Daftar Obat Antibiotik Radang Tenggorokan Resep Dokter yang Bagus saat Sakit Menelan ( cephalexin dan cefadroxil)

Loading...
loading...
Antibiotik Radang Tenggorokan kerap kali diberikan pada para penderita sakit tenggorokan. Sebenarnya, saat radang tenggorokan menyerang, tidak semua sakit tersebut bisa diobati dengan antibiotik. Antibiotik bekerja ampuh untuk mengatasi serangan bakteri yang membuat tenggorokan terinfeksi. Tetapi, antibiotik tidak akan manjur terhadap serangan virus. Virus akan menjadi semakin kebal walaupun diberikan antibiotik.

Artinya, kita tidak boleh sembarangan menggunakan antibiotik tanpa pengawasan dokter saat sedang sakit tenggorokan. Hal pertama saat tenggorokan terasa sakit dengan adanya peradangan yang memerah di tenggorokan, maka kita diwajibkan untuk tahu terlebih dahulu apakah radang tenggorokan muncul karena serangan dan gangguan dari bakteri atau virus. Untuk mengetahui jawabannya, dokter bisa membantu anda. Untuk itu, ketika sakit tenggorokan muncul dan anda sudah mulai terganggu dengan gejala awalnya seperti batuk, tidak bisa menelan, tenggorokan terasa sakit dan bahkan demam, segera periksakan diri anda ke dokter. Tidak hanya itu, antibiotik diberikan oleh dokter setelah dilakukan pemeriksaan pada pasien. Jadi, antibiotik tidak bisa begitu saja didapatkan tanpa adanya resep dokter. Walaupun pada kenyataannya, ada banyak apotek yang menjual antibiotik tersebut secara illegal dan tanpa resep.

Daftar Obat Antibiotik Radang Tenggorokan Resep Dokter yang Bagus saat Sakit Menelan

Daftar Obat Antibiotik Radang Tenggorokan Resep Dokter yang Bagus saat Sakit Menelan ( cephalexin dan cefadroxil)
Sebelum memutuskan untuk menggunakan Antibiotik Radang Tenggorokan, hal yang perlu anda sadari adalah pilihan dan jenisnya yang beragam. Selain itu, tidak semua antibiotik bekerja secara efektif untuk mengobati radang tenggorokan yang muncul karena adanya bakteri streptococcus.

Berdasarkan golongan, terdapat 3 jenis antibiotik yang paling sering digunakan saat radang tenggorokan seperti antibiotik golongan beta-laktam (amoxicillin dan penisilin), golongan sefalosporin (cefadroxil dan cephalexin) serta golngan makrolida (eritromisin, azitromisin dan lainnya). Karena banyaknya pilihan, tidak heran bahwa kita dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu karena dokter tahu mana yang terbaik berdasarkan sejarah medis anda.

Obat Antibiotik Radang Tenggorokan

Untuk penjelasan secara lengkap tentang antibiotik yang dapat mengatasi radang tenggorokan, kami paparkan sebagai berikut.

Daftar obat antibiotik radang tenggorokan

1. Antibiotik untuk golongan betalaktam Untuk Radang Tenggorokan
Antibiotik ini adalah yang paling umum digunakan guna mengatasi radang tenggorokan seperti penisilin dan obat-obatan terkait misalnya amoksisilinatau ampisilin. Penderita disarankan mengkonsumsi obat ini selama dua minggu sampai ada hasil baik yang muncul. Antibiotik ini bekerja untuk menghilangkan bakteri streptococcus grup A. Walaupun demikian, banyak juga penelitian yang menunjukkan resistensi bakteri terhadap antibiotik golongan ini. Sehingga, selalu ada kemungkinan bahwa anda akan butuh antibiotik lain sebagai alternatif jika penisilin dan lainnya tidak bisa secara efektif menyembuhkan radang tenggorokan.

2. Antibiotik golongan cefolosporin
Studi selanjutnya tentang Antibiotik Radang Tenggorokan juga menunjukkan bahwa penggunaan antibiotik golongan cefolosporin lebih manjur dibandingkan antibiotik dalam golongan betalaktam. Walaupun sefalosporin cukup besar peluangnya untuk digunakan dalam mengatasi radang tenggorokan, namun yang paling umum dipertimbangkan oleh dokter adalah cephalexin dan cefadroxil. Terbukti dari beberapa kasus bahwa radang tenggorokan bisa diatasi dari dua antibiotik di atas. Namun tetap saja, jika terdapat kemungkinan tidak bekerja secara efektif, maka penderita akan dianjurkan untuk menggunakan golongan antibiotik lainnya.

Bukan berarti saat anda memilih menggunakan antibiotik untuk radang tenggorokan, maka anda tidak mendapatkan masalah di kemudian hari. Ada beberapa potensi masalah yang muncul dalam penggunaan penisilin dan sefalosporin. Untuk penderita yang memiliki alergi terhadap penisilin dan lainnya, dokter tidak akan menganjurkan untuk menggunakan antibiotik tersebut. Bahkan, jika anda alergi terhadap antibiotik betalaktam dan alergi pada sefalosporin, anda tidak dapat mengobati radang tenggorokan dengan kedua antibiotik tersebut. Sehingga, dibutuhkan alternatif antibioitik lainnya.

3. Antibiotik golongan makrolida untuk Sakit Tenggorokan
Antibiotik ini bisa menjadi alternatif untuk mengobati radang tenggorokan dari kelas makrolida seperi eritromisin, azithromycin dan juga klaritromisin. Obat-obat tersebut bisa memberikan keuntungan lebih bagi para penggunanya. Misalnya, azithromycin hanya diminum selama empat atau limar hari, tidak dua minggu berturut-turut.

Tetapi, tentu saja ada beberapa kelemahan dari golongan antibiotik ini. Antibiotik ini memiliki efek samping yang cukup tinggi untuk lambung. Walaupun, efek samping tersebut dianggap banyak orang sebagai kerugian kecil. Sebab, manfaatnya terbilang besar yaitu dengan kemampuan membunuh bakteri streptococcus yang menyebabkan radang tenggorokan.

Semua tiga golongan antibiotik di atas pada dasarnya memiliki kerja utama yang sama, yakni untuk membasmi bakteri dan menghambat pertumbuhannya. Antibiotik bekerja untuk merusak struktur dinding sel bakteri guna membasminya. Bahkan, Antibiotik Radang Tenggorokan dapat bekerja dengan menghentikan perkembangbiakan bakteri sehingga sisa-sisa bakteri dalam tubuh akan dibasmi oleh sistem pertahanan tubuh anda.

Semua penggunaan antibiotik diresepkan untuk infeksi bakteri yang lebih serius dan dalam beberapa kasus, antibiotik digunakan untuk membasmi infeksi parasit. Penyakit infeksi yang timbul karena serangan virus tidak diperlukan antibiotik termasuk jika tubuh anda diserang oleh infeksi bakteri yang ringan. Sebab, serangan-serangan penyakit yang ringan tidak perlu antibiotik karena daya tahan tubuh dapat bekerja untuk membasminya secara perlahan.

Saat anda merasa bahwa radang tenggorokan anda terasa sakit tetapi dokter tidak merekomendasikan antibiotik karena disebabkan oleh virus atau infeksi non-bakteri atau karena infeksi bakteri yang ringan, anda tidak perlu heran. Itu artinya, penyakit tenggorokan yang anda derita tidak serius seperti pneumonia atau meningitis.

Obat antibiotik yang bagus untuk radang tenggorokan dengan pilihan yang begitu banyak di luar tiga golongan tersebut, mungkin anda akan bingung mau menggunakan yang mana. Untuk menentukan pilihan antibiotik yang tepat, sekali lagi harus dengan pengawasan dokter. Antibiotik dipilih berdasarkan infeksi bakteri apa yang menyebabkannya. Sebab, setiap antibiotik akan bekerja secara efektif jika digunakan untuk menangani bakteri atau parasit yang sesuai dengan kemampuannya. Contoh kecil, jika penderita terkena pneumonia, maka dokter akan tahu bakteri penyebab sakit tersebut, sehingga dokter pun akan memberikan resep antibiotik yang sesuai dan paling efektif guna mengatasi masalah bakteri tersebut.
Baca juga : Tanaman Obat Herbal Radang Tenggorokan Kronis Pada Anak Dan Dewasa Yang Manjur
Faktor lain yang harus dipertimbangkan dalam memilih antibiotik adalah mengetahui seberapa serius kondisi infeksi tersebut, seberapa bagus kerja hati dan ginjal, bagaimana jadwal dosis dan obat lain yang diminum, apa efek sampingnya, apa riwayat alergi yang anda miliki terhadap jenis antibiotik tertentu dan apakah anda sedang hamil atau menyusui. Tidak heran jika penggunaan Antibiotik Radang Tenggorokan juga harus dengan resep dokter meskiput yang haru dipakai adalah obat generik radang tenggorokan bukan obat paten tetap harus pada ahlinya .

Dengan tiga golongan antibiotik tersebut, pada akhirnya sangat penting bagi anda untuk menyerahkan pengobatan Antibiotik Radang Tenggorokan pada petugas medis yang profesional. Sebab, anda harus memperhatikan riwayat alergi dan kemungkinan efek samping yang terjadi. Sehingga ada banyak hal yang dipertimbangkan terlebih dahulu agar antibiotik sesuai guna mengatasi radang tenggorokan anda.
Baca juga : Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Dengan Cepat dan Alami Tanpa Resep Dokter
Jadi, tiga golongan antibiotik tersebut adalah yang paling sering digunakan. Walaupun banyak antibiotik lainnya yang bisa digunakan sebagai cara untuk mengatasi radang tenggorokan berdasarkan resep dokter. Yang terpenting adalah supaya jangan secara sembarangan dan tanpa pengawasan medis anda menggunakan antibiotik untuk radang tenggorokan.Demikianlah postingan kami yang berkaitan dengan obat radang tenggorokan resep dokter semiga informasi ini dapat membantu anda jika ingin tahu penyab dan gejala tenggorokan lihat postinngan tenggorokan.com sebelumnya sebab dengan tau gejala dan penyebab radang tenggorokan bisa membantu kesehatan tenggorokan anda 50% .

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon