Ciri-Ciri Penyakit Radang Tenggorokan Atau Amandel dan Apakah Menular Penyakit Tersebut

Loading...
loading...
Askep Penyakit radang tenggorokan atau yang sering kita sebut amandel adalah penyakit yang menjengkelkan, karena sekalipun tergolong bukan penyakit berat, tetapi mampu membawa penderitanya terganggu aktivitasnya. Gangguan yang sering terjadi dalam penyakit amandel tersebut adalah gangguan bicara, yakni gangguan yang terdapat di pita suara maupun di sekitar batang tenggorokan.

Ciri-Ciri Penyakit Radang Tenggorokan Atau Amandel dan Apakah Menular Penyakit Tersebut

Ciri-Ciri Penyakit Radang Tenggorokan Atau Amandel dan Apakah Menular Penyakit Tersebut
Sebelum kita membahas ciri-ciri penyakit radang tenggorokan atau amandel, alangkah baiknya kita juga perlu tahu penyebab dari penyakit tersebut. Sakit tenggorokan atau faringitis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus sebagaimana kita sering menyebutnya influenza. Bakteri yang timbul dari penyakit radang disebut bakteri streptococcus yang berbentuk batang jika terlihat di mikroskop. Untuk mengetahuinya harus diambil sampel dahaknya dan ditaruh di kaca preparat dan dikeringkan beberapa saat
Dalam kasus tertentu penyebab penyakit radang tenggorokan karena terpapar asap rokok, meskipun asap rokok bukan satu-satunya penyebab radang tenggorokan, tetapi kandungan asap rokok dengan tar dan nikotin membuka peluang yang besar terjadinya radang tenggorokan. Bahkan rokok menjadi pemicu munculnya kanker tenggorokan.

Virus dan bakteri asap rokok biasanya terhisap apabila kondisi tubuh kita lemah, sehingga menyebabkan kita terkena influenza, tetapi jangan khawatir, jika usia anda sudah dewasa, kekebalan tubuh sudah terbentuk, dan jarang bagi orang dewasa terkena influenza. Karena itu mereka yang terkena influenza biasanya anak-anak dan remaja.

Radang tenggorokan bisa jadi sebuah penyakit yang berdiri sendiri, atau bisa jadi Ia adalah ekses dari penyakit lain seperti influenza akut yang akibatnya bisa mengarah pada sakit tenggorokan
Ini Dia Ciri-Ciri Penyakit Radang Tenggorokan dan Pengobatan Alaminya
Lantas seperti apa ciri-ciri dari mereka yang terkena penyakit radang tenggorokan atau faringitis? Simak terus sampai selesai, karena artikel ini tak hanya membahas tentang ciri-cirinya penyakitnya, tetapi juga pengobatan alaminya.

Ciri-Ciri Penyakit Tenggorokan

1. Ciri Penyakit Tenggorokan yang Diakibatkan Bakteri
Jika penyakit itu disebabkan oleh bakteri maka akan menyebabkan penderitanya akan sulit untuk menelan makanan, anda akan kesulitan untuk memakan atau meminum makanan, kemudian bagian amandel akan membesar dan terlihat berwarna merah, bahkan terkadang disertai suhu tubuh meningkat sampai dengan demam berkepanjangan

2. Ciri Penyakit Tenggorokan yang Diakibatkan Virus
Berbeda dengan penyakit tenggorokan yang diakibatkan oleh bakteri, penyakit tenggorokan yang diakibatkan oleh bakteri tidak sampai pada meningkatnya suhu atau demam, tetapi menurunkan penyakit influenza, dengan tanda-tanda seperti flu, pilek, batuk, bersin hingga tenggorokan menjadi kering dan gatal. Jika ini menjadi semakin parah akan mengakibatkan rasa pedih di tenggorokan, bahkan suara bisa sampai hilang.

Ciri penyakit tenggorokan yang disebabkan karena virus membuat tubuh jadi cepat lelah, aktivitas tentu saja terganggu, karena itu anda disarankan untuk beristirahat total sebelum virus ini terusir. Karena itu gejala penyakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus menjadikan penderitanya tidak enak makan, lidah terasa pahit dan kurang bisa beristirahat dengan tenang.

Saran Tips untuk Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Anda

Inilsh cara menyembuhkan radang tenggorokan yang bisa kamu lakukan di rumah jika malas ke rumah sakit :

1. Memakan permen pelega tenggorokan
Sekarang ini banyak dijual di warung-warung kecil atau toko obat permen pelega tenggorokan yang sangat bermanfaat untuk meredakan gejala penyakit tenggorokan anda sebelum nanti semakin bertambah parah. Selain juga bisa untuk menghilangkan dahak, permen pelega tenggorokan bisa untuk melegakan tenggorokan bahkan di paru-paru anda, hal ini karena terdapat khasiat daun mint yakni mengandung vitamin A, D, E dan mengandung anti oksidan yang dapat mengikat kanker

2. Memakan Makanan Pedas
Karena sakit tenggorokan itu biasanya disebabkan karena virus yang menyebabkan influenza, maka virus tersebut biasanya akan hilang jika kita banyak memakan makanan pedas. Ada kandungan capcaisin di dalam cabai yang mampu menghilangkan virus penyebab flu. Karena itu ini merupakan kabar gembira bagi mereka yang menyukai makanan pedas, karena zat yang ada didalam cabai ini mampu menyembuhkan flu, cabai bisa dimakan bercampur dengan bakso, mie ayam atau siomay, sehingga selain bisa merasakan pedas, juga bisa menikmati makanan-makanan lezat tersebut.

3. Berendam pada kolam air hangat
Sebenarnya virus dan bakteri pada penyakit penyebab sakit tenggorokan tersebut sangat lemah, Ia bisa hilang hanya karena panas, misalnya dengan berjemur di terik matahari, dan satu metode yang sangat nyaman untuk menghilangkan virus ini adalah berendam pada bak air hangat seperti jacuzzi atau kolam air hangat lainnya, bisa menghilangkan flu penyebab sakit tenggorokan juga membunuh bakteri dan virusnya sekaligus.

4. Minum Minuman Rempah
Indonesia ini sangat kaya akan hasil rempah seperti jahe, merica, kayu manis dan lain sebagainya. Jika anda terkena sakit tenggorokan coba deh minum-minuman rempah seperti jahe yang sangat ampuh untuk menghangatkan badan. Tak hanya ketika diminum tubuh terasa hangat, tetapi yang terpenting lagi karena di dalam tubuh kita mengandung zat-zat seperti anti oksidan yang sangat ampuh untuk mengobati penyakit tenggorokan. Dan sekarang ini, minum minuman yang berasal dari rempah-rempah banyak dijual mulai dari warung kecil sampai restoran mewah, dan bisa dikombinasikan dengan kombinasi buah-buahan. Tetapi tentunya cara penyajiannya tidak menggunakan es, melainkan dibuat minuman hangat alias wedang, sehingga khasiatnya dapat terasa. Meminum minuman hangat dengan campuran rempah juga bisa menghilangkan rasa kering di tenggorokan, karena minuman hangat itu mampu memproduksi air liur alami yang sangat bermanfaat untuk kesembuhan sakit tenggorokan.

5. Beristirahat yang Cukup
Beberapa penyebab sakit tenggorokan sering disebabkan karena kondisi tubuh yang tidak stabil. Tubuh yang kelelahan akibat bekerja bisa melemahkan kondisinya, sehingga kekebalannya pun berkurang, apalagi bagi anak-anak atau remaja, dimana setelah mereka berkegiatan hingga kelelahan sering mengakibatkan sakit. Karena itu dokter seringkali memberikan resep yang sama jika kita mengalami sakit seperti flu, influenza yang bisa berakibat pada radang tenggorokan pula, yakni dengan istirahat yang cukup. Penanganan penyakit radang tenggorokan pada anak  yang paling aman adalah dengan mengistirahkannya dari bermain .

Pengobatan Alami Sakit Tenggorokan

Selain saran murah yang tadi telah dibahas di atas ada lagi pengobatan alami yang juga sangat murah disarankan untuk penderita sakit tenggorokan, yakni obat-obatan tradisional yang bisa dibuat sendiri, karena bahannya diracik dan tersedia secara alami dalam alam kita
Bahan-bahan tersebut bisa berupa
  • Madu
  • Jahe
  • Jeruk nipis
  • Ace maxs radang tenggorokan
  • Larutan air garam
Yang kesemuanya bisa dicampur air untuk diberi bahan-bahan alami tersebut

Apakah Penyakit Tenggorokan Menular?

Sebagaimana influenza, penyakit tenggorokan bisa menular karena berasal dari bakteri dan virus yang sama, yakni bakteri streptococcus dan virus coksackievirus yang bisa menular dari jabat tangan, sentuhan langsung, menggunakan barang-barang dari penderita sebelumnya atau melalui medium udara.  Jika sobat merasa malas mengobati penyakit ini ingat bahaya penyakit radang tenggorokan jika makain paraha nantinya.

Demikianlah cara mengobati penyakit radang tenggorokan secara alami maupun melalui metode yang murah namun cukup efektif membasmi virus dan bakteri.Jangan lupa berkunjung ke Tenggorokan.Com jika anda mengalami Radang Tenggorokan .

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon