Kenapa Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah ? Dan Cara Mengatasinya

Loading...
loading...
Kenapa tenggorokan sakit ? ini pertanyaan yang sering kita tanyakan sebab masalah tenggorokan sakit menelan ludah ini sering terjadi pada kita baik pada anak bayi, balita hingga orang dewasa dewasa . masalah tenggorokan sakit ini sangat menggangu apalagi menelan ludah pun sakit apalagi makan makanan yang keras .

Kenapa Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah ?

Apa saja penyebab sakit tenggorokan ? ada bebarapa alasan dan kemunkinan kenapa tenggoroakan anada sakit meludah sesudah bangun tidur . yaitu :

Kenapa Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah ? Dan Cara Mengatasinya
1. Cuaca

Pengaruh cuaca . Jika Anda sebelumnya belum pernah pergi ke tempat berudara dingin, dan tiba-tiba ke tempat seperti itu, Anda akan merasakan tenggorokan yang sakit. Khususnya ketika bangun pagi. Itu karena tempat dengan udara dingin menyebabkan tenggorokan menjadi kering. Apalagi suhu pada malam hari akan membuat cuaca semakin dingin, dan resiko tenggorokan menjadi kering akan semakin besar. Hujan deras juga ikut mempengaruhi, karena suhu udara akan semakin dingin. Begitu pula dengan cuaca yang kering, itu mengakibatkan udara menjadi lembab, serta tenggorokan menjadi kering dan menimbulkan rasa sakit .

2. Sinusitis

Penyebab sakit tenggorkan selanjutnya adalah Penyakit Sinusitis . Penyakit ini bisa membuat rasa sakit tenggorokan saat bangun di pagi hari . Penyakit Sinusitis mengakibatkan terjadinya iritasi, dan iritasi inilah yang mengakibatkan rasa sakit tersebut. Jika ini penyebabnya, maka Anda harus segera menyembuhkan penyakit Sinusitis tersebut. Ada beberapa metode yang bisa digunakan oleh dokter THT untuk mengobati Sinusitis.

3. Tenggorokan Anda Kering

Kekeringan pada tenggorokan merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Jika tenggorokan kering, maka sesudah bangun tidur tenggorokan Anda akan terasa sakit atau paling tidak terasa tak enak. Alasan mengapa tenggorokan dapat menjadi kering, padahal tepat sebelum tidur saat malam harinya, tenggorokan Anda tak apa-apa, yaitu karena posisi mulut terbuka ketika Anda sedang tidur. Mungkin Anda tidak menyadarinya, karena otak Anda sedang tidak sadar ketika sedang terlelap. Tidak sedikit orang yang posisi mulutnya terbuka ketika sedang tidur, jadi Anda tak sendiri, jika memang ini yang terjadi pada Anda juga.

Apabila posisi mulut terbuka saat sedang tidur, maka Anda bernafas melalui mulut dan bukan melalui hidung. Kondisi inilah yang menyebabkan tenggorokan kering pada waktu pagi hari ketika Anda baru bangun. Apalagi jika kotoran dan debu ikut terbawa saat bernafas, khususnya ketika lingkungan tempat Anda tidur itu jarang dibersihkan

Baca juga: Obat Amandel Untuk Anak Balita 2 Tahun Yang Bagus Alami dan di apotik

Cara mengatasi Sakit tenggorokan ?

Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai sakit  tenggorokan alami :

A. Teh jahe

Anda bisa menambahkan satu inci potong jahe yang dimemarkan kemudian rebus selama dua hingga menit. Lalu, campur dengan teh yang telah Anda buat sebelumnya.

B. Teh chamomile

Teh chamomile hangat juga dapat mengurangi sakit tenggorokan karena bisa mengatasi peradangan. Seduh dua kantung teh chamomile dengan satu cangkir air mendidih. Jika ingin mendapat rasa manis, Anda bisa menambahkan madu.


C. Daun Kemangi

Rebus daun kemangi dan minumlah air rebusannya. Atau cukup berkumur dengan air rebusan kemangi akan membuat sakit tenggorokan Anda membaik.


D. Madu dan lemon

Minumlah secangkir air hangat yang dicampur dengan satu sdm lemon dan satu sdm madu. Campuran ini dikenal sebagai obat ampuh untuk atasi sakit tenggorokan. Jika tidak ada lemon, satu sdm madu tanpa tambahan air juga bisa mengurangi sakit tenggorokan karena madu adalah antibiotik alami. Tapi sebaiknya madu tidak diberikan pada anak-anak di bawah usia dua tahun.

E. Kumur dengan campuran kunyit, air, dan garam
Ini adalah obat rumahan yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Ditambah lagi, bahan-bahan yang diperlukan pasti selalu tersedia di dapur Anda. Campurkan satu sdt garam dan sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat kemudian berkumurlah beberapa kali sehari.

F. Menghirup uap panas

Obat kuno untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah menghirup uap. Taruh air panas dalam panci lalu letakkan di depan Anda. Pakailah handuk di kepala untuk mencegah uap menyebar. Hirup uap dari panci tak hanya melalui hidung tapi sesekali juga melalui mulut.

G. Minum jus lemon tanpa gula

Campurkan 2 sendok makan jus lemon (dari perasan 1/2 lemon) ke dalam segelas air hangat. Jangan tambahkan gula. Minumlah 2-3 kali sehari dalam keadan perut kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan).

H. Makan bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa bernama allicin yang merupakan agen pembunuh bakteri. Jadi cobalah mengunyah bawang putih agar mengeluarkan senyawa allicin demi mengatasi radang tenggorokan.

I. Jus buah belimbing

Buah belimbing ternyata memiliki khasiat sebagai anti-radang yang bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya ambil 100 gram buah belimbing manis, lalu dibuat jus dan diminum.

J. Konsumsi Sup

Saat tenggorokan sakit, biasanya kita akan sulit makan dan menelan. Oleh karena itu, cobalah mengkonsumsi sup misalnya sup ayam yang hangat dengan rasa sedikit agak asam. Itu tidak hanya meringankan rasa sakit tapi juga memastikan Anda mendapat nutrisi untuk melawan peradangan.

Cara Mengobati Radang tenggorokan dengan cengkih (cengkeh)

Cengkih atau cengkeh merupakan salah satu bahan herbal yang baik untuk megobati sakit tenggorokan. Cara Membuatnya cukup mudah. Siapkan serbuk cengkih sebanyak 1-2 sendok teh dan setengah gelas air matang. Campurkan cengkih dan air,pergunakan campuran serbuk cengkeh dan air tersebut untuk berkumur. Cengkih mempunyai sifat antibakteri dan anti radang yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Demikianlah penyeaba sakit tenggorokan dan obatnya semoga saja manfaat janga lupa lihat update kami selanjutnya .

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page