9 Tips Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Secara Alami Dan Cepat tanpa Efek Samping

Loading...
loading...
Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan bisa dilakukan dengan cepat secara alami. Apalagi, penanganan langsung diberikan saat penderita mengalami gejala awal radang tenggorokan. Sama seperti penyakit lainnya, cara alami tidak akan memberikan efek samping yang merugikan kesehatan anda dalam mengatasi radang tenggorokan.

Tips Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Secara Alami Dan Cepat

Sebelum kita menyembuhkan dengan cara alami sebaiknya kita hindari beberapa penyebab radang tengorokan untuk mengetahui gejala dan penyebab radang tenggorokan maka silahkan lihat di sana ya .  Untuk membantu anda, berikut beberapa cara alami yang bisa anda lakukan secara teratur sampai tenggorokan terasa membaik dan sembuh secara perlahan.

9 Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Secara Alami dan Cepat

9 Tips Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Secara Alami Dan Cepat
Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan

1. Menyembuhkan Radang Tenggorokan dengan Daun kemangi

Ada banyak manfaat yang bisa anda temukan dengan menggunakan daun kemangi. Daun ini cukup terkenal sebagai lalapan, sebagai obat batuk dan bahkan obat untuk radang tenggorokan. Jika anda memiliki tanaman daun kemangi di sekitar pekarangan rumah anda, Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan dengan daun kemangi bisa anda coba sekarang juga .

Caranya:
Siapkan beberapa helai daun kemangi dan cuci dulu sampai benar-benar bersih. Rebus daun kemangi hingga mendidih dan angkat. Ambil air rebusan dengan disaring. Minum air rebusan selagi masih hangat dan lakukan setiap hari sampai anda merasa bahwa radang tenggorokan mulai hilang.

2. Menyembuhkan Radang Tenggorokan dengan Makan sup ayam

Sup ayam bukan hanya solusi tepat untuk melegakan sakit pilek tapi juga dapat meredakan peradangan pada sakit tenggorokan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa sup ayam memiliki kandungan natrium yang cukup tinggi. Natrium dikenal sebagai anti inflamasi sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan radang yang disebabkan oleh infeksi virus. Tentu saja, sup ayam juga sangat cocok disantap saat tenggorokan sedang sakit. Sebab, sup ini memiliki kandungan air yang melimpah sehingga kuahnya dapat mencegah anda dari dehidrasi.

Selain itu, sup ayam juga dilengkapi dengan nilai gizi yang tinggi sehingga dapat meningkatkan tubuh dari berbagai macam penyakit. Jadi, fungsinya tidak hanya meredakan tenggorokan yang sakit tapi juga sebagai asupan nutrisi yang tinggi untuk tubuh setiap harinya. Andapun bisa memesan sup ayam dari warung makan atau restoran terdekat. Jika ingin berhemat, anda bisa membuatnya sendiri sehingga kualitas masakan dan kebersihan dari kontaminasi virus atau bakteri menjadi lebih terjamin.

3. Menyembuhkan Radang Tenggorokan dengan Buah belimbing

Buah belimbing juga sangat bermanfaat guna mengatasi sakit tenggorokan. Buah ini adalah salah satu cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat secara alami karena kandungan anti-radang didalamnya yang sangat berkhasiat untuk meringankan peradangan di tenggorokan.

Caranya:
Konsumsi buah belimbing secara langsung atau buat jus tapi tanpa menambahkan gula. Untuk pengganti gula, bisa menggunakan madu.

4. Menyembuhkan Radang Tenggorokan dengan Bawang putih

Walaupun dikenal sebagai bumbu dapur yang selalu ada dalam semua masakan nusantara, bawang putih memiliki peran yang penting dalam proses penyembuhan sakit apalagi yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Bawang putih memiliki kandungan allicin yang bekerja membasmi bakteri dalam tubuh.

Caranya:
Caranya terbilang mudah dan praktis. Jika anda punya bawang putih di rumah dan sedang sakit tenggorokan, cobalah kunyah beberapa bawang putih dan diamkan di tenggorokan dalam beberapa menit. Siapkan segelas air hangat untuk berkumur. Jika ingin hasil yang maksimal, lanjutkan dengan minum teh jahe atau perasan lemon dan madu yang masih hangat. Bawang putih yang dikonsumsi harus dalam keadaan mentah sebagai cara menyembuhkan radang tenggorokan akut.

5. Menyembuhkan Radang Tenggorokan dengan Teh chamomile

Pernahkah anda mencoba meminum teh ini? teh ini berkhasiat untuk mengatasi radang tenggorokan. Sudah pasti teh ini berbeda dengan teh lainnya. Karena lebih sehat dan lebih bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

Caranya:
Gunakan teh chamomile dengan menyeduhnya dalam secangkir air hangat sebanyak dua kali sehari. Minum selagi hangat agar dapat meredakan peradangan di tenggorokan. Anda harus meminumnya setiap hari agar radang bisa cepat sembuh. Anda bisa berhenti meminumnya jika anda merasa bahwa radang tenggorokan anda sudah membaik dan sembuh total.

6. Menyembuhkan Radang Tenggorokan dengan Minum air putih yang banyak

Air putih sangat bagus untuk kesehatan. Meminum air putih yang banyak yakni 8 gelas setiap harinya dapat menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan atau dehidrasi. Saat tubuh fit, anda masih disarankan untuk meminum sebanyak 8 gelas per hari apalagi saat tubuh sedang tidak fit. Dengan memperbanyak minum air putih, tenggorokan pun akan terus dalam kondisi lembab sehingga tidak akan sakit untuk dibuat menelan, minum atau bicara. Selaput lendir pun ikut terjaga kelembabannya.

Bahkan, air putih bisa digunakan sebagai cara menyembuhkan radang tenggorokan tanpa obat serta  mencegah datangnya flu yang bisa memperparah kondisi kesehatan anda, dapat melawan bakteri dan juga mencegah iritasi di area radang.

Caranya:
Minum air putih saat hendak tidur, bangun tidur, setelah beraktivitas, setelah makan dan sampai 8 gelas setiap harinya. Jika tidak ingin terlalu banyak minum air putih, pastikan anda punya buah-buahan di rumah untuk dibuat jus. Pilih buah yang mengandung mineral yang banyak.

7. Menyembuhkan Radang Tenggorokan dengan Teh jahe

Teh dan jahe dapat dipadukan sebagai cara menyembuhkan radang tenggorokan dan pilek. Kedua bahan ini dapat menghangatkan tubuh terutama untuk area tenggorokan yang mengalami peradangan sehingga dapat memberikan efek kenyamanan, melegakan dan meringankan peradangan. Jahe juga dikenal sebagai penghilang racun dalam tubuh dengan meningkatkan sirkulasi dalam darah karena adanya zingiberinnya. Bahkan jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membasmi bakteri jahat dalam tubuh sehingga daya tahan tubuh anda pun bisa terjaga.

Caranya:
Minum teh yang ditambah dengan beberapa irisan jahe. Diamkan beberapa saat agar jahe benar-benar tercampur dengan teh dan minum selagi hangat. Hindari menambahkan gula, jika perlu tambahkan madu saja.

8. Menyembuhkan Radang Tenggorokan dengan Kumur air garam hangat

Rasa sakit yang disebabkan oleh adanya pembengkakan di daerah tenggorokan memang sangat mengganggu. Sehingga, penderita mungkin cenderung malas beraktivitas, malas makan dan bahkan malas minum. Cara mengatasinya adalah dengan berkumur air garam hangat. Banyak riset menunjukkan bahwa cara ini bisa menyembuhkan radang tenggorokan.

Campuran air hangat dan garam dapat bekerja untuk membasmi bakteri penyebab infeksi radang tenggorokan. Bahkan, cara ini bisa mengurangi iritasi dan juga menghilangkan lendir yang ada pada tenggorokan.

Caranya:
Larutkan 1/2 sdt. garam dalam segelas air yang masih hangat sebagai Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan.

9. Menyembuhkan Radang Tenggorokan dengan Madu dan lemon

Saat radang tenggorokan muncul disertai batuk, madu dan lemon bisa menjadi pilihan anda untuk menyembuhkan sakit tenggorokan tersebut. Madu adalah bahan alami yang paling sering digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan karena peran madu yang memiliki sifat anti-bakteri yang terbukti efektif untuk proses penyembuhan. Mencampurkan madu dengan lemon adalah cara efektif karena lemon juga dapat membasmi bakteri yang ada di radang tenggorokan dan meringankan rasa sakit hingga proses penyembuhan pun bisa lebih cepat.

Caranya:
Peras lemon dan masukkan perasan air lemon dalam secangkir air hangat. Tambahkan madu sebagai pengganti gula. Minum selagi hangat dan lakukan secara teratur sampai anda benar-benar merasa pulih.
Baca juga :Obat Alami Radang Tenggorokan Kronis yang ampuh
Itulah beberapa tips dan Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan secara alami dan tepat. Jika sudah melakukan beberapa cara di atas secara rutin dan masih kurang maksimal hasilnya, maka kami sarankan agar anda segera periksa ke dokter guna mendapatkan resep dan bantuan medis.

Artikel Terkait