Cara Mengatasi Amandel Pada Anak Dan Orang Dewasa Yang Kambuh Dengan Cepat

Tags
Loading...
loading...
Amandel pada anak atau orang dewasa bisa kambuh dengan cepat. Munculnya amandel ditandai dengan kondisi mulut yang disertai dengan bintik-bintik merah atau bercak putih. Bahkan, biasanya penderita juga mengalami sakit faringitis yaitu rasa sakit di tenggorokan. Sebab, gejala amandel yang muncul membuat mulut di bagian atas atau langit-langit mulut memerah. Saat amandel sedang kambuh, artinya seseorang tersebut pernah mengalami penyakit amandel sebelumnya karena tidak mencegah sakit amandel sehingga amandelnya pun kembali bengkak dan terasa sakit. Cara Mengatasi Amandel yang kambuh sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang alami dan harus segera dilakukan perawatan karena amandel yang kambuh biasanya lebih parah dan lebih sakit dari sebelumnya. Bahkan, pembengkakannya pun bisa menjadi semakin besar.

Cara Mengatasi Amandel Pada Anak Dan Orang Dewasa Yang Kambuh Dengan Cepat

Cara Mengatasi Amandel Pada Anak Dan Orang Dewasa Yang Kambuh Dengan Cepat
Berbicara tentang Cara Mengatasi Amandel kambuh, ada baiknya bahwa kita harus mencari terlebih dahulu penyebab dari kambuhnya amandel tersebut. Dalam banyak kasus, penderita amandel mengulang kesalahan sebelumnya yang memicu munculnya sakit amandel misalnya seperti kurang menjaga kebersihan makanan sehingga virus atau bakteri penyebab sakit amandel bisa masuk begitu saja lagi dan lagi sehingga menyebabkan amandel menjadi infeksi. Atau, penderita terlalu banyak makan gorengan dan makanan pedas sehingga lagi lagi amandel mengalami iritasi dan kemudian kambuh dengan mudah. Penyebab lainnya adalah penderita sedang sakit flu dan tidak ditangani dengan baik sehingga amandel pun ikut kambuh. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa amandel bisa kambuh pada anak-anak terutama jika anak-anak tersebut terkena sakit cacar air, campak atau herpes kulit sebab penyebabnya adalah virus yang sama.

Jika amandel sedang kambuh, berikut Cara Mengatasi Amandel agar dapat meringankan rasa sakitnya:

1. Kumur dengan air garam
Saat amandel kambuh dan terasa sakit, penderita bisa mengurangi rasa sakit tersebut dengan cara kumur air garam. Kumur air garam dapat membantu membasmi bakteri yang ada di mulut sehingga dapat mengurangi infeksi. Untuk itu, berkumurlah dengan air garam hangat.

2. Air putih hangat
Jika dengan berkumur air garam hangat, amandel masih terasa sakit, Cara Mengatasi Amandel selanjutnya adalah dengan menggunakan air putih hangat. Meminum air putih hangat akan melegakan tenggorokan sehingga dapat memberikan kenyamanan pada tenggorokan. Supaya cepat sembuh, penderita disarankan untuk memaksa dirinya sendiri untuk tetap makan agar tubuh tidak kehilangan asupan atau nutrisi untuk memerangi virus atau bakteri penyebab sakit amandel tersebut. Pastikan jika makanan yang dikonsumsi tidak pedas dan tanpa minyak.

3. Ganti kebiasaan makan
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa amandel kambuh bisa karena makanan yang terlalu banyak minyak. Oleh karena itu, penderita harus mengganti kebiasaan makan terlebih dahulu misalnya dengan mengkonsumsi makanan yang direbus atau dikukus mulai dari bubur, sup ayam, ubi rebus atau kentang rebus. Makanan-makanan tersebut sangat bagik sebagai Cara Mengatasi Amandel yang bengkak sebab teksturnya lebih lembut dan mudah ditelan, bisa memulihkan kesehatan dan kaya akan nutrisi untuk mempercepat proses penyembuhan. Munkin butuh anda baca :Tanda Tanda Atau Ciri Ciri Penyebab Amandel Bengkak Dan Pantangannya

Jika amandel tampak kambuh, berikut beberapa Cara Mengatasi Amandel yang bisa dilakukan sebagai penanganan awal baik pada anak dan orang dewasa untuk menghambat amandel menjadi semakin parah:

1. Minum perasan air jeruk nipis
Kandungan flavonoid, mineral dan asam sitrat pada jeruk nipis sangatlah bagus untuk mengatasi masalah infeksi dan peradangan karena virus atau bakteri. Tetapi, jika penderita memiliki masalah dengan asam lambung, mengkonsumsi perasanair jeruk nipis sangat tidak disarankan. Cara membuatnya pun tergolong mudah. Penderita hanya butuh menyiapkan jeruk nipis untuk diperas dan dicampur dengan madu murni. Campur hingga benar-benar merata dan minum setiap hari, sehari paling tidak 2-3 kali.

2. Bayam
Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, bayam bisa diberikan pada anak-anak atau orang dewasa saat sedang sakit amandel. Sayur bayam bertekstur lunak dan kandungan zinc atau besi dalam sayur ini cukup tinggi. Sehingga, sangat membantu tubuh untuk terus memproduksi imun atau pertahanan tubuh. Dalam kondisi yang demikian, tubuh memiliki asupan yang cukup untuk memberantas virus atau bakteri penyebab amandel sakit.

3. Madu
Cara Mengatasi Amandel secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan madu. Madu memiliki kandungan anti bakteri yang dapat membantu tubuh untuk memusnahkan bakteri yang bersarang di amandel. Sehingga, dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri disana dan amandel yang sakit menjadi lebih ringan dari sebelumnya. Madu juga bisa bekerja sebagai anti-peradangan yang akan meringankan peradangan di amandel jika dikonsumsi dengan rutin.

Madu yang dipilh haruslah madu asli dan penderita bisa membuat ramuannya dengan dicampurkan dalam teh, air hangat atau minuman lainnya seperti jahe. Bahkan, anda juga bisa menggunakan madu dengan dikonsumsi langsung.

4. Perbanyak minum air putih
Air putih hangat sangatlah bermanfaat untuk mengatasi sakit amandel. Pada anak-anak, gejala amandel bisa muncul saat di usia 6 hingga 15 tahun. Anda sangat disarankan untuk mengawasi dan menjaga kebersihan makanan anak. Hindari memberikan makanan anak yang terlalu manis atau pedas, apalagi yang dijual di jajanan di pinggir jalan sebab kandungan bahan pengawetnya cukup tinggi. Waspada ketika anak mulai merasa tenggorokannya kering, kepala pusing, kelenjar getah bening membengkak dan mulai malas makan.

Dengan memberikan air putih yang banyak, maka sudah pasti tubuh memiliki pasokan mineral yang cukup. Air putih juga dapat membantu proses pencernaan agar tetap lancar selain digunakan sebagai Cara Mengatasi Amandel anak . Pada anak-anak dan orang dewasa, mengkonsumsi air putih paling tidak harus 8 gelas per hari.

5. Gunakan jus jeruk
Jus jeruk sangatlah berguna sebagai pasokan vitamin C yang bisa diberikan untuk tubuh agar dapat memiliki nutrisi yang cukup untuk memerangi virus dan bakteri yang masuk. Caranya adalah dengan menyiapkan satu buah jeruk manis yang dipotong melintang dan kemudian di peras. Air perasannya harus diminum sampai habis. Pastikan bahwa sebelum ditelan, air jeruk digunakan untuk berkumur dan kepala harus menengadah sambil mulut tetap terbuka. Jadi, anda harus bernafas lewat mulut agar air jeruk yang diperas dapat menyentuh tonsil yang sedang mengalami peradangan. Dengan jus jeruk, sudah pasti dapat meringankan peradangan yang muncul.

6. Jus jambu biji
Selain jeruk, jambu biji juga kaya dengan vitamin C. Sehingga, buah ini juga sangat cocok dipilih sebagai Cara Mengatasi Amandel secara tradisonal dan alami, terutama jika amandel sering kambuh dalam waktu yang cepat. Caranya adalah sebagai berikut:

Siapkan 100 gram jambu biji dan air matang sesuai kebutuhan. Jambu biji harus dipotong-potong terlebih dahulu. Pastikan jika biji jambu biji harus dibuang sampai bersih. Gunakan blender untuk menghaluskan daging jambu biji dan minum air jus tersebut. Sama seperti jus jeruk, anda harus menggunakannya terlebih dahulu untuk berkumur sebelum di telan dengan posisi kepala menghadap ke atas dan mulut tetap terbuka untuk bernapas lewat mulut. Jika jus terasa seperti sudah menyentuh amandel yang sedang meradang, anda bisa menelannya.

Cara Mengatasi Amandel sangatlah penting sebagai penanganan awal dengan cara tradisional dan alami. Sebab, jika amandel dibiarkan begitu saja, maka bukan hanya rasa tidak nyaman yang anda dapatkan. Tetapi, anda pun akan dianjurkan dokter untuk melakukan operasi sebab amandel terlalu sering kambuh dan semakin parah. Demikian tips kesehatan dari tim Tenggorokan.COM semoga membantu anda .

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon