10 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami Dengan Cepat yang Ampuh

Loading...
Cara Mengobati Sakit Tenggorokan . Walaupun sakit tenggorokan bisa dibilang sebagai sakit yang biasa dan dianggap remeh, bagi banyak orang sakit tenggorokan benar-benar mengganggu segala aktivitas. Saat di lokasi ramai dan senyap, sakit tenggorokan yang disertai batuk akan membuat kita merasa malu sebab terasa seperti mengganggu yang lain. Bayangkan saja jika anda sedang di kelas, di perpustakaan atau di kantor dimana semua sedang membutuhkan konsentrasi tinggi tetapi anda tidak dapat berhenti batuk, sudah pasti membuat anda merasa tidak enak dihadapan rekan dan atasan. Itulah sebabnya, Cara Mengobati Sakit Tenggorokan sangat penting untuk diatasi dari awal dengan penanganan yang tepat, bahkan secara alami.

Jika anda tidak ingin buru-buru pergi ke dokter, Mengobati Sakit Tenggorokan bisa dilakukan dengan cara tradisional, alami dan menggunakan obat herbal. Semua cara tersebut bisa diimbangi dengan melakukan kebiasaan yang baik mulai dari sering minum air putih yang hangat, tidak makan sembarangan, menghindari makanan dengan kadar minyak yang banyak dan lainnya.

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami Dengan Cepat

10 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami Dengan Cepat
Untuk mempercepat proses pemulihan tubuh anda, ada beberapa hal yang bisa anda coba sebagai cara dan obat untuk sakit tenggorokan secara alami dengan cepat apabila anda mencoba hal berikut dengan rutin dan teratur.

11. Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami

1. Tanaman alang-alang
Apakah anda pernah mendengar tanaman alang-alang? Sepintas, mungkin tanaman ini seperti rumput dan tidak tampak khasiatnya. Namun, tanaman alang-alang sudah dikenal dari jaman dahulu sebagai tanaman herbal yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit loh. Anda bisa menggunakan alang-alang untuk melancarkan buang air kecil, menurunkan hipertensi, mengatasi keputihan dan juga menuntaskan masalah sakit tenggorokan.Masih ragukah menggunakan Alang-alang untu cara mengobati sakit tenggorokan saat menelan ? tentu tidak ya ! silahkan lanjutkan cara menggunakannya di bawah ini.

Caranya:
Gunakan 1 genggam batang alang-alang yang sudah dibersihkan dan rebus bahan ini hingga benar-benar mendidih. Air batang alang-alang disaring dan diminum sebanyak sekali sehari selama tenggorokan masih sakit.

2. Telur orak-arik
Makanan yang dapat membantu meringankan radang tenggorokan adalah telur orak-arik. Kandungan protein yang tinggi dan berbagai mineral dalam telur ini akan sangat membantu tubuh untuk mendapatkan asupan nutrisi yang tepat terutama saat sedang lemah dikarenakan infeksi yang menyerang di tenggorokan.

Caranya:
Buat telur orak-arik tanpa memberikan terlalu banyak garam dan minyak sehingga tidak akan memperparah peradangan di tenggorokan.

3. Permen
Untuk orang dewasa dan remaja, sakit tenggorokan bisa diredakan dengan mengkonsumsi permen. Permen yang dikonsumsi harus yang mengandung mint, jahe atau lainnya yang dapat meringankan tenggorokan. Mengobati Sakit Tenggorokan dengan permen tidak dianjurkan untuk anak-anak. Sebab, kandungan mint dan jahe dalam permen pelega tenggorokan sangat kuat dan tidak cocok di lidah anak-anak.

4. Kunyit
Anda dapat menggunakan kunyit untuk membantu mengatasi sakit tenggorokan. Jadi, kunyit tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur saja.

Caranya:
Siapkan kunyit dan bersihkan hingga bersih. Haluskan kunyit dan rebus dengan air bersih hingga benar-benar mendidih. Saring air rebusan kunyit dan minum selagi hangat. Anda bisa menambahkan gula jawa dan daun salam jika tidak suka dengan rasanya sehingga ada aroma enak dan nikmat untuk mencoba air rebusan kunyit.

5. Uap panas
Mengobati Sakit Tenggorokan bisa juga dengan menggunakan uap panas. Untuk memperoleh uap panas, anda dapat menggunakan air yang baru mendidih.

Caranya:
Letakkan air panas yang baru saja mendidih dalam baskom. Masukkan kepala anda dalam baskom dengan jarak beberapa senti saja dari air. Hirup uap didalamnya. Tutup kepala anda dengan handuk agar uap tidak keluar dan membuat air cepat dingin sehingga uapnya hilang. Cara ini dilakukan dalam 10-15 menit untuk membuat tenggorokan terasa lebih membaik, melancarkan peredaran darah dan melegakan pernafasan.

6. Sup
Sup dapat menjadi andalan anda jika sedang sakit tenggorokan karena sangat mampu melegakan tenggorokan jika dikonsumsi dalam keadaan hangat. Rasanya yang enak juga dapat membuat anda merasa kenyang tanpa kesulitan menelan. Sup yang bisa anda coba adalah sup ayam, sup daging atau lainnya.

Caranya:
Buat sup sesuai selera dan tambahan asam didalamnya. Asam dapat membantu melegakan tenggorokan yang sedang sakit. Hindari menggunakan minyak untuk memasaknya, sebab makanan yang berminyak dapat memperparah sakit tenggorokan anda.

7. Belimbing
Cara mengobati sakit tenggorokan dengan cepat pakai belimbing sebenar termasuk tips berobat enak sebab Rasanya yang khas dan enak tentu sangat menyenangkan sekali tidak seperti obat yang pahit dan pastinya belimbing juga membantu anda mengatasi gejala radang tenggorokan atau faringitis. Belimbing juga kaya dengan mineral sehingga membantu tenggorokan anda tetap lembab.

Caranya:
Anda bisa membuat jus belimbing atau memakan belimbing langsung. Saat membuat jus belimbing, pastikan jika anda tidak mencampurnya dengan es karena hanya akan memperparah sakit tenggorokan. Cuci buah belimbing terlebih dahulu sampai bersih guna menghilangkan semua bakteri dan kumannya.


8. Cengkeh
Mengobati Sakit Tenggorokan juga bisa dengan menggunakan cengkeh. Cengkeh sangat baik untuk mengatasi sakit tenggorokan karena dapat mengurangi peradangan yang terjadi dalam tenggorokan.

Caranya:
Rebus cengkeh dengan air bersih dan saring sehingga anda mendapatkan air rebusan cengkeh yang bersih. Tambahkan gula jawa atau daun salam untuk membaut air rebusan cengkeh terasa enak dan beraroma. Minum air ramuan ini selagi masih hangat. Itulah cara mengobati sakit tenggorokan dan pilek yang saya rasa cukup mudah dan banyak juga digunakan orang .

9. Daun kemangi
Daun kemangi juga bisa menjadi pilihan anda sebagai cara alami dan cepat untuk mengobati sakit tenggorokan. Membuat ramuannya juga terbilang mudah sebab hanya dibutuhkan beberapa lembar daun kemangi saja.

Caranya:
Siapkan beberapa lembar daun kemangi dan direbus hingga mendidih. Saring dan minum rebusan airnya sebanyak 2 kali sehari secara rutin. Jika anda tidak ingin meminumnya, anda dapat membuatnya sebagai obat kumur. Pastikan jika ramuan ini dibuat secara rutin hingga tenggorokan anda sembuh.daun kemangi aman juga digunkan sebagai cara mengobati sakit tenggorokan pada ibu hamil .

10. Bawang putih
Sudah pasti akan terasa aneh jika harus makan bawang putih mentah karena rasanya yang benar-benar tidak enak dan menimbulkan bau mulut. Tetapi, jika semua itu dapat menghilangkan rasa tidak nyaman di tenggorokan yang sudah bersarang selama berhari-hari, tentu sebagian orang tidak segan untuk mencobanya. Bawang putih adalah obat alami dengan kandungan acillin yang sangat besar khasiatnya untuk membasmi berbagai kuman, bakteri dan virus penyebab penyakit termasuk sakit tenggorokan. Dengan memakan bawang putih yang masih mentah, anda dapat menyembuhkan sakit tenggorokan lebih cepat.

Caranya:
Iris tipis bawang putih dan hisap sarinya. Lakuan cara ini secara rutin sampai tenggorokan terasa sembuh.

11. Madu dan lemon
Cara terakhir yang bisa anda coba adalah meminum air hangat yang dicampur dengan madu dan lemon guna melakukan cara mengobati sakit tenggorokan akibat panas dalam atau faringitis. Sudah jelas bahwa madu sangat manis dan berkhasiat untuk menghilangkan bakteri atau virusdalam tubuh sedangkan lemon besar khasiatnya untuk membersihkan tenggorokan dari infeksi.

Caranya:
Iris tipis lemon dan masukkan dalam air hangat dicampur dengan beberapa sendok madu sesuai selera. Langsung minum ramuan ini selagi hangat. Anda pun dapat menghirup uapnya agar pernafasan anda terasa lega untuk Mengobati Sakit Tenggorokan. Seduhan air anget campur madu juga bisa digunakan untuk cara mengobati sakit tenggorokan akibat panas dalam .
Baca juga : 7 Cara Mengobati Tenggorokan Gatal Dan Batuk Pada Malam Hari
Itulah beberapa cara Mengobati Sakit Tenggorokan secara alami dengan cepat yang bisa anda lakukan di rumah. Cara ini akan lebih efektif jika anda juga mendapatkan pertolongan medis dengan mengkonsumsi obat yang sudah diberikan dari resep dokter.
Loading...

Artikel Terkait