Obat Radang Tenggorokan Alami Aman Untuk Anak Balita Dan Ibu Hamil

Loading...
loading...
Saat buah hati kesayangan anda sedang sakit radang tenggorokan, anak akan menghabiskan hari-harinya dengan rasa tidak nyaman. Sehingga, sedikit-sedikit mereka akan menangis. Radang tenggorokan yang muncul adalah penyakit yang sering muncul apalagi disaat musim kemarau dengan debu yang bertebaran dan menyebabkan daya tahan tubuh anak menurun. Karena itu, sakit di saluran pernafasan sering muncul. Tentu saja, kita tidak bisa menganggap enteng radang tenggorokan pada balita sehingga tidak memberikan Obat Radang Tenggorokan Alami apapun. Saat anak sakit, berat tubuhnya mudah susut, setiap hari gampang menangis, tidak bisa menelan makanan atau minuman dan bahkan disertai batuk, pilek juga demam yang harus membuat anda mau tidak mau terjaga. Tidak heran jika anda pun ikut terhambat aktivitasnya.

Membiarkan radang tenggorokan pada balita juga tidak boleh dilakukan. Sebab, balita masih memiliki daya tahan tubuh yang belum sempurna dan tidak sekuat anak dewasa. Mereka juga cenderung rentan dalam berbagai penyakit. Sehingga, dibutuhkan perlindungan yang ketat mulai dari makanan, kebersihan lingkungan dan lainnya. Saat radang tenggorokan dibiarkan, sudah pasti akan membuatnya semakin kronis dan mudah kambuh. Untuk itu, dibutuhkan Obat Radang Tenggorokan Alami yang tidak memberikan efek samping pada anak serta mudah diterima oleh anak sebelum memutuskan anda mengkonsumsi obat sakit tenggorokan di apotek . Sedangkan untuk ibu hamil, mengkonsumsi obat-obatan sembarangan sudah pasti beresiko untuk kesehatan janin. Obat harus berdasarkan resep dokter. Namun, akan lebih baik jika mencoba terlebih dahulu obat tenggorokan alami di rumah sebagai penanganan awal. Jika tidak kunjung sembuh dalam beberapa hari, anda bisa menghubungi dokter untuk pertolongan medis.

Obat Radang Tenggorokan Alami Aman Untuk Anak Balita Dan Ibu Hamil

Obat Radang Tenggorokan Alami Ibu Hamil dan anak balita
Untuk mempercepat proses penyembuhan tenggorokan anak dan ibu hamil, ada beberapa Obat Radang Tenggorokan Alami yang bisa digunakan seperti berikut.

1. Kacang almond
Jika sakit tenggorokan yang muncul disertai batuk kering atau batuk berdahak, kacang almond bisa diberikan pada penderita baik balita ataupun ibu hamil.

Caranya:
Siapkan 8 butir kacang almond dan rendam dalam air dalam waktu 12 jam. Rendam saat malam hari sehingga anda bisa membiarkannya sambil istirahat.
Besoknya, anda bisa menumbuk kacang almond hingga menjadi pasta yang lembut. Campurkan dengan 1 sdt. mentega. Konsumsi pasta kacang almond sebanyak 3 hingga 4 kali setiap harinya. Mengkonsumsi pasta ini harus secara rutin sampai batuk benar-benar hilang.

2. Buah anggur
Peradangan di tenggorokan juga menyebabkan gejala batuk seperti batuk berdahak. Untuk mengatasinya, anda bisa memberikan jeruk pada anak atau untuk ibu hamil, bisa langsung megkonsumsinya. Sifat ekspektoran pada anggur dapat menyembuhkan batuk berdahak karena dapat merangsang pengeluaran lendir dalam saluran pernafasan.

Caranya:
Jika anda merasa bahwa anda bosan makan buah anggur terus, anda bisa membuat jus anggur tanpa campuran gula. Sebaiknya gunakan madu atau jawa. Anggur dengan olahan khusus bisa dijadikan bat tradisional radang tenggorokan pada anak .
Baca juga : cara menyembuhkan radang tenggorokan
3. Jus wortel
Buat jus wortel yang dapat membantu anda mengatasi radang tenggorokan. Jus ini juga sangat baik untuk diberikan pada anak. Kandungan beta-karoten dalam wortel membuatnya menjadi kaya vitamin A yang dapat meningkatkan daya tangkap mata, melindungi dari ragam penyakit kulit, melindungi kulit dari sinar matahari dan menjaga tubuh dari virus atau bakteri dengan sifat antioksidannya.
Dengan kandungan vitamin dan nutrisi penting dalam wortel, wortel bisa dijadikan sebagai obat radang tenggorokan alami untuk anak dan bisa juga sembuhkan obat radang tenggorokan alami untuk ibu hamil.

Caranya:
Siapkan 4 buah wortel dan bersihkan dengan air bersih. Masukkan dalam gelas blender dan tuang air sesuai kebutuhan. Untuk menambah rasa manis, tambahkan beberapa sendok teh madu.
Blender untuk dibuat jus selama beberapa menit sampai benar-benar halus dan konsumsi.

4. Jeruk nipis dan kecap
Radang tenggorokan yang disertai dengan batuk juga bisa dituntaskan dengan jeruk nipis dan kecap. Dengan rutin mengkonsumsi ramuan tradisional ini, banyak orang merasa bahwa batuknya hilang hanya dalam beberapa hari saja.

Caranya:
Siapkan 1 buah jeruk nipis dan kecap seperlunya. Peras jeruk nipis dalam satu sendok makan, dan tambahkan kecap. Campur kedua bahan tersebut sampai merata dan minum sebanyak 2 hingga 3 kali sehari. Lakukan terus menerus hingga batuk pun berhenti sebagai Obat Radang Tenggorokan Alami.

5. Madu
Madu sangatlah bagus untuk obat radang tenggorokan bagi anak balita dan ibu hamil. Sebab, madu terbilang aman karena kandungan antiinflamasi dan antibakteri didalamya yan dapat mengurangi rasa gatal di tenggorokan atau batuk.

Caranya:
Minum madu secara langsung atau bisa juga dicampur dalam teh lemon. Tetapi, banyak menyarankan jika madu sebaiknya tidak diberikan pada anak di bawah 2 tahun sehingga madu hanya untuk obat tradisional radang tenggorokan pada orang dewasa .
Baca juga : Penyebab Tenggorokan Kering Dan Cara Mengatasinya Sampai Sembuh Total
6. Daun mint dijadikan teh
Batuk dan infeksi saluran pernapas di bagian atas serta bronkitis dapat diatasi dengan daun mint. Daun ini menjadi bahan utama yang dapat dikonsumsi dengan dijadikan sebagai teh. Khasiatnya adalah mengurangi inflamasi serta membuat otot trakea dan juga ilea menjadi lebih rileks.

Caranya:
Petik daun teh mint sesuai selera dan seduh dengan air mendidih dalam 10 menit dan kemudian disaring. Rasa bisa ditambahkan dengan menuangkan madu dan lemon. Anda juga dapat menggunakan gula jawa. Minum secara rutin sampai batuk anda benar-benar hilang.

7. Lemon
Obat Radang Tenggorokan Alami selanjutnya untuk balita dan ibu hamil adalah lemon. Lemon sudah pasti berbeda dengan jeruk nipis secara fisiknya, tetapi khasiatnya tetap sama yaitu meringankan sakit tenggorokan atau faringitis.

Caranya:
Siapkan 1 buah lemon dan belah menjadi dua. Iris sesuai selera dan taburi garam di bagian daging. Untuk mengkonsumsinya adalah dengan menghisap lemon sampai semua irisannya berkurang cairannya.

Walaupun terkesan seperti memaksa, lemon sangat penting khasiatnya untuk melegakan tenggorokan. Cara lainnya yang bisa anda coba adalah dengan membuat jus lemon hangat dan dicampur dengan madu, bukan gula.

8. Jahe
Gunakan jahe untuk tetap memberikan rasa hangat pada tubuh. Manfaat jahe bisa dirasakan saat anda megkonsumsinya dalam bentuk susu jahe atau wedang jahe. Saat menelannya, anda akan merasa hangat di tenggorokan.

Jahe juga besar manfaatnya untuk meredakan gejala demam serta flu. Hal ini disebabkan kandungan antihistamin dan decongestant dalam jahe.

Caranya:
Didihkan 12 irisan jahe dalam 3 gelas air selama 15 menit. Angkat dan kemudian disaring. Campurkan jahe dengan sesendok madu dan perasan lemon. Minum ramuan ini selagi masih hangat untuk melegakan tenggorokan.

9. Sup hangat
Bagi balita dan ibu hamil, nutrisi adalah sangat penting. Sup hangat bisa disajikan sebagai santapan enak yang mengenyangkan dan sekaligus besar manfaatnya untuk meringankan gejala flu, batuk dan juga radang tenggorokan. Uap sup yang masuk dalam saluran pernafasan akan mengatasi hidung tersumbat.

Caranya:
Buat sup ayam dengan tekstur yang lembut agar mudah ditelan dan makan selagi hangat. Bila perlu, tambahkan potongan sayur agar tubuh tetap terjaga nutrisinya.

Itulah beberapa Obat Radang Tenggorokan Alami yang bisa digunakan untuk anak balita dan ibu hamil untuk membatu penyembuhan maka konsumsilah makanan untuk penderita radang tenggorokan yang baik dan hindari pantangan serta larangannya  .Jika ingin membaca artikel lainnya dari tenggorokan.Com silahkan baca artikel sebelumnya .

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon