Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan Minumuan , Makanan, Ludah Pahit , Berbicara Dan Menguap

Loading...
loading...
Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan .  Tenggorokan yang sakit dalam istilah medis disebut sebagai faringitis. Kondisi ini muncul dikarenakan adanya infeksi virus atau bakteri seperti dalam banyak kasus flu atau pilek. Sakit tenggorokan umumnya menyerang anak-anak dan remaja, sebab kekebalan menghadapi gangguan tenggorokan baru terbentuk saat usia dewasa. Biasanya, tenggorokan yang sakit disertai beberapa gejala seperti sakit kepala, kelenjar di leher membesar, nyeri otot, batu, hidung beringus dan tonsi atau amanel bengkak karena radang. Untuk itu dibutuhkan Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan supaya selera makan bisa kembali membaik dan penderita pun tidak absen dari berbagai aktivitas yang menantinya.

Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan Minumuan , Makanan, Ludah Pahit , Berbicara Dan Menguap

Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan Minumuan , Makanan, Ludah Pahit , Berbicara Dan Menguap
Peradangan muncul dan menyerang bagian pita suara. Sehingga, kemungkinan penyebab tenggorokan terasa sakit tidak hanya karena serangan virus atau bakteri, namun bisa karena penderita yang terlalu sering berteriak, bernyanyi terus menerus, berbicara tanpa batas dan mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, panas atau dingin. Penderita akan mengalami beberapa gangguan seperti suara menjadi serak dan bahkan bisa mengalami batuk kering yang membuat tenggorokan terasa sakit. Agar semakin membaik dan meringankan rasa sakit di tenggorokan, berikut beberapa Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan yang bisa penderita lakukan:

Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan

1. Minum teh hangat
Untuk mengurangi rasa sakit karena tenggorokan yang mengalami peradangan, teh bisa diseduh di rumah sendiri. Dalam kondisi demikian, penderita tidak disarankan untuk minum kopi, minuman pasar atau softdrink. Untuk hasil yang lebih maksimal, cari teh chamomile sebagai teh herbal yang secara ampuh dapat mengatasi sakit tenggorokan karena radang. Supaya lebih nikmat dan berkhasiat, ganti gula dengan madu murni.

2. Teh jahe
Jika sebelumnya penderita bisa mencoba teh chamomile, teh jahe bisa menjadi alternatif terutama saat tidak ada waktu mencari teh chamomile. Teh biasa bisa diseduh dengan jahe. Campuran bahan ini akan memberikan kandungan ekspektoran yang diperlukan untuk tenggorokan agar dapat mengeluarkan lendir yang ada pada sistem pernapasan. Jahe juga sangat berguna untuk meningkatkan kadar oksigen pada sel sehingga khasiatnya terbilang tinggi untuk membuang racun dan dapat mempercepat penyembuhan tenggorokan yang mengalami peradangan.

Cara membuatnya pun terbilang mudah, yakni:
Siapkan jahe 1 lempeng yang sudah di geprek dan direbus selama 5 menit saja. Campur air rebusan jahe dengan bahan teh yang sudah diseduh dan disiapkan. Tambahkan madu murni untuk mengganti gula. Sifat hangat jahe akan sangat membantu melegakan tenggorokan.

3. Lemon dan madu
Air hangat yang dicampur lemon dan madu bisa juga menjadi alternatif untuk menyembuhkan tenggorokan anda yang sakit saat menelan. Selain memberikan rasa nyaman, khasiat campurannya juga sangat tinggi. Lemon dan madu dua-duanya dapat berfungsi sebagai pembasmi bakteri penyebab sakit tenggorokan. Apalagi jika ditambah dengan jahe sehingga tenggorokan sakit bisa dengan cepat teratasi. Tips inia dalah salah satau Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan dan demam juga .

Cara membuatnya adalah:
Ambil 1 sdm. madu asli dan peras lemon dalam satu sendok. Tuang dalam air hangat dan minum. Jika ingin menambahkan jahe, rebus 1 lempeng jahe yang sudah digeprek selama 5 menit dulu dan air rebusannya dicampur di segelas lemon dan madu hangat.

4. Bawang putih
Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan berikutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih memiliki khasiat yang tinggi untuk melawan berbagai penyakit dan salah satunya adalah sakit tenggorokan. Hal ini disebabkan bawang putih memiliki kandungan allicin yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan dan melawan kuman yang menimbulkan iritasi.

Caranya adalah:
Ambil satu suing bawang putih dan iris secukupnya. Gigit dan hisap sari dari bawang putih hingga keluar. Lakukan sebanyak 1 kali sehari saja.

Semua Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan di atas sangatlah tepat terutama jika penderita tidak ingin mendapatkan efek samping apapun dari obat yang dikonsumsi sebab obat-obatan di atas adalah yang alami. Selain itu, semua cara tersebut sangat manjur jika penderita tidak ingin mengalami efek mengantuk seperti saat minum obat warung.
 Dengan cara-cara di atas, kemungkinan untuk membaik dan sembuh tidak akan bisa optimal apalagi jika penderita tidak melakukan berbagai cara guna mengurangi gejala. Untuk itu, saat sedang melakukan perawatan dengan cara-cara di atas, penderita dianjurkan untuk melakukan langkah lainnya guna mengurangi gejala sebagaimana berikut:

 Tips Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan

1. Hindari lingkungan yang penuh asap
Asap dan polusi hanya akan membuat tenggorokan semakin sakit dan menganggu pernapasan. Dalam hal ini, penderita disarankan pula untuk merokok terlebih dahulu sampai tenggorokan yang sakit benar-benar sembuh.

2. Hisap permen pelega tenggorokan
Untuk remaja dan orang dewasa, permen pelega tenggorokan bisa mengurangi gejala yang menganggu saat tenggorokan sedang sakit dan sulit menelan. Permen pelega tenggorokan mengandung mint yang sangat berkhasiat untuk melegakan tenggorokan sekaligus merangsang produksi air liur yang menjaga lendir di tenggorokan agar tetap lembab.

3. Hindari minuman atau makanan yang terlalu panas
Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan menguap lainnya adalah mencegah iritasi. Iritasi bisa muncul jika terlalu sering makan makanan atau minuman yang terlalu panas. Penderita disarankan untuk mengkonsumsi yang hangat-hangat, bukan yang terlalu panas. Selain itu, makanan dan minuman yang terlalu panas dapat memberikan sensasi terbakar di tenggorokan yang sedang sakit.

4. Kumur air garam hangat
Kurangi radang tenggorokan dengan rajin berkumur air garam hangat. Campuran air garam sebanyak 1/2 sdt. dalam secangkir air hangat sangat membantu guna mengatasi peradangan sebab kandungan antibakteri dalam garam.

5. Minum cukup air
Jika gejala tenggorokan yang sakit disertai dengan demam, minum cukup air harus menjadi prioritas utama. Pastikan jika tubuh tidak kekurangan cairan. Sebab, saat demam muncul adalah pertanda bahwa tubuh sedang melawan benda asing yang masuk dalam tubuh seperti virus, bakteri atau penyebab infeksi lainnya. Maka dari itu, saat sedang demam sudah menjadi pertanda juga bagi penderita untuk terus minum air dan cairan lainnya seperti jus buah encer, teh hangat atau air jahe hangat supaya tubuh memiliki energi yang banyak untuk menuntaskan infeksi.
Baca juga :     Nama Obat Sakit Tenggorokan Susah Menelan Makanan dan Ludah di Apotik
Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan di atas bisa dilakukan di rumah, namun jika sakit tenggorokan mencapai 2 minggu dan tidak juga membaik, sakit tenggorokan terjadi beberapa kali dan tidak bisa sembuh dengan obat pereda nyeri atau sakit tenggorokan diserta demam hingga di atas 38 selsius berhari-hari dan tidak reda juga dengan obat, maka disarankan untuk segera menemui dokter. Jika berdasarkan pemeriksaan menunjukkan bahwa sakit tenggorokan penderita terbilang beresiko, maka biasanya dokter memberikan antibiotik guna menghindari infeksi yang lebih serius.

Selain itu, sistem kekebalan tubuh yang lemah karena HIV/AIDS dan penderita gagal ginjal kronis, penderita dengan mengkonsumsi obat-obatan seperti anti-rematik yang membuat daya tahan tubuh menjadi lemah cenderung memiliki proses penyembuhan yang lebih lambat. Demikian informasi tentang Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan makanan. Jika anda mengalami sakit tenggorokan lagi jangan lupa kunjungi kami di Tenggorokan.COM . Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon