Cara Menyembuhkan Amandel Secara Alami dan Cepat Tanpa Operasi

Loading...
loading...
Salah satu bagian dari tenggorokan yang merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia adalah amandel. Amandel terletak di bagian belakang rongga mulut memiliki dua pasang bagian kiri dan kanan. Pasangan amandel sering dioperasi jika amandel yang diderita seseorang telah mengalami pembengkakan atau peradangan, sehingga sulit bagi seseorang untuk menelan makanan. Bila sudah terjadi hal demikian, maka amandel harus segera diobati. Nah, bagaimana cara menyembuhkan amandel? Pada uraian dibawah ini akan kami sajikan beberapa caranya.

Cara Menyembuhkan Amandel Secara Alami dan Cepat Tanpa Operasi

Cara Menyembuhkan Amandel Secara Alami dan Cepat Tanpa Operasi
Amandel adalah salah satu jenis penyakit dan masalah kesehatan, yang dapat mengakibatkan dampak negatif dan gangguan pada saluran THT (Telinga, Hidung dan Tenggorokan). Penyakit ini bisa menyerang usia anak-anak maupun orang dewasa, dalam istilah medis amandel sering disebut sebagai tonsilitis disebabkan sebagai akibat dari radang amandel, yang dipicu oleh beberapa faktor seperti disebabkan oleh virus yang berlebihan dan bakteri yang masuk melalui hidung dan mulut.

Penyakit amandel atau tonsilitis adalah peradangan yang terjadi pada amandel, yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Karena amandel merupakan bagian dari mulut yang memiliki peran besar dalam melindungi mulut, sebagai alat skrining dan pelindung dari bakteri dan virus, yang dapat menyebabkan infeksi atau peradangan pada amandel yang masuk melalui mulut dan hidung. Ketika amandel menyerang maka si penderita akan mengalami kesulitan bernapas dan sakit saat menelan makanan.

Cara menyembuhkan Amandel Secara Alami


Bagaimana cara menyembuhkan amandel dengan cepat tanpa operasi?, peradangan yang terjadi di daerah amandel atau tonsil yang disebabkan oleh virus. Amandel biasanya lebih sering terjadi pada anak - anak meskipun orang dewasa juga kadang-kadang terjadi. Amandel atau tonsil itu sendiri adalah organ yang berfungsi sebagai pertahanan pertama dari tubuh kita terhadap kuman, karena amandel adalah salah satu imunitas tubuh, sehingga sangat berbahaya sekali ketika amandel telah dihilangkan.
Untuk cara mengecilkan amandel yang sudah besar tidak perlu dengan cara operasi atau pengangkatan amandel. pengobatan tonsil dapat cukup memakan bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan, rempah-rempah, dan buah-buahan, yang dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan amandel secara alami.

Bila amandel masih pada taraf ringan sebaiknya Anda memilih cara menyembuhkan amandel Tanpa Operasi dengan cara alami. Sebenarnya, tanpa tonsilektomi amandel dapat disembuhkan. Sebelum membahas bagaimana memperlakukan tonsilitis, saya kira Anda juga perlu tahu apa tAnda - tAnda radang tonsil. Beberapa tanda-tanda radang tonsil, antara lain:

1. amandel atau tonsil kemerahan
2. Pusing
3. Kesulitan bernapas dan menelan makanan
4. Demam
5. Nafas bau
6. Suara serak atau nada hidung
7. Mual kadang-kadang disertai muntah, Silahkan lihat juga: Gejala, Penyebab, Larangan Sakit Amandel Tidak Boleh Makan Apa

Cara Menyembuhkan Amandel Cepat Tanpa Operasi

Dengan bahan-bahan yang masih alami, tonsillitis atau radang amandel ringan bisa disembuhkan dengan bahan-bahan alami, bahkan bisa sembuh dengan sendiri. Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati amandel yang sedang meradang yakni sebagai berikut:

1. Perbanyak Minum Air
Perbanyaklah asupan air, setiap hari setidaknya Anda harus minum 8 gelas air, jika kondisi Anda sakit harus minum lebih banyak. Jadi racun dalam tubuh keluar bersama dengan urin saat kandung kemih.

2. Konsumsi Vitamin C
Kita tahu bahwa vitamin C selain berfungsi untuk mencerahkan kulit, juga berfungsi memperbaharui sel - sel tubuh yang rusak saat kita sakit. Dengan meningkatkan konsumsi vitamin C ketahanan tubuh akan menjadi lebih baik, dan Anda akan cepat sembuh dari penyakit.

3. Konsumsi mengkudu
Buah dengan rasa tidak enak memang memiliki banyak manfaat untuk penyakit. Mengkudu juga memiliki sifat menyembuhkan amandel yang Anda derita. Berikut adalah cara untuk membuat. bahan yang dibutuhkan yakni 2 buah mengkudu yang sudah matang dan madu murni secukupnya.
Cara membuat ramuan ini yakni buah mengkudu yang matang dicuci dan kemudian dihancurkan dan diputar di ambil airnya. lalu tambahkan sedikit air hangat, kemudian tempatkan dalam gelas dan campurkan dengan madu dan aduk sampai rata. Sebelum diminum gunakan ramuan ini untuk berkumur dan kemudian minum. Lakukan setiap 3 kali sehari.

4. Konsumsi Jeruk nipis
Berikut adalah cara untuk membuat obat tonsillitis atau radang amandel dengan menggunakan jeruk nipis. Bahan perlu sobat sediakan antara 3 buah lemon dan limau sirih secukupnya. Cara membuat antara lain diperas air jeruk nipis dan mengambil air dan campur dengan sedikit kapur sirih, aduk sampai merata. Minum sebelum tidur lakukan selama 3 malam berturut-turut - turut.

Jeruk nipis adalah bahan pertama yang dapat membantu Anda menyembuhkan amandel yang Anda miliki. jeruk nipis dapat membuat peradangan dan infeksi yang terjadi pada tonsil berkurang dan akhirnya akan sembuh. Kandungan vitamin C adalah sama dengan kandungan gizi tomat yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh.

5. Jahe
Jahe memiliki sifat anti inflamasi, yang dapat mengurangi gejala-gejala yang dapat disebabkan oleh tonsilitis yang diderita. Cara membuatnya yakni, rebuslah air jahe untuk mengobati tonsillitis Anda, kemudian dapat ditambahkan madu atau bahan lainnya, kemudian minum secara teratur, maka amandel Anda akan segera sembuh.
Selain itu, manfaat jahe juga sangat baik untuk mengurangi gejala asma untuk meringankan tenggorokan.

6. Madu
Madu memang memiliki sifat yang sangat baik untuk tubuh. Tapi ternyata madu juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan radang amandel yang Anda derita. Madu dapat langsung diminum atau bisa dicampur ke dalam beberapa jenis obat-obatan herbal. Ini akan membantu menyembuhkan gejala tonsilitis atau radang amandel yang Anda derita.

Nah, itu beberapa cara menyembuhkan amandel dengan bahan tradisional tanpa operasi. Cara menghilangkan amandel secara alami dengan obat herbal. pengobatan herbal ini dapat terus digunakan sebagai pengobatan alternatif yang diberikan oleh dokter. Tapi Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter untuk lebih aman.

Beberapa cara menyembuhkan amandel tersebut bisa Anda coba untuk menyembuhkan tonsillitis atau amandel yang Anda derita. Tapi ingat, jika Anda memiliki tonsilitis atau amandel dalam kategori kronis, maka tidak ada pilihan lain selain operasi. Operasi pada amandel mungkin berisiko, tapi itu satu-satunya cara untuk menyembuhkan tonsilitis akut.

Dengan mengetahui beberapa cara dalam menyembuhkan penyakit amandel seperti yang kami sajikan diatas, maka Anda bisa menghindari jalan operasi yang bisa jadi berdampak buruk bagi Anda.
Amandel sebenarnya bukan nama penyakit, tapi nama organ tubuh. Setiap orang pasti memiliki amandel, jika penyakit amandel ini biasanya dalam bahasa kedokteran disebut tonsilitis atau radang amandel. Jadi jangan salah paham. 

Demikian artikel tentang cara menyembuhkan amandel, semoga pembahasan ini dapat menjadi referensi bagi Anda semuanya yang menderita penyakit amandel. Semoga tulisan Tim Tenggorokan.COM  ini dapat bermanfaat bagi semuanya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon