7 Cara Mengobati Tenggorokan Gatal Dan Batuk Pada Malam Hari Alami tanpa Bahan Kimia

Loading...
Tenggorokan Gatal . Saat aktivitas yang anda jalankan setiap harinya berat, istirahat bisa menjadi obat untuk menghilangkan segala rasa letih. Istirahat saat malam hari juga dapat membantu tubuh untuk kembali fit pagi harinya. Sebab, semua organ dan otot mengalami masa istirahat dari segala gerak tubuh. Dengan istirahat di malam hari, anda pun bisa menyambut pagi dengan energi yang kembali pulih. Namun, berbeda rasanya jika anda mengalami masalah dengan tenggorokan seperti batuk berdahak ( tenggorokan berlendir ) , batuk kering, radang tenggorokan dan juga Tenggorokan Gatal.

Cara Mengobati Tenggorokan Gatal Dan Batuk Pada Malam Hari
7 Cara Mengobati Tenggorokan Gatal Dan Batuk Pada Malam Hari

Tenggorokan Gatal sudah pasti akan mengganggu istirahat anda, bahkan orang lain yang tidur disamping anda. Tenggorokan yang terasa gatal membuat anda harus terbangun dari tidur sebab rasa gatal yang tidak bisa ditahan. Bahkan dalam kondisi sedang di tempat kerja karena lembur, tenggorokan yang gatal bisa menimbulkan rasa stress pad penderita. Hal ini disebabkan kelenjar lendir tidak mampu menghasilkan lendir yang cukup karena terkena iritasi oleh virus, bakteri atau allergen.

Reaksi gatal muncul sebab infeksi mulai menyerang daerah tenggorokan. Di tempat kerja, tenggorokan yang gatal sudah pasti akan mengganggu kenyamanan diri sendiri, kenyamanan rekan kerja, menurunkan produktivitas dan bahkan mengganggu konsentrasi lainnya. Oleh sebab itu, bila tenggorokan gatal terus menerus  harus segera diatasi.

Sebelum mengobati tenggorokan yang gatal, hal yang harus kita perhatikan terlebih dahulu adalah penyebab munculnya sensasi gatal di tenggorokan. Rasa gatal muncul dikarenakan beberapa hal, seperti:

Penyebab Tenggorokan gatal dan sakit

1. Alergi karena lingkungan yang kurang bersih
2. Penderita sedang batuk dan pilek
3. Alergi pada makanan yang sudah dimakan
4. Penderita memiliki sakit asma
5. Adanya infeksi di saluran pernafasan
6. Iritasi yang menyerang dari debu dan udara kering
7. Penderita sedang sakit asam lambung
8. Penderita mengalami muntah terus menerus
9. Penderita memiliki tumor di tenggorokan
10. Penderita terlalu sering berbicara atau bernyanyi dengan suara keras dalam kurun waktu yang lama.

Rasa gatal di tenggorokan tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman saat istirahat atau saat sedang bekerja, namun dalam beberapa kasus dapat menyebabkan penderita kesulitan untuk bernafas. Jika memang anda sering mengalaminya, pastikan jika anda segera konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat dan tidak terlambat.

Nah, jika saat ini anda mengalami tenggorokan gatal batuk kering dan berdahak , ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Berikut cara mengobati tenggorokan yang terasa gatal disertai batuk terutama saatmalam hari.

Cara Mengobati Tenggorokan Gatal

1. Madu
Madu dikenal sebagai obat tradisional alami yang bisa membantu mengatasi masalah batuk berdahak. Bahkan, madu juga punya khasiat yang cukup besar guna melawan kuman, bakteri atau virus yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Berdasarkan penelitian Penn State College of Medicine, madu memiliki khasiat yang cukup baik. Untuk balita berusia 2-18 bulan yang sedang mengalami batuk berdahak, madu dapat membantu mereka untuk tidur lebih nyenyak setelah diberikan madu. Khasiat madu ini bekerja bahkan lebih baik jika dibandingkan dengan obat batuk lainnya.

Caranya:
Tambahkan madu pada minuman anda seperti air hangat atau teh hangat. Pastikan bahwa anda tidak memberikan madu bagi bayi di bawah 1 tahun.Bukan saja anak tapi ini juga bisa dipakai untuk mengatasi tenggorokan gatal pada ibu hamil .

2. Teh Jahe
Untuk penikmat teh, anda bisa menggunakannya sebagai obat untuk tenggorokan gatal dan sakit. Jahe dan teh sama-sama bekerja secara efetif untuk memberikan rasa hangat pada tubuh. Jahe juga dilengkapi dengan kandungan zingiberin yang dapat membuang racun dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Kandungan inflamasi juga bekerja ampuh untuk mengatasi peradangan yang terjadi akibat infeksi virus atau lainnya. Gunakan cara ini untuk membasmi bakteri jahat yang ada dalam tubuh.

Caranya:
Beberapa ruas jahe di iris dan ditambahkan dalam secangkir teh hangat. Ganti gula putih dengan gula merah atau madu jika ingin rasa manis. Sering-sering minum ramuan ini saat tenggorokan sedang sakit dan terasa gatal atau sedang batuk.

3. Minyak kayu putih
Steaming adalah pengobatan yang bisa anda lakukan dengan campuran minyak kayu putih. Steaming adalah melakukan proses penguapan agar dapat melancarkan pernafasan dan mengencerkan dahak yang membuat tenggorokan sering terasa gatal dan batuk.

Caranya:
Siapkan satu ember air panas yang masih ada uapnya. Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Dekatkan pada hidung anda dan hirup uapnya. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya anda tutup ember dengan handuk supaya uap tetap lari ke hidung dan tidak pergi kemana-mana. Lakukan prose steaming dalam waktu 10-15 menit.

4. Kumur air garam
Garam selalu ada di dapur, jadi jika anda mengalami gangguan tenggorokan dengan sensasi gatal atau batuk, garam bisa digunakan untuk obat. Anda bisa menggunakannya untuk dibuat air kumur. Atau bila perlu, anda bisa meminumnya. Garam bekerja untuk menghilangkan panas. Sebab, panas menyebabkan tenggorokan terasa sakit. Garam juga dikenal dengan fungsinya sebagai antiseptik yang mampu membersihkan lendir yang ada di tenggorokan.

Caranya:
1 sdt. garam dicampur pada secangkir air hangat. Pastikan jika suhu air normal. Aduk garam hingga merata dan gunakan sebagai obat kumur sebanyak 3 kali sehari.

5. Sup ayam
Obat tradisional lainnya yang dapat membantu mengobati Tenggorokan Gatal dan batuk adalah sup aya. Sup ini sangat mudah dibuat. Selain membantu melegakan tenggorokan, sup ini juga mengenyangkan. Nutrisinya juga tinggi sehingga termasuk dalam makanan sehat. Kaldu sup ayam sangat bermanfaat karena dapat menghangatkan tubuh dan meringankan iritasi di tenggorokan. Bahkan, dari penelitian yang dilakukan oleh dokter di University of Nebraska Medical Center, sup ayam bisa menjaga tubuh untuk tetap hangat.

Caranya:
Buat sup ayam sesuai selera jika anda sedang mengalami batuk berdahak. Sebab, sup ini sangat efektif untuk merangsang pengeluaran lendir yang kemudian akan dikeluarkan.

6. Bawang dan gula
Cara ini bisa mengobati masalah tenggorokan walaupun tidak banyak yang tahu. Kedua bahan ini bermanfaat untuk meringankan batuk berdahak karena dapat melegakan tenggorokan.

Caranya:
Cacah terlebih dahulu beberapa siung bawang dan masukkan pada setengah cangkir gula putih. Aduk sampai benar-benar rata dan didiamkan terlebih dahulu selama 1 malam penuh. Gula putih pun akan mencair dan bercampur dengan cacahan bawang seperti sirup. Untuk mempercepat pembentukan sirup bawang, pastikan anda mendidihkan racikan obat beberapa menit dalam api yang kecil. Minum ramuan ini sebanyak 1 sdm. untuk 2 jam sekali.

7. Pisang
Pisang sangat berkhasiat untuk anda yang mengalami gangguan tenggorokan seperti batuk dan Tenggorokan Gatal saat malam hari. Anda hanya perlu menyiapkannya untuk langsung dikonsumsi. Pisang sangat bermanfaat untuk mengatasi sakit tenggorokan karena bertekstur lembut, mudah dicerna dan sangat kaya dengan antioksidan. Selain itu, pisang juga memiliki vitamin C yang sangat tinggi untuk tubuh sehingga sangat cocok digunakan untuk mengatasi peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh.Perlu juga dicatat pisang adalah salah satu obat tenggorokan gatal pada ibu hamil yang aman .

              Baca juga : Resep Obat Tenggorokan Serak Dan Berdahak Dari Bahan Alami

Itulah cara mengobati Tenggorokan Gatal dan batuk saat muncul di malam hari. Jika batuk tidak kunjung sembuh dalam beberapa minggu, segera periksakan ke dokter.
Loading...

Artikel Terkait