Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Dengan Cepat dan Alami Tanpa Resep Dokter

Loading...
loading...
Sakit tenggorokan muncul disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya seperti tubuh yang kurang fit, tenggorokan yang terkena serangan virus atau bakteri dari udara atau makanan yang terkontaminasi, allergen dan juga polusi udara. Sakit tenggorokan umumnya disertai pilek, demam dan bahkan tenggorokan yang memerah karena munculnya peradangan. Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan juga bisa dilakukan dengan beberapa cara mulai dari yang alami atau dengan mengkonsumsi obat-obatan dari resep dokter.

Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Dengan Cepat Dan Alami Tanpa Resep Dokter

Memang, obat-obatan medis atau yang dari resep dokter dapat menyembuhkan sakit tenggorokan anda secara cepat. Namun, bukan berarti di kemudian hari tidak ada dampaknya. Saat tubuh terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan, sudah pasti akan menambah kerja ginjal atau hati untuk menyaring kandungan-kandungan kimia dalam obat-obatan. Radang tenggorokan seringkali muncul karena adanya perubahan cuaca. Tubuh butuh menyesuaikan diri saat cuaca mulai berubah, sehingga membawa perubahan pula pada kesehatan yang tampak tidak fit.

Langkah dan Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Dengan Cepat dan Alami Tanpa Resep Dokter

Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan disarankan untuk dimulai dengan cara alami sebagai pertolongan atau penanganan awal saat tenggorokan terasa sakit. Disisi lain, radang tenggorokan bukanlah penyakit serius, hanya butuh diberikan penanganan dini dengan cara alami agar tidak menjadi kronis dan mudah kambuh. Kunci utamanya adalah saat anda merasa tenggorokan mulai sakit, segera lakukan penanganan pertama guna mengobatinya. Karena, seringan-ringannya penyakit, jika diabaikan pasti akan menjadi sakit yang serius juga.

Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Secara Alami Dan Cepat

Nah, jika anda ingin melakukan penanganan pertama untuk mengatasi sakit tenggorokan, berikut beberapa Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan akibat peradangan karena infeksi.

1. Gunakan air garam hangat
Garam selalu menjadi cara efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan. Jadi, garam tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur. Bahkan, garam juga berkhasiat tinggi untuk mengobati penyakit lainnya seperti sakit gigi.
Mengobati radang tenggorokan dengan air garam tentu sangat mudah.

Caranya:
Sediakan air garam hangat untuk obat kumur. Dianjurkan oleh para ahli kesehatan untuk menggunakan air garam hangat dengan takaran 1/2 sdm. makan dan larutkan pada air hangat. Gunakan sebagai obat kumur sebanyak 1 kali sehari. Dengan melakukannya sangat rutin, sudah pasti cara ini bisa menjadi cara efektif untuk mengatasi radang tenggorokan.

2. Gunakan permen pint
Untuk anda yang suka mengkonsumsi permen mint, gunakan sebagai cara untuk mengobati batuk. Permen mint bekerja secara efektif untuk mengobati radang tenggorokan dan juga sangat mudah dicari jika anda mampir ke pasar, minimarket atau tempat lainnya. Mint sangat berkhasiat untuk mengobati rasa nyeri di tenggorokan.

3. Konsumsi vitamin C
Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Dan Pilek bisa juga dengan menggunakan vitamin C. vitamin C bisa membantu tubuh untuk meningkatkan sistem pertahanan. Saat daya tahan tubuh melemah, infeksi akan lebih lambat untuk dibasmi. Berbeda jika tubuh memiliki pasokan vitamin C yang banyak, maka daya tahan tubuh bisa ditingkatkan secara cepat. Dalam kurun waktu yang lebih cepat pula, tubuh mulai mampu menghadapi infeksi dan bahkan membasminya sehingga anda pun terbebas dari masalah tenggorokan yang sakit karena radang.

4. Konsumsi sup ayam
Legakan tenggorokan anda dengan mengkonsumsi sup ayam. Dengan mengkonsumsi sup ayam, anda juga dapat mengurangi rasa tidak nyaman yang muncul akibat radang tenggorokan. Sup ayam juga sangat cocok dikonsumsi oleh berbagai kalangan saat sakit tenggorokan terutama bagi penderita tenggorokan yang malas makan atau minum karena rasa sakit untuk menelan.

Sup ayam dapat bekerja sebagai Cara Cepat Menyembuhkan Sakit Tenggorokan karena kandungan natriumya yang terbilang tinggi guna mengobati sakit tenggorokan. Natrium dibutuhkan oleh tubuh guna meringankan inflamasi atau peradangan di tenggorokan. Makanan ini sangat dianjurkan oleh tenaga medis karena mudah di telan dan teksturnya yang lembut yang tidak memberikan rasa sakit di tenggorokan.

5. Air putih
Tidak perlu obat-obatan untuk mengobati radang tenggorokan, sebab dengan membiasakan diri untuk selalu minum air putih sesuai kebutuhan tubuh yakni minimal 8 gelas setiap harinya, maka tubuh yang tidak fit dapat segera normal kembali karena kinerja organ yang didukung oleh pasokan mineral yang cukup. Tidak heran jika air putih menjadi obat untuk mengatasi segala macam penyakit, sebab fungsinya yang sangat dibutuhkan oleh semua organ tubuh manusia.

Air putih bekerja dengan cara meredakan radang tenggorokan. Saat tenggorokan sakit, cobalah untuk meminum air putih yang lebih hangat. Akan lebih bagus jika berhenti meminum air es dulu, tetapi air putih yang hangat. Sebab, jika anda terus-terusan meminum air es, sudah pasti tidak akan membantu peradangan agar cepat sembuh dan malah membuat radang tenggorokan semakin parah.

6. Jaga kesehatan tubuh
Seperti yang sudah anda ketahui dari penjelasan di atas bahwa radang tenggorokan muncul karena adanya perubahan cuaca yang ekstrim sehingga tubuh kesulitan dalam menyesuaikan dirinya. Dalam kondisi demikian, tubuh rentan terkena banyak penyakit. Maka dari itu, anda harus bisa menjaga kondisi dan kesehatan tubuh sebagai Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Tanpa Obat seperti dengan istirahat teratur, olahraga rutin dan juga makan makanan yang mengandung nutrisi yang tinggi seperti sayur dan buah. Dalam kondisi tenggorokan yang sakit, anda wajib berhenti mengkonsumsi makanan dengan kandungan minyak yang banyak seperti gorengan.
Baca juga : Pantangan yang dialarang orang yang sakit Tenggorokan ( penyebab Tenggorokan )
7. Cuka sari apel
Cobalah untuk mengobati sakit tenggorokan dengan cara alami yakni menggunakan cuka sari apel. Untuk mengatasi nyeri, luka, iritasi dan juga sulit menelan apalagi disertai suara serak, batuk dan amandel yang membengkak, cuka sari apel bisa menjadi cara ideal untuk anda.
Caranya:
Campurkan 1 sendok cuka sari apel kedalam segelas air hangat. Gunakan sebagai obat kumur untuk beberapa saat dan kemudian ditelan. Menurut pengalaman orang yang sudah mencoba cuka apel sebagai Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Dan Suara Serak ini cukuk manjur maka jika ada dirumah silahkan coba .

8. Minum teh chamomile
Mungkin anda pernah mendengar tentang teh Chamomile? Teh Chamomile atau juga kerap disebut sebagai Chamomile jerman merupakan tumbuhan yang bisa ditemukan di daratan Eropa. Tumbuhan musiman ini berguna sebagai Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Saat Menelan karena tanaman herbal tersebut memiliki kandungan antibakteri yang berkerja untuk membasmi bakteri di tenggorokan dan membersihkan radang di perut. Sehingga, selain dijadikan obat radang tenggorokan juga berkhasiat untuk mengatasi sakit perut.

Caranya:
Minum teh chamomile dengan cara diseduh dan diminum saat pagi hari. Pastikan anda meminumnya sebelum sarapan sehingga dapat secara efektif membersihkan bakteri di tenggorokan dan perut.

9. Minum jeruk nipis
Untuk mengobati radang tenggorokan, jeruk nipis bisa menjadi andalan anda. Gunakan jeruk nipis kapanpun saat tenggorokan terasa sakit. Bahkan, ada beberapa pilihan cara yang bisa anda pilih sesuai selera.

Cara 1:
Peras jeruk nipis dan dicampur 1 sendok madu, 1 sendok bubuk pinang sirih atau gambir dan 1 gelas air hangat. Aduk semua bahan sampai merata dan biarkan semalaman. Pagi harinya, minum ramuan tersebut sebagian dan sebagian digunakan untuk berkumur.Air perasan jeruk campur madu sangat dipercayai sejak jaman leluhur kita sebagai Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Dan Batuk jadi bukan tenggorokan saja yang dapat disembuhkannya tapi juga batuk .

Cara 2:
Siapkan jeruk nipis yang sudah masak dan dibelah. Peras dan ambil air perasannya untuk dicampur dengan 3 sdm. madu. Minum sebanyak 2-3 kali sehari.

Cara 3:
Ambil perasan air jeruk nipis dan campur dengan setengah sdt. garam. Masukkan dua bahan tersebut dalam secangkir air hangat. Minum ramuan ini untuk meringankan dan mengecilkan radang di tenggorokan yang menimbulkan bengkak.
Baca juga :      10 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami Dengan Cepat
Demikian Artikel Bagaimana Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan dengan cepat dan alami yang bisa anda coba di rumah. Periksakan ke dokter jika sudah beberapa hari anda rutin menggunakan satu cara tetapi tidak kunjung sembuh. Sebaiknya setelah mencoba salah satu diatas maka perbanyaklah mengkonsumsi Makanan Menyembuhkan Sakit Tenggorokan dan juga hindari pantangan bagi penderita radang tenggorokan seperti makanan berminya . Silahkan lihat selanjutnya update tenggorokan.com setiap har-hari santai anda agar menambah pengetahuan tentang tenggorokan .

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon