Minuman Dan Makanan Untuk Radang Tenggorokan Yang Dianjurkan Dan Dilarang

Loading...
Makanan Untuk Radang Tenggorokan. Secara teori dan praktek, penyebab radang tenggorokan adalah infeksi karena virus, bakteri, adanya iritasi atau juga luka pada tenggorokan sehingga menyebabkan peradangan. Penyebab yang paling serius pada radang tenggorokan adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. sehingga, penderita baru bisa sembuh dengan bantuan antibiotik. Umumnya, bakteri penyebab radang tenggorokan ini adalah jenis bakteri Streptokokus Pyogenes yang merupakan kelompok bakteri Streptokokus A. Bakteri ini tergolong bakteri yang sangat menular dan bahkan bisa menyebar melalui udara yakni ketika penderita bersin atau batuk, menyebar melalui makanan dan minuman atau benda yang sudah terkontaminasi oleh bakteri tersebut. 

Berbeda dengan virus yang tidak memerlukan antibiotik yang membuat virus akan semakin kebal. Virus dapat menghilang dengan sendirinya terutama jika penderita mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui Makanan Untuk Radang Tenggorokan yang baik.

Jika disebabkan oleh iritasi atau luka pada tenggorokan, maka penyebabnya tidak lain adalah kelembaban yang rendah, tingkat polusi udara yang tinggi, merokok atau terkena asap rokok, kelelahan atau karena bernapas lewat mulut saat hidung sedang tersumbat.

Jika penderita sudah mulai merasakan adanya pembengkakan pada kelenjar leher sehingga sakit untuk menelan disertai tenggorokan yang memerah dan suhu badan menjadi meningkat atau disertai dengan demam menggigil, maka sudah waktunya penderita segera mendapatkan perawatan misalnya melalui Makanan Untuk Radang Tenggorokan.

Minuman Dan Makanan Untuk Radang Tenggorokan Yang Dianjurkan Dan Dilarang
Minuman Dan Makanan Untuk Radang Tenggorokan Yang Dianjurkan Dan Dilarang

Agar penderita mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang tepat yang dapat membantu memulihkan daya tahan tubuh untuk memerangi infeksi penyebab radang tenggorokan, berikut beberapa minuman dan Makanan Untuk Radang Tenggorokan yang dianjurkan:

1. Jus lemon dengan madu Minuman Untuk Radang Tenggorokan
Mencampur lemon dengan madu dan dibuat jus adalah minuman yang sangat dianjurkan terutama untuk penderita radang tenggorokan. Lemon dan madu berkhasiat dalam meredakan nyeri atau sakit di tenggorokan jika diminum secara rutin. Minuman ini juga bisa dibuat guna meredakan sakit tenggorokan saat menelan dan menghilangkan sensasi panas di tenggorokan karena peradangan.

2. Teh jahe atau teh madu Minuman Untuk Radang Tenggorokan
Jika penderita mengalami sakit tenggorokan disertai rasa gatal pada tenggorokan karena peradangan, meminum teh jahe atau teh madu sangat dianjurkan sebagai cara alami meredakan rasa gatal dan rasa sakit tenggorokan. Hal ini disebabkan madu dapat melapisi tenggorokan, membantu produksi lendir di tenggorokan dan dapat mencegah iritasi karena tenggorokan kering.

3. Telur
Berikan telur pada penderita radang tenggorokan sebagai makanan untuk radang tenggorokan pada anak
dengan nutrisi yang baik saat sedang mengalami infeksi tenggorokan. Telur memiliki peran yang cukup penting terutama dalam membantu mengatasi peradangan serta rasa sakit di area tenggorokan. Penderita bisa dibuatkan telur dadar atau telur rebus tetapi tanpa tambahan bumbu apapun terutama vetsin atau penyedap rasa.

4. Wortel rebus
Wortel merupakan makanan yang bisa menjadi obat mujarab agar tubuh cepat pulih. Tidak heran jika wortel rebus selalu disarankan untuk siapapun yang sedang sakit. Pastikan jika wortel di kukus atau direbus sampai benar-benar matang agar mendapatkan tekstur yang lembut dan tidak semakin melukai tenggorokan. kandungan vitamin A, vitamin C, Vitamin K, serat dan juga potassium dalam wortel akan sangat dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan nutrisi yang tinggi.

5. Pasta
Makanan untuk penderita radang tenggorokan selanjutnya adalah makan pasta gandum. Pasta gandum yang sudah lembut merupakan cara yang paling bagus bagi penderita sakit tenggorokan. Anda bisa membuatkan pasta nanas yang dilengkapi dengan saus rendah lemak. Pasta gandum juga kaya nutrisi seperti zat besi, seng, serat dan vitamin B1, B2, B3 serta vitamin E.

6. Sage
Berikan sage pada penderita radang tenggorokan karena fungsinya yang dapat digunakan sebagai ramuan obat. Sage memiliki kandungan flavonoid, enzim dan juga asam fenolat. Selain menambah cita rasa pada makanan atau minuman, sage sangat berkhasiat untuk tubuh. Anda bisa mencampurkan sage dalam sup atau dalam teh.

7. Oatmeal
Kandungan serat yang tinggi dalam oatmeal dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, oatmeal juga memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga memberikan rasa kenyang pada penderita sakit tenggorokan. Buatkan semangkuk oatmeal hangat untuk penderita sakit tenggorokan dan campurkan dengan pisang serta madu murni untuk menambah khasiat bagi sakit tenggorokan.

8. Sup ayam
Sup ayam panas adalah obat tradisional yang sudah dipercaya dari jaman nenek moyang sebagai cara untuk memerangi infeksi karena sakit tenggorokan. Bahkan, sup ayam jauh lebih ampuh jika dibandingkan dengan antibiotik apalagi jika dikonsumsi secara rutin. Sup ayam memiliki kandungan anti-inflamasi yang cukup tinggi yang dapat membasmi virus sehingga menghambat perkembangannya pada selaput lendir. Tambahkan wortel, bawang, ubi jalar, bawang putih dan juga lobak agar khasiatnya semakin tinggi.

9. Buah-buahan yang baik untuk radang tenggorokan
Ada banyak buah-buahan yang dianjurkan sebagai Makanan Untuk Radang Tenggorokan seperti misalnya nanas, jeruk nipis, belimbing dan juga pisang. Semua buah-buahan tersebut memiliki fungsi yang penting untuk membuat penderita cepat pulih dari sakit tenggorokan. Selain dipenuhi dengan vitamin C, buah-buahan tersebut dapat bekerja untuk meringankan rasa sakit saat menelan, meringankan gejala nyeri tenggorokan dan juga dapat mencegah peradangan semakin parah.

Pantangan Radang Tenggorokan Yang  Dilarang

Agar penderita cepat sembuh dari radang tenggorokan, ada juga beberapa minuman dan makanan yang dilarang seperti berikut:

1. Makanan pedas
Makanan dengan bahan cabe, lada, pala, cengkeh, merica serta rempah-rempah lainnya yang memberikan sensasi pedas wajib dihindari terlebih dahulu. Sebab, makanan pedas akan memperparah kondisi radang di tenggorokan. Hal ini dikarenakan makanan pedas akan menambah sensasi panas di tenggorokan. Berbeda dengan jahe yang walaupun memberikan sensasi hangat, tetapi tetap mengandung anti-inflamasi.

2. Makanan berlemak
Penderita juga harus menghindari makaan berlemak misalnya daging merah, susu berlemak tinggi, makanan yang digoreng atau makanan yang dipanggang. Makanan yang berlemak akan membuat badan menjadi susah mengolah, padahal saat sedang sakit dibutuhkan makanan yang mudah dicerna agar menjadi energi untuk mengembalikan daya tahan tubuh. Makanan yang digoreng selalu kering dan kasar, sehingga tidak juga cocok untuk penderita sakit tenggorokan. Jika ingin mengkonsumsi daging, pastikan dagingnya tanpa lemak seperti daging ikan, ayam atau kalkun. Untuk susu, bisa dipilih susu rendah lemak.

3. Makanan kering
Makanan kering juga harus dihindari mulai dari biscuit, gorengan atau makanan lainnya yang sulit untuk ditelan saat sakit tenggorokan. Makanan yang dianjurkan adalah yang lunak dan lembut agar tenggorokan tidak semakin luka dan sakit.

4. Makanan kasar
Tekstur kasar pada makanan misalnya sayur mentah, roti kering dan granola hanya akan memberikan sensasi gatal yang lebih parah pada penderita sakit tenggorokan. Makanan yang disarankan hanyalah yang lembut seperti keju, cream berbasis sup, yoghurt, es cream, telur, kentang tumbuk, sereal atau lainnya.

5. Makanan asam
Penderita radang juga tidak boleh makan makanan asam seperti jeruk, tomat, jeruk limau dan juga lemon. Asam hanya akan menyebabkan iritasi pada tenggorokan sehingga akan memperarah rasa sakit di tenggorokan. Pilih buah lainnya yang aman namun tetap tinggi vitamin C seperti pisang, kiwi, buah persik atau juga melon.
Itulah informasi lengkap tentang minuman dan makanan untuk sakit radang tenggorokan yang dianjurkan dan dilarang . jika anda mengalami masalah pada lehet dan tenggorokan silahkan kunjungi kami di Tenggorokan.COM Semoga membantu!
Loading...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon