Tips Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Dengan Cepat Saat Menelan Berdasarkan Penyebabnya secara yg alami

Loading...
loading...
Mengobati sakit tenggorokan terutama jika sakit yang dirasakan saat menelan kelihatannya memang sederhana, bahkan untuk yang paling prakits, kita tinggal pergi ke mini maket terdekat dan membeli permen pelega tenggorokan yang diyakini mampu melegakan tenggorokan mulai dari menghilangkan rasa kering dan serak hingga rasa sakit. Dan benar saja, rasa sakit di tenggorokan yang sebelumnya dirasakan bisa saja menghilang dalam waktu cepat. Akan tetapi, tidak ada jaminan kalau sakit di tenggorokan kita telah sembuh dengan maksimal.

Tips Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Dengan Cepat Saat Menelan Berdasarkan Penyebabnya secara yg alami

Tips Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Dengan Cepat Saat Menelan Berdasarkan Penyebabnya secara yg alami
Mengobati sakit tenggorokan hendaknya dilakukan secara menyeluruh hingga akar masalahnya tuntas. Oleh karena itu, sangat disarankan ketika seseorang mengalami sakit tenggorokan terutama saat menelan, usahakanlah untuk melakukan pertolongan pertama dengan cara alami dan tradisioal.

Mengobati Sakit Tenggorokan Tanpa Obat


1. Air Putih
Manfaat air putih memang seolah tiada habisnya. Anugerah Tuhan yang bisa dengan mudah kita dapatkan ini menjadi salah satu cara mengobati sakit tenggorokan yang paling ampuh   sekaligus paling praktis. Selain sebagai obat alami untuk tubuh dengan menjaga kestabilan cairan yang dibutuhkan tubuh, meminum air putih dengan jumlah banyak juga membantu mengobati sakit tenggorokan yang mengganggu.
Meskipun demikian, hindari meminum air putih—cenderung panas—terlalu sering karena rasa panas yang dibawanya tetap akan berpengaruh pada kondisi tenggorokan sebagaimana ketika terlalu sering meminum air putih.

2. Air Lemon
Selain dengan banyak meminum air putih, mengobati sakit tenggorokan dan pilek juga bisa dilakukan dengan meminum air perasan lemon hangat yang menyegarkan. Selain melancarkan fungsi tenggorokan dan mengurangi rasa sakit karena lemon mengatasi peradangan, air dalam kandungan lemon juga sebagai infused water yang mengeluarkan toksin di dalam tubuh serta meningkatkan imunitas atau ketahanan tubuh terhadap serangan virus atau bakteri sehingga membuat tubuh kita menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.
Minumlah air perasan lemon sebanyak 2 hingga 3 kali sehari selama masa pegobatan hingga dirasa lebih membaik. Setelah berhasil mengobati sakit tenggorokan maka tidak ada ruginya jika meneruskan mengonsumsi air lemon sebagai penguat daya tahan tubuh. Caranya pun terbilang mudah jika dibanding harus memeras dulu. Kita tinggal mengiris lemon menjadi beberapa bagian kemudian masukkan irisan lemon ke dalam wadah air tempat kita biasa mimum. Dengan demikian air yang sehari-hari kita konsumsi tidak hanya sehat dan segar karena lemonnya, namun juga sehat.
3. Air garam
Sebagaimana yang telah banyak orang ketahui, garam, baik secara langsung maupun berupa airnya adalah salah satu obat sakit gigi paling canggih. Garam yang memiliki kandungan anti radang mampu mengobati luka dengan cepat, dan dalam hal ini tentu juga berlaku dalam tips mengobati sakit tenggorokan tanpa obat kimia .
Berkumur menggunakan air garam merupakan hal yang efektif dalam menyembuhkan luka di mulut termasuk luka peradangan di dalam tenggorokan yang bisa jadi merupakan sebab sakitnya tenggorokan. Camprkanlah setengah sendok makan garam beryodium ke dalam satu gelas air, aduk rata kemudian gunakanlah untuk berkumur minimal satu kali dalam sehari.

4. Madu
Makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW ini merupakan obat yang sangat ampuh untuk berbagai jenis penyakit termasuk untuk mengobati sakit tenggorokan secara yg alami . Konsumsilah madu murni baik secara langsung maupun mencampurkan madu ke dalam makanan atau minuman favorit. Khusus untuk yang mengonsumsinya dengan cara diseduh, maka konsumsilah setidaknya tiga kali dalam sehari selama masa pengobatan sakit tenggorokan. Jika sudah membaik cukup dengan mengonsumsinya dua kali dalam sehari setiap pagi dan sore hari.

Selain sebagai obat untuk berbagai penyakit, sebagaimana lemon, madu memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk daya tahan tubuh sehingga kedua jenis herbal ini sering digolangkan kepada Minuman dan makanan menyembuhkan sakit tenggorokan .

Mengobati Sakit Tenggorokan Berdasarkan Penyebabnya


Sakit tenggorokan yang dialami tentu memiliki penyebab yang mungkin berasal dari kebiasaan buruk gaya hidup kita sendiri. Maka dari itu, setelah mengobati sakit tenggorokan dan berujung kesembuhan, bukan berarti kita bisa berlalai-lalai dan mengabaikan kesehatan tenggorokan kita begitu saja. Di bawah ini akan dibahas beberapa penyebab sakit tenggorokan yang tentu saja bisa kita hindari.

1. Mengonsumsi Makanan Pedas Secara Berlebihan
Hal apa pun jika dilakukan secara berlebihan maka akan berakibat negatif, termasuk berlebihan dalam mengonsumsi makanan pedas. Meskipun secara ilmiah telah terbukti bahwa cabai mengandung banyak vitamin C, namun jika dikonsumsi secara berlebihan maka efeknya tidak hanya kepada sistem pencernaan namun juga kepada rasa sakit yang timbul di tenggorokan.
Untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah terjadinya kembali sakit tenggorokan, maka kurangilah mengonsumsi makanan pedas, apalagi jika diiringi dengan lemak seperti yang gulai dan baso dengan cita rasa pedas.

2. Merokok dan Alkohol
Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol merupakan dua hal yang paling buruk bagi kesehatan. Tidak hanya buruk untuk kesehatan paru-paru dan jantung, merokok dan mengonsumsi alkohol juga berakibat fatal bagi kesehatan tenggorokan. Selain mengakibatkan rasa sakit dan panas, dalam kondisi parah, rokok dan alkohol bahkan bisa mengakibatkan kanker yang mengakibatkan rusaknya pita suara hingga kebisuan.

3. Konsumsi Air Panas dan Dingin Terlalu Sering
Sebagaimana diungkapkan di awal bahasan, mengonsumsi air putih yang paling sehat sekalipun namun dalam kondisi suhu terlalu panas atau terlalu dingin akan mengakibatkan sakit pada tenggorokan. Tentu tidak menjadi masalah jika sekali-kali kita mengonsumsi minuman yang memerlukan suhu panas seperti teh dan kopi atau yang harus bersuhu dingin seperti jus dan berbagai jenis es lainnya, namun jangan jadikan hal ini sebagai kebiasaan karena sekali lagi, segala hal yang berlebihan akan menimbulkan keburukan.

4. Asam Lambung
Penyebab terakhir sakit tenggorokan bisa jadi diakibatkan oleh asam lambung yang naik ke tenggorokan hingga menimbulkan rasa panas, akhirnya timbulah rasa sakit. Seseorang yang memiliki penyakit asam lambung umumnya memang merasakan gejala mual dan pusing ketika kadar asam lambungnya naik. Namun ada beberapa kasus asam lambung tertentu yang efeknya justru pada sistem saluran napas termasuk sakit tenggorokan.
Pada kasus asam lambung lain bahkan bisa sampai menimbulkan batuk-batuk dan sesak napas parah pada penderita. Selain itu, bau mulut yang timbul pun bisa jadi akibat dari adanya kadar asam lambung yang naik. Oleh karena itu, jika beberapa hal yang lebih parah saja bisa diakibatkan oleh asam lambung, maka tidak menutup kemungkinan sakit tenggorokan yang diderita oleh seorang penderita asam lambung diakibatkan oleh naiknya kadar asam lambung orang tersebut. Jika kemungkinan ini terjadi maka selain pergi ke dokter sebaiknya jauhilah penyebab-penyebab asam lambung agar ketika asam lambung kembali stabil, sakit tenggorokan pun ikut terobati.

Demikian beberapa penyeba serta cara mengobati sakit tenggorokan yang sederhana dan tradisional namun terbukti cukup efektif. Semoga bermanfaat dan teruslah jaga kesehatan ! salam dari Tenggorokan.Com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon