Resep Obat Tenggorokan Serak Dan Berdahak Dari Bahan Alami tanpa Obat Apotik

Loading...
Rasanya tidak mungkin jika ada orang yang tidak pernah mengalami gangguan tenggorokan seperti serak, batuk berdahak dan lainnya. Batuk selalu terjadi pada semua orang sebagai cara tubuh untuk mengeluarkan kotoran yang ada dalam tenggorokan dan paru-paru. Dengan batuk, maka seseorang bisa mengeluarkan kotoran yang dapat berfungsi untuk melegakan pernapasan sehingga oksigen pun bisa masuk lebih mudah untuk disalurkan ke seluruh jaringan tubuh. Batuk berdahak dan serak muncul karena adanya influenza, sakit tenggorokan, bronchitis atau asma. Sehingga, dibutuhkan bantuan Obat Tenggorokan untuk memulihkan kondisi. Hal ini terjadi disebabkan faktor lingkungan yang kurang bersih atau bisa dikarenakan penggunaan obat-obatan.

Penyebab lainnya adalah perubahan cuaca yang mulai tidak menentu sehingga banyak orang yang mengalami berbagai gangguan kesehatan terutama mengenai gangguan pernafasan. Dengan cuaca yang tidak menentu, batuk berdahak pun sering terjadi karena adanya gangguan sistem pernafasan sebab mikoorganisme yang masuk seperti virus, bakteri dan juga infeksi.

Untuk gejala awalnya sangat mudah dikenali begitu penderita merasakan rasa gatal di tenggorokan. Bahkan dalam banyak kasus, penderita mengalami perubahan suara yang tiba-tiba seperti serak atau parau. Munculnya batuk berdahak akan mengganggu pita suara sehingga suara seperti berubah, bahkan bisa menyebabkan gangguan telinga.

Resep Obat Tenggorokan Serak Dan Berdahak Dari Bahan Alami
Resep Obat Tenggorokan Serak Dan Berdahak Dari Bahan Alami

Penyembuhan batuk berdahak sebenarnya akan lebih mudah dengan bantuan Obat Tenggorokan dari resep dokter. Tetapi, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan seperti menggunakan ramuan herbal tradisional dari bahan-bahan alami yang tidak akan memberikan efek samping. Berikut beberapa resep sebagai obat untuk tenggorokan serak dan berdahak dengan bahan-bahan alami yang bisa anda coba.

Obat Tenggorokan

1. Garam, kunyit dan kencur
Kombinasi tiga bahan di atas dapat membantu anda untuk mengobati batuk berdahak secara efektif.

Caranya:
Campurkan garam, bubuk kunyit dan bubuk kencur dalam gelas susu. Campurkan secukupnya dan diseduh dengan air hangat. Minum airnya setelah diaduk sampai benar-benar merata. Pastikan jika Obat Tenggorokan Berdahak ini anda minum secara teratur.

Cara lainnya adalah dengan merebus beberapa kunyit dan kencur dalam air yang mendidih. Masukkan sedikit garam dan matikan api jika air rebusan tampak berubah warna. Saring airnya untuk memisahkan dari semua bahan tersebut dan biarkan beberapa menit agar air rebusan hangat dan layak untuk diminum. Minum air rebusan ini sebanyak 2 kali sehari dan sekali minum harus 1/2 gelas saja.


2. Jeruk nipis
Sifat dan rasanya yang asam yang benar-benar kuat membuat jeruk nipis sangat ampuh untuk digunakan sebagai obat batuk berdahak. Bahkan, banyak orang yang telah menggunakan jeruk nipis untuk mengobati batuk dan serak sejak jaman dahulu.

Caranya
Siapkan jeruk nipis dan peras dalam satu sendok makan. Campurkan air perasan tersebut dengan madu murni atau kecap. Obat ini harus diaduk hingga rata terlebih dahulu sebelum diminum. Dengan menggunakan jeruk nipis, anda dapat mengurangi dahak di tenggorokan sehingga mempercepat proses penyembuhan.


3. Asam jawa
Untuk batuk berdahak, bisa diatasi dengan menggunakan asam jawa sebagai obat tenggorokan serak. Penggunaan asam jawa sangat membantu untuk mengurangi rasa gatal dan juga meluruhkan dahak.

Caranya:
Kencur, garam dan asam jawa dicampur. Rebus ketiga bahan tersebut hingga air benar-benar mendidih dan saring untuk diambil airnya saja. Minum air rebusan tersebut saat sudah hangat. Untuk hasil maksimal, pastikan jika anda meminum sebanyak 1 gelas kecil saja 2 kali sehari.

4. Kencur dan garam
Cara lainnya guna mengurangi rasa gatal dan mengobati tenggorokan yang serak karena batuk berdahak, anda bisa menggunakan kencur dan garam.

Caranya:
Parut kencur yang masih mentah dan dicampur dengan garam. Peras dan minum airnya.

5. Licorice
Licorice bekerja secara efektif sebagai penawar rasa sakit alami. Juga, kandungan anti-inflamasi didalamnya menjadi andalan bagi para penderita batuk berdahak dan suara serak. Sebab, licorice dilengkapi dengan bahan yang dapat mengaktifkan kekebalan tubuh sekaligus memiliki sifat ekspektoran sehingga dapat membersihkan lendir di area tenggorokan yang menjadi penyebab suara menjadi serak. Obat Tenggorokan herbal ini juga dikenal sebagai Glycyrriza glabra yang cukup efektif sebagai obat untuk mengatasi faringitis atau radang tenggorokan.

Caranya:
Anda harus menyiapkan akar licorice untuk direbus. Setelah air mendidih, minum air rebusan tersebut untuk digunakan sebagai penyembuh suara serak. Dengan meminum air rebusan akar licorice dengan teratur dan rutin, suara pun bisa kembali normal secara bertahap.

Tips untuk Obat Tenggorokan Serak Dan Berdahak

Dengan menggunakan resep Obat Tenggorokan serak dan berdahak dari bahan alami di atas, ada beberapa hal yang harus anda lakukan sehingga hasil lebih maksimal dan efektif sebagaimana berikut:

1. Konsumsi air putih yang lebih banyak
Dengan mengkonsumsi air putih yakni 8 gelas setiap harinya secara rutin, maka anda akan terhindar dari tenggorokan yang kering, pengumpulan dahak di tenggorokan dan dahak menjadi lebih encer. Sehingga, gangguan batuk berdahak atau tenggorokan serak bisa dihindari.

2. Mandi dengan air hangat
Gunakan air hangat untuk mandi. Air hangat sangat besar manfaatnya terutama dalam membasmi kuman yang melekat pada tubuh sehingga badan lebih bersih. Selain itu, air hangat juga dapat merangsang dahak untuk mencair dan lebih mudah dikeluarkan sehingga tidak membuat batuk semakin lama disembuhkan.

3. Hindari minuman beralkohol dan berhenti merokok dulu
Meminum minuman yang beralkohol dan merokok bisa menyebabkan tenggorokan menjadi semakin sakit sebab adanya penghambatan pengenceran dahak. Anda juga dianjurkan untuk menghindari asap rokok.

4. Jangan terlalu lelah
Aktivitas yang terlalu berlebihan dan membuat anda benar-benar lelah bisa menghambat proses pemulihan badan. Bahkan, jika terlalu lelah maka batuk akan semakin menjadi. Karena terlalu lelah, badan menjadi sulit untuk menciptakan sistem pertahanan agar cepat pulih dari batuk berdahak atau suara serak.

5. Istirahat yang cukup
Dengan istirahat yang cukup, tubuh bisa mendapatkan waktu untuk istirahat walau sebentar. Sehingga, sistem kekebalan tubuh bisa ditingkatkan untuk melawan virus atau infeksi dan hal lainnya yang dapat menyebabkan batuk berdahak dan suara serak.

Penyebab Tenggorokan Kering Dan Cara Mengatasinya

 Jika tadi kita fokus dalam bahasan obat tenggorokan serak dan berdahak disni kita akan cari tau apa obat  Tenggorokan Kering sesuai Penyebabnya

1. Kurang Cairan
Penyebab paling sering tenggorokan kering adalah kurangnya minum air sehingga tubuh mengalami dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). dengan minum air hangat sebelum tidur maka dapat meredakan tenggorokan anda sebab dengan cara ini suda di percaya ampuh sebagai obat tenggorokan sakit untuk menelan dan tenggorkan kering ketika bangun tidur .

Cara Mengatasinya adalah dengan minum air secara perlahan-lahan dengan air biasa setiap 30 menit hingga tenggorokan terasa basah, ulangi setiap tenggorokan sakit.

2. Gejala Akan Terserang Penyakit
Informasi lain yang saya peroleh adalah saat tenggorokan sakit itu bisa jadi gejala dari penyakit yang menyebabkan batuk-batuk atau demam. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan perbanyak minum Air, bila perlu dengan air sedikit hangat hingga banyak dahak yang keluar dari mulut. Biasanya batuk tidak jadi di alami.

Agar rasa sakit pada tenggorokan tidak semakin menyika maka sebaiknya hindari berbicara berlebihan. Mengkonsumsi teh hangat juga dapat meringankan tenggorokan kering bila dikonsumsi dengan pelan-pelan karena sensai hangat dan aroma teh sangat nyaman.

Baca juga :Obat Tenggorokan Gatal Dan Batuk Kering Juga Batuk Berdahak
Itulah informasi tentang resep Obat Tenggorokan serak dan berdahak dari bahan alami. Pastikan jika cara yang anda pilih dilakukan secara teratur dan rutin. Kunci utama untuk mempercepat kesembuhan adalah konsisten. Sangat penting bagi anda untuk tidak cenderung gonta-ganti obat herbal di atas. Akan lebih efektif hasilnya jika dari awal anda hanya memilih satu cara saja tapi dilakukan dengan rutin, misalnya dengan meminum air rebusan akar licorice saja. Lalu diimbangi dengan cara lainnya guna mempercepat kesembuhan seperti minum air putih yang banyak, menghindari asap rokok, menghindari rokok dan lainnya.

Jika dalam beberapa minggu suara masih serak dan batuk berdahak tidak kunjung sembuh, kami benar-benar menyarankan anda untuk meminta bantuan medis guna mendapatkan Obat Tenggorokan berdasarkan resep dokter.
Loading...

Artikel Terkait