17 Obat Sakit Tenggorokan Alami Aman Untuk Ibu Hamil, Ibu Menyusui Dan Anak Cepat Sembuh

Loading...
loading...
Obat Sakit Tenggorokan Alami . Ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak terutama balita yang sedang sakit tenggorokan tentu tidak boleh mengkonsumsi sembarang obat. Radang tenggorokan sudah pasti bisa menyerang berbagai kalangan tanpa peduli kondisi dan situasi penderitanya. Biasanya, radang tenggorokan muncul disertai dengan infeksi di tenggorokan dan sakit di amandel.

Obat Sakit Tenggorokan Alami Aman Untuk Ibu Hamil, Ibu Menyusui Dan Anak Cepat Sembuh

Penyebab dari radang tenggorokan kebanyakan adalah infeksi bakteri streptococcus. Bakteri ini langsung menyerang selaput lendir yang berfungsi melapisi laring, faring dan tonsil tenggorokan. Karena serangan bakteri, muncullah peradangan di tenggorokan.

Selain menyebabkan rasa tidak nyaman, bakteri tersebut juga bisa menginfeksi kelenjar getah bening sehingga tenggorokan terasa sakit. Untuk itu, dibutuhkan Obat Sakit Tenggorokan Alami.

Obat Sakit Tenggorokan Alami dan Aman untuk Ibu Hamil

17 Obat Sakit Tenggorokan Alami Aman Untuk Ibu Hamil, Ibu Menyusui Dan Anak Cepat Sembuh
Ibu hamil dianjurkan melakukan perawatan di rumah saat sakit tenggorokan. Berikut beberapa perawatan yang bisa dilakukan secara alami dan tradisional:

1. Kumur air garam hangat
Air garam hangat bisa menjadi cara untuk mengatasi sakit tenggorokan. Air garam dapat bekerja untuk mengusir bakteri dalam mulut dan tenggorokan sehingga infeksi lebih lanjut dapat dicegah.

2. Gunakan bawang putih
Bawang putih adalah antibiotik alami yang juga perannya sangat besar untuk mengurangi gejala radang tenggorokan akibat infeksi.

3. Suhu ruangan harus hangat
Sangat dianjurkan untuk penderita sakit tenggorokan terutama ibu hamil untuk berada pada ruangan yang bersuhu hangat dan tingkat kelembaban yang lebih tinggi.

4. Minum cairan hangat
Cairan hangat seperti air hangat bisa menjadi solusi terbaik untuk menenangkan sakit tenggorokan sehingga dapat meredakan rasa nyeri secara perlahan.

5. Konsumsi parasetamol
Untuk mengurangi rasa nyeri, sakit kepala dan demam, ibu hamil dapat meminum parasetamol selama tidak melebihi dosis yang sudah dianjurkan.

6. Hindari minuman dingin
Minuman dingin harus dihindari terlebih dahulu. Cairan hangat dibutuhkan tubuh untuk menenangkan tenggorokan yang sakit. Pastikan juga jika ibu hamil memiliki asupan air yang lebih ditingkatkan supaya tubuh lebih mudah menyingkirkan racun dan juga bakteri yang masuk dalam tubuh. Dengan adanya air dan cairan yang lainnya, tubuh tidak akan kehilangan cairan sehingga dapat membasmi bakteri penyebab infeksi secara lebih cepat.

7. Coba berbagai teh herbal
Teh herbal besar khasiatnya untuk membantu mengurangi rasa sakit di tenggorokan ibu hamil. Teh herbal yang bisa diseduh saat tenggorokan sakit antara lain teh hijau dan teh jahe yang akan bekerja sebagai analgesik alami.

8. Hirup uap
Jika ibu hamil mengalami masalah dengan tenggorokan yang skit disertai gejala lainnya seperti hidung tersumbat dan nyeri karena radang tenggorokan, uap air panas bisa menjadi pilihan.

9. Makan buah-buahan dan sayuran segar
Kacang-kacangan, biji-bijian dan makanan yang segar mulai dari buah-buahan serta sayuran akan memberikan nutrisi yang tepat teruama karbohidrat, lemak, protein dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi karena peradangan di tenggorokan.

10. Konsumsi makanan sehat selalu
Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan berhenti memakan makanan seperti mie instan atau makanan cepat saji lainnya, maka tubuh akan lebih mudah meningkatkan sistem kekebalannya sehingga virus dan bakteri penyebab infeksi tidak akan mudah menyerang tubuh.

Radang tenggorokan tentu bisa disembuhkan dengan melakukan berbagai perawatan seperti di atas secara teratur dan rutin. Semua  Obat Sakit Tenggorokan Alami tersebut adalah cara sederhana yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Namun, jika muncul gejala yang lebih serius, pastikan ibu hamil segera mendapatkan perhatian medis dengan berkonsultasi dengan dokter. Lakukan juga berbagai pencegahan supaya tidak muncul komplikasi kesehatan yang bisa muncul karena adanya radang tenggorokan.
Baca juga :Obat Gatal Tenggorokan Terus Menerus Alami Dan Tradisional Paling Ampuh di Dunia

Obat Sakit Tenggorokan Alami untuk Ibu Menyusui

Untuk ibu menyusui, pastikan tidak mengkonsumsi berbagai obat sakit tenggorokan sebab dapat mempengaruhi nutrisi yang diberikan untuk si kecil. Berikut beberapa cara yang bisa dijadikan obat tenggorokan yang sakit untuk ibu menyusui agar tetap aman:

1. Madu
Madu memiliki banyak khasiat yang sangat membantu untuk kesehatan dan khasiatnya sudah tidak bisa diragukan lagi. Madu selalu menjadi pilihan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit seperti radang tenggorokan. Rasanya yang manis muncul karena adanya kandungan glukosa yang cukup kuat. Sehingga, madu murni selalu dianjurkan untuk mengatasi tenggorokan yang sakit. Madu murni adalah madu yang asli, yang bila perlu anda harus tahu bahwa madu tersebut diambil langsung dari sarang lebah.

Caranya:
Madu bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan air hangat. Melakukan cara ini secara rutin akan sangat bermanfaat untuk mengatasi tenggorokan yang sakit secara aman.

2. Larutan garam
Garam bekerja dengan melisiskan mikroorganisme yang dapat menyebabkan radang tenggorokan.
Caranya:
Campurkan garam dengan air. Pastikan jika konsentrasi garam cukup banyak. Dengan demikian, penyembuhan bisa lebih optimal.

3. Jeruk nipis
Gunakan jeruk nipis sebagai alternatif ibu menyusui untuk mengatasi tenggorokan yang sakit. Jeruk nipis manfaatnya cukup besar yang juga kaya dengan vitamin C. Selain membuat kondisi tubuh semakin baik, vitamin C dapat membantu proses penyembuhan radang di tenggorokan menjadi semakin cepat.

Caranya:
Ambil perasan air jeruk nipis dan campurkan dengan kecap manis agar tidak terlalu asam di mulut. Itulah 3 Obat buat radang Tenggorokan Alami selanjutnya kita lihat obat sakit tenggorokan pada anak balita .

Baca juga :Obat Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah Di Apotik

Obat Sakit Tenggorokan Alami untuk Anak dan Balita

Untuk anak dan balita, daya tahan tubuh masih belum sempurna. Ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh ibu agar si kecil cepat sembuh dari sakit tenggorokan. Karena, banyak balita yang selalu rewel, tidak mau makan, tidak mau minum atau bahkan kurang tidur karena merasakan sakit di tenggorokan yang membuat buah hati sakit menelan. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebagai Obat Sakit Tenggorokan Alami untuk buah hati antara lain:

1. Hindari balita anda berkumpul dengan penderita batuk pilek
Batuk dan pilek bisa cepat menular karena virus dan tentu saat balita sedang sakit tenggorokan, sebaiknya dihindarkan terlebih dahulu dengan penderita batuk dan pilek. Sebab, jika tertular maka akan semakin memperparah kondisi buah hati anda.

2. Beri air putih yang banyak
Obat Sakit Tenggorokan Alami  anak kedua adalah air putih agar anak tidak dehidrasi . Jangan sampai balita atau anak anda kekurangan cairan yang menyebabkan tubuh memiliki daya tahan tubuh yang lemah, gampang letih dan akhirnya tidak akan mempercepat proses penyembuhan sakit tenggorokan.

3. Beri ASI yang banyak
Obat Sakit Tenggorokan Alami Bayi adalah ASI . Jika anak masih meminum ASI, berikan ASI secara rutin dan lebih banyak. Dengan meminum ASI lebih banyak, maka semakin banyak pula nutrisi dan gizi baik yang masuk dalam tubuh anak. Sehingga, asupan gizi untuk tubuh juga dapat membuat tubuh anak cepat fit. Daya tahan tubuh pun bisa meningkat untuk memerangi virus atau bakteri penyebab infeksi tenggorokan.

4. Pastikan anak mendapatkan waktu istirahat yang cukup
Saat kondisi tubuh anak sedang tidak fit terutama dengan adanya sakit tenggorokan, buat anak merasa nyaman sehingga dapat beristirahat yang cukup untuk meningkatkan stamina tubuh.

5. Makanan bernutrisi
Beri makanan bernutrisi seperti sup ayam. Jika anak kesulitan menelan, pastikan makanan yang diberikan masih hangat dengan tekstur nasi yang lembek.

Itulah 5 Obat Sakit Tenggorokan Alami balita Namu sebaiknya Segera hubugi dokter jika anak demam di atas 39 derajat, susah menelan, mengeluarkan air liur, keluar bintik putih dan tampak luka di tenggorokan dengan warna kemerahan, leher sakit, atau suara serak selama 2 minggu.

Sekian dulu artikel kesehatan tentang Obat Sakit Tenggorokan Alami dari Tenggorokan.Com semoga saja bisa memberi manfaat buat bunda semua .

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon