Bagaimana Sih Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Cepat Pada Orang Dewasa

Loading...
loading...
Pernahkah anda kebingungan mencari Cara Menghilangkan Cegukan yang tepat dan cepat? Ya, masalah gangguan kesehatan yang satu ini memang sering terjadi namun tidak ada satu cara yang pasti untuk meredakannya. Tapi kabar baiknya, dengan begitu banyak cara yang beredar dikalangan masyarakat, maka kita bisa memilih dan mencoba mana kira-kira cara yang tepat untuk menghentikan cegukan. 

Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Cepat Pada Orang Dewasa

Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Cepat Pada Orang Dewasa
Hiccups adalah bahas inggrisnya dari cegukan. Sedangkan dalam bahasa medis disebut singultus. Keadaan ini merupakan reaksi yang ditimbulkan ketika otot dada dan otot perut mengalami kontraksi dan mengeluarkan suara 'hik' yang khas. Biasanya cegukan terjadi secara mendadak. Lamanya cegukan berbeda-beda tergantung yang mengalaminya. Ada yang mengalaminya sampai setengah jam, satu jam, dan sampai dua hari. Jika terjadi lebih dari dua hari maka harus memeriksakan diri ke dokter untuk dicarikan Cara Menghilangkan Cegukan yang tepat.

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Orang Dewasa

Meskipun cegukan bisa dialami oleh siapapun, namun mengatasi cegukan pada bayi dan orang dewasa adalah dua hal yang berbeda. Jika pada bayi kita cukup dengan menggendongnya secara tegak dan menepuk punggungnya, maka lain lagi dengan orang dewasa. Inilah beberapa Cara Menghilangkan Cegukan yang terjadi pada orang dewasa:

- Tahan Nafas
cara menghilangkan cegukan tanpa minum adalah dengan menahan nafas. Cara ini bisa jadi cara yang paling sering digunakan oleh kebanyakan masyarakat. Anda mungkin pernah juga mencobanya. Cara ini relatif mudah dan tidak membutuhkan bantuan media tambahan apapun. Cukup dengan tarik nafas dengan tenang, kemudian tahan nafas selama beberapa saat semampu anda. Kemudian keluarkan nafas dengan perlahan melalui mulut. Tidak perlu tergesa-gesa. Lakukan dengan teratur dan perlahan sampai cegukan menghilang.

- Minum Air Putih
Minum air putih juga menjadi cara menghilangkan cegukan berkepanjangan yang paling mudah dan paling banyak dipraktekkan. Cukup dengan menarik nafas kemudian buang. Setelah itu minumlah air putih secara perlahan. Air putih sebaiknya bersuhu hangat kuku agar memberikan sensasi rileks pada otot perut. Tidak perlu meminum terlalu banyak. Cukup minum segelas air putih hangat saja.

- Kaget
Cara ini mungkin sedikit menggelikan namun paling banyak dipercaya oleh masyarakat kita. Dengan merasa kaget biasanya cegukan bisa langsung berhenti. Namun hal ini tentu saja tidak mudah untuk dilakukan sendiri. Anda membutuhkan teman yang bersedia untuk mengagetkan anda secara alami. Atau, anda juga bisa mencoba menonton film horor yang penuh dengan adegan mengagetkan.

- Gunakan Kayu Putih atau Minyak Telon
Kedua jenis minyak tersebut yakni kayu putih dan minyak telon dapat memberikan sensasi hangat. Apapun yang bersifat hangat dapat meregangkan otot yang tegang seperti yang terjadi pada otot perut ketika terjadi cegukan. Maka dengan mengoleskan minyak kayu putih atau minyak telon diarea dada atau perut maka ia bisa menjadi Cara Menghilangkan Cegukan yang efektif. Jika tidak suka sensasi hangatnya, bisa juga dengan menghirup aromanya saja mellaui hidung.

- Membungkuk
Membungkuk bisa menjadi salah satu cara peregangan otot yang efektif untuk menghentikan cegukan. Membungkuk sebaiknya dilakukan ketika berdiri. Kemudian, bungkukkan badan sampai kepala menyentuh lutut. Ulangi latihan ini sampai beberapa kali bisa 3 sampai 5 kali. Beberapa menit kemudian, cegukan akan berhenti dengan sendirinya karena otot perut tidak lagi berkontraksi.jangan lupa baca : Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi Baru Lahir , 0 Bulan , 1 Bulan ,2 Bulan , 3 Bulan

- Membalikkan Posisi Tidur
Maksud dari membalikkan posisi tidur adalah dengan melakukan latihan peregangan dimana anda memposisikan kaki dikepala dan sebaliknya. Anda bisa meminta bantuan teman untuk melakukan latihan ini jika kesulitan melakukannya sendiri. Lakukan beberapa saat saja tidak perlu terlalu lama. Hal ini bisa membantu peredaran darah ke diafragma lebih lancar sehingga cegukan bisa berhenti.

- Menekuk Lutut
Latihan peregangan otot perut lainnya yang bisa menjadi cara menghilangkan cegukan terus menerus bagi orang dewasa adalah dengan menekuk lutut ketika posisi kita tidur. Ketika berada dalam posisi berbaring, tekuklah lutut sampai menempel pada perut. Kemudian rentangkan lagi, dan ulangi lagi menekuk lutut tersebut. Hal ini bisa dilakukan selama beberapa menit saja sampai cegukan menghilang dengan sendirinya.

- Konsumsi Selai Kacang
Menurut kepercayaan masyarakat yang beredar, kandungan pada selai kacang mampu mengatur kontraksi diafragma untuk lebih tenang. Dengan begitu, cegukan bisa dihentikan. Caranya mudah saja. Anda hanya tinggal mengonsumsi selai kacang satu sendok teh atau satu sendok makan dan telan. Namun anda patut berhati-hati karena banyak juga yang ternyata alergi terhadap kacang. Pastikan anda yang ingin mencoba cara ini terbebas dari alergi kacang.

- Jeruk Nipis atau Lemon
Makanan yang rasanya kecut atau masam bisa menjadi hot cara menghilangkan cegukan dalam 5 detik termasuk yang paling cepat. Makanan asam bisa mengalihkan perhatian otot yang sedang mengalami kontraksi diperut. Caranya mudah saja. Anda hanya tinggal memeras jeruk nipis atau lemon. Kemudian campurkan air perasan tersebut dengan 3/4 gelas air putih hangat. Minum dengan perlahan dan beberapa menit kemudian cegukan bisa sembuh.

- Konsumsi Madu
Madu bersifat menenangkan karena kandungan gula alaminya. Engonsumsi madu mampu mengatasi cegukan yang anda alami. Caranya dengan mencampurkan satu sendok makan madu kedalam 3/4 air putih hangat. Kemudian minum air tersebut dan tunggulah sampai cegukan mereda. Jika anda mau, anda juga bisa menelan satu sendok makan madu secara langsung tanpa mencampurkannya dengan air hangat.

- Periksakan Diri Ke Dokter
Cara Menghilangkan Cegukan yang tidak kunjung sembuh lebih dari 48 jam lamanya yakni dengan memeriksakan diri ke dokter. Jika cegukan terus menerus terjadi dan sulit disembuhkan maka ada kemungkinan ada indikasi masalah kesehatan lainnya yang anda alami. Untuk memastikannya anda harus berkonsultasi langsung dengan dokter.

Cara Menghilangkan Cegukan Secara Medis

Biasanya, cegukan akan ditangani secara medis bila sudah parah. Artinya, cegukan berlangsung selama lebih dari dua hari. Maka inilah pengobatan yang akan dijalani jika anda mengalaminya:

- Diagnosa dokter
Biasanya dokter akan memeriksa dahulu keluhan anda dan mencari tahu penyebab cegukan. Riwayat kesehatan anda juga akan diperiksa dan ditanyakan secara menyeluruh. Dengan begitu, dokter bisa mendiagnosa apa yang terjadi pada tubuh anda karena mengalami cegukan yang tak kunjung sembuh.

- Pemberian Obat
Pemberian obat oleh dokter tentu tidak akan sembarangan. Dokter akan meresepkan obat sesuai dengan keluhan dan diagnosa pasien. Obat yang biasa digunakan untuk menyembuhkan cegukan seperti Haloperidol, Gabapentin, Baclofen, Metoclopramid, atau Chlorpomazine. Namun obat ini tentunya tidak bisa diminum sembarangan tanpa resep dokter.

Cegukan yang mengganggu memang membutuhkan penanganan yang kadang sedikit aneh dan tidak biasa. Meskipun begitu, tidak ada salahnya cara-cara diatas dicoba saat anda mengalami sendiri cegukan. Untuk mencegah terjadinya cegukan, pastikan untuk makan atau minum tidak tergesa-gesa. Semoga beberapa Cara Menghilangkan Cegukan diatas dari Tenggorokan.COM bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon