Cara Mengatasi Bayi Cegukan Dengan Cepat secara Tradisional

 Cara Mengatasi Bayi Cegukan. Apakah anda pernah resah karena buah hatinya cegukan? Sesungguhnya jangan risau karena banyak cara menghilangkan cegukan pada bayi dengan cepat. Perlu anda ketahui bahwa cegukan tidak hanya menimpa orang dewasa, seorang bayi pun kerap kali mengalami gangguan cegukan. Kenyataanya bukan salah satu indikasi penyakit yang membahayakan dan biasanya wajar dan lumrah terjadi apada siapapun, yang terpenting cegukan selama masih dalam tahap wajar tidak perlu khawatir. Namun akan lebih baik tentunya ketika cegukan bayi harus segera diatasi agar buah hati anda nyaman dan tidak terganggu waktu istirahatnya. Jangan pernah mengagetkan bayi ketika bayi sedang mengalami cegukan hal itu harus dihindari karena biasanya orang dewasa ketika cegukan dikagetkan hal itu akan menyebabkan bayi semakin tidak nyaman dan stress.

Cara Mengatasi Bayi Cegukan Dengan Cepat secara Tradisional

Cara Mengatasi Bayi Cegukan Dengan Cepat secara Tradisional
Pada orang dewasa mengatasi cegukan cukup sembuh dengan sendirinya tanpa harus membutuhkan bantuan orang lain. Anda hanya perlu melakukan pengolahan nafas dengan baik atau minum air putih yang banyak maka cegukan dengan sendirinya akan hilang. Tetapi berbeda jika yang cegukan bayi, apalagi bayi yang baru lahir beberapa bulan. Perlu bantuan ayah bunda atau orang dewasa yang ada disekitarnya untuk mengatasinya.

Cegukan adalah salah satu gerakan refleks dari tubuh dan disertai dengan suara yang khas akibat iritasi dari diafragma. Diafragma atau perjalanan proses pernafasan yang mendorong secara teratur proses masuk dan keluarnya udara dalam sistem pernafasan. bayi cegukan bisa saja waktu dalam kandungan namun Cara Mengatasi Bayi Cegukan dalam kandungan tidak butuh anda tahu sebab tidak akan berlangsung lama dan justru anda bersukur bahawa momongan anda ada tanda normal dan hidup .

Bayi sering mengalami cegukan setelah minum susu atau makan. Cegukan ini terkadang akan mengganggu bayi tapi selama bayi tetap merasa bahagia, tersenyum dan dapat makan serta minum dengan baik tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Profesor Mazur menuturkan cegukan merupakan hal yang normal dan wajar bagi bayi, kecuali jika cegukan sampai mengganggu aktivitasnya seperti tidur atau makan. Bayi yang memiliki penyakit gastroesophageal reflux mungkin akan lebih sering mengalami cegukan. Jika cegukan seringkali menyebabkan bayi muntah, batuk, sangat rewel atau sangat tidak terkendali dan membuat bayi merasa terganggu dan tidak nyaman apalagi jarak bayi belum berusia lebih dari satu tahun, maka sebaiknya orangtua memeriksakan hal tersebut ke dokter.

Untuk mengetahui berbagai cara menghilangkan cegukan pada bayi dengan cepat, anda perlumengetahui dulu penyebab bayi cegukan. Ada beberapa faktor yang mungkin terjadi sehingga menyebabkan bayi cegukan.

Beberapa faktor Pemicu timbulnya cegukan pada bayi

1. Tubuh bayi yang menggigil kedinginan
Bila tubuh bayi menggigil kedinginan itu merupakan faktor perubahan suhu tubuh pada bayi misalkan bayi sesudah mandi dengan menggunakan air dingin atau akibat kedinginan karena faktor yang lainnya dapat menyebabkan bayi cegukan.

2. Akibat Meyusui
Bagaimana posisi menyusui yang benar? Posisi menyusui yang benar adalah dengan perut bayi yang berhadapan dengan perut ibu dan lengan bayi berada lurus dengan badan bayi. Dan yang paling penting adalah puting ibu menyusui harus masuk semua ke dalam mulut bayi. Akibat bayi meminum susu terburu-buru juga menjadi pemicu timbulnya cegukan. Jangan biarkan bayi anda dalam keadaan merasa lapar dan haus supaya bayi tidak terburu-buru menyusui.

3. Akibat makan yang tidak baik
Bila bayi anda sudah mulai diberikan makanan pendamping ASI, sebaiknya berikan makanan dengan perlahan jangan terburu-buru. Dan ketika bayi sedang makan sebaiknya jangan ajak ia bercanda, karena biasanya bayi akan tertawa ketika diajak bercanda oleh ibunya, ayahnya, neneknya, kakeknya atau kakaknya. Ketika bayi tertawa saat mengunyah makan maka akan menyebabkan cegukan.

4. Stres yang mungkin dialami oleh sang bayi
Pada saat-saat tertentu bayi mungkin akan mengalami perubahan emosi atau stres yang akan menyebabkan timbulnya gangguan cegukan dengan ditandai suara hik. Hindari dan kenali faktor stress pada bayi supaya bisa meminimalisir cegukan.

5. Faktor lain sebagai pemicu cegukan pada bayi adalah bayi menglami iritasi atau stimulasi pada otot diafragma sehingga terjadi kontraksi secara mendadak. Faktor ini alami yang terjadi pada bayi
Jika anda sudah tahu beberapa penyebab bayi cegukan sekarang jika anda beruasaha luangkan lagi beberapa waktu dan menit untuk mengetahui cara menghilangkan cegukan pada bayi. Cara-cara ini bisa anda praktekan sendiri tnpa harus dengan bantuan medis.

Berikut cara mengatasi bayi cegukan dengan cepat

1. Jika bayi anda cegukan karena kedinginan akibat mandi air dingin atau terkena udara dingin, cara mengatasinya dengan memberikan kehangatan. Bisa anda usapkan beberapa tetes minyak telon atau minyak kayu putih ke leher, perut dan punggung bayi secara merata supaya bayi dalm kondisi hangat dan nyaman.

2. Cara menghilangkan cegukan pada bayi adalah dengan memberinya susu hangat atau air putih hangat jika bayi memang sudah diberi makanan pendamping asi,
3. Cara lain yang dapat anda coba ialah dengan memeluk sang buah hati dengan penuh kehangatan. Sering-seringlah memeluk bayi selain bisa mengatasi cegukan karena hangat juga akan memperkuat ikatan bayi dan ibunya

4. Jika bayi belum diberikan makan pendamping asi, susuilah dengan segera bayi anda sesering mungkin. Jika mengalami cegukan, ushakan posisi kepala berada diatas atau lebih tinggi dari badan atau perut bayi. Sususi dengan posisi yang baik. Jika cegukan tidak jua reda hentikan dahulu aktifitas menyusuinya. Lakukan cara ini,

5. Cobalah angkat kepala bayi dan simpan di atas pundak anda laku usap-usaplah bagian punggunnya dengan perlahan dan agak ditepuk-tepuk.

6. Cara menghilangkan cegukan pada bayi juga dapat dilakukan dengan tehnik menyendawakan bayi setelah minum susu atau makan. Jika sesudah minum susu atau makan bayi tidak sendawa maka cara diatas dapat anda lakukan. yaitu mengelus-elus punggung bayi secara perlahan dan menepuk-nepuknya.

7. Berilah makan dan minum bayi anda secara teratur dan sedikit-sedikit. Hal tersebut dapat mencegah sekaligus sebagai cara menghilangakn cegukan pada bayi.

8. Jika penyebab cegukan karena bayi merasa stres maka yang perlu anda lakukan selain cara menghilangkan cegukan pada bayi diatas, anda dapat membuat bayi istirahat. Biarkan ia sejenak bersantai, ajak jalan-jalan ke tempat yang baru, jangan dulu diajak bermain secar aktif sampai cegukannya reda.
Hal yang penting lagi adalah anda tidak boleh menggunkan cara menghilangkan cegukan pada bayi dengan cara mengobati cegukan pada orang dewasa, misalnya denga mengagetan, menekan hidungnya untuk melatih pernafasannya. Jika hal itu anda lakukan akan sangan beresiko dan berbahaya bagi bayi.
Baca juga:15 Cara Mengobati Cegukan Secara Alami dan Cepat Sampa Sembuh Total
Bagaimana mudah kan cara menghilangkan cegukan pada bayi. Langkah-lagkah diatas dapat dilakukan dengan benar dan akan efektif jika anda mengerti secara baik tehnik-tehniknya.
Demikianlah pembahasan singkat kami tentang cara mengatasi bayi cegukan dengan cepat. Semoga tulisan ini dapat membuat hati anda menjadi tenang dan tidak stress dikala buah hatinya mengalami cegukan. Akhir kata dari tim Tenggorokan.COM semoga artikel ini bermanfaat.
Setiap dosa ada balasannya, hati2lah !!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon