Sayur Dan Buah Untuk Radang Tenggorokan Yang Baik Dan Cocok Untuk Dimakan

Loading...
Buah Untuk Radang Tenggorokan. Radang tenggorokan atau kerap disebut sebagai Faringitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi pada bagian faring. Jadi, peradangan yang muncul bisa disebabkan oleh virus atau bakteri. Peradangan bisa ringan atau berat tergantung keganasan infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri tersebut. Saat radang tenggorokan menyerang, penderita akan mengalami berbagai gejala umum seperti rasa sakit untuk menelan, kelenjar leher tiba-tiba membengkak, tenggorokan memerah dan muncul bercak putih. Pada kondisi demikian, Buah Untuk Radang Tenggorokan disarankan untuk dikonsumsi sebagai cara mempercepat penyembuhan.

Sayur Dan Buah Untuk Radang Tenggorokan Yang Baik Dan Cocok Untuk Dimakan

Sayur Dan Buah Untuk Radang Tenggorokan Yang Baik Dan Cocok Untuk Dimakan
Walaupun banyak orang meremehkan penyakit radang tenggorokan yang dapat segera sembuh dengan obat tradisional, radang yang muncul tidak boleh dibiarkan. Sebab, jika tanpa perawatan atau perlakuan apapun, radang menjadi kronis dan dapat menular atau menyebar melalui udara saat penderita sedang batuk.

Karena adanya iritasi pada bagian tenggorokan yang akan mengganggu kenyamanan penderita terutama seperti rasa sakit untuk menelan makanan dan minuman, iritasi pada tenggorokan karena infeksi juga akan membuat tenggorokan terasa bengkak dan terus meradang. Tak tanggung-tanggung, penderita juga bahkan mengalami gangguan kesehatan lainnya seperti demam dan sakit kepala. Kunci utama untuk mengatasi radang tenggorokan adalah bagaimana caranya agar peradangan yang muncul menjadi lebih ringan, sehingga tidak terlalu sakit dan mengurangi sensasi panas pada tenggorokan. Untuk itu, Buah Untuk Radang Tenggorokan bisa menjadi cara alami mengurangi rasa sakitnya.

Agar penderita tidak tersiksa dengan rasa sakit karena radang tenggorokan, terutama anak-anak yang menjadi hilang selera makannya dan terus rewel, ada beberapa sayur dan buah yang bagus untuk dikonsumsi dan sangat cocok terutama saat sedang radang tenggorokan sebagaimana berikut.

Sayuran Yang Baik Dikonsumsi saat Radang Tenggorokan

Sayuran yang kaya dan bernutrisi tinggi dapat menjadi solusi cepat untuk menyembuhkan radang tenggorokan lebih cepat.

1. Sup ayam
Sup ayam sangat baik diberikan pada semua penderita radang tenggorokan mulai dari balita hingga orang dewasa. Sup ayam memiliki kandungan anti peradangan yang dapat bekerja optimal untuk mencegah virus yang masuk dalam tubuh. Agar sup ayam menjadi lebih bernutrisi, anda bisa menambahkan bawang putih, lobal, seledri dan juga ubi jalar.

2. Pasta gandum
Pasta gandum, seperti namanya makanan ini dibuat dengan bahan utama gandum. Gandum bisa dibilang kaya akan serat, zat besi, vitamin B1, B2, B3 serta vitamin E yang sangat dibutuhkan tubuh guna mempercepat proses penyembuhan pada radang tenggorokan. Cara membuatnya adalah dengan merebus pasta gandum sampai benar-benar empuk dan matang. Tambahkan saus rendah lemak supaya selera makan penderita bisa bertambah.

3. Wortel rebus
Anda bisa mencoba memberikan wortel rebus untuk penderita radang tenggorokan. Wortel merupakan sayuran yang sangat tinggi gizi sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan sakit tenggorokan. Caranya, wortel harus direbus atau dikukus terlebih dahulu. Jangan mengkonsumsi wortel mentah yang hanya akan memperparah rasa sakit di tenggorokan sebab wortel mentah masih memiliki tekstur yang kasar. Wortel memiliki banyak nutrisi penting untuk tubuh seperti serat, potassium, vitamin C, vitamin K dan juga vitamin A.

Buah Untuk Radang Tenggorokan Yang Cocok Untuk Dimakan Agar Cepat Sembuh


1. Pisang
Pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat cocok diberikan pada penderita radang tenggorokan termasuk anak-anak. Teksturnya yang lembut membuat buah ini sangat mudah untuk ditelan. Jika si kecil tidak mau makan, ganti nutrisinya dengan beberapa pisang untuk dikonsumsi saat sedang radang tenggorokan. Selain itu, pisang juga sangat kaya nutrisi seperti vitamin B6, Vitamin C dan juga Kalium yang akan bekerja maksimal untuk mempercepat proses penyembuhan pada tenggorokan.Kandungan dan nutrisi inilah yang membuat pisang dikategorikan buah untuk radang tenggorokan pada anak dan dewasa yang baik .

2. Oatmeal
Pastikan jika penderita mendapatkan protein yang cukup agar tubuh cepat pulih dari serangan infeksi karena virus atau bakteri yakni dengan cara memberikan oatmeal. Oatmeal memang selalu menjadi pilihan orang yang sedang dalam program diet. Tetapi, kandungan protein yang tinggi pada oatmeal bisa membantu ketika daya tahan tubuh sedang lemah. Anda bisa menambahkan madu atau pisang dalam oatmeal agar khasiatnya lebih terasa.

3. Nanas
Buah untuk mengobati radang tenggorokan yang bisa anda berikan untuk penderita radang tenggorokan adalah nanas. Nanas mampu menyembuhkan radang tenggorokan karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan penting lainnya adalah bromelain yang bekerja sebagai anti inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan serta rasa sakit pada tenggorokan.

Caranya:
Blender satu buah nanas yang sudah dibersihkan dan dicuci, jadikan jus dan minum. Setelah itu, penderita harus beristirahat selama 1 hingga 2 jam agar khasiat nanas dapat bekerja. Setelah bangun tidur, penderita akan merasa lebih nyaman dan sakit tenggorokan menjadi berkurang.

Bahkan, khasiat nanas lebih tinggi jika dibandingkan dengan obat. Apalagi jika nanas langsung diberikan ketika penderita mengeluh merasa sakit di tenggorokan.

4. Jeruk nipis
Gunakan jeruk nipis sebagai Buah Untuk Radang Tenggorokan. Jeruk nipis mampu mengatasi sakit tenggorokan karena kandungan vitamin C yang tinggi yang baik untuk membantu memulihkan daya tahan tubuh, mengurangi pembengkakan pada kelenjar tenggorokan dan melegakan tenggorokan.
Campurkan air perasan jeruk nipis dengan satu sendok makan madu murni. Madu akan melapisi tenggorokan dan dapat mengurangi inflamasi karena infeksi.

5. Belimbing
Untuk mengurangi peradangan dan mengurangi sensasi panas yang muncul di tenggorokan, belimbing sangat baik dikonsumsi sebagai Buah Untuk Radang Tenggorokan. Penderita bisa mengkonsumsi belimbing begitu saja atau dengan dibuat jus.

Itulah informasi lengkap tentang sayur dan makanan pereda sakit tenggorokan yang baik dan cocok untuk dimakan oleh penderita sakit tenggorokan baik balita, remaja atau orang dewasa. Sebaiknya, penderita juga harus diawasi pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi agar infeksi pada tenggorokan tidak semakin parah. Misalnya, penderita tidak boleh mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas mulai dari es atau goreng-gorengan. Makanan yang mengandung terlalu banyak minyak juga tidak boleh diberikan. Penderita juga wajib menghindari makanan bersantan, minuman manis, rokok, alkohol dan juga kopi.
Dengan demikian, penderita diwajibkan untuk memperbanyak makan sayur dan Buah Untuk Radang Tenggorokan sebagaimana sudah disebutkan di atas. Banyak istirahat juga penting agar tubuh tidak stress sehingga tubuh dapat meningkatkan daya tahan agar tidak terkena serangan infeksi yang akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya yang akan memperparah kondisi penderita. Dengan istirahat yang cukup, mengatur pola makan dan mengkonsumsi buah serta sayuran maka penderita bisa lebih cepat pulih dari radang tenggorokan. Jika radang tidak kunjung sembuh bahkan memakan waktu hingga berminggu-minggu, segera periksakan penderita pada dokter terdekat. Sebab, sakit tenggorokan yang dialami oleh penderita bisa disebabkan oleh gejala penyakit lainnya yang lebih serius dan membutuhkan perawatan medis secara intensif.
Loading...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon