Obat Sakit Menelan Ludah Dan Makanan Pada Tenggorokan Yang Aman Bagi Ibu Menyusui Dan Ibu Hamil

loading...
Sering terjadi berbagai keluhan pada area mulut kita seperti Sakit Menelan. Mulut merupakan jalan utama masuknya makanan yang akan dicerna oleh tubuh. Dari mulut, makanan akan dilanjutkan ke tenggorokan sebelum sampai pada usus dan lambung. Masalah yang sering muncul adalah rasa sakit ketika menelan makanan sehingga menyebabkan kita kesulitan makan.

Sakit menelan ludah bisa menimpa siapa saja tak terkecuali ibu hamil dan menyusui. Meskipun pada kasus yang banyak terjadi, sakit menelan sering dialami oleh balita. Mengapa wanita hamil juga rentan terhadap sakit tenggorokan yang menyebabkan sakit ketika menelan? Hal ini karena bakteri streptococcus yang menyerang selaput lendir yang rentan dialami wanita hamil serta menyusui. Bisakah hal ini diatasi secara alami?

Obat Sakit Menelan Ludah Dan Makanan Pada Tenggorokan Yang Aman Bagi Ibu Menyusui Dan Ibu Hamil

Obat Sakit Menelan Ludah Dan Makanan Pada Tenggorokan Yang Aman Bagi Ibu Menyusui Dan Ibu Hamil
Pada masa kehamilan dan menyusui, wanita tidak dianjurkan untuk meminum obat sembarangan dan akan lebih baik jika mengonsumsi obat alami yang tidak ada campuran bahan kimia untuk mengatasi Sakit Menelan. Berikut akan kami informasikan beberapa obat yang bisa digunakan para wanita hamil dan menyusui ketika mengalami masalah dengan tenggorokannya:

Obat Sakit Menelan Ludah Dan Makanan Pada Tenggorokan

- Uap Panas buat Sakit Menelan
Uap mampu memberikan sensai rileks. Jika mengalami sakit ketika menelan makanan, maka ibu hamil dan menyusui bisa melakukan terapi uap yang sangat sederhana. Caranya cukup dengan meletakkan wadah berisi air panas. Kemudian bisa ditambahkan daun mint agar aromanya terasa enak di tenggorokan. Menjaga kelembapan dan suhu adalah salah satu obat terbaik alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pada tenggorokan.

- Sup Hangat buat Sakit Menelan
Makanan adalah obat yang paling sederhana.karena nutrisi yang didapat dari makanan bisa mempertebal imunitas tubuh. Ketika sakit menelan makanan, sebaiknya mengonsumsi makanan berkuah dan hangat. Hal ini dilakukan agar tenggorokan tidak kering dan terlubrikasi dengan baik. Namun jangan sampai memakan sup yang masih dalam kondisi terlalu panas agar tidak menyakiti mulut dan tenggorokan tentunya.

- Minum Teh buat Sakit Menelan
Teh mengandung anti-analgesik yang mampu meredakan sakit. Baik ketika sakit kepala ataupun sakit tenggorokan, minum teh hangat bisa mengurangi rasa sakit ditenggorokan yang biasanya disebabkan karena adanya infeksi.infeksi tersebut menimbulkan radang sehingga terjadi pembengkakan dan rasa sakit yang luar biasa ketika menelan. Minumlah teh herbal baik hijau, chamomile maupun jahe untuk menenangkan tenggorokan yang sakit.

- Buah-Buahan untuk Sakit Menelan
Buah-buahan adalah obat alami yang tidak hanya berkhasiat tetapi lezat. Ketika mengalami radang tenggorokan, biasanya tenggorokan dan area mulut terasa kering. Oleh karena itu dibutuhkan pelumas sebagai lubrikasi alami. Untuk memberikan lubrikasi maka bisa dengan mengonsumi buah-buahan kaya air seperti semangka. Selain bisa memberikan cairan, ia bisa meredakan pembengkakan ditenggorokan yang sakit. Selain semangka, buah-buahan lain seperti jeruk, anggur dan pepaya juga baik untuk dikonsumsi.

- Air Garam untuk Sakit Menelan
Garam mengandung anti-mikroba sehingga ampuh dalam melawan bakteri penyebab sakit menelan pada tenggorokan. Ketika sakit menelan sebelah kanan, segeralah membuat larutan garam untuk digunakan berkumur. Caranya mudah yaitu dengan menyiapkan air hangat 3/4 gelas dan tambahkan satu sendok teh garam. Aduk sampai garamnya larut dan berkumurlah. Ulangi ritual ini sehari 3-4 kali sampai tenggorokan membaik. Dengan begitu, garam akan menghilangkan lendir yang mengandung banyak bakteri jahat.

- Jeruk Nipis dan Lemon
Kita bisa menggunakan jeruk nipis atau lemon buat nelen tenggorokan sakit. Jeruk nipis mampu menghancurkan lendir, begitupun lemon yang mengandung anti-oksidan tinggi sehingga bisa memerangi bakteri streptococcus. Lemon juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga lebih bisa menangkal berbagai serangan penyakit termasuk radang. Minumlah air hangat yang sudah dicampur dengan satu sendok makan perasan jeruk nipis atau lemon secara teratur.

- Obat Sakit Menelan Ludah  dengan Gamat
Gamat atau teripang mas dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit termasuk infeksi ditenggorokan. Namun kita tidak harus memakan atau memasak langsung teripang tersebut. Saat ini sudah ada suplemen yang terbuat dari gamat asli tanpa bahan kimia berbahaya sehingga cocok untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Gamat mengandung tinggi protein serta gamapeptide yang mampu meredakan peradangan.

-Obat Sakit Menelan makanan dng Madu
Madu merupakan bahan alami yang dihasilkan dari lebah yang kaya akan manfaat. Untuk meredakan
sakit menelan saat hamil ketika terjadi radang tenggorokan, kita bisa memanfaatkan madu murni yang mengandung anti-mikroba. Caranya dengan meminum madu langsung sebanyak satu sendok makan dua kali sehari. Atau bisa juga dengan mencampur madu dengan segelas air kemudian diminum secara teratur.
Baca juga :    Obat Radang Tenggorokan Resep Dokter THT Untuk Anak Dan Dewasa Di Apotik

Gejala Yang Mengiringi Sakit Menelan

Disamping sakit yang tiada tara ketika menelan, ada beberapa gejala sakit menelan lainnya yang mengindikasikan bahwa terjadi infeksi pada tenggorokan. Dan mungkin saja tenggorokan mengalami faringitis atau radang.

1. - Amandel Bengkak
Amandel yang bengkak memang sering menjadi penyebab sakit saat menelan makanan atau minuman. Ketika tenggorokan bermasalah atau radang, kita bisa cek sendiri di cermin apakah amandel kita membengkak atau memerah. Jika ya, berarti ada indikasi infeksi.

2. - Nafsu Makan Turun
Ibu hamil dan menyusui harus mendapat nutrisi yang cukup. Namun jika Sakit Menelan melanda biasanya nafsu makan akan turun seketika. Untuk mensiasatinya, makanlah makanan yang lebih lembek dari biasanya serta mengandung banyak kuah.

3. - Leher Bengkak
Jika sakit terasa saat menelan makanan maka biasanya akan disertai dengan bengkaknya area leher. Itu menandakan bahwa ada infeksi yang sudah menyerang kelenjar getah bening di leher. Maka, jika terjadi pembengkakan pada leher harus segera mengkonsultasikannya ke dokter karena itu bisa saja disebabkan bakteri.

4. - Kekebalan Tubuh Menurun
Ketika tenggorokan diserang dan terasa sakit sampai terjadi peradangan, maka tubuh otomatis akan menurun daya tahannya. Sehingga akan lebih rentanlagi terhadap serangan baik itu virus, bakteri maupun jamur. Maka sebaiknya tetap usahakan untuk konsumsi makanan bernutrisi agar tubuh tidak cepat diserang penyakit lainnya.

5. - Demam
Sakit pada tenggorokan yang menyebabkan kesulitan menelan seringkali diiringi dengan demam. Waspadalah dengan demam karena ia bisa menjadi indikasi penyebab sakit tenggorokan. Jika demam bersuhu 38.8 derajat celcius maka bakterilah yang menjadi penyebabnya. Namun jika dibawah itu berarti bisa virus atau jamur yang menginfeksi dan hal ini lebih mudah untuk disembuhkan dibanding dengan infeksi bakteri.

Bagi ibu hamil dan menyusui, kondisi tubuh memang harus diusahakan selalu fit. Maka untuk menghindari serangan berbagai penyakit sebaiknya selalu menjaga diri dengan rajin berolahraga, memakai masker ketika bepergian, mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi, menjaga pola tidur dan istirahat, serta menghindari jajan sembarangan.

Namun jika tenggorokan terlanjur diserang dan menimbulkan rasa sakit sebaiknya perbanyak konsumsi air putih dan perbanyak istirahat. Selain itu, dianjurkan untuk mencoba menggunakan cara-cara alami seperti diatas untuk bisa mengurangi Sakit Menelan yang biasanya memang begitu menyiksa. Jika sakit berlanjut sebaiknya hubungi dokter kepercayaan. Sekian dulu ulan dari Tenggorokan.COM

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon