7 Obat Sakit Tenggorokan Saat Menelan Ampuh Dengan Herbal Tradisional

Obat Sakit Tenggorokan bisa dengan menggunakan ramuan herbal tradisional yang terbilang ampuh dan efektif. Bahannya bisa ditemukan secara mudah di sekitar pekarangan rumah seperti jeruk lemon, madu, garam atau lainnya. Saat sakit tenggorokan, bisa diobati dengan bahan-bahan tersebut dan khasiatnya juga hampir sama dengan obat modern. Berbeda jika kondisinya adalah penderita yang mengalami komplikasi berat akibat sakit tenggorokan yang semula hanya dibiarkan begitu saja tanpa diberikan perlakuan apapun.

Obat alami berikut bisa memberikan khasiat yang membantu anda meredakan sakit tenggorokan secara perlahan-lahan jika dilakukan secara rutin dan bisa sembuh total. Sebab Obat Sakit Tenggorokan herbal dan tradisional dibuat dari bahan-bahan alami, tentu tidak akan memberikan efek sampingnya yang pendek atau panjang terutama untuk kesehatan ginjal dan liver sebab cenderung tidak memiliki kandungan kimia yang susah disaring oleh tubuh.

7 Obat Sakit Tenggorokan Saat Menelan Ampuh Dengan Herbal Tradisional
7 Obat Sakit Tenggorokan Saat Menelan Ampuh Dengan Herbal Tradisional

Sebelum mengobati sakit tenggorokan yang anda derita, perlu diketahui bahwa ada bermacam-macam penyebab sakit tenggorokan. Umumnya adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dan juga bakteri. Virus kerap kali menjangkiti para penderita sakit tenggorokan dan bisa sembuh sendiri seiring jalannya waktu. Sehingga, anda tidak perlu kuatir atau bahkan menggunakan antibiotik untuk melawannya. Sebab, yang perlu anda lakukan adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh melalui makanan yang lebih bergizi dan menghindari kebiasan hidup buruk seperti merokok, minum alkohol, makan mie instan atau lainnya yang hanya membuat tubuh tidak bisa melawan virus tersebut karena kurangnya imun. Untuk itu, Obat Sakit Tenggorokan dengan cepat sembuh bisa juga didapatkan melalui makanan yang dicerna oleh tubuh terutama jika sakit tenggorokan yang anda alami disebabkan oleh virus.

Karena tidak membutuhkan pengobatan yang serius, obat alami bisa anda pilih untuk meringankan hingga menyembuhkan sakit tenggorokan. Selain rasanya yang mengganggu dan membuat aktivitas sehari-hari anda menjadi tidak nyaman, sakit ini sangat mudah datang terutama jika kondisi tubuh mudah menurun. Untuk membantu anda mempermudah menemukan obat untuk sakit tenggorokan secara alami, berikut daftar yang bisa anda coba.

1. Jeruk lemon

Obat Sakit Tenggorokan dengan lemon
Kandungan jeruk lemon sangatlah besar sebagai cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, jeruk lemon juga sangat berkhasiat guna mengatasi masalah asam lambung dan mencegah sesak nafas. Buah ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan secara alami.

Caranya:
Campurkan 1 sendok teh air perasan lemon dalam segelas air matang. Perasan air lemon bisa membantu meredakan peradangan di tenggorokan karena adanya astringen dalam lemon dan dapat menciptakan sensasi yang bisa membunuh semua virus serta kuman dalam tenggorokan dan efektif untuk Obat Sakit Tenggorokan alami.


2. Cengkeh
7 Obat Sakit Tenggorokan Saat Menelan Ampuh Dengan Herbal Tradisional
Cengkeh juga disebut sebagai cengkih yang sangat dipercaya dalam mengobati sakit tenggorokan sebagai bahan herbal yang efektif. Cara membuatnya juga terbilang mudah. Kandungan antibakteri dalam cengkeh serta anti radang membuat bahan alami ini bisa meredakan sakit tenggorokan. Untuk mendapatan cengkeh bubuk, anda bisa pergi ke pasar tradisional atau toko obat tradisional.

Caranya:
Campurkan cengkeh dan air dan gunakan untuk berkumur.

3. Madu
7 Obat Sakit Tenggorokan Saat Menelan Ampuh Dengan Herbal Tradisional
Madu sangat digemari oleh banyak kalangan karena rasanya yang enak dan manis. Madu bisa digunakan sebagai Obat Sakit Tenggorokan Tradisional  dengan kandungan sifat antibakteri, antijamur dan antivirus yang bisa membantu tubuh guna melawan infeksi kuman di tenggorokan.

