Obat Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah Di Apotek Dan Alami Yang Terbukti Ampuh

Loading...
loading...
Obat tenggorokan sakit memang sangat diperlukan ketika kita mengalami gangguan pada tenggorokan. Saat tenggorokan sakit kita akan kesulitan untuk menelan ludah bahkan rasa sakit juga akan timbul ketika kita menelan makanan.

Kesulitan untuk menelan tersebut akan mengganggu aktivitas kita dalam hal apapun sehingga kita harus cepat-cepat mencari obat tenggorokan sakit. Ada bermacam-macam obat tenggorokan yang dapat kita konsumsi ketika mengalami gangguan pada tenggorokan.

Baik obat apotek ataupun obat alami dapat digunakan. Mengobati tenggorokan sakit dengan bahan alami maupun di apotek memang sama baiknya untuk kesembuhan. Hanya saja obat alami dapat mengobati secara perlahan namun pasti sedangkan obat apotek manfaatnya dapat kita rasakan.

 Obat Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah Di Apotek Dan Alami Yang Terbukti Ampuh

Obat Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah Di Apotek Dan Alami Yang Terbukti Ampuh
Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa obat tenggorokan sakit untuk menelan dapat diperoleh di apotek maupun dengan menggunakan bahan yang alami. Berikut beberapa obat apotek maupun alami yang dapat kita coba apabila tenggorokan sakit.
Baca juga :     Gejala ,Penyebab ,Dan Obat Infeksi Tenggorokan Herbal Dan Generik

Obat Tenggorokan Sakit

1. Obat apotek

Obat apotik yang dapat digunakan yaitu sebagai berikut.
a. Obat Tenggorokan Sakit Degirol
Yang pertama yaitu Degirol. Degirol merupakan tablet hisap dan mengandung Dequalinium chlorine 0,25mg. Tablet hisap ini dapat mengatasi tenggorokan sakit karena mengandung bahan anti bakteri juga anti jamur.
Agar segera sembuh maka hisaplah secara teratur setiap 4 jam, atau apabila dari dokter lakukanlah sesuai dengan resep dari dokter. Yang perlu diingat yaitu kita tidak boleh mengkonsumsinya lebih dari 8 tablet setiap hari.

b. Obat Tenggorokan Sakit Strepsils
Walaupun bukan merupakan obat, tetapi lebih tepat disebut dengan permen namun mengandung zat yang dapat membuat tenggorokan tidak sakit. Keistimewaan Strepsils ini dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak untuk mengobati sakit tenggorokan. Hisaplah satu butir Strepsils ke dalam mulut dan biarkan larut secara perlahan.

c. FG Troches untuk Obat Tenggorokan Sakit
Obat yang selanjutnya yaitu FG Troches, yang isinya Fradiomisin dan Gramisidin. Untuk aturan pakai bagi dewasa dan anak-anak berbeda. Bagi dewasa, aturan pemakaiannya yaitu satu sampai dua tablet hisap sebanyak maksimal 5 kali dalam sehari. Sedangkan pada anak-anak cukup 1 tablet hisap sebanyak 4 maupun 5 kali sehari. Tablet hisap ini cara mengkonsumsinya seperti permen yaitu membiarkannya larut di dalam mulut.

d. Dexamethasone untuk Obat Tenggorokan Sakit
Obat sakit tenggorokan yang lainnya yaitu Dexamethasone. Obat ini harus menggunakan resep dari dokter karena mempunyai aturan pemakaian. Tidak seperti obat hisap yang seperti dijelaskan di atas. Namun ini merupakan tablet obat yang ditelan.

Dengan mengetahui obat apotek tersebut maka kita dapat membeli di apotek terdekat untuk mencegahnya berkembang lebih parah. Karena jika sudah beberapa hari tidak ada perubahan maka kita harus segera ke dokter.

2. Obat alami

Setelah mengetahui obat sakit tenggorokan di apotek yang harus dibeli untuk mengatasi tenggorokan sakit, maka kita juga perlu mengetahui obat alami yang dapat kita coba.

a. Daun kemangi
obat sakit tenggorokan saat menelan pertama yaitu kemangi . Perlu dikeahui bahawa kemangi Selain sebagai lalapan, daun kemangi juga dapat mengatasi tenggorokan sakit. Jika suka dengan daun kemangi maka obat alami ini merupakan salah satu obat yang sangat menyenangkan karena selain untuk onat bisa juga untuk dikonsumsi seperti biasa waktu makan.
Cara menggunakan kemangi untuk obat yaitu dengan mencuci beberapa lembar daun kemangi kemudian direbus hingga mendidih. Setelah itu biarkan hingga menjadi hangat. Saring airnya dan minumlah setiap hari hingga tenggorokan tidak sakit lagi.

b. Jeruk
obat sakit tenggorokan susah menelan selanjutnya yaitu jeruk limau dan nipis juga bisa .  Jeruk merupakan buah yang mengandung vitamin C. Banyak manfaat jeruk untuk kecantikan maupun untuk kesehatan. Jeruk juga mengandung zat yang dapat membunuh kuman serta bakteri di dalam tubuh.
Salah satu manfaat untuk kesehatan yaitu dapat mengatasi tenggorokan sakit dan batuk . Ketrika memiliki tenggorokan yang sakit maka rasa tidak nyaman akan dirasakan. Bahklan untuk menelan ludah saja akan dirasakan sakit yang luar biasa.

