Ciri Ciri dan Gejala Radang Tenggorokan Akut dan Kronis Yang Sudah Parah

Loading...
loading...
Banyak yang bertanya-tanya dan was-was pada ciri ciri dan gejala radang tenggorokan akut dan kronis, khususnya bagi yang merasa radang tenggorokannya sudah parah. Ya, penyakit radang tenggorokan memang sangat menyiksa dan buat khawatir. Pasalnya, dengan sakit radang tenggorokan, ativitas kita jadi terhambat, khususnya dalam hal berkomunikasi. Apalagi jika kita memang memiliki pekerjaan pada bidang komunikasi atau berbicara. Tentu itu sangat mengganggu!

Ciri Ciri dan Gejala Radang Tenggorokan Akut dan Kronis Yang Sudah Parah

Ciri Ciri dan Gejala Radang Tenggorokan Akut dan Kronis Yang Sudah Parah
Tentu, kita was-was jika sakit radang tenggorokan yang kita alami adalah sakit radang tenggorokan akut atau bahkan kronis yang sudah parah. Nah, untuk memastikannya kita perlu tahu apa saja ciri ciri dan gejala radang tenggorokan akut dan kronis yang sudah parah. Tentunya tidak lupa untuk menghindari hal-hal apa saja yang memicu timbulnya sakit radang tenggorokan ini.

Ciri ciri dan Gejala Radang Tenggorokan Akut

Radang tenggorokan akut seperti diketahui adalah radang tenggorokan yang terbilang ringan jika dibandingkan dengan kronis (yang sudah parah). Meski begitu, radang tenggorokan akut ini perlu diwaspadai karena jika terus dibiarkan bisa menjadi radang tenggorokan kronis bahkan komplikasi.

1. Nyeri Tenggorokan
Ciri dan gejala radang tenggorokan akut adalah rasa nyeri pada tenggorokan. Rasa nyeri ini membuat kita selaku penderita merasa sulit untuk bisa berbicara. Nyeri tenggorokan ini bisa dirasakan dari mulai ujung leher hingga dekat pangkal lidah. Bahkan, biasanya sering diiringi dengan hawa panas yang keluar dari tenggorokan dan seperti ada lendir yang menempel pada tenggorokan kita.

2. Suara Serak
Suara Serak ini merupakan gejala yang sering kita alami saat sedang radang tenggorokan akut. Suara serak ini biasanya terdengar lebih berat dan terkadang tidak semua kata bisa keluar. Ya, gangguan pada tenggorokan membuat syaraf-syaraf tenggorokan tidak bisa berfungsi dengan baik sehingga suara yang kita keluarkan menjadi serak bahkan tidak keluar.

3. Nyeri Menelan
Selain nyeri tenggorokan, ciri dan gejala radang tenggorokan akut juga membuat kita merasakan nyeri menelan. Nyeri menelan ini yang membuat kita menjadi malas untuk makan, atau bahkan untuk sekedar minum air. Namun, justru bahayanya jika kita sampai malas untuk mengisi nutrisi yang diperlukan tubuh. Kenapa? Karena, saat terjadi radang anti bodi tubuh kita bekerja lebih keras dan tentunya butuh banyak asupan gizi. Jika tak ada nutrisi yang masuk, maka antibody tubuh kita akan semakin melemah.
Melemahnya anti bodi jangan dianggap remeh. Karena dengan begitu, pertahanan tubuh kita akan semakin menurun, sehingga radang tenggorokan yang smeula akut bisa menjadi kronis, bahkan memungkinkan untuk terjadi komplikasi. Sehingga, kita perlu tetap makan dengan makanan yang sehat dan bersifat cukup mudah ditelan, agar radang tenggorokan akut dan sistem pertahanan tubuh kita semakin kuat.

4. Demam
Ciri dan gejala lainnya adalah demam. Biasanya kita kan merasakan demam dengan suhu tubuh hangat melebihi biasanya. Dan terkadang demam ini disertai dengan rasa dingin menggigil. Hal ini bisa diakibatkan karena kurangnya nutrisi yang masuk karena kita merasa nyeri saat menelan. Demam ini juga bisa diakibatkan karena aktivitas kita yang cukup berat saat kita sedang mengalami radang tenggorokan akut.
Sebaiknya, kita tidak melakukan aktivitas berat dan harus tetap memberi nutrisi terbaik untuk tubuh kita. Hindari terkena angin malam dan pastikan juga bahwa istirahat kita cukup agar suhu tubuh tetap stabil dan membaik. Sehingga antibody kita bisa lebih fokus untuk berupaya menyembuhkan radang tenggorokan akut kita.

Ciri dan Gejala Radang Tenggorokan Akut yang Sudah Jadi Kronis

Radang tenggorokan akut ini bisa menjadi radang tenggorokan kronis yang terbilang parah. Biasanya, radang kronis ini terjadi setelah radang tenggorokan akut dibiarkan berkali-kali terjadi atau telat dalam menangani radang tenggorokan akut.

 Tanda-tanda Radang tenggorokan Kronis

1. Cenderung Sulit Menelan
Gejala radang tenggorokan akut yang sudah menjadi kronis adalah saat tenggrokokan kita cenderung sulit menelan. Jika saat radang akut kita masih bisa menelan meski terasa nyeri, maka jika sudah lebih parah, tenggorokan kita akan kesulitan untuk menelan makanan. Bahkan, untuk sekedar meneguk air pun akan terasa perih dan sulit.
Makanan yang akan kita makan pun jadi harus lebih lembut dan gampang ditelan tenggorokan. Karena bagaimanapun tubuh kita membutuhkan asupan agar antibody kita menguat sehingga kemungkinan sembuh pun semakin besar.

2. Nyeri Hebat Tenggorokan
Nyeri tenggorokan yang kita rasakan jika sudah terjadi radang tenggorokan kronis adalah rasa nyeri tenggorokan yang hebat yang tidak biasa seperti sakit radang tenggorokan sebelum-sebelumnya. Hawa yang dirasakan pun sudah sangat panas dan nyerinya saraf-saraf tenggorokan lebih terasa. Sehingga, aktivitas lainnya yang kita jalani menjadi cukup terganggu.

3. Cenderung Sulit Berbicara
Jika radang tenggorokan akut kita masih bisa berbicara dengan suara yang cukup serak, maka radang tenggorokan kronis yang sudah parah ini cenderung membuat kita kesulitan untuk berbicara. Seperti orang yang kehilangan suara, suara kita sering tidak keluar dan tidak bisa terdengar jelas oleh orang yang ada disekitar kita.

4. Pembesaran Kelenjar Getah Bening
Pembesaran kelenjar getah bening bisa terjadi saat radang tenggorokan kronis kita alami. Pembesaran kelenjar getah bening ini biasanya cukup terasa dan juga tampak perbedaanya. Tenggorokan terlihat tampak membengkak dengan rasa nyeri yang cukup perih. Tentu, pembesaran kelenjar getah bening ini cukup berisiko dan mesti segera diatasi.

5. Demam Tinggi
Biasanya, radang tenggorokan kronis disertai demam tinggi yang sangat mengganggu aktivitas kita yang lain. Hal ini dikeranakan daya tahan tubuh yang menurun, dan badan pun bisa sering terasa menggigil kedinginan. Sebaiknya segera tangani demam tinggi ini agar daya tahan tubuh segera stabil.

6. Adanya Nanah di Tenggorkan
Gejala lainnya yang menandakan terjadinya radang tenggorokan akut yang berubah menjadi radang tenggorokan kronis yang sudah parah adalah dengan adanya nanah di tenggorokan. Jika biasanya hanya ada selaput yang menyelimuti tenggorokan, maka di radang tenggorokan kronis ini bisa timbul nanah di tenggorokan. Tenggorokan pun rasanya perih dan berbau.

7. Munculnya Komplikasi
Nah, parahnya, Bahaya radang tenggorokan kronis ini bisa membuat munculnya penyakit komplikasi. Komplikasi penyakit ini bisa jadi berbagai macam bentuk penyakitnya. Yang bahaya jika sudah mengenai komplikasi dipenyakit vital lainnya seperti kelenjar getah bening, apalagi jika sampai ke penyakit jantung, paru, dan penyakit vital lainnya.

Cara Obat dan Tips Radang Tenggorokan Akut

1. Hindari penyebab radang tenggorokan
2. Lakukan pengobatan baik pengobatan alami dan rutin .
3. Konsumsi buah penunjang radang tenggorkan
4. Konsultasikan ke dokter apabila radang tenggorokan anda semakin parah

Hal ini dikarenakan minusnya daya tahan tubuh dan kurang cepatnya penanganan saat kita sedang radang tenggorokan. Untuk itu, sebaiknya kita tidak menganggap remeh dan melakukan penanganan yang cepat saat kita sudah mulai mengalami radang tenggorokan.

Itulah ciri ciri dan gejala radang tenggorokan yang sudah parah. Semoga kita bisa menghindari dan mengobati sesegera mungkin agar tidak semakin parah apalagi komplikasi.Jika anda mengalami radang tenggorokan di hari berikutnya silahkan kunjungi kami di Tenggorokan.Com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon