Obat Radang Tenggorokan Panas Tinggi Terbakar, Gatal, Dan Perih yang Ampuh dan Bagus

Loading...
loading...
Tenggorokan Panas. Apa yang dimaksud radang tenggorokan panas ? Dalam kondisi tenggorokan normal, seseorang dapat menyantap makanan tanpa harus kesakitan menelan atau merasa perih, gatal dan panas. Berbeda jika tenggorokan sedang mengalami peradangan yang memberikan sensasi perih dan membuat anda tidak dapat beraktivitas dengan nyaman. Jika sudah parah, rasa nyeri untuk menelan ludah pun bisa terjadi. Bahkan, terkadang penderita akan merasa gatal di tenggorokan. 

Hal tersebut bisa jadi merupakan gejala sakit flu, panas dalam, asam lambung yang naik hingga ke tenggorokan atau radang tenggorokan karena virus dan bakteri. Ada banyak cara untuk mencegah serangan flu dan penyakit lainnya karena virus seperti rajin meminum air jeruk nipis dengan 1 sendok kecap, minum madu dan juga mengkonsumsi vitamin C. Jika memang Tenggorokan Panas tidak juga bisa dikendalikan dengan rasa tidak nyaman yang benar-benar menyiksa, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Obat Radang Tenggorokan Panas Tinggi Terbakar, Gatal, Dan Perih yang Ampuh dan Bagus

Obat Radang Tenggorokan Panas Tinggi Terbakar, Gatal, Dan Perih yang Ampuh dan Bagus
Pertama, ketahui terlebih dahulu bahwa rasa perih dan Tenggorokan Panas bisa jadi disebabkan oleh infeksi virus dengan gejala seperti persendian terasa nyeri dan pegal, demam, bersin dan batuk, suara serak serta tenggorokan terasa kering, gatal juga perih.

Jika terjadi pada bayi, tentu sebagai orang tua anda pun akan khawatir sebab anak menjadi tidak mau makan, sedikit-sedikit menangis terutama ketika menelan makanan dan menjadi tidak mau makan. Jika sudah demikian, maka sudah pasti anak terkena infeksi di saluran tenggorokan sehingga menjadi luka dan perih disertai gatal. Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua gejala gatal dan pedih di tenggorokan adalah karena radang tenggorokan.

Faktanya, radang tenggorokan dapat memicu penyakit lainnya sehingga terdapat komplikasi jika dibiarkan dan akan berbahaya seperti misalnya radang ginjal, panas demam dan penyakit serius lainnya. Radang tenggorokan akan menjangkiti anak-anak pada usia 1 hingga 5 tahun. Bahkan, ada bayi masih berusia bulanan sudah terkena radang tenggorokan.

Pada anak, mereka akan mengeluhkan sakit kepala dengan suhu badan agak panas dan tenggorokan terasa sakit bahkan hingga sulit menelan makanan atau minuman. Mereka juga bisa mengeluhkan sakit perut atau disertai muntah. Tidak hanya itu, anak-anak juga bisa mengalami pembengkakan di area kelenjar getah bening di leher. Sedangkan di atas langit-langit mulut biasanya di ujung mulut muncul bitik-bintik merah berukuran kecil. Anak menjadi cepat lelah dan di daerah amandel bisa muncul seperti bengkak berwarna kemerahan atau bahkan bercak putih dan nanah.

Obat Radang Tenggorokan Panas

Untuk mengatasi Tenggorokan Panas dan perih, ada beberapa bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagaimana berikut:
1. Madu
Madu yang digunakan adalah madu asli yang tidak mengandung gula buatan. Minum madu murni yang sudah anda siapkan sebanyak 1 sendok makan sehari 3 kali. Lakukan secara teratur sampai anda merasa bahwa
Tenggorokan Panas terbakar dan perih menghilang. Dengan cara ini, anda juga bisa menghilangkan flu.

2. Bawang putih
Bahan dapur yang satu ini sangat berkhasiat untuk mengatasi rasa gatal di tenggorokan yang tak tertahankan. Ketika tenggorokan gatal benar-benar menganggu, bawang putih akan bekerja dengan kandungan antimicrobial untuk memerangi bakteri atau virus penyebab peradangan sekaligus memberikan efek untuk imunitas. Jadi, bawang putih sangat besar manfaatnya untuk mengobati infeksi yang membuat tenggorokan perih sekaligus meringankan iritasi.
Hal ini disebabkan adanya senyawa allicin yang ada didalamnya. Senyawa ini bisa muncul ketika bawang putih mentah ditumbuh dan dikunyah atau dipotong. Makan bawang putih mentah-mentah. Jika tidak tahan dengan rasanya yang tajam, masukkan dulu bawang putih kedalam microwave selama 10 hingga 15 detik. Jika sudah, keluarkan dari microwave dan tumbuk. Konsumsi bawang putih sebanyak 1 kali 1 hari.

3. Buah-buahan
Sebagai bahan makanan yang menyehatkan dan berkualitas, buah bisa menghilangkan Tenggorokan Panas Saat Hamil atau nyeri. Bisa jadi radang tenggorokan yang anda alami adalah pertanda bahwa anda kurang vitamin. Oleh karena itu, rajin mengkonsumsi buah-buahan dengan kandungan vitamin sangat disarankan mulai dari vitamin C, B1, B6, E, dan A serta asam folat. Jika semua terpenuhi, maka kekebalan tubuh pun akan dengan mudah bisa ditingkatkan dan akan mencegah berabgai penyakit. Bahkan, mengkonsumsi buah-buahan pun akan membantu anda dalam mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan.

4. Herbal tea
Herbal tea bekerja maksimal untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Anda bisa mendapatkan herbal tea seperti akar goldenseal atau marshmallow. Tanaman marshmallow bisa membantu memproduksi lebih banyak selaput lendir di tenggorokan. Maka dari itu, herbal tea sangat baik untuk Tenggorokan Panas dan gatal yang nyeri dan sakit sepanjang hari.

5. Banyak minum air putih
Air putih besar perannya untuk tubuh dalam meningkatkan metabolism dan mencegah bahaya dehidrasi, apalagi jika tenggorokan sedang kering dan terasa panas.

6. Kumur air garam hangat
Air garam hangat bisa dijadikan sebagai obat kumur terutama jika tenggorokan terasa gatal. Garam bekerja sebagai antibakteri untuk mengusir bakteri yang ada pada tenggorokan. Buat obat kumur ini dengan mencampurkan 1 sendok teh garam dengan secangkir air hangat. Saat digunakan sebagai obat kumur, pastikan anda menengadahkan kepala dan biarkan air garam hangat berada di mulut selama paling tidak 10 hingga 15 detik. Jangan kuatir bila tertelan, asal tidak semuanya tertelan karena harus di biarkan di dalam mulut dalam beberapa detik dulu.

7. Air alang-alang
Pernah dengar tumbuhan alang-alang? Sepintas memang seperti rumput liar. Tetapi, khasiatnya sangatlah besar untuk menyembuhkan Tenggorokan Panas karena radang. Ekstrak alang-alang banyak digunakan untuk berbagai macam minuman kemasan karena cukup efektif untuk mengatasi radang tenggorokan.

Caranya, batang alang-alang harus dibersihkan terlebih dahulu sebanyak satu genggam. Rebus dalam panci air dan biarkan hingga mendidih dan airnya berkurang sampai setengahnya. Gunakan saring untuk diambil air rebusan dan minum air rebusan tadi secara rutin. Lakukan selama tenggorokan masih terasa sakit hingga sembuh.

8. Madu dan lemon
Madu dan lemon adalah dua kombinasi bahan efektif yang dapat menyembuhkan radang tenggorokan dengan sensasi gatal, panas dan nyeri. Kedua bahan ini sudah dipercaya khasiatnya sejak nenek moyang kita. Bahkan, anda juga dapat menambahkan jahe.
Caranya, campur satu sendok madu dan lemon dengan takaran yang sama. Kemudian, tuang dalam secangkir air hangat dan minum guna menenangkan tenggorokan gatal dan Tenggorokan Panas.

9. Teh Jahe
Teh jahe dapat meredakan sakit di tenggorokan karena sifat ekspektoran jahe yang membantu melegakan tenggorokan karena dapat mengeluarkan lendir dari sistem pernapasan. Jahe juga dapat membuang racun sekaligus meningkatkan oksigen dalam tubuh. Proses penyembuhan radang pun bisa dipercepat.
 Baca juga :     Gejala Kanker Tenggorokan Stadium Awal Dan Stadium 4 Cara Mengatasinya
Itulah berbagai jenis obat radang tenggorokan yang bisa dicoba terutama ketika Tenggorokan Sering Terasa Panas seperti terbakar disertai gatal dan nyeri. Jika tenggorokan tidak kunjung sembuh dalam 2 minggu, pastikan anda segera menghubungi dokter dan mulai berkonsultasi. Jika suatu saat and amengalami gangguan tenggorkan lagi silahkan kunjungi tenggorokan.com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon