Apa Obat Radang Amandel Kronis Pada Orang Dewasa yang Ampuh Tanpa Harus Ke Apotik

Loading...
loading...
Banyak orang mengetahui bahwa pengobatan medis hanyalah satu-satunya cara yang bisa ditempuh untuk menyembuhkan penyakit Radang Amandel. Tapi ternyata, anda tidak harus selalu memakai obat-obatan yang diberikan dokter. Sebab pada dasarnya radang amandel bisa disembuhkan dengan menggunakan berbagai macam jenis bahan alami yang mudah untuk didapatkan.

 Apa itu Radang Amandel ?
Perlu diketahui bahawa Radang amandel dalam bahasa Inggris: tonsillitis ini merupkan infeksi pada amandel terkadangan mengakibatkan sakit tenggorokan bahkan bisa juga demam.

Tonsilitis juga sering diartikan dengan radang yang terjadi pada amandel/tonsil. Pembesaran ini sebagian besar dialami oleh anak.
Amandel adalah dua kelenjar kecil yang berda di dalam tenggorokan. Organ ini fungsinya sangan baik bagi tubuh yaitu sebagai pencegah infeksi, terlebih-leabih bagi anak-anak yang maslih lemah daya tahan tubuhnya, Namun Seiring  dengan perkembangan usia, sistem kekebalan tubuh anak makin kuat dan perlahan tugas amandel sebagai penangkal infeksi mulai kurang berperan. Saat peranan amandel sudah tidak terlalu dibutuhkan tubuh lagi, maka kedua kelenjar ini pun berangsur-angsur menyusut hingga jadi kecil sekali.

Penyebab tonsilitis /Radang amandel sebagian besar adalah virus dan bisa juga disebabkan oleh bakteri. Orang yang menderita Radang amandel bisa mengalami sakit kepala, demam, sakit di tenggorokan ketika  menelan, juga batuk. Gejala biasanya akan sembuh dalam empat hari.

Meski pada umumnya Radang amandel tidak tergolong serius, namun kunjungilah dokter jika Anda atau anak Anda mengalami gejala Radang amandel lebih dari 4 hari dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan sembuh atau gejala menjadi semakin parah saja seperti misalkan Anda sama sekali tidak bisa makan atau bahkan sulit bernapas.

Diagnosis Radang Amandel
Dalam mendiagnosis Radang amandel, pertama-tama dokter akan melihat tenggorokan Anda, sekaligus mengajukan pertanyaan tentang gejala yang Anda rasakan sebelumnya .

Jika Radang amandel disebabkan oleh infeksi bakteri, umumnya gejala dapat berupa pembengkakan kelenjar getah bening pada tenggorokan, terlihat bintik-bintik nanah di sekitar amandel, demam tapi tidak campur batuk. Sedangkan bila Radang amandel disebabkan oleh infeksi virus, biasanya gejala akan cendrung lebih ringan dari infeksi bakteri, tapi disertai batuk dan pilek. tapi yang lebih meyakinkan adalah tes darah dilaboratorium sebab bisa jadi apa yang anda alami merupakan penyakin lain. Sebelum anda ke dokter ada beberapa tahapan alami yang bisa anda gunkan untuk penangkal Radang amandel .

Obat Radang Amandel Kronis Pada Orang Dewasa  yang Ampuh Tanpa Harus Ke Apotik

Obat Radang Amandel Kronis Pada Orang Dewasa  yang Ampuh Tanpa Harus Ke Apotik
Obat-obatan herbal untuk Radang Amandel ini bisa digunakan untuk menyembuhkan radang amandel pada penderita. Dibawah ini akan dibahas beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mengobati radang amandel secara alami.

Obat Radang Amandel Alami untuk Orang Dewasa

Berikut ini adalah obat herbal alami yang dapat anda gunakan sebgai obat Radang Amandel .

1. Jeruk nipis
Slah satu bahan yang dapat anda gunakan adalah jeruk nipis. Jeruk nipis bisa membantu mengurangi peradangan serta infeksi yang terjadi pada amandel dan kemudian pada akhirnya akan sembuh. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis sama dengan kandungan gizi yang ada pada buah tomat yang memiliki fungsi dalam menjaga kekebalan tubuh.
Berikut ini adalah cara yang dapat anda gunakan untuk membuat obat Radang Amandel menggunakan bahan dasar jeruk nipis. Anda hanya membutuhkan kapur sirih dan juga jeruk nipis. Cara pembuatannya pun sangat mudah. Ambillah air dari 2 buah jeruk nipis. Kemudian tambahkan air kapur sirih kedalam air hasil perasan jeruk nipis tadi. Setelah itu anda dapat mengkonsumsi larutan ini dengan teratur, yakni 3 kali sehari.

2. Daun benalu
Daun benalu yang terdapat pada pohon jeruk nipis juga bisa membantu tubuh anda dalam proses penyembuhan peradangan amandel. Anda dapat menambahkan Adas Pulo Waras seperlunya. Ramuan ini dapat anda buatan sendiri sebagai pengobatan peradangan pamandel.
Cara pembuatanya adalah anda hanya tinggal menghaluskan daun benalu serta adas pulo waras dengan cara ditumbuk atau blender. Lalu saringlah hasil dari tumbukan tersebut. Seduhlah air yang didapat dengan air panas. Kemudian anda dapat mengkonsumsinya.

3. Bawang Merah
Bawang merah diketahui memiliki sifat anti inflamasi. Hal ini berarti bawang merah bisa digunakan untuk meredakan rasa panas serta peradangan yang menjadi penyebab dari Radang Amandel. Cara untuk menghilangkan radang amandel secara alami dengan menggunakan bawang merah sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengupas lalu kemudian mengunyahnya, kemudian telanlah dengan bantuan air. Meskipun rasanya tidak sedap, namun hal tersebut akan membantu anda dalam proses penyembuhan radang amandel.

4. Buah Mengkudu
Buah dengan rasa yang kurang sedap ini memang mempunyai banyak sekali manfaat untuk penyembuhan berbagai jenis penyakit. Mengkudu ternyata juga mempunyai khasiat dalam penyembuhan penyakit radang amandel. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut: Ambillah air dari dua buah mengkudu yang masih segar dan matang. Kemudian tambahkan madu murni pada air perasan tersebut. Anda dapat mengkonsumsinya secara rutin untuk proses menyembuhkan radang amandel anda.

5. Kulit Manggis
Kulit manggis ternyata juga mempunyai khasiat yang cukup baik untuk penyembuhan radang amandel. Bahan - bahan yang bisa anda gunakan untuk penyembuhan radang amandel dengan bahan dasar kulit manggis adalah 10 kulit manggis yang sudah dikeringkan dan juga air. Cara pembuatannya pun cukup mudah. Anda hanya harus merebus kulit manggis kering sampai mendidih. Kemudian angkat dan tunggu sampai dingin. Lalu anda dapat menggunakannya untuk berkumur. Air ini hanya digunakan untuk berkumur saja dan jangan sampai anda meminumnya.

6. Jahe
Jahe mempunyai sifat anti inflamasi yang bisa digunakan untuk mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan oleh radang amande. Cara pembuatannya adalah dengan merebus beberapa jahe yang telah dikupas dan dimemarkan hingga mendidih. Kemudian anda dapat menambahkan madu kedalamnya. Setelah itu minumlah air jahe ini secara teratur.

7. Madu
Madu memang mempunyai khasiat yang sangat baik untuk tubuh anda. Tapi ternyata madu pun juga mempunyai manfaat yang penting untuk menyembuhkan radang amandel. Anda dapat mengkonsumsi madu secara langsung atau anda juga bisa mencampurkannya ke berbagai macam obat herbal. Hal tersebut akan membantu penyembuhan gejala Radang Amandel. Baca juga obat radang amandel di apotik

Tips Penyembuhan Radang Amandel

Selain memanfaatkan obat-obatan alami untuk penyembuh Radang Amandel, anda juga harus memperhatikan tentang kondisi tubuh serta asupan gizi anda supaya radang amandel anda tidak menjadi semakin parah. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam membantu proses penyembuhan radang amandel:

1. Istirahat yang cukup
Istiarahat merupakan hal yang penting untuk tubuh anda. Istirahat bisa membantu anda untuk mengembalikan stamina serta daya tahan tubuh anda supaya radang amandel anda derita tidak semakin parah.

2. Hindarilah makanan yang bersifat pedas dan juga panas
Makanan pedas serta bersifat panas akan memperburuk kondisi radang amandel anda. Oleh sebab itu, anda menghindari jenis makanan ini. Hindarilah makanan seperti gorengan, sambal, gulai serta jenis makanan lainnya yang pedas dan juga panas,

3. Konsumsilah makanan lembek
Supaya asupan nutrisi dalam tubuh anda tetap terjaga, anda harus tetap mengkonsumsi jenis makanan yang menyehatkan. Namun anda harus memilih makanan yang bertekstur lembek, lunak serta encer. Anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi jus buah serta jus sayur.

4. Perbanyak minum air putih
Air putih adalah hal yang sangat penting untuk tubuh anda. Air putih mempunyai banyak manfaat, salah satu manfaatnya adalah untuk mencegah terjadinya keringnya pada tenggorokan. Selain itu air putih juga sangat baik meningatkan daya tahan tubuh anda.
Beberapa tips dari penyembuhan amandel diatas harus anda coba untuk proses penyembuhan Radang Amandel andi. Tapi yang perlu anda ingat adalah jika radang amandel anda sudah memasuki kategori kronis, anda tidak memiliki pilihan lain kecuali untuk melakukan operasi. Operasi yang dilakukan dibagian amandel mungkin akan beresiko, tapi inilah satu-satunya cara yang dapat anda gunakan untuk penyembuhan mandel akut atau kronis.

Perlu anda ketahui apabila anda sedang mengalami penyakit ini yang masih dalam tahapan ringan, anda dapat mengkonsumsi ramuan obat yang terbuat dari bahan- bahan alami yang disebutkan diatas. Obat alami tersebut sangat ampuh serta mujarab untuk ddigunakan. Anda tidak perlu memikirkan efek sampingserta resiko apapun dalam penggunaanya.

Ada berbagai macam jenis tumbuhan ataupun tanaman yang dapat digunakan untuk mengobati Radang Amandel. Anda harus mengetahui kandungan apa yang terdapat didalamnya. Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan pengangkatan amandel atau yang disebut dengan operasi amandel. 

Operasi ini dapat dilakukan anda sebelumnya arus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini bertujuan supaya tindakan yang di lakukan dokter nantinya akan tepat serta tidak menimbulkan hal – hal yang nantinya akan merugikan penderita dari Radang Amandel itu sendiri.Sekian Artikel lengkap dari Tenggorokan.COM semoga membantu anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon