Tanaman Obat Herbal Radang Tenggorokan Kronis Pada Anak Dan Dewasa Yang Manjur

Loading...
loading...
Dalam bahasa latin, radang tenggorokan dikenal sebagai Faringitis. Penyakit peradangan ini muncul dan menyerang daerah tenggorokan atau faring. Bisa juga penderita terkena serangan di bagian hulu kerongkongan. Penyebabnya pun terbilang bermacam-macam, seperti allergen, virus dan juga bakteri. Biasanya, penderita akan merasa daya tahan tubuhnya melemah. Dalam banyak kasus, penyebab radang tenggorokan adalah bakteri streptococcus. Obat Herbal Radang Tenggorokan yang kaya dengan antibiotik bisa menjadi solusinya. Obat tersebut sudah pasti harus diimbangi dengan makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran yang kaya akan nutrisi. Bahkan, penderita disarankan untuk banyak mengkonsumsi vitamin guna mengembalikan daya tahan tubuh yang menurun dan meningkatkannya sehingga dapat membasmi bakteri tersebut. ( lihat lengka Penyebab sakit tenggorokan )

Tanaman Obat Herbal Radang Tenggorokan Kronis Pada Anak Dan Dewasa Yang Manjur

Tanaman Obat Herbal Radang Tenggorokan Kronis Pada Anak Dan Dewasa Yang Manjur
Saat radang tenggorokan muncul, ada beberapa gejala yang bisa anda kenali seperti flu dan batuk. Sebelum melakukan pengobatan, tentu saja anda dianjurkan untuk mengetahui terlebih dahulu jenis penyakitnya. Jika terkena radang tenggorokan akut, artinya radang tersebut masih baru. Biasanya penderita akan merasa sakit di daerah tenggorokan sehingga susah menelan makanan. Bahkan, penderita juga terkena demam tinggi dengan batuk-batuk. Berbeda dengan jenis radang tenggorokan kronis yang artinya radang ini sudah ada sejak lama dan tidak sembuh-sembuh.

Penderita akan merasa nyeri ketika menelan dengan rasa seperti ada yang mengganjal di daerah tenggorokan. Untuk membantu anda, berikut beberapa tanaman Obat Herbal Radang Tenggorokan Kronis yang bisa digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa. Pastikan selalu teratur dan rutin dalam melakukan pengobatan berikut agar ramuan menjadi manjur dan cepat menyembuhkan radang tenggorokan.

Obat Herbal Radang Tenggorokan

1. Tanaman jahe
Tanaman jahe dikenal sebagai Zingiber officinale. Tanaman ini adalah jenis tanaman rimpang yang digunakan sebagai rempah-rempah dan seringkali khasiatnya menjadi tanaman ini sebagai bahan untuk obat-obatan. Jahe bentuknya seperti jemari yang menggembung dan rasa jahe terbilang pedas karena adanya senyawa keton yang juga dikenal sebagai zingeron. Dengan mengkonsumsi jahe, sudah pasti anda dapat mengobati radang tenggorokan.

Caranya:
Siapkan setengah gelas teh dengan air panas. Siapkan pula 1 buah jahe dan 1 gelas air putih. Didihka hingga 5 menit dan rebus jahe. Jika jahe sudah direbus, campurkan dalam setengah gelas teh yang sudah disiapkan tadi. Minum ramuan ini sebanyak 1 gelas setiap harinya terutama saat hendak tidur. ini juga bisa digunkan sebagai obat herbal radang tenggorokan pada anak bunda yang sedang melangalami sakit tenggorokan seperti bunda .

2. Daun teh chamomile
Chamomile adalah tumbuhan yang hidup subur dalam musim yang sama dengan bunga Matahari Asteraceae. Chamomile hidup subur di wilayah Asia dan Eropa, bahkan tanaman ini sekarang menyebar luas ke Amerika utara dan Australia. Tanaman ini dapat tumbuh di tanah terbuka saja. Biasanya, teh chamomile dijadikan obat herbal radang tenggorokan kronis.

Caranya:
Anda dapat menyeduh teh tersebut dengan air hangat untuk diminum seperti cara membuat teh lainnya. Agar khasiatnya tidak hilang, disarankan untuk tidak menggunakan gula pasir. Anda bisa menggantinya dengan sedikit madu. Teh ini bisa diminum setiap hari saat hendak tidur sampai tenggorokan anda terasa benar-benar membaik.

3. Kunyit
Tanaman kunyit yang masih segar bisa menjadi efektif guna mengobati radang tenggorokan.
Caranya:
Siapkan kunyit yang masih segar dalam segelas air hangat. Tambahkan 1 sdt. garam dan aduk sampai garam benar-benar larut. Anda bisa menggunakannya sebagai obat kumur. Untuk melakukannya, hanya perlu setiap hari saat bangun tidur di pagi hari selama tenggorokan terasa sakit.

4. Daun kemangi
obat herbal radang tenggorokan dan panas dalam lainnya yang bisa anda coba adalah tanaman kemangi. Daun kemangi memang kebanyakan dikonsumsi sebagai lalap sebab aromanya yang khas, lembut dan sedikit mirip baunya seperti limau. Untuk kesehatan, manfaat kemangi cukup besar. Salah satunya adalah berkhasiat untuk mengobati tenggorokan yang sakit.

Caranya:
Sediakan beberapa lembar daun kemangi sesuai selera. Daun yang disiapkan harus masih segar. Rebus semua daun tersebut selama beberapa menit. Saring untuk diambil airnya dan gunakan sebagai obat berkumur. Jika memilih cara ini, anda harus menggunakannya sebagai obat kumur sebanyak 2 kali sehari terutama sebelum mandi.

5. Lemon
Lemon adalah tanaman yang besar sekali manfaatnya. Kandungan antibakteri dan antiradang didalamnya dapat membantu anda menuntaskan masalah dengan tenggorokan yang sakit.

Caranya:
Siapkan 1 buah lemon yang masih segar dan 1 sendok madu murni. Peras lemon sampai anda mendapatkan air perasan lemon yang cukup. Tambahkan madu dan masukkan air hangat. Aduk ramuan ini sampai semua bahan benar-benar tercampur. Minum ramuan tersebut sebanyak sehari sekali saat anda hendak tidur.

Cara lainnya dengan menggunakan lemon adalah mencampurnya dengan kecap. Untuk membuatnya, siapkan 1 buah lemon dan kecap. Peras lemon dalam 1 sendok makan dan tambahkan 1 sdt. kecap manis. Minum ramuan ini sebanyak 2 kali sehari. Ramuan ini bermanfaat untuk mengobati tenggorokan terutama jika disertai dengan batuk berdahak yang sangat sakit.bila yang sakitnya sikecil maka bisa juga ini dijadikan sebagai obat herbal radang tenggorokan anak bunda .

6. Bawang putih
Walaupun seringkali digunakan sebagai bumbu masak dan menambah citarasa masakan, bawang putih juga cukup manjur digunakan sebagai obat herbal radang tenggorokan untuk ibu hamil yang aman  terutama jika anda mengalami gangguan tenggorokan diserta batuk.

Caranya:
Kunyah bawang putih mentah-mentah. Dalam bawang putih, terdapat kandungan allicin yang bermanfaat untuk membasmi bakteri dalam tenggorokan. Untuk menggunakannya, anda harus mengunyah bawang putih sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

7. Wortel dan bayam
Obat lainnya untuk mengatasi peradangan di tenggorokan adalah dengan mengkonsumsi wortel dan bayam. Kedua sayuran tersebut dapat secara alami menyembuhkan masalah tenggorokan sebab kandungan vitamin dan gizinya yang cukup tinggi.

Caranya:
Anda dapat membuat jus wortel dan bayam dan diminum saat pagi hari. Lakukan selama beberapa hari saat sedang sakit tenggorokan.
Bahkan cara ini bisa menyembuhkan radang tenggorokan amandel yang masih akut. Jika anda menderita radang tenggorokan kronis, sebaiknya minum setiap hari.

8. Bawang merah
Obati radang tenggorokan kronis dengan bawang merah sebagai Obat Herbal Radang Tenggorokan secara alami. Bawang merah juga memiliki kandungan yang dapat mengatasi radang tenggorokan.

Caranya:
Kupas bawang merah dan kunyah mentah-mentah. Cara ini harus dilakukan secara teratur untuk mengatasi radang tenggorokan yang kronis.

9. Buah mengkudu
Bahkan, buah ini juga dapat membantu anda untuk mengatasi radang tenggorokan kronis.

Caranya:
Siapkan beberapa buah mengkudu untuk dijus. Campur dengan madu. Mengkonsumsi buah mengkudu saat sedang sakit tenggorokan dapat membantu mempercepat proses pemulihan.
Baca juga : Tips Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Dengan Cepat dan Alami Tanpa Resep Dokter
Itulah Ramuan Obat Herbal Radang Tenggorokan dewasa dan anak2 yang bisa dilakukan dari bahan-bahan alami. Cara tersebut juga sangat manjur bagi para penderita radang tenggorokan kronis dari anak-anak hingga orang dewasa. Pilih cara yang sekiranya mudah dilakukan secara rutin. Jangan sampai mencoba semua cara di atas dan gonta-ganti pilihan yang akan dilakukan, sebab hal tersebut tidak akan membuat radang tenggorokan kronis anda cepat sembuh, bahkan malah memperparah kondisi. Silahkan Update dan share artikel ini untuk mendukung kami dan berbagi wawasan kepada teman-teman kita . jangan lupa ya jika mengalami masalah tenggorokan cukup klik . Tenggorokan.cOm

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon