Obat Tenggorokan Gatal Dan Batuk Kering Juga Batuk Berdahak paling ampuh Cepat dan Tepat

Loading...
loading...
Obat Tenggorokan Gatal  . Batuk yang muncul biasanya diserta dengan gejala awal seperti tenggorokan gatal dan batuk berdahak. Bahkan, penderita cenderung mengalami suara yang berubah seperti serak dan berat. Jika anda terkena batuk berdahak, intonasi suara sudah pasti berubah. Sebab, penderita batuk akan mengalami gangguan di pita suara dan bahkan bisa mengalami gangguan telinga dengan suara yang berdengung. Karena sangat mengganggu, banyak penderita ingin segera menuntaskan masalah apapun yang berkaitan dengan gejala awal batuk termasuk batuk kering dengan menggunakan Obat Tenggorokan Gatal.

Obat Tenggorokan Gatal Dan Batuk Kering Juga Batuk Berdahak

Obat Tenggorokan Gatal Dan Batuk Kering dan Batuk Berdahak
Sebelum mengobati tenggorokan yang gatal, batuk kering atau batuk berdahak sangat penting sekali untuk mengatahui penyebabnya terlebih dahulu. Ada banyak macam penyebab tenggorokan gatal seperti alergi dengan lingkungan sekitar, batuk pilek, alergi makanan, infeksi di saluran pernafasan, asma dan juga iritasi udara kering bahkan debu. Virus adalah penyebab terakhir yang menyebabkan batuk kering dan batuk berdahak.

Jika tenggorokan anda terasa gatal disertai batuk kering atau berdahak, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan sebagai Obat Tenggorokan Gatal, seperti berikut:

Obat Tenggorokan Gatal

1. Madu
Madu tidak hanya enak, tapi obat herbal alami ini terbilang memiliki khasiat tinggi. Madu dapat secara efektif mengatasi dan menyembuhkan sakit tenggorokan dan batuk. Tapi direkomendasikan madu asli yang tidak campur gula .

Caranya:
Bisa dikonsumsi secara rutin saat kapanpun terutama saat sakit tenggorokan sebab tidak akan memberikan efek samping pada orang dewasa. Namun, madu tidak disarankan untuk anak yang mengalami gangguan tenggorokan terutama dibawah 2 tahun. Madu bisa diseduh juga dengan air hangat dan diminum tanpa campuran gula untuk melegakan tenggorokan. atau, dicampur dengan teh dan jahe untuk menghangatkan tenggorokan.Campuran madu dan jahe bisa kamu jadikan untuk obat tenggorokan gatal dan batuk berdahak sehingga bila mengalami gejala batuk dan gatal pada tenggorokan segeralah buat ramuan perpaduan madu dan jahe .

2. Antibiotik
Cara ini memang kurang dianjurkan. Sebab, obat-obatan merupakan penyembuh tetapi sekaligus mengandung bahan kimia yang membuat tubuh harus bekerja keras untuk mengeluarkan racunnya. Sehingga, seseorang yang cenderung mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang panjang dapat memiliki masalah dengan ginjalnya.
Mengkonsumsi antibiotik sebagai Obat Tenggorokan Gatal juga tidak boleh sembarangan. Anda harus pergi ke dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan resep dan ikuti dosis atau aturan pakai yang sesuai.

3. Kumur air hangat dan garam
Campuran garam dalam air hangat sangat bagus dilakukan setiap malam terutama dalam waktu 10 hari saat anda merasa bahwa tenggorokan mulai gatal disertai batuk berdahak atau batuk kering. Dengan berkumur air hangat, tentu dapat membantu meningkatkan fungsi tenggorokan yang lebih baik sehingga suara tidak lagi serak. disamping itu bisa juga menjadi obat tenggorokan kering anda saat ini . maka dari itu Anda  sangat dianjurkan untuk melakukannya setiap hari.

4. Bawang
Kandungan antibakteri dalam bawang sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri yang menyebabkan munculnya iritasi dan infeksi di tenggorokan.

Caranya:
Konsumsi campuran bawang dan madu untuk menyembuhkan rasa sakit dan gatal di tenggorokan. Jika anda mau, anda bisa mengkonsumsi bawang mentah-mentah sebab kandungan allicin didalamnya akan memulihkan tenggorokan yang sakit.

5. Lemon dan madu
Rajin meminum campuran lemon dan madu bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi tenggorokan gatal, batuk berdahak dan batuk kering yang dapat mengganggu aktivitas anda.

Caranya:
Gunakan madu sebagai pemanis pengganti gula. Anda bisa mencampurkannya dalam teh guna menyembuhkan iritasi di tenggorokan dan membersihkan lendir yang ada di tenggorokan yang dapat menyebabkan tenggorokan gatal. Campurkan juga dengan lemon yang memiliki asam sitrat untuk membunuh kuman penyebab batuk sebagai Obat Tenggorokan Gatal Dan Batuk Kering .


6. Susu kunyit
Selama 1 minggu, anda dianjurkan untuk minum susu kunyit supaya rasa sakit di tenggorokan karena batuk kering dan tenggorokan gatal bisa diatasi dengan cepat.

Caranya:
Siapkan segelas susu panas yang dicampur sejumput bubuk kunyit dan diminum setiap malam selama sakit tenggorokan.Resep ini juga termasuk obat batuk tenggorokan gatal paling ampuh yang sudah terbukti .

7. Licorice
Untuk mengatasi rasa sakit secara alami, gunakan licorice yang kaya akan anti-inflamasi sehingga sangat efektif untuk dijadikan obat herbal alami saat tenggorokan terasa gatal, kering dan serak. Sifat ekspektoran dan pengaktif kekebalan tubuh membantu anda untuk membersihkan lendir tenggorokan sehingga tidak membuat tenggorokan terasa kering. Bahkan, Obat Tenggorokan Gatal ini juga bermanfaat untuk para penderita faringitis.

Caranya:
Rebus akar licorice dan diminum setiap hari air hasil rebusan guna meringankan batuk kering dan tenggorokan gatal agar tidak serak lagi.

8. Jahe
Nama latin jahe adalah Zingiber Rizhoma yang bersifat kuratif dengan andungan analgesic dan antibakteri yang sangat bermanfaat untuk membersihkan saluran microcirculatory tubuh guna mengatasi masalah tenggorokan yang menyebabkan rasa gatal dan batuk berdahak.

Caranya:
Hancurkan akar jahe segar untuk dijadikan pasta dan tambahkan beberapa sendok madu sesuai selera. Konsumsi pasta secara rutin supaya hasil lebih maksimal. Atau, seduh dengan teh untuk membuat teh jahe yang ditambahkan cengkeh, cardamom atau madu.

9. Peppermint
Peppermint sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi batuk berdahak yang menyebabkan suara serak saat tenggorokan sedang sakit. Hal tersebut bisa terjadi karena kandungan aktif mentol dalam peppermint. Mentol bekerja secara efektif untuk membersihkan lendir di tenggorokan sekaligus memberikan efek lega dalam meringankan iritasi di tenggorokan.

Caranya:
Buat teh peppermint dengan menggunakan daun segar bahan ini.

            Baca juga : 9 Tips Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Secara Alami Dan Cepat

Selain berbagai Obat Tenggorokan Gatal di atas, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan berkaitan dengan kebiasaan anda.

1. Atur pola makan
Sangat penting bagi penderita gangguan tenggorokan untuk mengatur pola makan yang tepat. Sebab, dengan aturan pola makan yang tepat, maka dapat mengurangi masalah kesehatan yang bisa menyerang kapanpun. Pilih dan jaga pilihan makanan yang ingin dikonsumsi misalnya tidak cenderung suka makan gorengan atau yang terlalu banyak lemak dan yang pengolahannya selalu digoreng.
Hindari juga minuman dingin dan minuman bersoda.

2. Sering hirup uap
Gunakan vicks cair atau balsam dalam mangkuk yang berisi air hangat. Tutup kepala dan hirup uapnya dan lakukan berulang kali hingga anda merasa benar-benar membaik. Cara ini terbilang ampuh untuk mengatasi tenggorokan yang gatal, batuk kering dan batuk berdahak.

3. Minum banyak air
Mulai kebiasaan sehat dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari. Cara ini dapat menjaga tenggorokan agar tetap lembab sehigga dapat meringankan batuk kering. Jika tubuh dehidrasi karena kekurangan cairan, tenggorokan pun kering dan batuk pun terasa sangat sakit.
Baca juga : Obat Alami Radang Tenggorokan Kronis
Nah, itulah beberapa informasi tentang Obat Tenggorokan Gatal dan batuk kering juga batuk berdahak. Semua cara di atas dapat anda coba dan lakukan secara konsisten selama tenggorokan masih sakit. Jangan dicoba semua cara di atas karena hasilnya tidak akan maksimal. Cukup pilih satu saja obat yang menurut anda nyaman untuk digunakan dalam mengatasi sakit tenggorokan karena gejala awal batuk. Selanjutnya, cara yang sudah anda pilih harus didukung dengan perubahan kebiasaan sebagaimana yang sudah disebutkan di atas. Dengan cara tersebut, maka tidak akan sulit bagi anda untuk mengobati sakit tenggorokan yang disertai gatal, batuk berdahak dan tenggorokan kering.Lihat update kami setiap harinya agar anda tidak ketinggalan informasi tentang penyakit radang .

Artikel Terkait