Caranya:
Campurkan satu sendok makan madu dengan satu gelas air hangat. Air panas tidak dianjurkan untuk digunakan sebab hanya akan merusak nutrisi madu. Buat konsistensi madu yang lembut supaya radang tenggorokan cepat reda. Jika anda suka, anda bisa membuat campuran air teh dengan perasan lemon dan ditambahkan madu.

4. Larutan garam
7 Obat Sakit Tenggorokan Saat Menelan Ampuh Dengan Herbal Tradisional
Garam bisa digunakan dengan membuat larutan garam sebagai obat kumur yang bekerja untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Cara ini terbilang populer di seluruh dunia.

Caranya:
Siapkan 1 gelas air putih hangat dan garam 1/4 sendok teh. Anda disarankan untuk menggunakan air matang yang hangat yang kira-kira membuat anda nyaman untuk menggunakannya sebagai obat kumur. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan air dingin karena mengurangi keefektifannya dalam meredakan rasa sakit atau membunuh kuman.

Anda juga bisa menambahkan 1 sendok makan listerin supaya kuman cepat mati. Larutan ini bisa membantu menetralkan asam di tenggorokan, meredakan nyeri dan rasa terbakar, serta membantu penyembuhan saluran tenggorokan. Larutan ini hanya untuk berkumur dan tidak untuk ditelan sebagai herbal Obat Sakit Tenggorokan Ampuh.


5. Teh hangat
7 Obat Sakit Tenggorokan Saat Menelan Ampuh Dengan Herbal Tradisional
Obat Sakit Tenggorokan berikut bisa menjadi cara termudah untuk anda gunakan. Sebab, semua orang suka meminum teh hangat. Jadi, tidak akan sulit untuk anda membiasakan diri meminum teh hangat saat tenggorokan sedang sakit. Teh adalah pilihan tepat untuk obat alami penderita sakit tenggorokan karena tergolong ampuh dan rasanya yang nikmat. Kandungan antioksidan yang cukup banyak dalam minuman ini bisa membantu tubuh untuk melawan infeksi dalam tenggorokan dan meredakan rasa nyeri. Teh juga bisa menjadi cara yang tepat untuk dicampurkan dengan perasan lemon dan madu.

Caranya:
Campurkan teh hangat dengan perasan lemon dan madu. Atau, anda bisa meminum teh hangat saja.

6. Sup ayam
7 Obat Sakit Tenggorokan Saat Menelan Ampuh Dengan Herbal Tradisional
Jika anda benar-benar merasa kesulitan untuk menelan karena rasa sakit di daerah tenggorokan, buat diri anda nyaman dengan menyajikan sup ayam untuk memanjakan diri. Sup ayam dengan kaldu bisa membantu mengatasi sakit tenggorokan karena kandungan efek anti radang dalam kaldu tersebut dan adanya natrium yang bisa meredakan sakit tenggorokan. Jadi, dengan menyajikan makanan ini anda juga bisa meningkatkan nafsu makan yang hilang karena sakit tenggorokan.

Caranya:
Campurkan ayam dengan sayuran lainnya sesuai selera dan masak seperti membuat sup. Asupan nutrisi yang besar dalam sayur dan kaldu ayam bisa menjadi senjata sebagai Obat Sakit Tenggorokan Saat Menelan air ludah.
Baca juga : Radang Tenggorokan Dan Demam Serta Cara Mengobatinya
7. Air putih
7 Obat Sakit Tenggorokan Saat Menelan Ampuh Dengan Herbal Tradisional
Air putih memiliki khasiat yang sangat besar untuk tubuh. Peranannya terbilang penting dalam menjaga tubuh agar tidak kurang cairan. Dengan meminum air putih yang cukup, mukosa atau dinding tenggorokan menjadi terus lembab sehingga dahak yang kental dalam tenggorokan bisa menjadi encer dan tubuh bisa dengan mudah mengeluarkan infeksi kuman. Jika warna urin tampak gelap, itu artinya tubuh anda sedang kurang cairan dan kurang air putih. Untuk itu, perbanyak minum air putih sampai warna urin tampak kuning muda atau jernih. Dengan air putih, tubuh tidak akan dehidrasi.

Jika anda bukan tipikal orang yang suka minum air putih pun tak masalah, selama anda mau minum air teh, air dari makanan dan sayuran seperti kuah sop dan air dari segelas susu sebagai Obat Sakit Tenggorokan.

Nah, itulah Obat Sakit Tenggorokan susah menelan tanpa harus ke apotek yang bisa anda gunakan di rumah sebagai obat herbal dan alami. Jika sakit tenggorokan anda tidak kunjung sembuh bahkan membuat anda susah bernapas, sulit menelan, sulit membuka mulut dengan rasa kaku dan seperti ada yang menahan, demam lebih dari 38 derajat C, air liur yang sering keluar mulut, sakit tenggorokan hingga 1 minggu dan gejala lainnya, maka segera konsultasi ke dokter.

Artikel Terkait