Cara Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak 1 Tahun , 2 Tahun - 5 Tahun + Dengan Obat Tradisional Dan Resep Dokter

Loading...
loading...
Radang tenggorokan pada anak memang akan membuat orang tua merasa cemas. Karena anak akan merasakan sakit pada tenggorokannya dan aktivitasnya juga akan menjadi terganggu. Anak yang tadinya ceria akan menjadi rewel atau murung karena merasakan sakit pada tenggorokan.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak Dengan Obat Tradisional Dan Resep Dokter

Pada artikel ini kita akan membahas tentang radang tenggorokan pada anak. Mulai dari penyebab maupun cara mengatasinya. Ada banyak obat radang yang dapat digunakan terutama untuk anak-anak. Obat yang diberikan dapt berupa obat tradisional maupun obat dari apotek.
Cara Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak 1 Tahun , 2 Tahun - 5 Tahun + Dengan Obat Tradisional Dan Resep Dokter

Gejala Radang Tenggorokan pada Anak

Berikut ini merupakan hal-hal yang menyebabkan anak radang tenggorokan.

1. Pangkal tenggorokan menjadi merah
Jika anak mulai sakit tenggorokan maka cobalah untuk menyuruh anak membuka mulutnya dengan lebar. Lihatlah dengan seksama apabila pada pangkal tenggorokan apakah berwarna kemerahan atau tidak.
Apabila mengalami gejala radang tenggorokan biasanya pangkal tenggorokan akan berwarna lebih merah. Jika radang disebabkan oleh bakteri maka akan muncul bercak-bercak putih pada tenggorokan.

2. Kesulitan menelan
Anak juga akan kesulitan menelan baik menelan ludah mnaupun menelan makanan. Sehingga anak akan menjadi malas untuk makan. Dampak lain dari radang tenggorokan yaitu akan terjadi pembengkakan pada tonsil. Hal ini hanya dapat diidentifikasi oleh dokter saja.

3. Demam
Anak juga akan menjadi demam apabila mengalami radang tenggorokan. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus dan bakteri akan menyebabkan demam.

4. Pembengkakan kelenjar getah bening
Gejala radang tenggorokan juga dapat dilihat dari pembengkakan kelenjar getah bening terdapat di bagian pangkal pada atas leher.Itulah ciri ciri radang tenggorokan pada anak yang harus bunda tahu .

Penyebab Radang Tenggorokan pada Anak

Berikut merupakan penyebab radang tenggorokan pada anak.

1. Kesehatan mulut dan gigi
Menjaga kesehatan mulut dan juga gigi anak sangat penting. Karena apabila kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi akan menyebabkan radang tenggorokan. Karena itu jika ada gigi yang busuk atau berlubang pada anak harus segera ditangani agar tidak menyebabkan sakit yang berkelanjutan dan mengakibatkan radang tenggorokan.

2. Amandel
Infeksi amandel pada anak juga dpat menyebabkan radang tenggorokan. Amandel yang terinfeksi merupakan tempat berkumpulnya kuman sehingga akan menyebabkan tenggorokan menjadi sakit dan terjadi radang pada tenggorokan.

3. Sinusitis
Penyebab selanjutnya yaitu karena sinusitis. Jika anak mempunyai sinusitis maka lendir akan mengalir di bagian belakang tenggorokan juga di bagian belakang hidung. Ini akan menyebabkan terjadinya iritasi pada tenggorokan dan akhirnya akan terjadi radang tenggorokan.

Obat Radang Tenggorokan pada Anak

Untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak 3 tahun atau kurang maupun lebih bisa  menggunkan beberapa obat apotek juga obat tradisional yang ampuh dan dapat dicoba.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak

1. Obat radang tenggorokan anak di apotik

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak dengan Obat apotek yang aman diberikan pada anak yaitu sebagai berikut :

a. Degirol
Nama obat radang tenggorokan anak yang pertama merupakan Degirol. Ini merupakan permen dengan rasa lemon. Cara mengkonsumsinya dilakukan setiap 4 sampai 5 jam sekali. Obat ini mampu membunuh kuman dan juga bakteri serta jamur yang menyebabkan radang tenggorokan. Perlu diperhatikan bahwa menggunakan tablet hisap ini jangan lebih dari 8 tablet dalam sehari.

b. SP Troches
Obat ini sama dengan Degirol yaitu berbentuk tablet hisap. Cara menggunakannya juga sama dan tidak boleh lebih dari 8 tablet dalam sehari. Obat ini mempunyai 3 varian rasa yaitu rasa melon, rasa stroberi, dan rasa kopi.

c. Efisol Losenges
Obat ini mengandung vitamin C. Cara penggunaannya juga sama seperti Degirol dan juga FC Troches.

d. FG Troches
Obat ini merupakan obat yang sangat manjur dan banyak digunakan oleh penderita radang tenggorokan. Obat ini mengandung senyawa aktif antibioteik tetapi tetap aman untuk digunakan pada anak.namun disarankan jika memberi obat apotek pada anak di bawah 5 tahun harus melalui saran dokter .  radang tenggorokan pada anak perlukah antibiotik .

2. Obat radang tenggorokan anak tradisional

Banyak obat tradisional yang dapat digunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Berikut merupakan obat tradisional yang dapat diberikan pada anak.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak Alami

a. Sari cuka apel
Obat tradisional yang pertama yaitu sari cuka apel. Sari cuka apel jika dikonsumsi akan memberikan efek alami untuk meredakan radang tenggorokan. Caranya yaitu dengan mencampurkan dua sendok sari cuka apel dan satu sendok madu pada satu gelas air.
Minuman ini akan disukai anak karena rasanya yang segar. Ramuan ini dapat diminum dua kali dalam sehari. Lakukan secara teratur hjingga radang tenggorokan sembuh.

b. Jahe
Resep kedua yaitu menggunakan jahe. Jahe juga merupakan obat tradisional yang disukai anak karena rasanya yang segar. Cara membuat ramuan tradisional menggunakan jahe yaitu haluskan jahe dengan cara di parut dan campurkan kedalam satu gelas air yang dicampur dengan jeruk lemon. Agar rasanya tidak asam serta pedas dapat dicampurkan madu sesuai dengan selera. Minuman ini dapat diberikan pada anak sampai radang tenggorokan sembuh.

c. Madu
Rasa manis pada madu juga akan disukai oleh anak. Kandungan anti jamur serta anti biotiknya mampu mengatasi masalah radang tenggorokan.

d. Garam
Selain beberapa bahan alami di atas, garam juga dapat digunakan untuk meredakam radang tenggorokan. Campurkan sedikit garam pada segelas air garam. Gunakan campuran ini untuk berkumur. Lakukan cara mudah ini pada anak hingga radang tenggorokan sembuh. Perlu diketahui bahwa garam mengandung antibakteri sehingga dapat meredakan radang tenggorokan secara alami.

e. Jeruk lemon
Siapa yang tidak suka dengan jeruk. Khasiat jeruk lemon memang tidak usah diragukan lagi. Kandungan vitamin C nya yang tinggi mampu meredakan radang tenggorokan. Selain itu jeruk lemon juga dapat membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan.

Cara menggunakannya yaitu dengan menyiapkan satu buah jeruk lemon yang diperas dan dicampurkan ke dalam satu gelas air hangat. Dapat juga dicampurkan pada segelas teh hangat agar anak lebih menyukainya. Minumlah ramuan ini secara teratur sampai radang tenggorokan sembuh.

Setelah kita tahu Cara Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak resep dokter dan alami maka mari kita lihat cara mencegah radang tenggorokan pada anank .
Baca juga :Obat Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah Di Apotek

Pentingnya Mengetahui Radang Tenggorokan pada Anak

Mengetahui gejala, penyebab, serta obat yang digunakan untuk meredakan radang tenggorokan memang penting. Deteksi lebih dini pada radang tenggorokan akan mempercepat proses

Penyembuhan Radang Tenggorokan pada anak 4 tahun ( - + ) .

Agar dapat mencegah radang tenggorokan maka sebaiknya menghindari anak yang terkena batuk dan pilek. Hal ini dikarenakan anak akan tertular dan dapat mengakibatkan radang pada tenggorokan.

Selain itu memperbanyak minum air putih adalah cara yang paling baik yang dapat dilakukan. Istirahat yang teratur dan menjaga pola hidup yang sehat dapat menghindarkan anak dari radang tenggorokan.

Menggunakan obat apotek maupun tradisional sama ampuhnya dalam menyembuhkan radang tenggorokan. Obat apotek lebih cepat menyembuhkan radang tenggorokan sedangkan obat tradisional mempunyai proses yang perlahan-lahan namun pasti dalam penyembuhannya.

Kesehatan untuk anak merupakan hal terbaik yang perlu dilakukan oleh orang tua. Kesehatan anak juga merupakan kebahagiaan bagi orang tua. Demikian beberapa ulasan tentang radang tenggorokan pada anak semoga dapat bermanfaat bagi kita. Jangan lupa jika anda mengalami sakit tenggorokan lagi kunjungi kami di tenggorokan.com .

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon