuh sendiri dalam kurun waktu 4 sampai 5 hari tanpa diberikan Obat Radang Tenggorokan.

Jika anda memiliki masalah dengan tenggorokan yang sakit dan terjadi peradangan, dianjurkan untuk mengenali gejalanya terlebih dahulu sebelum memberikan obat.

Nama Obat Radang Tenggorokan Tradisional Pada Orang Dewasa
10 Nama Obat Radang Tenggorokan Tradisional Pada Orang Dewasa

Gejala yang terjadi saat sakit radang tenggorokan adalah amandel yang berubah memerah diserta pilek dan bersin-bersin. Penderita juga mengalami sakit kepala, mual bahkan hingga muntah. Dalam beberapa kasus, radang tenggorokan membuat penderita demam atau seperti panas dingin. Tenggorokan terasa kering dan kelenjar rahang atau leher yang sakit akan mengalami pembengkakan. Tanda lainnya adalah muncul bercak putih di amandel. Biasanya, penderita juga batuk yang rasanya cukup nyeri di tenggorokan. Walaupun penyakitnya tidak tergolong berbahaya, membiarkan radang tenggorokan sudah pasti membahayakan anda. Untuk itu, dibutuhkan Obat Radang Tenggorokan yang alami yang bisa anda gunakan di rumah jika tidak ingin pergi ke dokter dulu.

Nah, jika anda sudah mengalami berbagai gejala seperti yang sudah disebutkan tadi, segera lakukan pengobatan agar bisa cepat disembuhkan. Caranya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa membuat radang tenggorokan menjadi sedikit berkurang. Sehingga, anda bisa kembali nyaman beraktivitas dan tidak mengurangi produktivitas. Untuk membantu anda, berikut Obat Radang Tenggorokan tradisional yang sangat ampuh, terutama untuk orang dewasa.

1. Belimbing

Obat Radang Tenggorokan
Jus belimbing bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi masalah radang tenggorokan. Jus ini mampu
mengobati radang tenggorokan dengan rasanya yang enak dan tentunya aman untuk kesehatan.

Caranya:
Siapkan dua buah belimbing dan cuci bersih. Masukkan buah kedalam blender dan buat jus. Hindari menambahkan gula atau pemanis lainnya agar khasiatnya tidak hilang. Minum selama tenggorokan sakit. Dengan meminum jus belimbing secara rutin, tenggorokan bisa terasa lebih membaik.

2. Daun kemangi

Obat Radang Tenggorokan
Jika anda tidak ingin mencoba membuat jus belimbing, solusi lainnya adalah daun kemangi. Tentu saja bagi pecinta daun kemangi yang kerap dimakan sebagai lalap, daun ini bisa menjadi obat yang mujarab untuk gangguan tenggorokan terutama radang. Apalagi jika di pekarangan rumah anda sudah ada tanaman kemangi yang sengaja anda tanam. Selain praktis, anda bisa membuatnya sendiri dengan cepat karena kemudahannya membuat Obat Radang Tenggorokan dari daun ini.

Caranya:
Siapkan daun kemangi sesuai selera dan cuci bersih. Rebus daun kemangi dengan air secukupnya. Air rebusan kemangi diminum untuk mengobati radang tenggorokan. Lakukan terus secara rutin sampai anda merasa bahwa radang tenggorokan anda sudah membaik dan sembuh.

3. Madu dan lemon

Obat Radang Tenggorokan
Bagi yang muslim, sudah tentu mereka mengimani bahwa madu adalah obat untuk segala penyakit sebab sudah disebutkan dalam kitab sucinya. Menggunakan madu dan lemon bisa mengobati radang tenggorokan secara efektif. Yang perlu anda lakukan hanyalah meminumnya secara rutin sebagai Obat Radang Tenggorokan.

Caranya:
Siapkan 2 buah lemon dan madu. Ambil sari lemon dengan diperas dan siapkan secangkir air hangat. Masukkan air lemon serta campurkan dengan madu dalam air hangat tersebut. Aduk sampai benar-benar rata dan anda siap meminumnya. Dengan meminum ramuan ini secara teratur, berangsur-angsur peradangan di tenggorokan bisa disembuhkan.

4. Teh hijau

10 Nama Obat Radang Tenggorokan Tradisional Pada Orang Dewasa paling Ampuh
Teh hijau dipercaya dapat menambah kecantikan tubuh, tetapi ada khasiat lain yang bisa anda temukan dalam teh hijau yakni dengan menggunakannya sebagai Obat Radang Tenggorokan

5. Jahe

10 Nama Obat Radang Tenggorokan Tradisional Pada Orang Dewasa paling Ampuh
Anda bisa menggunakan jahe merah atau kuning untuk mengobati radang tenggorokan. Selain melegakan tenggorokan, jahe memberikan rasa hangat yang bisa meringankan peradangan dan secara perlahan bisa menyembuhkan radang.

Caranya: seduh jahe dan buat minuman air jahe.

6. Bawang putih

10 Nama Obat Radang Tenggorokan Tradisional Pada Orang Dewasa paling Ampuh
Bawang putih sangat kaya dengan antioksidan yang bisa membantu menyembuhkan masalah peradangan atau pembengkakan yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Bawang putih menjadi cara efektif yang banyak dipilih orang karena fungsinya yang terbilang cepat untuk mengatasi radang tenggorokan sebagai Obat Radang Tenggorokan.

Caranya:
Jika anda tidak keberatan, kunyah bawang putih yang masih mentah dan makan.

7. Gunakan air garam untuk berkumur

10 Nama Obat Radang Tenggorokan Tradisional Pada Orang Dewasa paling Ampuh
Rasa sakit yang disebabkan oleh radang tenggorokan sudah pasti membuat anda merasa tidak nyaman dan selera makan pun hilang. Pengobatan paling mudah yang bisa dilakukan pertama kali adalah dengan berkumur air garam.

Caranya:
Ambil garam secukupnya dan campurkan dengan air hangat. Air garam digunakan untuk berkumur sangat baik guna mencegah infeksi radang tenggorokan sehingga bisa meringankan rasa sakitnya. Air garam sangat ampuh untuk mencegah radang menjadi sangat parah. Oleh karena itu, seringlah berkumur dengan air garam jika sedang mengalami radang tenggorokan dan gunakan untuk Obat Radang Tenggorokan.

8. Konsumsi buah

10 Nama Obat Radang Tenggorokan Tradisional Pada Orang Dewasa paling Ampuh
Selain kaya vitamin, antioksidan dan mineral, buah bisa dikonsumsi saat anda mengalami masalah dengan tenggorokan. Buah juga besar manfaatnya dalam memberikan nutrisi sehingga bisa membuat mulut dan tenggorokan tetap terjaga dalam hal kesehatannya. Vitamin dari buah juga akan membantu tubuh agar tetap fit, tidak kekurangan nutrisi sehingga jauh dari gangguan virus maupun bakteri.

Caranya:
Caranya cukup mudah, yakni dengan membiasakan diri untuk terus mengkonsumsi buah-buahan segar yang kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral seperti apel, jeruk dan lainnya. Biasakan mengkonsumsi minimal dua jenis buah yang berbeda setiap harinya.

9. Perbanyak minum air putih

10 Nama Obat Radang Tenggorokan Tradisional Pada Orang Dewasa paling Ampuh
Air putih adalah salah satu asupan penting bagi tubuh, sebab hampir seluruh organ dalam tubuh kita bekerja dengan kebutuhan air yang cukup banyak. Menjaga agar tidak pernah kekurangan cairan setiap hari adalah tugas yang harus anda lakukan saat sakit tenggorokan atau dalam keadaan sehat. Dengan memperbanyak minum air putih, kesehatan mulut akan terjaga, begitu juga dengan tenggorokan yang bisa menjadi langkah awal untuk mencegah perkembangan virus dan bakteri dalam tubuh dan bekerja sebagai Obat Radang Tenggorokan.

Caranya:
Biasakan untuk setiap harinya meminum 8 gelas air mulai bangun tidur hingga hendak tidur lagi menjelang malam.

10. Meminum obat pereda nyeri dan demam

10 Nama Obat Radang Tenggorokan Tradisional Pada Orang Dewasa paling Ampuh
Di apotek, ada beberapa pilihan obat yang bisa meredakan nyeri dan demam yang timbul dikarenakan adanya peradangan di area tenggorokan anda. Misalnya, acetaminophen, ibuprofen dan juga aspirin yang hanya digunakan oleh orang dewasa saja. Semua jenis obat tersebut dapat ditemukan dan dijual bebas di apotek tanpa adanya resep dokter. Tetapi, anda harus benar-benar memperhatikan kontraindikasi serta dosisnya.
Baca juga : Jenis-Jenis Penyakit Tenggorokan
Itulah 10 Obat Radang Tenggorokan yang bisa anda lakukan secara tradisional. Cara terakhir adalah dengan bantuan obat-obatan medis agar anda bisa menyembuhkan radang tenggorokan secara cepat dan efektif. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan agar masalah radang tenggorokan tidak muncul lagi adalah dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun setelah menggunakan toilet, bersin, batuk, sebelum makan dan setelahnya. Paparan asap rokok, kebiasaan merokok dan polusi udara bisa menjadi penyebab radang tenggorokan kembali muncul.
Loading...

Artikel Terkait