Caranya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan satu buah air jeruk lemon yang deperas ke dalam segelas air. Perasan air jeruk lemon ini dapat membantu meredakam sakit tenggorokan serta membunuh bakteri serta kuman yang ada di tenggorokan. Minumlah setiap hari hingga tenggorokan benar-benar sembuh.

c. Madu
obat tenggorokan sakit  ampuh alami  yang berikutnya yaitu menggunakan madu. Siapa yang tidak mengenal madu. Rasa manis dan enak yang ada pada madu juga dapat menyembuhkan tenggorokan sakit. Madu juga mengandung anti oksidan serta antijamur yang dapat membunuh kuman serta bakteri.
Madu juga bermanfaat untuk dunia kecantikan maupun kesehatan. Dalamn dunia kesehatan kali ini madu dapat digunakan untuk mengatasi tenggorokan yang sakit.

Cara menggunakan madu sebagai obat alami sangat mudah yaitu dengan mencampur satu sendok makan ke dalam segelas air hangat. Jangan menggunakan air yang terlalu panas karena akan merusak komposisi madu dan mengurangi manfaatnya.

Minumlah setiap hari hingga tenggorokan tidak terasa sakit. Selain digunakan sebagai obat, minuman tersebut juga dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh. Ini merupakan cara yang menyenangkan karena kita akan mendapatkan dua manfaat sekaligus ini juga bisa dijadikan.obat tenggorokan sakit anak namun jangan terlalu banyak dkasihnya disarankan madu kids aja biar lebih aman .

d. Cengkeh
Walaupun jarang didengar khasiatnya, cengkeh juga dapat digunakan untuk mengatasi tenggorokan sakit. Cara membuat ramuan obat juga tidak sulit. Kita hanya memerlukan tiga sendok teh cengkeh bubuk dan segelas air yang masak.

Setelah tercampur rata maka berkumurlah dengan ramuan tersebut. Kandungan antibakteri serta antiradang dapat meredakan tenggorokan yang sakit. Gunakan ramuan ini hingga tenggorokan tidak sakit lagi.
Baca juga : Penyebab Cegukan Dan Cara Mengatasinya dengan Cepat Dan Tepat

Pentingnya Obat Tenggorokan Sakit

Mengetahui obat alami maupun apotek untuk tenggorokan sakit memang sangat penting. Ini dikarenakan kita akan mengetahui obat apa saja yang digunakan apabila mengalami sakit tenggorokan.
Akan tetapi apabila sakit berlanjut maka kita harus segera pergi ke dokter agar dapat dianalisis serta diketahui sakit tenggorokan yang kita alami. Walaupun kita sudah mengetahui obat sakit tenggorokan bukan berarti kita kemudian tidak menjaga kesehatan tenggorokan. Kita dapat melakukan hal-hal ringan yang dapat mencegah tenggorokan menjadi sakit.

 Tips Mencegah Tenggorokan Sakit

1. Tidak merokok
Menghindari rokok atau liungkungan yang penuh dengan asap karena dapat menyebabkan masalah pada tenggorokan.

2. Makanan atau minuman panas
Kita sebaiknya juga tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas karena dapat membuat tenggorokan menjadi iritasi. Dengan tenggorokan yang iritasi maka akan menimbulkan rasa sakit untuk menelan.

3. Minum air putih
Pola hidup yang sehat serta memperbanyak minum air putih juga dapat mencegah tenggorokan sakit. Hal-hal untuk mencegah tenggorokan sakit tersebut perlu dilakukan karena juga sangat penting untuk kita sendiri.

Pentingnya mengetahui hal-hal apa saja yang harus kita lakukan ketika sakit tenggorokan dapat mempercepat kesembuhan pada sakit tenggorokan. Dengan mengetahui berbagai obat serta hal-hal yang harus kita lakukan untuk mencegah tenggorokan sakit tersebut maka kita mengharapkan kita selalu diberikan kesehatan. Demikian beberapa ulasan tentang obat tenggorokan sakit yang dapat diberikan semoga dapat memnberikan manfaat bagi kita semua.Jika kamu mengalami masalah tenggorokan jangan lupa berkunjung ke tenggorokan.Com .

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon