Cara Cepat Menyembuhkan Radang Tenggorokan Secara Alami Yang Ampuh dan Aman

Loading...
loading...
Menyembuhkan radang tenggorokan memang gampang-gampang susah. Ketika kita sakit radang tenggorokan, segala aktivitas akan terganggu. Mulai aktivitas makan dan minum, bekerja ataupun kegiatan yang lainnya.

Walaupun menyembuhkan radang tenggorokan dapat dilakukan dengan obat yang ada di apotek, namun tidak ada salahnya kita juga mencoba cara alamiyang juga tak kalah ampuh dari obat apotek. Menyembuhkan radang tenggorokan secara alami lebih aman untuk tubuh serta mudah didapatkan karena berada di sekitar lingkungan kita.

Cara Cepat Menyembuhkan Radang Tenggorokan Secara Alami Yang Ampuh dan Aman

Cara Cepat Menyembuhkan Radang Tenggorokan Secara Alami Yang Ampuh dan Aman
Bagi yang alergi terhadap obat apotek tertentu, maka cara alami ini merupakan cara yang tepat untuk dilakukan. Pada artikel ini terdapat beberapa cara cepat yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan radang tenggorokan dengan menggunakan cara alami.

Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Sebelum mengetahui obat alami yang dapat digunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan ada baiknya kita mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan berhubungan dengan radang tenggorokan terlebih dahulu.

1. Penyebab radang tenggorokan

Hal-hal yang menyebabkan radang tenggorokan yaitu sebagai berikut.
a. Makanan pedas
Apabila senang dengan makanan yang pedas maka mulai dari sekarang harus dihindari. Karena sering memakan makanan yang pedas dapat mengakibatkan iritasi pada tenggorokan dan akhirnya dapat menjadi radang tenggorokan.
b. Alkohol
Minum alkohol merupakan hal yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Hindari minuman yang mengandung alkohol serta es karena dapat mengakibatkan radang pada tenggorokan.
c. Makanan Berminyak
Memakan makanan yang mengandung gorengan memang terasa nikmat. Tapi tunggu dulu karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak dapat menyebabkan radang tenggorokan. Karena itu jika tidak ingin radang tenggorokan sebaiknya mengurangi konsumsi makanan yang mengandung minyak.
d. Polusi udara
Polusi udara memang banyak ditemui di sekitar kita. Polusi udara dapat berupa debu maupun asap. Semua asap berpengaruh terhadap kesehatan tenggorokan kita. Bagi yang berada di sekitar orang yang merokok sebaiknya menghindarinya karena selain tidak baik untuk kesehatan juga tidak baik untuk kesehatan tenggorokan kita.
e. Asam lambung
Hindarilah makanan yang dapat menaikkan asam lambung. Karena asam lambung yang naik pada tenggorokan akan mengakibatkan masalah pada tenggorokan kita yaitu masalah radang tenggorokan.

Baca juga :Cara Mengobati Radang Tenggorokan dan Batuk

2. Jenis Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan dapat disebabkan oleh bakteri dan virus. Berikut penjelasan dan ciri-ciri dari radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri dan virus.
a. Bakteri
Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri dapat dikatakan sebagai radang tenggorokan parah. Kita dapat mengetahui radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri dengan ciri-ciri diantaranya yaitu merasa kesulitan saat menelan ludah maupun makanan.
Selain itu leher akan terlihat membengkak serta pada bagian tenggorokan akan terdapat bercak putih serta tenggorokan berwarna merah. Selain itu tubuh akan demam namun terasa dingin serta menggigil.
b. Virus
Yang kedua yaitu radang tenggorokan karena virus. Radang tenggorokan karena virus ini tidak separah karena bakteri. Radang tenggorokan ini tergolong masih ringan.
Ciri-ciri radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus diantaranya yaitu rasa perih, gatal serta kering di tenggorokan. Selain itu juga dapat mengalami batuk serta bersin hingga suara akan menjadi serak. Tubuh juga mengalami demam namun tidak sampai menggigil.

3. Obat alami radang tenggorokan

Jika mengalami radang tenggorokan maka segera berikan obat untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa ramuan alami yang cukup ampuh untuk mengatasi radang tenggorokan.

a. Bawang putih
Herbal radang tenggorokan dan batuk perama adalah dengan menggunakan Bawang putih . Bahan dapur ini selain digunakan untuk bumbu memasak juga dapat digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan. Mengobati radang tenggorokan mempunyai khasiat ampuh dan juga cepat.
Caranya yaitu dengan menyiapkan satu siung bawang putih. Jangan lupa untuk mengupas serta mencucinya. Setelah itu bawang putih dapat dikunyah. Kunyahlah hingga mengeluarkan alicin karena dapat mengatasi radang tenggorokan secara efektif. Cara ini dapat dilakukan setiap hari hingga radang tenggorokan benar-benar sembuh.

b. Belimbing
Tips menyembuhkan radang tenggorokan nomr dua adalah belimbing . Buah yang satu ini disukai oleh sebagian rakyat Indonesia. Buah belimbing cukup familiar di negara kita. Selain rasanya yang menyegarkan buah belimbing juga dapat mengatasi radang tenggorokan dengan ampuh dan juga cepat.
Cara membuatnya sangat mudah. Siapkan buah belimbing yang sudah masak kemudian cucilah hingga bersih. Setelah itu kita dapat membuat jus dengan cara diblender. Jangan menambahkan gula karena dapat mengurangi khasiatnya. Minumlah jus belimbing 3 kali dalam sehari hingga radang tenggorokan benar-benar sembuh.

c. Jeruk lemon
cara cepat menyembuhkan radang tenggorokan alami selanjutnya yaitu jeruk lemon. Jeruk lemon memang mempunyai kadar vitamin C yang tinggi dan dapat digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan dengan ampuh dan cepat.
Caranya yaitu dengan mencampur air perasan jeruk lemon dengan segelas air yang hangat. Jangan menambahkan gula karena dapat mengurangi khasiatnya. Minumlah ramuan ini secara teratur hingga radang tenggorokan menjadi pulih dan sembuh.

d. Jahe
Tips menyembuhkan radang tenggorokan akut yaitu pakai jahe . Jahe merupakan jenis rempah-rempah yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tenggorokan terutama mengatasi radang tenggorokan. Mengkonsumsi jahe akan mendapatkan manfaat ganda yaitu dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan juga dapat menyembuhkan sakit tenggorokan. Cara membuat obat radang menggunakan jahe sangat mudah. Siapkan satu buah jahe kemudian cucilah hingga bersih.
Setelah itu potong kecil-kecil jahe dan rebuslah di dalam air hingga matang. Minumlah jahe selagi masih hangat. Jangan minum jahe ketika masih panas karena dapat mengakibatkan tenggorokan iritasi. Ramuan ini harus diminum secara teratur agar radang tenggorokan dapat segera sembuh.

e. Garam
Garam yang kita konsumsi sehari-hari juga dapat digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan. Caranya sangat mudah yaitu dengan memasukkan sedikit garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan campuran ini untuk berkumur. Lakukan cara ini secara teratur hingga radang tenggorokan sembuh. Cara ini selain dapat mengobati radang tenggorokan juga dapat mengatasi sariawan dan gusi berdarah.
Baca juga : Cara Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak

Pentingnya Menyembuhkan Radang Tenggorokan Sampa Sembuh

Menyembuhkan radang tenggorokan cepat memang sangat penting. Jika terdapat ciri-ciri radang tenggorokan yang disebutkan di atas maka kita dapat segera mengatasinya dengan cara alami tersebut.
Penanganan radang tenggorokan sejak dini dilakukan agar radang tidak menjadi lebih buruk dan dapat segera sembuh. Kita dapat mengurangi rasa sakit akibat penyakit radang tenggorokan dengan minum air putih secukupnya. Cara ini selai8n dapat membantu mengurangi rasa sakit juga dapat membuat tenggorokan terasa lebih ringan dan membaik.

Ketika sakit radang tenggorokan sebaiknya jangan mengurangi asupan makanan yang dikonsumsi. Hal ini dilakukan agar daya tahan tubuh dapat tetap terjaga. Kita dapat memakan makanan yang lunak agar memberi kemudahan dalam menelan atau minuman.

Karena itu seperti dikatakan sebelumnya bahwa sebaiknya kita melakukan pencegahan terhadap penyakit radang tenggorokan. Kesehatan merupakan hal yang utama sehingga kita wajib selalu menjaganya. Demikian beberapa ulasan tentang menyembuhkan radang tenggorokan semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Artikel Terkait

1 comments so far

Aku suka blog mas ini sebab lengkap dan rapi


EmoticonEmoticon