Larangan , Pantangan Radang Tenggorokan Dan Demam Serta Cara Mengobatinya

Loading...
Loading...
Radang Tenggorokan adalah istilah umum yang menandakan bahwa munculnya rasa sakit di daerah tenggorokan apalagi saat sedang menelan ludah atau menelan makanan. Bahkan dalam kasus yang kronis, biasanya penderita tidak bisa menelan sama sekali dikarenakan rasa sakit yang tak tertahankan. Dalam penyakit radang tenggorokan, ada banyak organ yang ikut terlibat. Jenis penyakitnya pun berbeda mulai dari faringitis yang ditandai dengan rasa nyeri di bagian faring, tonsilis yang terjadi di amandel dan laringitis yang terletak di trakea atau tenggorokan.

Pantangan Radang Tenggorokan Dan Demam Serta Cara Mengobatinya
Pantangan Radang Tenggorokan Dan Demam Serta Cara Mengobatinya

Penderita yang mengalami gangguan radang tenggorokan terutama laringitis, sudah pasti gatekeeper di dalam tenggorokan menjadi kurang berfungsi. Perjalanan udara keluar-masuk dalam paru-paru bisa terganggu dan bisa menghambat masuknya benda padat atau cairan. Hampir semua masalah dengan Radang Tenggorokan disebabkan oleh infeksi di bagian tenggorokan yang dibiarkan tanpa diberikan obat apapun sehingga semakin parah dan berubah menjadi radang. Awalnya, disebabkan oleh virus dan kemudian muncullah demam. Hanya 20% masalah radang disebabkan oleh bakteri, rokok dan juga alergi.

Jika radang yang muncul disebabkan oleh bakteri, umumnya akan memberikan masalah yang lebih serius dibandingkan dikarenakan oleh virus. Penderita yang terkena radang disebabkan oleh bakteri bisa jadi sudah tertular 2 hingga 7 hari sebelumnya. Saat infeksi muncul dikarenakan bakteri streptokokus, dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Sebab, masalah ini bisa menjadi masalah yang serius karena proses infeksinya yang begitu cepat dan bisa menjalar ke katup jantung sehingga menimbulkan penyakit Demam Rhematik. Saat penderita Radang Tenggorokan mengalami rasa sakit dikarenakan oleh infeksi bakteri, maka sudah pasti penderita akan kesulitan menelan dengan rasa sakit yang amat sangat. Biasanya, kelenjar leher ikut membengkak. Bagian tenggorokan juga berubah menjadi merah cerah dan bahkan muncul bercak putih. Dalam banyak kasus, penderita juga akan mengalami demam karena suhu badang yang meningkat dan biasanya juga disertai menggigil.
Baca juga : 10 Nama Obat Radang Tenggorokan
Berbeda jika masalah radang ini muncul dikarenakan oleh virus, sebab menimbulkan masalah yang tidak terlalu serius. Namun, disarankan untuk tidak mengobati sakit radang dengan antibiotik, sebab tidak akan efektif. Pemberian antibiotik dalam sakit radang yang disebabkan oleh virus akan menimbulkan kekebalan kuman terhadap antibiotik tersebut. Gejalanya juga berbeda dibandingkan Radang Tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri, sebab penderita akan merasakan gatal, pedih dan kering di tenggorokannya. Selain itu, suara menjadi serak sebab disertai batuk dan bersin. Walaupun banyak penderita yang mengaku tidak mengalami demam, beberapa kasus menunjukkan bahwa sedikit demam bisa terjadi pada penderita radang di area tenggorokan karena infeksi yang disebabkan oleh virus.

Hal pertama yang harus dilakukan saat anda terkena masalah tengorokan adalah memahami beberapa makanan yang hanya memperparah kondisi anda mulai dari makanan yang terlalu pedas atau berminyak. Pastikan jika makanan yang anda konsumsi memiliki nilai gizi yang tinggi guna memulihkan daya tahan tubuh anda. Adapun cara mengobatinya bisa dilakukan dengan cara merubah gaya hidup, cara alami dengan bahan-bahan tradisional dan bantuan medis atau obat-obatan Radang Tenggorokan

Pertama, adalah dengan merubah gaya hidup. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mengobati Radang Tenggorokan yang anda alami mulai dari hal yang sederhana, seperti berikut:

 Tips Radang Tenggorokan

1. Makanan yang kaya akan kalori harus dihindari sementara selama sakit seperti susu, ikan dan juga telur.

2. Perbanyak minum air putih hangat. Pastikan jika tubuh anda tidak kekurangan cairan supaya masalah peradangan bisa lebih ringan dan membaik.

3. Konsumsi buah-buahan dan makanan yang kaya dengan vitamin bisa membantu meningkatkan kembali kekebalan tubuh anda. Vitamin A, vitamin C, Vitamin E, Vitamin B6, Vitamin B1 dan juga asam folat adalah beberapa nilai gizi yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

 Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Radang Tenggorokan

4. Hindari mengkonsumsi minuman dan makanan dingin.

5. Hindari makanan berminyak, asam dan pedas yang hanya membuat kondisi radang di tenggorokan anda menjadi semakin parah.

 Makanan Untuk Orang Sakit Radang Tenggorokan

6. Gunakan air garam hangat yang bisa mengurangi pembengkakan dengan cara berkumur.

7. Jaga pola makan agar hidup tetap sehat dan terhindar dari serangan infeksi virus atau bakteri.

8. Ketahui juga penyebab terjadinya radang mulai dari polusi udara, kurang memperhatikan kebersihan, alergi atau juga kebiasaan merokok. Dengan mengetahui penyebab terjadinya masalah Radang Tenggorokan, anda bisa menghindari semua faktor tersebut sehingga radang bisa cepat disembuhkan.

9. Pastikan jika tubuh memiliki jam istirahat yang cukup dengan mengurangi aktifitas fisik yang berlebihan dan membuat tubuh benar-benar dalam kondisi lelah.

Kedua, cara mengobati Radang Tenggorokan bisa dengan menggunakan cara alami, seperti:

1. Membuat sup hangat
Radang Tenggorokan
Sup sangat cocok bagi penderita radang yang disertai demam. Obat ini adalah obat tradisional yang mengandung kaldu sehingga membuat tubuh bisa terhidrasi serta memantu dengan uap. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi sup ayam untuk penderita demam dapat mengurangi terjadinya pembengkakan di rongga hidung dan melegakan jika anda mengalami gangguan di tenggorokan. Proses penyembuhannya juga bisa lebih cepat dikarenakan adanya protein yang bisa membuat tubuh mampu memproduksi antibody guna melawan virus penyebab peradangan.

2. Nanas
obat Radang Tenggorokan dengan nanas
Konsumsi nanas dalam keadaan segar bisa meringankan demam yang muncul dalam kondisi apapun, termasuk untuk mengatasi Radang Tenggorokan. Nanas memiliki kandungan anti peradangan alami yang bisa menurunkan demam dalam waktu yang sama.

Caranya:
Ambil nanas sesuai selera, potong kecil-kecil dan jadikan jus. Jika mungkin, campurkan air hangat sedikit saja supaya nutrisinya tidak berkurang. Nanas juga bisa mencegah masalah dehidrasi.

3. Konsumsi vitamin C
vitamin c Radang Tenggorokan
Saat gejala demam muncul, mengkonsumsi vitamin C bisa menjadi cara terbaik untuk menurunkan demam. Vitamin C dibutuhkan untuk tubuh guna meningkatkan sistem imun sehingga sakit demam yang lebih parah bisa dicegah.
Baca juga: Obat Alami Sakit Tenggorokan Untuk Ibu Hamil Aman Bagi Janin

Pantangan Radang Tenggorokan

4. Jangan minum kopi atau alkohol
Kandungan kafein dan alokohol dalam minuman hanya akan membuat tubuh cepat kering. Sehingga, tidak cocok untuk diminum saat tenggorokan sedang sakit dan terutama disertai demam.

5. Umumnya, sakit radang tenggorokan tidak perlu obat
Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus bisa membaik dengan seiring waktu. Selama, anda mampu mensiasati agar daya tahan tubuh terus meningkat.

Jika memang harus mengkonsumsi obat, obat-obatan yang dianjurkan hanyalah yang simtomatik yakni yang bisa mengencerkan dan memudahkan pengeluaran dahak terutama jika disertai batuk, menurunkan panas, melonggarkan saluran pernapasan dan lainnya yang bisa meringankan gejala yang disebabkan oleh Radang Tenggorokan. Jadi, jangan menggunakan antibiotik yang sembarangan yang bahkan bisa membunuh bakteri baik yang ada dalam tubuh kita sehingga membuat bakteri baik terisi oleh bakteri jahat. Selain itu, bisa juga membuat fungsi organ lainnya dalam tubuh menjadi terganggu sebab ketidakseimbangan mikroorganisme yang ada. Akan lebih baik jika anda terus mengkonsumsi makanan dengan asupan gizi yang cukup, memperbanyak air putih untuk diminum, mengkonsumsi protein dan vitamin guna meningkatkan imun.

Artikel Terkait