Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Dengan Cepat Pada Malam Hari Dan Saat Puasa

Loading...
loading...
Ketika bulan puasa tiba, banyak yang mencari cara mengatasi tenggorokan gatal. Wajar saja, ketika menjalani puasa dibulan ramadhan, kita makan besar selepas sholat maghrib atau sepulang tarawih. Sisa makanan bisa saja menyebabkan tenggorokan gatal pada malam hari yang menyebabkan ketidaknyamanan. Meskipun bukan sakit berbahaya, namun sebaiknya diatasi agar kita bisa beraktifitas dengan lebih leluasa dan nyaman.

Banyak cara mengatasi tenggorokan gatal yang akan kita bahas. Karena ini bukan merupakan sakit kronis, sangat jarang orang yang mengalami gatal tenggorokan dan meminta resep dari dokter. Biasanya cara-cara alami lebih dipilih karena selain praktis, juga tidak membutuhkan biaya yang besar seperti jika memeriksakan diri ke dokter. Bahan-bahan alami disekitar rumah bisa dimanfaatkan untuk bisa mengobati tenggorokan yang gatal dengan efektif.

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Dengan Cepat Pada Malam Hari Dan Saat Puasa

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Dengan Cepat Pada Malam Hari Dan Saat Puasa
Inilah beberapa tips bagaimana cara mengatasi tenggorokan gatal yang bisa dicoba sendiri dirumah. Cara-cara yang akan dijelaskan hanya menggunakan bahan-bahan alami sehingga tidak perlu khawatir akan efek samping negatif. Semua bahan aman dan tidak membahayakan kesehatan. Ini dia beberapa tipsnya:
  • Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Dengan Air Garam

Garam dapat mengurangi volume lendir yang seringkali menjadi biang gatalnya tenggorokan yang menjengkelkan. Dahak juga mampu memperburuk peradangan karena mengandung bakteri. Oleh karena itu, menggunakan garam untuk menghilangkan tenggorokan gatal adalah hal tepat. Sejak dahulu kala, garam memang terkenal bermanfaat tidak hanya untuk melezatkan hidangan namun juga menyehatkan.
Menggunakan garam sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal yakni dengan menyiapkan segelas air hangat. Lalu tambahkan setengah sampai satu sendok teh garam. Aduk sampai garam benar-benar larut. Kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur namun tidak perlu ditelan. Ulangi cara ini dalam sehari sampai tenggorokan tidak gatal lagi.

  • Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal  dan batuk berdahak Dengan Madu

Madu selain enak juga berkhasiat. Ia mengandung banyak senyawa yang aktif dalam meningkatkan kesehatan dan memerangi ragam bakteri dan virus. Untuk itu, madu juga bisa meredakan tenggorokan gatal. Sifatnya sebagai anti-bakteri dan anti-inflamasi mampu menghilangkan bakter jahat di tenggorokan sehingga gatal bisa berkurang.
Untuk menggunakannya sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal yakni bisa dengan mencampur satu sendok makan madu bersama segelas air hangat. Atau, bisa juga dengan mencampur madu bersama dengan secangkir teh hangat. Pastikan untuk menggunakan madu murni dan bukan madu yang telah dicampur pemanis buatan ataupun madu palsu.

  • Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Di Malam Hari Dengan Jahe

Jahe yang rasanya hangat ini tidak hanya bisa mengatasi masuk angin atau perut kembung saja. Ia juga mampu meredakan tenggorokan yang gatal bak disebabkan bakteri ataupun virus. Jahe juga mengandung anti-radang serta mampu melegakan pernafasan. Jika tenggorokan tiba-tiba gatal membandel dimalam hari maka tidak ada salahnya mencoba ramuan jahe untuk mengatasinya.
Caranya yakni membersihkan beberapa ruas jahe. Kemudian potong-potong jahe dan rebus dengan air. Setelah mendidih, biarkan airnya sesaat sampai suhunya turun. Kemudian minumlah air rebusan jahe tersebut secukupnya sampai tenggorokan merasa lega. Bisa juga menambahkan sedikit madu untuk menambahkan rasa yang lebih enak.

  • Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Dengan Kunyit dan Susu

Kunyit merupakan rempah asali Indonesia yang penuh manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Ia juga bermanfaat sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal yang ampuh karena senyawa-senyawa aktif yang terkandung didalamnya. Begitupun dengan susu, yang mampu menghilangkan bakteri jahat pada tubuh.
Caranya yakni mendidihkan susu cair pada panci. Kemudian masukkan potongan kunyit kedalam susu tersebut. Biarkan sampai mendidih lalu matikan api. Diamkan beberapa saat dan minum susu tersebut selagi hangat maka tenggorokan akan kembali membaik tanpa melibatkan obat-obatan berbahan kimia.

  • Cara Mengatasi Tenggorokan kering dan Gatal DenganAir putih

Sudah tidak asing lagi bukan mendengar air putih? Minuman yang murah meriah ini bisa didapat dimana saja dan kapan saja. Banyak manfaat dari air putih mulai dari menurunkan panas dalam, memperlancar metabolisme tubuh, sampai pada meredakan gatalnya tenggorokan. Maka, ketika tiba-tiba tenggorokan gatal  dan kering dimalam hari, segeralah minum air putih untuk meredakannya.

  • Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Dengan Permen Pelega Tenggorokan

Saat ini sudah banyak permen pelega tenggorokan yang mampu melegakan pernafasan serta meredakan tenggorokan gatal. Meskipun begitu, pilihlah permen yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti mint, dan tanaman herbal lainnya. Sehingga tidak ada efek negatif yang ditimbulkan selepas mengonsumsi permen tersebut. Pilih juga permen yang tidak mengandung pemanis buatan.

  • Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Dengan Cuka Apel

Cuka apel sudah menjadi hal yang tidak asing lagi. Ia banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan baik memasak ataupun alternatif untuk mempercantik diri. Namun manfaat lainnya yang tidak kalah hebat adalah ia bisa menjadi cara mengatasi tenggorokan gatal. Meskipun rasanya asam, namun kandungan alami dan berkhasiat didalamnya luar biasa.
Caranya mudah yakni dengan mencampur cuka apel secukupnya dengan air hangat dan minum perlahan agar bakteri penyebab gatal bisa diberantas. Jika dirasa terlalu masam untuk dikonsumsi, tidak apa untuk menambahkan sedikit madu karena madu juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan tenggorokan. Pastikan menggunakan air hangat dan bukannya air panas.

  • Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Dengan Pelembab Udara

Didaerah yang terlampau dingin biasanya bisa mengurangi kelembapan udara. Hal ini bisa menyebabkan tenggorokan kering dan gatal. Maka dengan menempatkan alat pelembab udara diharapkan dapat membantu mengurangi gatalnya tenggorokan. Kalaupun tidak ada alat seperti itu, kita bisa menghisap uap dari semangkok air panas ketika tenggorokan gatal tiba-tiba.

Cara Mencegah Tenggorokan Gatal dan Batuk : Pencegahan

Setelah diuraikan cara mengatasi tenggorokan gatal diatas, kini saatnya kita untuk mengetahui bagaimana mencegah agar gatal tidak kembali menyerang tenggorokan khususnya pada malam hari atau saat puasa.

  1. - Teliti Memilih Makanan
    Saat makan malam ataupun berbuka puasa sebaiknya kita berhati-hati memilih makanan yang akan dikonsumsi. Hindari makanan berlemak dan berminyak karena ia akan menyebabkan gatal ditenggorokan. Hindari pula makanan atau minuman yang terlalu manis karena mampu merangsang produksi lendir penyebab gatal.
  2. - Hidrasi Tenggorokan Dengan Baik
    Meskipun puasa tubuh kita harus tetap terhidrasi dengan baik. Maka pastikan asupan air putih tercukup. Minumlah air putih 2 gelas ketika sahur, 4 gelas diwaktu berbuka dan 2 gelas sebelum tidur. Hal ini dapat mencegah tenggorokan kering yang biasanya menjadi penyebab tenggorokan gatal.
  3. - Hindari Minuman Teh, Kopi, dan Soda
    Ketiga minuman diatas mengandung kafein yang akan membuat kita dehidrasi. Maka, jangan terlalu sering mengonsumsi minuman tersebut jika tidak ingin mengalami tenggorokan gatal. Ini juga bisa menjadi cara mengatasi tenggorokan gatal.
Diserang oleh tenggorokan gatal ketika sedang tidur ataupun berpuasa akan menganggu. Maka sebaiknya hindari makanan ataupun minuman pemicunya. Namun jika gatal terus berlanjut bisa mencoba menggunakan bahan-bahan yang telah disebutkan diatas yang merupakan bahan alami. Demikian informasi mengenai cara mengatasi tenggorokan gatal beserta tips untuk mencegahnya datang kembali. Semoga bermanfaat. Dan selamat Menunaikan Ibadah Puasa  dari Tenggorokan.COM.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon