Apa Saja Gejala Radang Tenggorokan Pada Anak Dan Orang Dewasa ?

Loading...
loading...
Radang tenggorokan dikenal juga sebagai penyakit faringitis. Penyakit ini menyerang tenggorokan dan disebabkan oleh inveksi bakteri atau virus yang disebut streptococcus. Penyakit ini sudah pasti bisa menyerang berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa disertai dengan Gejala Radang Tenggorokan. Biasanya, kasus yang terjadi adalah infeksi virus penyebab influenza dan kemudian akan berubah menjadi radang tenggorokan. umumnya, obat faringitis dibantu dengan antibiotik, namun jika kuman sudah kebal akan sulit mengatasi dan menyembuhkannya.

Apa Saja Gejala Radang Tenggorokan Pada Anak Dan Orang Dewasa?

Apa Saja Gejala Radang Tenggorokan Pada Anak Dan Orang Dewasa?
Untuk obatnya, anda bisa menggunakan sesuai selera sebab banyak pilihan obat yang bisa menyembuhkan penyakit faringitis. Namun, sebelum mengkonsumsi obat antibiotik radang tenggorokan terutama pada anak, pastikan jika anda sudah melakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter supaya anak tidak salah minum obat. Jika anda ragu dengan keamanan obat yang di jual di apotek misalnya, anda bisa mengobati dengan cara alami. Karena banyak orang yang cenderung menganggap remeh penyakit ini, banyak yang membiarkannya dan bahkan terus mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Nah, jika radang tenggorokan mulai makin parah, anda pun akan merasa begitu tidak nyaman karena bisa mempengaruhi kerja organ lainnya. Untuk itu, jika terasa ada Gejala Radang Tenggorokan pada anak, pastikan anda segera menanganinya dengan pengobatan yang tepat.Pelan namun pasti, jika dibiarkan penyakit ini bisa menyerang hati dan menyebabkan sakit kuning. 

Biasanya, radang tenggorokan terjadi dalam 1 minggu. Tetapi, jika lebih dari 1 minggu, anda harus waspada dan segera periksa ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat. Penyakit ini bisa menular melalui air liur. Sehingga, anda harus benar-benar menjaga kebersihan agar tidak tertular. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Gejala Radang Tenggorokan agar anda bisa melakukan penanganan cepat dan tepat, berikut ulasannya.

11. Gejala Radang Tenggorokan

1. Demam dan sakit kepala
Gejala Radang Tenggorokan Pada Anak Dan Orang Dewasa
Anda akan merasa demam disertai sakit kepala. Hal ini terjadi sebab tubuh mengirimkan sinyal bahwa adanya serangan atau infeksi virus di bagian faring.

2. Sakit di area sendi dan nyeri
Gejala Radang Tenggorokan Pada Anak Dan Orang Dewasa
Bahkan, Gejala Radang Tenggorokan bisa anda rasakan dengan adanya rasa sakit di bagian sendi dengan rasa nyeri. Karena penyakit faringitis juga memberikan efek sakit pada bagian otot terutama saat digerakkan. Dengan demikian, anda pun akan terasa mudah lelah, malas dan tidak fit dalam beraktivitas.

3. Batuk batu
Gejala Radang Tenggorokan Pada Anak Dan Orang Dewasa
Batuk batu mulai muncul diiringi dengan munculnya pembengkakan di bagian kanan atau sisi kiri tenggorokan serta leher. Biasanya, penderita mengalami pembesaran di bagian leher saat penyakit faringitis menyerang.

4. Hidung tersumbat dan berair
Gejala Radang Tenggorokan Pada Anak Dan Orang Dewasa
Dalam banyak kasus, penderita merasa hidungnya tersumbat dan berair. Hal ini terjadi sebagai Gejala Radang Tenggorokan dikarenakan penyebab penyakit faringitis adalah virus influenza.

5. Amandel membesar
Gejala Radang Tenggorokan Pada Anak Dan Orang Dewasa
Gejala Radang Tenggorokan lainnya adalah adanya pembesaran di area amandel. Banyak kasus menunjukkan bahwa amandel ikut membesar dikarenakan infeksi yang menyerang tenggorokan. Keluhan seperti sakit untuk menelan, makan, minum dan berbicara pun mulai dirasakan oleh penderita.
Gejala-gejala di atas bisa dibilang sebagai gejala awal yang menunjukkan bahwa tubuh sedang terinfeksi oleh virus atau bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan. Jika anda sudah merasakan Gejala Radang Tenggorokan di atas, pastikan jika anda segera memeriksakan diri ke dokter atau menanganinya dengan cara alami agar radang tenggorokan anda cepat membaik dan sembuh.

Karena penyakit ini tergolong ringan, banyak penderita yang menyepelekan. Padahal, jika tidak ditangani dengan serius, penyakit ini bisa mempengaruhi kinerja organ lainnya seperti misalnya hati. Sehingga, tidak heran jika orang yang kerap membiarkan radang tenggorokan lama-lama akan memiliki penyakit kuning. Dengan kondisi faringitis kronis, anda pun harus waspada. Berikut beberapa Gejala Radang Tenggorokan untuk penderita yang sudah mengalami penyakit faringitis kronis:
Baca juga :      Penyebab Sakit Tenggorokan Susah Menelan Dan Cara Mengobatinya
6. Rasa nyeri di tenggorokan muncul
Gejala Radang Tenggorokan Pada Anak Dan Orang Dewasa

Karena penyakit ini bisa menyerang siapa saja, penderita akan merasakan nyeri di tenggorokan sebab adanya infeksi. Penderita faringitis pun harus waspada, agar tidak sampai menjadi parah dengan memperhatikan konsumsi makanan yang lebih bernutrisi, lebih banyak minum air agar terus terdehidrasi dan jangan sampai teriak-teriak. Bila perlu, banyak istirahat.

7. Muncul rasa gatal di tenggorokan
Gejala Radang Tenggorokan Pada Anak Dan Orang Dewasa
Sebab kuman mulai bersarang di tenggorokan, penderita pun akan merasa gatal di tenggorokan. Biasanya, penderita akan mulai batuk-batuk baik kering atau berdahak sebagai tanda adanya sakit tenggorokan.

8. Tenggorokan kering
Gejala Radang Tenggorokan Pada Anak Dan Orang Dewasa
Penderita juga bisa mengalami tenggorokan kering sebagai Gejala Radang Tenggorokan. Hal ini terjadi jika tubuh anda kekurangan cairan atau kurang minum. Maka dari itu, dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh dengan 8 gelas air putih untuk diminum setiap harinya agar tubuh bisa lebih mudah mengatasi penyakit.

9. Susah menelan
Gejala Radang Tenggorokan Pada Anak Dan Orang Dewasa
Dengan munculnya amandel di bagian tenggorokan atau tenggorokan yang benar-benar kering disertai nyeri di bagian tenggorokan, sudah pasti penderita akan kesulitan untuk menelan. Meminum air hangat dan mengkonsumsi makanan yang lunak serta hangat disarankan sebagai cara mengaasi Gejala Radang Tenggorokan agar tubuh tetap mendapatkan nutrisi makanan dan memproduksi kekebalan tubuh guna memerangi infeksi virus atau bakteri.

10. Nafsu makan menghilang
Gejala Radang Tenggorokan Pada Anak Dan Orang Dewasa
Sebab rasa sakit yang muncul di tenggorokan dan mudah lelah karena sendi dan otot terasa begitu nyeri untuk digerakkan, penderita mulai kehilangan nafsu makan. Apalagi dalam kondisi amandel yang membesar dan kesulitan menelan. Tetapi, jangan sampai anda membiarkan nafsu makan menghilang. Paksa diri anda untuk tetap makan agar cepat sembuh. Mengkonsumsi sup atau makanan yang kaya protein sangat disarankan. Konsumsi makanan berkuah yang masih hangat sehingga bisa mengatasi radang tenggorokan.
Baca juga :      10 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Orang Dewasa

11. Muncul bercak merah atau putih di bagian tenggorokan
Gejala Radang Tenggorokan Pada Anak Dan Orang Dewasa
Setelah merasa flu, mual, bersin-bersin, batuk, mudah lelah, nyeri di otot dan tubuh, sakit kepala, sulit menelan dan malas makan, biasanya muncul ruam di bagian tenggorokan. infeksi ini terus berlanjut hingga muncul pembengkakan di kelenjar getah bening. Dalam beberapa kondisi, penderita juga mengalami rasa sakit dengan tenggorokan yang memerah disertai bercak putih. Saat batuk pun terasa benar-benar sakit.

Saat penderita merasa sakit kepala, jangan anggap remeh. Sakit kepala jika disusul dengan suhu badan yang meningkat dan disertai eksudat di faring yang menebal, jika dibiarkan maka eksudat tersebut lama-lama akan menjadi menebal dan susah dikeluarkan. Penderita mengalami perubahan suara menjadi parau atau serak dan sulit mengeluarkan dahak dari dalam tenggorokan hingga batuk muncul. Saat suara menjadi parau, hal ini adalah tanda adanya proses peradangan yang bisa member dampak pada laring.  Demam panas pun muncul, sakit kepala, dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher pun mulai terjadi. Anda pun harus waspada sebab anak-anak di usia 4 hingga 11 tahun mulai bisa terkena penyakit ini. Gejala Radang Tenggorokan ini pun berlanjut dengan dinding faring berubah kemerahan dan kering. Jaringan limfoid juga ikut memerah dan membengkak. Dalam kondisi seperti ini, sangat dianjurkan untuk segera memeriksakan anak ke dokter.

Artikel Terkait