Apa Saja Penyebab Batu Amandel Dan Cara Alami Menghilangkannya

Tags
Loading...
loading...
Batu Amandel tidak beresiko serius atau pertanda adanya hal yang berbahaya dalam tubuh. Hanya, akan membuat penderita merasa tidak nyaman karena masalah bau mulut atau sakit tenggorokan kapanpun. Masalah kesehatan ini bisa terjadi pada siapapun. Kondisi kesehatan seperti ini kerap disebut tonsilolith, tonsillith dan juga kalkulus tonsil. Munculnya masalah ini dikarenakan adanya bakteri atau partikel makanan yang masuk dalam amandel dan kemudian mengeras membentuk batuan keras seperti bintik-bintik. Untuk mengatasinya, penderita bisa mengatasinya sendiri di rumah atau mungkin dengan bantuan medis.

Jadi, penyebab Batu Amandel adalah bakteri yang menginfeksi bagian amandel dan bisa masuk melalui makanan. Disebut batu amandel karena warnanya yang kuning, putih atau abu-abu yang dapat ditemukan dalam jaringan lunak amandel. Sedangkan amandel sendiri merupakan bantalan atau benjolan daging di kedua sisi bagian belakang tenggorokan. bentuknya bulat, bercelah, cekungan dan lubang.

Penyebab Batu Amandel Dan Cara Alami Menghilangkannya

Cara Alami Menghilangkan Batu Amandel
Apakah batu tonsil ? dalam istilah umum orang awam adalah batu amandel . Amandel merupakan salah satu bagian sistem kekebalan tubuh dengan nodus limfa yang dapat melawan berbagai infeksi dalam tubuh. Artinya, walaupun ia bekerja untuk melawan infeksi, bukan berarti akan terbebas dari segala infeksi, termasuk infeksi bakteri penyebab Batu Amandel. Penyebab lain munculnya batu ini adalah serpihan makanan atau sel jaringan yang mati serta lendir yang mengapur dan kemudian mengeras.
Gambar tonsil  / Batu Amandel
Penyebab Dan Cara Alami Menghilangkan Batu Amandel
Untuk bisa melihatnya, penderita dapat menggunakan cermin dan senter. Cermin dan pencahayaan yang baik membantu penderita untuk memeriksa amandel. Jika terdapat timbunan kapur berwarna putih atau kuning, maka Batu Amandel menempel pada jaringan tersebut. Dalam banyak kasus, batu ini bisa tertimbun jaringan amandel dan agak bersembunyi, sehingga sulit terlihat. Untuk itu, ketika anda mengalami gejala batu amandel tetapi tidak bisa melihatnya, pertolongan medis bisa digunakan untuk menghilangkan batu tersebut.

Biasanya, Batu Amandel disertai bau napas yang tak sedap dan ini adalah pertanda paling umum. Sebab, bau tak sedap tersebut muncul karena bakteri atau serpihan makanan yang terus menempel di cekungan amandel hingga mengeras menjadi batu bahkan sampai menempel disana. Penderita juga bahkan akan merasa tidak nyaman karena merasa seperti ada yang mengganjal atau yang tersangkut di belakang tenggoroka dengan rasanya yang seperti logam dan kadang membuat anda terasa mudah tersedak. Amandel juga menjadi lebih kemerahan disertai iritasi atau radang pada bagian mulut dan juga tenggorokan. Bahkan, ada benjolan kecil yang berbau yang ikut keluar bersama batuk.

Penyebab lainnya yang memicu Batu Amandel adalah sakit tenggorokan yang sudah kronis atau radang amandel yang terus berulang. Jika anda merasa sakit di amandel dan amandel seperti meradang atau berdarah, atau jika anda sakit tenggorokan yang disertai demam maka sebaiknya mencari pertolongan medis.Jangan lupa baca : Obat Herbal Amandel Tanpa Operasi Pada Anak Dan Orang Dewasa

Cara Alami Menghilangkan Batu Amandel

Nah, bagaimana cara menghilangkan Batu Amandel secara alami? Berikut beberapa bahan alami mulai dari buah-buahan dan yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur.

1. Bawang putih
Bawang putih sudah menjadi rahasia umum dalam mengobati banyak penyakit mulai yang ringan sampai yang berat. Tidak heran jika bawang putih selalu menjadi pilihan para penderita berbagai penyakit. Jadi, bawang putih tidak hanya sebagai pelengkap bumbu dapur saja. Bawang putih dapat bekerja secara efektif untuk mengatasi batu amandel.

Caranya benar-benar gampang, yakni anda tinggal mengunyah bawang putih supaya dapat menghilangkan batu tersebut secara alami dan efektif. Kunyahlah bawang putih sesering mungkin. Selain itu, bawang putih juga dapat membantu memerangi bakteri apapun yang menyebabkan mengerasnya sisa makanan tersebut yang menyebabkan bercak keras pada amandel.

2. Jus lemon
Cara lain yang bisa anda gunakan adalah jus lemon sebagai cara natural yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi batu ini. Jus lemon memiliki banyak vitamin terutama vitamin C yang dapat membantu tubuh untuk membuang semua batu pada amandel anda dengan cara efektif.

Untuk menggunakan jus lemon pada penanganan batu ini, anda bisa mencampurkan beberapa sendok makan jus lemon dengan secangkir air hangat. Tambahkan sedikit garam pada campuran jus tersebut dan minum sesering mungkin.

3. Minyak atsiri
Seperti yang anda ketahui bahwa minyak atsiri mengandung anti-peradangan dan anti-bakteri yang sangat berguna untuk menyembuhkan batu pada amandel. Bahkan, beberapa minyak atsiri bisa anda pilih misalnya seperti serai. 

Untuk mendapatkan hasil yang baik dan maksimal, anda dianjurkan menambahkan beberapa tetesan minyak atsiri pada pasta gigi anda setiap hari saat anda membersihkan gigi dan lidah. Anda juga harus meletakkan minyak atsiri tersebut pada botol semprotan dan gunakan dengan cara disemprot di area yang terinfeksi bakteri penyebab bercak keras pada amandel.

4. Yogurt
Pernahkan anda berpikir bahwa Batu Amandel bisa dihilangkan dengan menggunakan yogurt? Untuk menghilangkan batu tersebut, anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan tanpa pemanis dan dari bahan organik. Yogurt sangat kaya akan probiotik yang sangat penting untuk memberikan bakteri sehat dalam tubuh. Sehingga, dengan mengkonsumsi yogurt maka dapat menyingkirkan batu tersebut dan menjaga agar masalah ini tidak muncul kembali. Dengan sering mengkonsumsi yogurt yang kaya dengan probiotik, maka dapat membersihkan bakteri dalam mulut dan materi lainnya yang menyebabkan infeksi di amandel anda.

5. Cuka apel
Gunakan cuka apel sebagai cara natural untuk mengatasi masalah batu ini. Hal ini disebabkan cuka apel sangat kaya dengan asam yang dapat menghilangkan masalah tersebut.

Pastikan bahwa anda selalu ingat untuk menggunakan cuka apel atau cuka putih. Pastikan juga bahwa anda juga mencairkannya terlebih dahulu dengan sedikit campuran air putih sebelum digunakan untuk berkumur setiap saat.

6. Apel
Jika sebelumnya anda bisa menggunakan cuka apel, tapi tidak memiliki bahan tersebut maka anda bisa mencoba mengkonsumsi apel. Apel berdasarkan penelitian bisa berfungsi sebagai cara alami untuk mengatasi Batu Amandel. Sebab, apel mempunyai cairan kental asam yang dapat bekerja sebagai astringen dan membantu membersihkan mulut anda. Selain itu, disaat anda mengunyah apel, kinerjanya sama seperti sikat gigi, apel dapat membersihkan mulut dan gusi anda sehingga membuat mulut menjadi lebih bersih. Bahkan, dengan rutin mengkonsumsi apel akan sangat membantu kesehatan mulut anda sekaligus menghilangkan penyakit ini.

7. Wortel
Seperti yang banyak anda ketahui bahwa wortel dapat menjadi pilihan tepat untuk kesehatan mata anda karena adanya kandungan beta-karotin. Tetapi, bukan cuman itu saja yang bisa anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi wortel. Wortel bisa juga digunakan untuk mengatasi penyakit ini pada amandel anda. Caranya adalah dengan rajin memakan wortel mentah karena dapat membasmi bakteri di mulut.

8. Bawang
Dengan mengunyah bawang merah mentah-mentah, maka secara tidak langsung akan meningkatkan kesehatan mulut anda, mencegah infeksi di mulut dan membasmi semua bakteri karena kandungan anti-bakteri yang cukup tinggi didalamnya. Anda disarankan untuk rajin mengkonsumsi bawang merah dengan mengunyahnya mentah-mentah sebanyak 2 hingga 3 kali setiap hari untuk menghilangkan dan mencegah munculnya penyakit ini. Bahkan, bawang merah juga dapat menghilangkan bau napas yang menjadi gejala pada penyakit ini.

Itulah penjelasan mendalam tentang penyebab Batu Amandel dan cara alami menghilangkannya dari Tenggorokan.COM. Semoga membantu!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon