Penyebab Dan Obat Tenggorokan Sakit Untuk Menelan Ludah Dan Berdahak

Loading...
loading...
Tenggorokan Sakit . Virus tidak hanya menjadi penyebab pilek, tetapi juga masalah batuk baik batuk kering atau berdahak yang diawali dengan gangguan tenggorokan seperti Tenggorokan Sakit terutama untuk menelan ludah, terasa kering dan bahkan serak. Batuk biasanya muncul diiringi pilek dan munculnya dahak. Tentu saja, semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa merasa tersiksa sebab rasanya seperti sakit di dada karena terlalu sering bergerak saat batuk dan bahkan bisa membangunkan penderita dari tidur saat batuk.

Penyebab Dan Obat Tenggorokan Sakit Untuk Menelan Ludah Dan Berdahak

Penyebab Dan Obat Tenggorokan Sakit Untuk Menelan Ludah Dan Berdahak
Ada banyak jenis batuk dengan penyebab dan gejala penyakit yang berbeda pula.

Peneyebab Tenggorokan Sakit

 Batuk biasa sudah pasti disebabkan oleh virus biasa. Namun, untuk penyakit yang kronis seperti TBC, jantung dan bronchitis, batuk selalu muncul dan membuat Tenggorokan Sakit. Batuk berdahak seringkali datang dan kerap menyerang semua orang. Jika mengalami batuk berdahak, hal yang harus dipikirkan adalah bahwa anda tidak boleh menganggap enteng. Batuk yang datang harus segera ditangani agar tidak menjadi penyakit yang serius yang dapat mengganggu kesehatan anda. Sebelum memutuskan untuk mengunjungi dokter, ada beberapa cara alami yang bisa anda lakukan untuk meringankan gejala seperti berikut:

 Obat Tenggorokan Sakit

1. Teh jahe
Minuman ini sangat cocok untuk diminum guna mengatasi batuk berdahak yang sedang anda alami. Teh selalu jadi andalan bagi banyak masyarakat Asia untuk menyembuhkan batuk berdahak.

Caranya:
Campurkan irisan jahe pada secangkir teh hangat. Ganti gula dengan madu murni dan minum sebanyak 2 kali sehari secara rutin selama sakit tenggorokan sebelah kiri dan kanan masih terasa .


2. Belimbing wuluh
Belimbing wuluh memiliki manfaat yang besar guna mengatasi dan meringankan batuk dengan menggunakan bunganya.

Caranya:
Siapkan segenggam bunga belimbing wuluh dan campurkan dengan beberapa butir adas. Gunakan madu untuk menggantikan gula dan campuri dengan secangkir air. Diamkan beberapa saat dan ditiriskan. Jika sudah hangat, saring ramuan ini untuk diminum secara teratur.

3. Jeruk nipis
Jeruk nipis juga terbilang sangat membantu untuk mengatasi tenggorokan yang sakit terutama saat menelan ludah dan berdahak.

Caranya:
Siapkan jeruk nipis dan diperas untuk diambil airnya. Air perasan jeruk nipis dicampur dengan madu dan air hangat. Takarannya adalah 1 sendok makan air jeruk nipis dan 3 sendok makan madu murni dicampur dengan 5 sendok makan air hangat. Kemudian, di tim hingga 30 menit. Untuk meminumnya, takaran ramuan ini adalah 1 sendok teh sebanyak 2 kali sehari. Obat tradisional ini dapat menyembuhkan Tenggorokan Sakit karena batuk dan sulit menelan. Cara membuatnya juga terbilang mudah.

Cara lainnya adalah dengan mencampurkan air jeruk nipis dengan kecap dan diminum dengan dosis 1 sendok teh dan diminumnya harus 2 kali sehari.

4. Kunyit
Bahan ini sangat terkenal untuk meredakan batuk berdahak. Khasiat alami dalam kunyit bahkan dapat mengusir batuk didalamnya. Kunyit memang dikenal sebagai rempah-rempah, tetapi sangat besar manfaatnya jika digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit secara berkala jika dikonsumsi secara teratur.

Caranya:
Tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang sudah dihaluskan atau ditumbuk dalam satu gelas susu. Campurkan dengan madu sesuai selera untuk menggantikan gula. Hindari minum ramuan ini dengan gula.

5. Madu dan lada putih
Tenggorokan Sakit saat menelan ludah disertai adanya dahak di tenggorokan juga bisa diatasi dengan lada putih. Khasiatnya pun terbilang baik untuk melegakan tenggorokan karena sensasi panas yang dapat merangsang dahak untuk cepat cair sehingga dahak bisa dikeluarkan oleh tubuh dengan lebih mudah. Karena dahak menjadi cair, batuk pun bisa berkurang sebab lendirnya yang tidak lagi kental.

Caranya:
Campurkan lada putih dalam teh madu dan diminum secara rutin.
Baca juga : Obat sakit tenggorokan ampuh
6. Daun asam muda
Jika anda memiliki pohon asam muda, anda bisa memanfaatkan daunnya untuk mengatasi batuk kering yang menyebabkan tenggorokan terasa sakit untuk menelan ludah.

Caranya:
Siapkan daun asam muda setengah genggam dan dicampur dengan daun saga manis, gula batu serta kayu manis sesuai selera. Rebus sampai mendidih dengan api kecil dan disaring. Minum ramuan ini secara teratur untuk mengatasi Tenggorokan Sakit.

7. Kemangi
Anda mungkin tidak asing dengan daun kemangi yang memiliki aroma dan wangi yang khas yang seringkali dikonsumsi sebagai lalapan. Nah, daun ini memiliki khasiat yang besar sebagai ramuan yang bisa mengatasi batuk berdahak.

Caranya:
Siapkan 1-2 gelas air putih dan 2-3 lembar daun kemangi. Campur dan direbus hingga menjadi satu. Air rebusannya jangan dibuang sebab harus diminum selagi hangat untuk menghilangkan batuk berdahak.
Baca juga : 10 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami Dengan Cepat yang Ampuh
8. Daun sirih
Daun sirih bisa menjadi bahan dasar ramuan yang bisa digunakan untuk mengatasi tenggorokan sakit dan batuk berdahak. Walaupun rasa ramuannya bisa dibilang aneh, tapi khasiatnya sangat efektif untuk mengatasi masalah tenggorokan.

Caranya:
Siapkan daun sirih sebanyak 5 lembar dan ditambah dengan cengkeh, kapulaga, kayu manis dan kemukus. Rebus semua bahan tersebut dengan dua gelas air bersih. Pastikan jika benar-benar mendidih dan air rebusan menjadi hanya satu setengah gelas saja. Jika sudah, angkat dan disaring. Minum sebanyak 1 sendok makan dan lakukan cara ini sebanyak 3 kali setiap hari.

9. Bunga mawar
Bunga mawar tidak hanya indah dan menawan tapi khasiatnya yang cukup besar untuk mengatasi masalah tenggorokan. Anda bisa menggunakan bunga mawar sebagai bahan utama untuk menyembuhkan batuk berdahak.

Caranya:
Ambil bunga mawar segar 10 gram dan tim dengan air secukupnya. Tambahkan gula batu sesuai selera anda dan diminum secara rutin sebanyak 2 kali sehari.
Baca juga : 7 Obat Sakit Tenggorokan Saat Menelan Ampuh Dengan Herbal Tradisional
10. Air putih hangat
Untuk melancarkan dahak agar mudah dikeluarkan oleh tubuh, mengkonsumsi air putih hangat sangatlah disarankan. Pastikan jika anda mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya untuk memulai kebiasaan sehat ini.

11. Cranberi
Cranberi juga dikenal sebagai Vaccinium Macrocarpon yang sangat efektif dan digunakan oleh penduduk asli Amerika untuk mengobati ginjal, kandung kemi dalam waktu yang sangat lama. Kini, cranberi juga sering digunakan sebagai obat untuk masalah perut atau penyakit kulit. Hal ini disebabkan cranberi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Jika anda merasa bahwa Tenggorokan Sakit untuk dibuat menelan tiba-tiba muncul dan disertai suara yang serak, anda dapat menggunakannya untuk menyembuhkan tenggorokan.

Caranya:
Siapkan cranberry untuk dibuat jus. Atau, anda juga dapat memakannya baik mentah maupun dikeringkan untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang tinggi.

Itulah berbagai informasi tentang penyebab dan obat Tenggorokan Sakit untuk menelan ludah dan berdahak. Dengan informasi tersebut, anda dapat mencobanya secara rutin dan teratur. Dibutuhkan kesabaran dan konsistensi guna membuat tenggorokan anda yang sakit terasa lebih baik dan pulih secara perlahan. Cara-cara tersebut bisa dilakukan untuk melengkapi obat medis yang anda dapatkan dari resep dokter sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan.Salam Sehat dari tenggorokan.com !

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon