14 Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan Dengan Cepat Dan Alami

Loading...
loading...
Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan . Jika ditanya tentang pernah atau tidaknya mengalami sakit tenggorokan, mungkin semua orang pasti akan mengangguk mengatakan bahwa mereka pernah mengalaminya. Hal ini disebabkan sakit tenggorokan kerap kali muncul karena berbagai faktor misalnya karena pilek, karena terkena polusi atau karena sakit maag dan panas dalam. Tetapi, yang paling sering adalah sakit tenggorokan yang disebabkan oleh flu. Tidak heran bahwa ketika sakit tenggorokan menyerang, rasa tidak nyaman membuat para penderitanya segera mencari Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan.

Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan Dengan Cepat Dan Alami
14 Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan Dengan Cepat Dan Alami

Bakteri dan virus adalah penyebab utama sakit tenggorokan yang menyerang tubuh. Bakteri atau virus tersebut bisa masuk melalui saluran tenggorokan. Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan sebenarnya tidak harus langsung diberikan obat. Bahkan, ada beberapa cara alami yang sederhana tetapi efektif dan bisa diterapkan di rumah agar penderita segera membaik. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Susu hangat dan madu
Meminum susu hangat dan madu sangat membantu guna mengurangi rasa sakit terutama di tenggorokan. Susu dapat membuat penderita merasa rileks, sedangkan madu memiliki kandungan antibakteri dan anti infamasi yang dapat meringankan sakit tenggorokan karena iritasi dan peradangan sekaligus membasmi bakteri yang ada didalamnya.

2. Air garam hangat
Banyak sekali berbagai situs kesehatan menyarankan agar penderita sakit tenggorokan mendapatkan perawatan dengan air garam hangat. Garam dapat membasmi semua kuman yang ada dalam mulut termasuk mengatasi serangan virus dan bakteri yang ada di tenggorokan.
Caranya: campurkan segelas air hangat dengan garam sebanyak 1/2 sdt. dan gunakan sebagai obat kumur sehari dua kali. Cara ini terbilang instan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Selain itu, garam juga selalu ada di dapur.

3. Perbanyak minum air hangat
Air hangat sangat efektif untuk meredakan tenggorokan yang sakit atau mengatasi tenggorokan yang gatal. Air hangat juga dapat melegakan tenggorokan yang sedang meradang. Memperbanyak minum air hangat juga sangat membantu penderita merasa lebih nyaman dan melegakan tenggorokan penderita. Selain itu, air hangat bisa menjadi cara untuk menjaga tenggorokan agar tidak kering sehingga tidak semakin sakit karena infeksi.

4. Konsumsi sayur dan buah
Sayur dan buah sangat disarankan sebagai Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan. Dalam sayur dan buah, terdapat kandungan berbagai vitamin termasuk vitamin C yang dapat membantu tubuh untuk mengembalikan daya tahan tubuh sehingga secara bertahap mampu membasmi virus atau bakteri yang sudah masuk. Buah dan sayur adalah asupan penting untuk tubuh dengan niai gizi dan nutrisi yang tinggi.

5. Hindari lingkungan yang kurang sehat
Lingkungan yang kurang sehat tidak akan mendukung proses penyembuhan sakit tenggorokan yang dialami oleh penderita. Lingkungan yang kurang sehat adalah lingkungan dengan tingkat polusi yang tinggi seperti debu dan asap. Selain menimbukan iritasi lebih lanjut pada tenggorokan, tentu akan semakin membuat parah kondisi tenggorokan penderita. Pastikan bahwa penderita terbebas dari lingkungan yang dipenuhi dengan asap rokok pula.

6. Hentikan kebiasaan buruk
Agar sakit tenggorokan tidak semakin parah, dibutuhkan tekad yang kuat dengan menghentikan semua kebiasaan buruk penderita mulai dari merokok, minum minuman beralkohol, tidur harus lebih teratur, hindari tubuh untuk tidak stress, makan-makanan yang sehat, tidak lagi mengkonsumsi gorengan dan banyak lainnya sebagai cara menghilangkan sakit tenggorokan dan pilek.

7. Biarkan tenggorokan penderita beristirahat
Saat tenggorokan sedang sakit, pastikan bahwa tenggorokan beristirahat dulu. Caranya adalah tidak banyak bicara, bicara saat yang perlu saja, tidak membentak, teriak-teriak atau bernyanyi. Dengan cara ini, tenggorokan bisa akan pulih lebih cepat.

8. Makan permen pelega tenggorokan
Jika tenggorokan terasa sakit dengan gejala yang ringan, penderita bisa diberikan permen pelega tenggorokan. Permen ini bukan seperti permen biasanya, sebab ada kandungan mint yang sangat membantu meredakan sakit tenggorokan. Permen tersebut juga bisa ditemukan di apotik atau di toko.
9. Kurangi penggunaan pelembab udara
Untuk penderita tenggorokan kronis, sebaiknya mengurangi hal-hal yang menimbulkan iritasi pada tenggorokan yakni dengan mengurangi penggunaan pelembab udara di dekat tempat tidur.

10. Konsumsi kunyit
Kunyit bisa digunakan sebagai Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan jika dikonsumsi secara rutin dan teratur.

Caranya:
Parut kunyit dan air perasannya dicampur sedikit garam. Minumkan pada penderita.

11. Kunyah cengkeh
Cengkeh juga dapat mencegah iritasi berlanjut pada tenggorokan. Walaupun mengkonsumsi cengkeh dapat menimbulkan rasa panas pada awalnya, namun sensasi tersebut hanyalah sebentar. Setelah itu, tenggorokan penderita akan terasa lebih membaik karena merupakan Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan alami.

12. Madu jahe
Obat lainnya yang juga efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah dengan mencampurkan madu dan jahe. Madu memiliki khasiat sebagai anti inflamasi dan anti bakteri. Sehingga, sangat bagus diberikan saat tenggorokan sedang sakit. Sedangkan jahe dapat merangsang dahak agar bisa dikeluarkan terutama jika tenggorokan yang sakit disertai batuk.

Caranya:
Potong jahe kecil-kecil dan buat juice. Gunakan juicer dan tambahkan madu. Buat campuran tersebut 2 sendok makan dan minum setiap hari. Perlu dicatat bahwa madu juga dapat menyebabkan alergi. Bahkan, madu tidak disarankan untuk diberikan pada balita dan bayi.

13. Cuka sari apel
Solusi lainnya adalah cuka sari apel yang bekerja untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

Caranya:
Campurkan 1 sendok makan cuka sari apel dengan 1 sendok makan madu dalam 1 gelas air hangat. Aduk sampai rata dan minum perlahan.

14. Air kelabet
Air kelabet memiliki khasiat untuk menenangkan tenggorokan sebagai Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan secara alami lainya .

Caranya:
Ambil 1 sendok teh dalam air dan didihkan di atas kompor dengan api sedang. Jika air telah berubah kuning dan tampak mendidih, matikan kompor dan saring air tersebut. Minum selagi hangat.
Sakit tenggorokan memang dikarenana adanya peradangan di faring yang bisa muncul karena serangan bakteri atau virus. Tetapi, jika disebabkan oleh virus maka tidak bisa diobati dengan antibiotik. Sehingga, antibiotik bukanlah solusi yang tepat sebagai Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan tradisional nenek moyang yang disebabkan oleh virus. Berbeda jika penyebabnya adaah streptococcus pyogenes yang merupakan bakteri.

Biasanya, penderita akan merasakan demam, malaise dan sakit kepala. Untuk mengobati hidung tersumbat dengan antibiotik, dibutuhkan resep dari dokter. Jika dalam tiga hari tenggorokan yang sakit belum juga diobati, maka harus segera berkonsultasi dengan dokter. Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1 minggu paling cepat. Namun, jika tenggorokan yang sakit tidak kunjung sembuh bahkan hingga berminggu-minggu, maka harus segera periksa ke dokter. Pada bayi dan balita, dibutuhkan penanganan yang cepat. Jika anak tampak kesakitan, tidak mau makan, tidak mau minum ASI dan terus menangis, sangat dianjurkan untuk segera mendapatkan bantuan medis. Sebab, menggunakan cara alami tidak lebih cepat dibandingkan menggunakan obat-obatan.
Itulah informasi tentang Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan dengan cepat dan alami jika anda mengalami sakit tenggorokan lagi jangan lupa kunjungi Tenggorokan.Com . Semoga membantu!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon