Kumpulan Obat Sakit Amandel Tradisional dan Alami Yang Mujarab pada Anak & pada Orang Dewasa

Obat sakit amandel banyak sekali didapat di berbagai apotek terkemuka mengingat semakin meningkatnya penderita amandel setiap tanunnya. Hal ini bisa jadi diakibatkan oleh pola makan masyarakat yang semakin hari semakin tidak teratur, apalagi soal banyaknya bahan kimia dan bahan pengawet yang digunakan di berbagai makanan yang dikonsumsi, terutama pada makanan anak.

Oleh karena beberapa sebab di atas, maka sebaiknya pilihlah obat sakit amandel yang alami dan tidak menimbulkan efek samping ketimbang obat kimia yang memang lebih praktis namun mampu menimbulkan beberapa masalah lainnya sebagai bentuk efek sampingnya untuk kesehatan.

Kumpulan Obat Sakit Amandel Tradisional dan Alami Yang Mujarab pada Anak & pada Orang Dewasa

Kumpulan Obat Sakit Amandel Tradisional dan Alami Yang Mujarab pada Anak & pada Orang Dewasa
Berikut akan dibahas beberapa obat sakit amandel yang terbuat dari bahan tradisional dan herbal yang sama sekali tidak mengakibatkan efek samping dan aman bagi penderita amandel mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun sebelumnya, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja gejala amandel yang paling kentara agar dapat lebih menyesuaikan dengan obat tradisional yang akan dipilih.

Memilih Obat Sakit Amandel Berdasarkan Gejalanya


1. Tenggorokan Kering dan Sakit Saat Menelan
Gejala awal yang ditunjukan ketika seseorang mengalami peradangan pada tonsil atau amandel adalah dengan rasa kering dan sakit di tenggorokan ketika menelan. Hal pertama yang dapat dilakukan jika ini terjadi tentu saja dengan jangan membiarkan tenggorokan terlalu lama kering dengan cara banyak meminum air putih.
Selain sebagai obat sakit amandel yang alami, air putih pun mampu menangkal berbagai radikal bebas yang menyerang tubuh. Oleh karena itu, tidak hanya sebagai pencegah sekaligus pengobatan alami amandel, banyak mengonsumsi air putih ini pula akan menjadi awal yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

2. Bau Mulut
Gejala kedua yang dialami oleh penderita radang amandel adalah timbulnya bau yang tidak sedap dari rongga mulutnya. Sebagaimana luka di luar yang kadang terlihat basah, peradangan yang terjadi di tempat basah yakni di rongga mulut ini bisa saja menimbulkan bau. Untuk mengatasinya adalah dengan segera mengunyah daun mint sebagai pewangi sementara.

3. Suara Hilang Untuk Sementara
Meskipun akibatnya tidak fatal, namun hal ini tentu saja sangat mengganggu. Sebagaimana seseorang yang mengalami flu dan batuk parah, suara bisa hilang akibat terjadi peradangan pada amandel. namun sekali lagi hal ini hanya bersifat sementara entah dari kering atau sakitnya tenggorokan yang digunakan saat berbicara, selebihnya suara akan pulih kembali seiring dengan pulihnya kesehatan dari radang amandel.

4. Sesak Napas
Tenggorokan adalah salah satu organ pernapasan yang jika terjadi gangguan padanya maka wajarlah jika seseorang mengalami sesak napas. Sebagaimana penyakit yang berhubungan dengan organ pernapasan lainnya, sesak napas juga merupakan salah satu dari beberapa gejala radang amandel yang kentara. Jika seseorang mengalami sesak napas dengan diiringi gejala lain amandel maka segera pastikan dengan mengecek kondisi tenggorokan dan tonsilnya.

5. Membengkaknya Kelenjar Getah Bening
Inilah gejala yang paling kentara saat seseorang terkena radang amandel. Jika kelenjar getah bening pada leher mengalami pembengkakan diiringi berbagai gejala amandel lainnya yang telah disebut di atas, itu artinya seseorang tersebut telah positif terkena radang tonsil atau amandel.
Selain pembengkakan, gejala lain yang dapat terlihat adalah dengan adanya bintik-bintik putih pada amandel atau warna amandel yang berubah menjadi lebih merah daripada daging di rongga mulut sekitarnya. Jika hal ini terjadi, meskipun belum mengalami pembengkakan, maka dipastikan seseorang tersebut terkena radang amandel.

6. Demam
Secara umum rasa sakit apa pun dapat menimbulkan demam, tidak terkecuali rasa sakit yang dirasakan di tenggorokan saat mengalami radang pada amandel. oleh karena itu demam dan menggigil pun merupakan salah satu ciri seseorang yang mengalami peradangan pada amandelnya.

5 Obat Sakit Amandel Tradisional yang Ampuh dan Mujarab


Setelah mengetahui apa saja gejala amandel, kini saatnya kita beranjak ke obat sakit amandel Alami yang terbuat dari bahan herbal tradisional yang cenderung mudah didapat di lingkungan rumah dan tentu saja tidak mengakibakan efek samping. Beberapa obat tersebut di antaranya adalah:

1. Madu
Madu merupakan bahan alami dan mujarab untuk mengobati berbagai penyakit termasuk obat sakit amandeYang Mujarab juga. Madu yang salah satunya berfungsi mengatasi peradangan tentu saja akan sangat baik sebagai obat amandel alami yang mudah dan mujarab.

Konsumsilah madu dua hingga tiga kali sehari baik secara langsung maupun dengan cara menyeduhnya dengan air hangat. Selain akan mempermudah penyembuhan radang, madu juga sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

2. Jeruk Nipis
Pernah mencoba masker jeruk nipis? Jika belum maka cobalah dengan meletakkan irisannya pada wajah, dijamin hal ini akan membuat jerawat dan kulit kusam menjauh. Ya, kandungan jeruk nipis memang kaya akan anti bakteri yang jelas-jelas akan sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai peradangan termasuk radang tenggorokan dan amandel.
Sebagai obat sakit amandel, peraslah jeruk nipis secukupnya untuk kemudian dicampurkan madu dan dikonsumsi. Lakukan dua hingga tiga kali sehari selama masa pengobatan amandel.
Selain dengan cara di atas, kita juga bisa mencoba membuat inovasi pengobatan dengan menjadikan jeruk nipis sebagai bahan infused water yang tidak hanya akan mempercepat penyembuhan radang namun juga sebagai penjaga ketahanan tubuh sehari-hari.

3. Jahe
Obat sakit amandel tradisional lainnya di antaranya adalah jahe. Cukup dengen merebusnya dengan air panas dan tambahan gula aren bila perlu maka obat tradisional amandel yang cukup ampuh telah jadi. Selain efektif mengatasi peradangan dan membunuh bakteri, ramuan jahe ini juga sangat aman untuk kesehatan dan stamina serta daya tahan tubuh. Rutinlah mengonsumsi air ramuan jahe dan gula aren ini setiap hari maka niscaya peradangan amandel akan lebih mudah diatasi.

4. Mengkudu
Siapa sangka buah dengan rasa tidak begitu enak dan bau yang menyengat ini sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan mulai dari hipertensi hingga radang amandel? ya, nyatanya buah mengkudu memang banyak mengandung khasiat untuk kesehatan.
Luluhkanlah beberapa buah mengkudu untuk kemudian diperas dan diambil airnya. Setelah selesai memeras dan mendapatkan sarinya maka campurkanlah dengan madu agar lebih nayaman dan enak untuk dikonsumsi. Meskipun rasanya memang tidak terlalu enak, namun resep ini sangat bermanfaat untuk mengatasi radang amandel.

5. Kulit Manggis
Berbeda dengan obat tradisional herbal lainnya yang setelah diolah kemudian dikonsumsi dengan cara diminum atau ditelan, maka kulit manggis yang akan digunakan ini hanya dipakai sebagai air untuk berkumur guna mengatasi peradangan di sekitar amandel yang membengkak.

Rebuslah beberapa belas kulit manggis dengan air secukupnya sehingga sarinya menyerap dan mengubah warna air menjadi kegelap-gelapan. Setelah itu tiriskan dan gunakan untuk berkumur setelah dingin. Ini merupakan obat sakit amandel yang cukup efektif.

Sekian saja dulu artikel dari Tenggorokan.com terkait dengan Kumpulan Obat Sakit Amandel Tradisional dan Alami Yang Mujarab pada Anak & pada Orang Dewasa, semoga manfaat.
Setiap dosa ada balasannya, hati2lah !!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon