Tips Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Cepat Karena Panas Dalam Flu dan Batuk

Loading...
loading...
Mengatasi sakit tenggorokan memang susah susah gampang. Sakit ini terlihat sepele namun jika dibiarkan bisa menganggu terutama jika penderita merupakan orang yang berprofesi untuk selalu tampil berbicara didepan umum. Rasa sakitnya pasti akan menimbulkan ketidaknyamanan luar biasa. Sakit tenggorokan atau dalam bahasa medisnya faringitis biasanya terjadi karena adanya infeksi pada saluran pernafasan.

Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Menelan harus dilakukan dengan cepat dan tepat agar segala gejala yang menganggu bisa diatasi. Gejala yang mengiringi sakit tenggorokan biasanya seperti batuk, sakit kepala, kelenjar membengkak disekitar leher, nyeri otot, hidung berair, amandel bengkak, dan sebagainya. Gejala-gejala tersebut dapat mengganggu aktifitas sehari-hari dan membuat kita kehilangan konsentrasi. Terlebih jika sudah disertai dengan flu, batuk atau panas dalam.

Tips Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Cepat Karena Panas Dalam Flu dan Batuk

Tips Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Cepat Karena Panas Dalam Flu dan Batuk

Untuk cara mengatasi sakit tenggorokan, kami berikan beberapa tipsnya yang masih alami. Dengan begitu, sakit tenggorokan beserta kawan-kawannya bisa hilang tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan pada tubuh.

- Tips Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Air Garam
Air garam selain berfungsi sebagai bumbu dapur juga bisa mengurangi gejala yang ditimbulkan dari faringitis. Berkumurlah dengan segelas air hangat yang telah dicampurkan dengan satu sendok teh garam. Berkumur seperti ini mampu membantu mengusir bakteri jahat yang menginfeksi tenggorokan. Hal ini bisa dilakukan beberapa kali sehari khususnya pada pagi dan malam hari sebelum tidur agar bisa mengurangi sakit yang ditimbulkan.

- Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Karena Flu Dengan Air Putih
Air putih memiliki sejuta manfaat untuk kita. Saat sakit tenggorokan yang disebabkan panas dalam, flu ataupun batuk kita dianjurkan banyak minum air putih. Ia mampu mengatasi sakit tenggorokan karena sifat air putih yang mampu menormalkan suhu tubuh yang demam atau panas. Selain itu, ia bisa membantu mengurangi produksi lendir ketika sakit tenggorokan diiringi dengan flu dan batuk. Dengan begitu, rasa sakit pada tenggorokan pun bisa berkurang.

-Resep Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan  Jeruk Lemon
Selain air putih, jeruk lemon juga mampu Mengatasi Sakit Tenggorokan Karena Panas Dalam. Ia mengandung astringen yang mampu melawan bakteri penyebab infeksi ditenggorokan. Antioksidannya yang tinggi juga berkhasiat untuk menangkal radikal bebas. Sedangkan vitamin C mampu mengingkatkan imunitas untuk melawan virus/bakteri. Caranya mudah yaitu meminum segelas air putih yang telah dicampur dengan satu sendok teh air perasan jeruk lemon. Tenggorokan akan lebih lega dan inflamasi/pembengkakan bisa berkurang.

-Ramuan Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan  Cengkeh
Cengkeh sudah terkenal memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Selain menjadi rempah-rempah khas Indonesia, ia mengandung banyak senyawa aktif yang mampu mengatasi berbagai keluhan pada tubuh. Misalnya saja, kandungan anti-inflamasi dan antibakterinya mampu meredakan sakit tenggorokan. Maka, campurlah air matang dengan cengkeh bubuk 3 sendok teh dan berkumurlah. Jika tidak aa cengkeh bubuk maka bisa mendidihkan cengkeh utuh dan gunakan airnya untuk berkumur ketika sudah hangat.

- Jamu Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Madu
Madu memiliki banyak senyawa aktif seperti anti-bakteri, anti-virus, serta anti-jamur yang sejatinya bisa dijadiakn sebagai Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Dan Batuk. Ia juga berperan sebagai anti-inflamasi sehingga bisa mengurangi radang pada tenggorokan. Caranya meminum segelas air hangat yang dicampur dengan satu sendok makan madu. Bisa juga mencampur madu dengan airp perasan jeruk lemon untuk meredakan sakit tenggorokan.

-Muniuman  Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Jahe
Jahe memiliki kandungan seperti anti-inflamasi dan anti-bakteri. Rempah yang satu ini cocok untuk meredakan tenggorokan yang sakit disebabkan panas dalam, flu ataupun batuk. Karena selain meredakan tenggorokan, ia mampu melegakan jalan pernafasan. Cukup dengan merebus potongan jahe yang sudah dibersihkan, kemudian diamkan hingga suhunya turun, dan minum selagi hangat. Jika kurang menyukai rasanya bisa ditambahkan madu yang juga berkhasiat meredakan sakit tenggorokan yang anda alami saat.

- Sayuran Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan  Daun Kemangi
Siapa yang tidak suka aroma khas daun kemangi yang menggugah selera makan. Ternyata daun ini juga berkhasiat untuk mengatasi sakit tenggorokan dan flu karena mengandung anti-inflamasi. Caranya rebus beberapa lembar daun kemangi kemudian minum air rebusan tersebut selagi hangat. Jika tidak menyukai sensasi meminum ramuan tersebut, maka bisa hanya dengan menggunakannya untuk berkumur untuk menghilangkan bakteri penyebab infeksi di tenggorokan.

-Cara Alami  Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Bawang Putih
Rempah pelega tenggorokan yang selanjutnya adalah Bawang putih. Ia mengandung senyawa anti-inflamasi sehingga baik untuk meredakan sakit tenggorokan. Cara menggunakan bawang putih untuk mengobati tenggorokan yang sakit yaitu bisa dengan menguyahnya secara langsung. Mungkin akan terasa sedikit aneh merasakan bawang putih secara langsung seperti itu. Alternatif lain, kita bisa melembutkan bawang putih terlebih dahulu dengan blender. Dan minumlah jus bawang putih tersebut secara rutin.

- Cara Tradisional Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Teh
Teh mampu berperan sebagai anti-inflamasi. Sehingga tidak heran jika ia memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah tenggorokan. Senyawa aktifnya mampu mengurangi radang pada tenggorokan dan mengurangi rasa sakit. Minumlah teh tanpa gula dan tambahan pemanis apapun dua kali sehari sampai sakit tenggorokan mereda.

Tindakan Atau Langkah Untuk Mengatasi sakit tenggorokan

Selain beberapa ramuan alami yang mudah dibuat seperti diatas, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dan meredakan sakit tenggorokan yang mengganggu, seperti:

- Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Jauhi Rokok

Bagi perokok, sebaiknya hentikan merokok ketika tenggorokan sakit atau radang karena rokok dapat memperparah peradangan yang bisa merujuk pada sakit lainnya yang lebih parah. Selain rokok, sebaiknya hindari area berasap lainnya akrena asap mampu menginfeksi tenggorokan terlebih jika kondisi tenggorkan memang sedang kurang fit.

- Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Menelan Makanan Dengan Permen Pelega Tenggorokan

Jika mengalami sakit tenggorokan yang ringan, kita bisa mengatasinya dengan mengisap permen pelega tenggorokan. Namun mengisap permen ini hanya bisa mengatasi sakit tenggorokan yang baru terjadi dan masih bersifat ringan. Pastikan memilih permen dengan kandungan herbal yang alami. Hindari permen yang mengandung pemanis buatan yang tinggi.

-Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan  Hindari Minuman dan Makanan Panas

Mengonsumsi makanan atau minuman yang hangat memang mampu melegakan tenggorokan yang radang apalagi ketika diiringi flu dan batuk karena bisa melegakan pernafasan juga. Namun jika yang dikonsumsi terlalu panas justru akan memperparah radang. Maka, konsumsilah minuman dan makanan yang hangat dan bukannya panas.

- Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Hindari Soda

Soda tidak mampu mengatasi sakit tenggorokan. Sebaliknya, ia akan memperparah infeksi yang terjadi. Maka sebaiknya hindari soda sementara tenggorokan masih sakit. Mengonsumsi teh hangat atau air putih jauh lebih baik ketimbang soda yang banyak mengandung pewarna dan pemanis buatan. Selain itu, hindari juga minuman es atau dingin. Karena ia akan membuat tenggorokan semakin sakit. Sekalipun minum jus, sebaiknya tidak ditambahkan es.
Itulah tips mengobati sakit tenggorokan baik yang disebabkan panas dalam, flu ataupun batuk. Memanfaatkan bahan-bahan alami disekitar kita tentu jauh lebih baik karena tidak membahayakan kesehatan. Namun jika radang terus berlanjut selama seminggu apalagi disertai demam, maka segera periksakan diri ke dokter. Namun jika sakit baru terasa tidak ada salahnya untuk mencoba bahan-bahan diatas untuk bisa mengatasi sakit tenggorokan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon