Nama Obat Antibiotik Untuk Radang Tenggorokan Pada Anak dan Orang Dewasa di Apotik

Loading...
loading...
Bingung dengan nama obat antibiotik untuk radang tenggorokan pada anak dan orang dewasa yang bisa kita beli di apotik? Ya, radang tenggorokan memang tidak boleh diremehkan karena jika dibiarkan bisa menjadi radang tenggorokan kronis bahkan menyebabkan terjadinya komplikasi penyakit lainnya. Nah, untuk mengobati radang tenggorokan ini, biasanya kita segera membeli antibiotik untuk radang tenggorokan. Namun tentu, kita juga perlu mengetahui obat antibiotic apa saja yang cocok untuk mengobati radang tenggorokan, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Nama Obat Antibiotik Untuk Radang Tenggorokan Pada Anak dan Orang Dewasa di Apotik

Nama Obat Antibiotik Untuk Radang Tenggorokan Pada Anak dan Orang Dewasa di Apotik
Kita memang perlu hati-hati dalam memilih obat antibiotik untuk radang tenggorokan pada bayi dan orang dewasa. Kenapa? Karena Obat antibiotik merupakan obat yang cukup rawan dan harus konsisten mengkonsumsinya. Untuk itu kita perlu tahu obat antibiotik apa saja yang tergolong aman untuk menyembuhkan radang tenggorokan kita. Jangan sampai kita kurang tepat memilih yang bisa menjadikan kita beresiko mengalami penyakit lainnya.

Jenis-jenis Obat Antibiotik Untuk Radang Tenggorokan

Obat antibiotik untuk radang tenggorokan memiliki tiga jenis antibiotik. Ketiga jenis obat antibiotik ini memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Tentunya, dengan mengetahui jenis dari ketiga antibiotik ini, mudah-mudahan kita bia memilih obat antibiotik yang tepat sebagai antibiotik untuk radang tenggorokan.

1. Antibiotik Jenis Betalaktam

Antibiotik jenis betalaktam merupakan antibiotik yang sering digunanakan untuk radang tenggorokan dan untuk mengobati penyakit lainnya yang membutuhkan obat antibiotik. Antibiotik ini cenderung minim resiko terhadap resistensi kekebalan tubuh, sehingga tidak terlalu masalah untuk dikonsumsi, dengan catatan tetap harus konsisten meminum sesuai dosis.

Nama obat antibiotik untuk radang tenggorokan jenis betalaktam yang bisa kita konsumsi adalah antibiotik Penisilin dan Amoxicillin. Kedua nama obat jenis ini biasanya banyak tersedia di apotek. kita cukup memilih salah satunya dan meminumnya sesuai dosis dokter yang biasanya dikonsumsi rutin 1-2 butir sehari untuk ukuran orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak setengah butir per sekali minum.

Aturan minum antibiotik jenis betalaktam ini biasanya 3 hari. Tentunya, selama 3 hari itu kita tidak boleh melewatkan untuk meminumnya. Kenapa? Karena kalau kita tidak minum secara rutin, maka daya tahan tubuh kita akan resisten, sehingga apabila terjadi radang tenggorokan lagi, dan sebelumnya kita makan antibiotik tidak teratur, maka antibiotik yang kita konsumsi tidak akan terlalu ampuh mengobati sakit radang tenggorokan kita.

Nah, antibiotik jenis betalaktam ini baik dikonsumsi untuk penderita yang membutuhkan antibiotik dengan kadar resiko rendah. Bisa dibilang, bagi yang belum pernah atau jarang sekali mengkonsumsi antibiotik disarankan untuk menggunakan antibiotik jenis betaklam untuk radang tenggorokan maupun jenis penyakit lainnya. 

2. Antibiotik Jenis Sefalospirin

Antibiotik jenis Sefalospirin merupakan jenis antibiotik kedua yang disarankan sebagai obat antibiotik untuk radang tenggorokan yang membutuhkan kekebalan antibiotik lebih ampuh. Bisa dibilang, jenis antibiotik jenis Sefalospirin ini lebih mantap khasiatnya dan terhitung lebih cepat mengobati radang tenggorokan dibanding antibiotik jenis Betalaktam

Meski begitu, antibiotik Sefalospirin juga punya resiko lebih dibanding antibiotik jenis Betalaktam. Kenapa? Karena antibiotik jenis Sefalospirin bisa membuat kekebalan tubuh menjadi lebih resisten, sehingga kita perlu cukup memeperhatikan kekonsistenan saat mengkonsumsi antibiotik jenis Sefalospirin.

Jika kita tidak teratur saat mengkonsumsi antibiotik jenis Sefalospirin, maka jika kita mengalami radang tenggorokan kembali, maka obat antibiotik jenis Sefalospirin tidak akan mempan. Dan kita membutuhkan jenis antibiotik yang lebih mantap lagi dari jenis Sefalospirin.

Mengapa daya tahan tubuh bisa resisten? Karena tubuh kita memiliki anti bodi yang siap siaga menjadi pertahanan daya tahan tubuh. Jika ada “Zat” yang masuk, maka daya tahan tubuh kita kan mengenalinya dan berusaha untuk “melawan” jika dianggap berbahaya. Nah, antibiotik yang jika kita tidak konsisten mengkonsumsinya maka daya tahan tubuh kita telah resisten dan lebih kuat dari antibiotik yang kita konsumsi. Adapun nama obat antibiotik dari jenis sefalospirin yang dapat kita konsumsi dan banyak kita temui di apotik adalah Cefadroxil dan Cephalexin.

3. Antibiotik Jenis Makrolida

Nah, jenis antibotik yang Makrolida ini merupakan jenis antibiotik yang lebih ampuh untuk radang tenggorokan dibanding antibiotik jenis Betalaktam ataupun Sefalospirin. Namun tentu juga memiliki resiko paling tinggi dibanding antibiotik jenis Betalaktam atau Sefalospirin.

Jika radang tenggorokan kita sudah kronis atau parah sekali dan kita juga sudah cukup sering mengkonsumsi obat antibiotik dan melewati level jenis antibiotik Betalaktam ataupun Sefalospirin, maka jenis Makrolida lebih disarankan sebagai antibiotik untuk radang tenggorokan.

Adapun nama obat anitbiotik dari jenis Makrolida adalah Eritromisin dan Azitromisin. Usahakan untuk mengkonsusmsi obat antibiotik ini sesuai resep dokter dan diminum secara konsisten dan teratur.

Tips Aman Minum Antibiotik Untuk Radang Tenggorokan

Nah, setelah tahu nama-nama obat antibiotik untuk radang tenggorokan berdasarkan jenis obat antibiotiknya, sebaiknya kita juga mengetahui apa saja yang perlu kita lakukan agar aman meminum antibiotik untuk radang tenggorokan.

A. Sesuai Resep Dokter
Nah, usahakan saat mengkonsusmsi obat antibiotik ini sesuai dengan resep dokter. Resiko resisten daya tahan tubuh membuat obat ini perlu dikonsumsi secara hati-hati. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat antibiotik untuk radang ini, sebaiknya kita pergi konsultasi ke dokter dulu untuk mengetahui seberapa dosis antibiotik yang perlu kita konsumsi, juga jenis antibiotik apa yang baik untuk kita konsumsi.

B. Teratur
Minum obat antibiotik untuk radang tenggorokan ini harus teratur mengkonsumsinya. Tujuannya adalah agar antibiotik yang kita konsumsi bisa sesuai fungsinya yaitu untuk menyembuhkan radang tenggorkan. Nah, jika kita tidak teratur meminumnya bisa membawa resiko kedepannya, yaitu membuat daya tahan tubuh menjadi kebal terhadap antibiotik yang biasa kita minum. Sehingga obat itu tidak akan lagi mempan jika suatu saat kita konsumsi lagi. Oleh karena itu, jika sampai kita tidak teratur meminum obat antibiotik, maka kita memerlukan obat antibiotik yang levelnya lebih tinggi dari jenis obat antibiotik yang biasa kita konsumsi.

C. Tidak Ketergantungan
Usahakan kita tidak ketergantungan dengan obat antibiotik ini. walaupun obat antibiotik ini ampuh untuk mengobati radang tenggorokan dan radang lainnya, jika memang belum parah dan kita tidak memerlukan obat antibiotik, jangan ketergantungsn untuk mengkonsumsi obat antibiotik ini. sehingga kita bisa terhindar dari resiko maupun efek samping.

D. Benar Cara Meminumnya
Nah, yang mesti diperhatikan auga benar cara meminum obatnya. Obat antibiotik untuk radang tenggorokan ini biasanya diminum sesudah makan, dan saat meminumnya menggunakan air putih. Usahakan jangan meminumnya dengan air teh, kopi, atau air hangat, karena bisa mengurangi kadar aktivasi obatnya (berkurang khasiatnya).
Itulah nama-nama obat antibiotik untuk radang tenggorokan pada anak maupun orang dewasa yang bisa kita beli di Apotik. Jangan lupa perhatikan juga cara aman mengkonsumsinya ya. baik lah jika andamengakami maslah tenggorokan lagi silahkan kunjungi Tenggorokan.Com .

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon