Cara Menghentikan Cegukan Tanpa Minum Obat Dan Minum Obat - Singultus

Cara Menghentikan Cegukan memang sangat beragam. Bahkan disetiap daerah memiliki cara masing-masing untuk menghilangkan cegukan. Meskipun bukan tergolong suatu penyakit, namun cegukan bisa sangat mengganggu. Rasa sakit karena tarikan otot didada serta bunyinya yang sedikit menimbulkan ketidaknyamanan menjadi alasan mengapa orang ingin menghentikannya. Cegukan bisa dialami oleh siapa saja baik bayi sampai orang lanjut bisa mengalaminya.

Cara Menghentikan Cegukan Tanpa Minum Obat Dan Minum Obat - Singultus

Cara Menghentikan Cegukan Tanpa Minum Obat Dan Minum Obat - Singultus
Cegukan atau dalam bahasa medisnya singultus sendiri merupakan suatu kondisi dimana otot diafragma dan otot dada mengalami suatu kontraksi. Karena kontraksi terjadi disaluran pernafasan maka secara otomatis pita suara menutup dengan tiba-tiba dan muncullah suara cegukan yang biasa kita alami atau dengar. Meskipun tidak berlangsung lama, namun tetap saja dibutuhkan Cara Menghentikan Cegukan yang benar-benar efektif.

Cara Menghentikan Cegukan Tanpa Minum Obat Dan Minum Obat

Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa Cara Menghentikan Cegukan. Sebenarnya untuk cegukan yang tiba-tiba tidak memerlukan obat-obatan untuk menghentikannya. Namun lain halnya jika cegukan yang terjadi berlangsung lama dan disebabkan oleh komplikasi akibat penyakit atau konsumsi obat-obatan tertentu. Ini dia cara menghentikan cegukan tanpa menggunakan obat:

1. - Minum Air Hangat
Segala sesuatu yang hangat dipercaya dapat menenangkan otot-otot. Begitupun dengan otot yang sedang mengalami kontraksi yang menyebabkan cegukan. Dengan meminum segelas air hangat maka diharapkan otot-otot disekitar perut dan dada menjadi lebih rileks dan menghentikan cegukan. Pastikan air tidak terlalu panas. Kemudian minum air hangat secara perlahan dan jangan terburu-buru.

2. - Menahan Napas
Cara Menghentikan Cegukan yang satu ini juga cukup terkenal dikalangan masyarakat. Cobalah untuk menahan napas selama beberapa saat misalnya 10-20 detik. Tarik napas, kemudian tahan napas selama beberapa detik kemudian hembuskan secara perlahan. Ulangi cara ini sampai cegukan bisa benar-benar hilang dan otot menjadi rileks.

3. - Mengecap rasa masam
Meskipun tidak ada penelitian ilmiah untuk menghentikan cegukan, namun beberapa metode dikembangkan sendiri oleh masyarakat untuk dapat mengatasi cegukan. Termasuk salah satu caranya ialah dengan mengecap rasa masam. Baik itu rasa masam dari cuka ataupun lemon. Tidak perlu menelan banyak-banyak. Cukup dengan mengecapnya saja satu atau dua tetes cuka atau air lemon. Rasa masam yang kuat dipercaya mampu menghilangkan cegukan.

4. - Konsumsi air putih
Kondisi cegukan bisa juga disebabkan karena tubuh sedang kekurangan cairan sehingga saat menelan makanan, makanan tersebut kurang bisa terdorong sampai ke perut dan terjadilah kontraksi. Maka, sebaiknya perbanyak konsumsi air putih ketika cegukan terjadi. Namun, pastikan untuk meminumnya sedikit demi sedikit agar tidak tersedak dan melukai tenggorokan.

5. - Bernapas melalui mulut
Cara Menghentikan Cegukan yang satu ini memang sedikit unik namun tidak ada salahnya juga untuk dicoba. Untuk menghentikan cegukan, kita bisa menekan hidung untuk menahan jalannya pernapasan. Kemudian mulailah bernafas dengan mulut. Tarik napas, kemudian tahan selama setengah sampai satu menit. Keluarkan napas melalui mulut dan ulangi cara ini beberapa kali sampai cegukan mereda dengan sendirinya.

6. - Konsumsi gula pasir
Meskipun tergolong sederhana namun cara ini sudah banyak yang mempraktekannya dan terbukti bisa menghentikan cegukan. Secara ilmiah, gula yang bersifat manis mampu mengirimkan sinyal untuk menghentikan cegukan pada otot-otot yang sedang terjadi kontraksi. Oleh karena itu, cobalah untuk mengunyah kemudian telan gula pasir secara perlahan. Tidak perlu mengonsumsinya terlalu banyak. Cukup setengah sendok teh saja dan tunggu beberapa saat sampai cegukan mereda.

7.- Melakukan peregangan
Karena cegukan disebabkan oleh kontraksi di otot perut dan dada, maka tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan peregangan agar otot menjadi lebih rileks dan cegukan pun terhenti. Berbaringlah dengan sempurna kemudian tarik lutut sampai menyentuh bagian perut. Lalu tahanlah beberapa detik kemudian kembalikan ke posisi semula. Ulangi hal ini sampai cegukan berhenti.

8. - Merubah posisi
Merubah posisi juga menjadi salah satu andalan masyarakat sebagai Cara Menghentikan Cegukan. Caranya cukup mudah. Jika saat terjadi cegukan posisi kita sedang berdiri maka duduklah beberapa saat dan begitupun sebaliknya. Kemudian jika posisi kita sedang berbaring saat cegukan maka cobalah untuk merubah posisi dengan memiringkan posisi tubuh ataupun telungkup untuk beberapa saat.

9. - Bernafas didalam kantung kertas
Aneh? Memang sedikit tidak biasa Cara Menghentikan Cegukan yang satu ini. Caranya yakni dengan tarik napas dan membuangnya pada kantong kertas. Lakukan berulang selama satu menit saja. Mengapa cara ini bisa efektif? Secara ilmiah cegukan juga bisa disebabkan oleh menurunnya kadar Co2 didalam darah. Oleh karena itu, dengan bernapas didalam kantong kertas maka kita bisa meningkatkan kadar Co2 tersebut karena Co2 yang dihasilkan tertahan dialam kantong kertas.

 Cara Menghentikan Cegukan Cegukan pada bayi

Untuk menghentikan cegukan pada bayi tentunya kita tidak bisa serta merta menggunakan cara-cara diatas. Cobalah untuk menggendong bayi dengan cara memposisikan tubuhnya untuk tegak. Kemudian tepuk-tepuk punggung bayi secara perlahan. Biasanya bayi akan bersendawa dan kemudian cegukan akan terhenti dengan sendirinya.

- Konsumsi es batu
Es batu juga dipercaya bisa menjadi Cara Menghentikan Cegukan. Caranya cukup dengan mengulum es batu berukuran kecil didalam mulut dan biarkan ia meleleh dengan sendirinya selama beberapa saat. Kemudian kunyahlah es yang masih tersisa untuk kemudian ditelan. Maka cegukan dipercaya dapat berhenti.

- Konsumsi Madu
Madu memang bisa menjadi obat untuk berbagai penyakit dan masalah kesehatan lainnya termasuk cegukan. Caranya dengan mengonsumsi satu sendok makan madu ketika terjadi cegukan. Atau, kita bisa mencampurnya dengan segelas air hangat. Dengan begitu, otot diafragma bisa lebih rileks dan cegukanpun reda.

Cara Menghentikan Cegukan Dengan Obat

Cegukan ada yang berlangsung sebentar dan lama. Cegukan yang berlangsung lama seperti dua hari berturut-turut harus diperiksakan ke dokter karena dikhawatirkan ada hubungannya dengan masalah kesehatan lain yang lebih serius. Beberapa obat yang biasa digunakan untuk mengatasi cegukan seperti:

  • - Haloperidol
  • - Gabapentin
  • - Baclofen
  • - Metoclopramide
  • - Chlorpomazine

Namun perlu diperhatikan bahwa obat-obatan tersebut tidak bisa dikonsumsi sembarangan karena harus dengan resep dokter. Maka sebaiknya periksakan diri ke dokter jika cegukan berlangsung lebih dari 2 hari. Dengan begitu dokter bisa meresepkan obat yang sesuai. Selain itu, dokter juga bisa mendiagnosa jikalau ada komplikasi pada kesehatan kita. Dengan begitu, masalah kesehatan yang kita alami bisa segera ditangani oleh dokter dengan cepat dan tepat.

Cegukan bisa terjadi karena beberapa hal misalnya makan dengan terburu-buru, makan makanan bersuhu ekstrim dalam waktu yang bersamaan, minum alkohol, dan makan makanan terlalu pedas. Sebaiknya hindari beberapa hal penyebab terjadinya cegukan tersebut agar cegukan tidak menganggu aktifitas kita. Namun jika terlanjur terjadi maka bisa mencoba untuk menggunakan beberapa Cara Menghentikan Cegukan seperti yang telah disebutkan diatas. Jangan lupa jika mengalami cegukan lagi suatu saat kunjungi saja Tenggorokan.Com, kami selalu berbagi tips kesehatan secara gratis dan cuma-cuma buat anda yang suka baca .
Setiap dosa ada balasannya, hati2lah !!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon