Kenapa Orang Cegukan Atau Apa Penyebab Cegukan Dan Cara Mengatasinya dengan Cepat Dan Tepat Secara Alami

Loading...
loading...
Kenapa Orang Cegukan ? pertanyaan ini sering dilontarkan orang pada anda bahwakan anda sendiri munkin masih penasaran apa sih penyabab cegukan itu ! Perlu diketahui bahawa hampir  semua orang, tidak terbatas usia, umumnya pernah mengalami dan merasakan cegukan .  Cegukan biasa terjadi secara tiba-tiba atau justru ketika anda sedang mengunyah makanan. Bila hal ini terjadi, dada akan terasa menyentak dan tenggorokan terasa kurang nyaman. Selain itu, waktunya yang terus berulang-ulang terkadang membuat kita lelah. Lantas normalkah bila cegukan terjadi? dan mengapa kita bisa cegukan?.

Kenapa Orang Cegukan  Atau Apa Penyebab Cegukan Dan Cara Mengatasinya dengan Cepat Dan Tepat Secara Alami

Kenapa Orang Cegukan Atau Apa Penyebab Cegukan Dan Cara Mengatasinya dengan Cepat Dan Tepat Secara Alami
Cegukan terjadi karena adanya kontraksi tiba-tiba yang tidak sengaja pada diafragma dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menit.

Secara medis, cegukan dikenal sebagai singultus yakni kondisi diafragma yang mengejang di luar kemauan. Cegukan akan terjadi jadi ketika tingkat karbondioksida dalam darah merosot terlalu rendah. Selain itu, makanan pedas dan alkohol terkadang juga menjadi pemicu cegukan.

Makanan pedas, seperti cabai, lada, dan makanan kari bisa menimbulkan cegukan yang berlangsung selama lebih dari 1 menit. Sedangkan, alkohol yang diminum terlalu banyak bisa menyebabkan iritasi pada saraf yang berfungsi mengendalikan diafragma. Saraf cenderung mendorong terjadinya kejang di dalam otot dan menyebabkan cegukan.

 Penyebab Cegukan

Ada beberapa hal lain yang menyebabkan sering cegukan. Apa saja? Berikut  penyebab cegukan pada orang dewasa dan anak-anak  :
  1. Makan terburu-buru.
  2. Makan terlalu banyak.
  3. Meminum air dingin
  4. Merokok.
  5. Menelan terlalu banyak udara..
  6. Stres atau emosi yang tinggi terkadang juga memicu cegukan.
  7.  Perubahan suhu mendadak di perut, seperti meminum minuman panas dan kemudian makan sesuatu yang dingin
Biasanya Cegukan normal terjadi 4-60 kali/menit dengan interval yang teratur dan berlangsung selama 10-30 menit. Lalu, ada juga cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam disebut persistent hiccups atau cegukan terus-menerus. Selain itu, ada cegukan yang bertahan lama dari sebulan disebut intractable hiccups atau cegukan keras. Meskipun jarang terjadi, namun cegukan keras bisa menyebabkan kelelahan, kurang tidur dan penurunan berat badan.
Baca juga :      Penyebab Dan Obat Tenggorokan Sakit Untuk Menelan Ludah Dan Berdahak

Cara Mengatasi Cegukan dengan Mudah Secara Alami

Berikut ini adalah langkah pertama untuk cara menghilangkan cegukan yang anda alami saat ini .
  1. Minum segelas air secara perlahan dan biarkan air mengalir hingga ke tenggorokan secara perlahan dan bertahap guna mengembalikan kestabilan diafragma.
  2. Minum air perasan jerus lemon atau nipis. Atau bisa pula dengan menghisap daging jeruk nipis dengan lidah. Penelitian membuktikan cara ini lebih cepat dibandingkan dengan menahan napas.
  3. Tekan hidung dengan menggunakan satu tangan lalu tarik napas lewat mulut dan rapatkan mulut serta pastikan tidak ada udara masuk atau terhirup. Tahan kondisi ini sedikitnya selama satu menit, hingga cegukan terhenti.
  4. Mengunyah dan menelan gula. Berdasarkan riset, gula mampu mengirim sinyal pada serabut saraf untuk menghentikan lengkung reflek pemicu cegukan.
  5. Berbaring dengan posisi bagian lutut ditekuk ke arah perut. Pertahankan posisi ini sedikitnya selama 1 menit.
  6. Untuk balita / bayi cegukan. Cara-cara diatas tentunya sulit jika diaplikasikan pada si kecil. Untuk itu, cara mengatasi cegukan pada bayi dan balita cukup dengan menggendongnya dalam posisi tegak sambil menepuk-nepuk perlahan bagian punggungya. Dalam seketika bayi akan bersendawa dan cegukannya pun hilang.
Bagaimana , mudahkan sobat semoga saja artikel ini manfaat buat sobat . lihat artikel dan update tenggorokan.com saat anda mengalami masalah tenggorokan dan lainnya .

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon