11 Cara Menyembuhkan Cegukan Paling Ampuh & Paling Mujarab Sampai Berhenti

Loading...
loading...
Dibutuhkan Cara Menyembuhkan Cegukan yang paling mujarab dan efektif. Pasalnya, cegukan tidak memiliki pengobatan secara pasti. Biasanya setiap irang memiliki cara tersendiri untuk menghentikan cegukan. Cegukan bisa berlangsung sebentar dan tiba-tiba begitu saja datangnya. Ada yang mengalaminya selama beberapa menit sampai beberapa jam lamanya. Ada juga yang mengalaminya selama satu sampai dua hari. Namun sudah dipastikan hampir semua orang pernah mengalaminya.

Cara Menyembuhkan Cegukan Paling Ampuh & Paling Mujarab  Sampai Berhenti

Cara Menyembuhkan Cegukan Paling Ampuh & Paling Mujarab  Sampai Berhenti
Secara medis, cegukan terjadi sebagai akibat dari otot diafragma dan dada yang berkontraksi. Untuk penyebab terjadinya kontraksi tersebut bermacam-macam. Siapapun bisa mengalami cegukan secara tidak terduga. Mulai dari bayi sampai orang dewasa bisa mengalami yang namanya cegukan. Meskipun begitu, tidak ada cara yang benar-benar mutlak untuk meredakan cegukan itu sendiri. Sampai saat ini ada beragam Cara Menyembuhkan Cegukan yang dipercaya dikalangan masyarakat.

Cara Menyembuhkan Cegukan Paling Mujarab

Karena ada begitu banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk menghentikan cegukan, maka kami akan memberikannya semua disini. Mungkin saja salah satunya bisa anda aplikasikan sendiri jika mengalami cegukan. Ini dia beberapa diantaranya:

1. Meregangkan Otot Perut
Karena cegukan disebabkan oleh adanya kontraksi otor perut dan dada. Maka sebaiknya melakukan peregangan ringan untuk menenangkan otot-otot tersebut. Caranya bisa dengan berbaring kemudian posisikan agar tubuh telungkup. Pertahankan posisi telungkup ini selama beberapa saat bisa satu sampai tiga menit.
Cara Menyembuhkan Cegukan dengan meregangkan otot lainnya yakni dengan melakukan posisi duduk. Lalu tekuklah badan sampai perut nenyentuh bagian lutut. Lalu angkat kembali dan tekuk kembali. Ulangi 5 sampai 8 kali agar otot diafragma dan dada lebih rileks dan cegukan bisa berhenti.

2. Bernafas Dengan Benar
Cara lainnya untuk menyembuhkan cegukan yaitu dengan bernafas yang benar. Caranya, tarik nafas melalui hidung dan buang melalui mulut. Ulangi hal ini beberapa kali hingga cegukan mereda. Cara bernafas lainnya yang bisa dipraktekkan yaitu dengan bernafas didalam kantong plastik. Cegukan bisa disebabkan oleh terlalu banyak oksigen didalam perut. Maka dengan bernafas didalam kantong plastik kita bisa menurunkan kadar oksigen dan meningkatkan kadar Co2.

3. Makan Gula Batu atau Gula Pasir
Gula mampu digunakan sebagai Cara Menyembuhkan Cegukan yang mujarab. Gula mampu memberikan sinyal pada otot-otot yang berkontraksi untuk lebih rileks melalui saraf-saraf yang terhubung. Dengan begitu otot akan lebih tenang dan kontraksi pun berhenti. Dengan otomatis, cegukan pun bisa hilang.
Caranya cukup mudah yakni dengan mengunyak satu sendok teh gula pasir atau mengunyah sedikit gula batu. Kemudian telanlah gula yang sudah dikunyah tersebut secara perlahan. Maka cegukanpun akan hilang dalam waktu beberapa menit saja. Sebaiknya tidak mengganti gula dengan permen biasa karena permen biasanya mengandung pemanis buatan yang bisa mengganggu tenggorokan.

4. Minum Air Putih
Air putih adalah obat untuk berbagai masalah kesehatan termasuk cegukan. Untuk menghentikan cegukan, minumlah air putih yang cukup karena cegukan bisa disebabkan karena kekurangan cairan. Untuk suhunya sendiri bisa memilih antara air hangat atau air es. Keduanya dipercaya efektif sebagai Cara Menyembuhkan Cegukan.
Namun tidak dianjurkan untuk meminum kedua jenis air tersebut pada waktu yang bersamaan karena suhu yang ekstrim justru bisa memicu terjadinya cegukan. Pilihlah apakah akan menggunakan air putih bersuhu hangat atau dingin untuk meredakan cegukan yang anda alami. Kemudian minumlah air secara perlahan dan tidak tergesa-gesa.

5. Konsumsi Cuka atau Lemon
Yang bercita rasa masam juga dipercaya mampu meredakan cegukan. Untuk menghentikan cegukan, kita bisa mengecap cuka. Tidak perlu banyak-banyak cukup mencicip satu tetes cuka saja dilidah dan menelannya. Rasa masamnya yang tajam mampu menyembuhkan cegukan dengan cepat.

Jika cuka dirasa terlalu masam dan berbau tajam, maka kita bisa menggunakan lemon. Aromanya tidak menganggu dan memberikan sensasi segar. Caranya mudah. Peras satu buah lemon berukuran sedang. Kemudian campur air perasan lemon tersebut dengan segelas air hangat. Bisa juga ditambahkan madu agar rasanya menjadi lebih enak. Kemudian minum perlahan.

6.Cara Menyembuhkan Cegukan Menggunakan Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih bisa menjadi Cara Menyembuhkan Cegukan yang mujarab. Sensasi hangatnya bisa meredakan otot-otot disekitar dada dan perut dan menghentikan kontraksi. Menggunakannya mudah saja. Cukup dengan mengoleskan minyak kayu putih disekitar dada dan perut maka cegukan bisa berhenti. Aromanya yang hangat dihirup oleh saluran pernapasan mampu membuat pernapasan lebih lega dan teratur.

7. Mengunyah Makanan Padat
Mengunyah makanan padat juga bisa menyembuhkan cegukan. Contoh makanan padat seperti roti. Makanan padat dipercaya mampu mengatur irama kontraksi otot perut sehingga kontraksi perlahan mereda dan cegukanpun berhenti. Cukup dengan mengunyah satu lembar roti tawar ketika terjadi cegukan. Atau, jika tidak ada roti tawar biasa, bisa juga mengunyah roti kering.

8. Berenang
Berenang bisa menjadi salah satu Cara Menyembuhkan Cegukan yang paling efektif. Dengan berenang maka otot-otot perut bisa bereaksi dengan baik karena mengalami peregangan. Berenang selama 10-20 menit bisa menyembuhkan cegukan yang terjadi. Selain bisa menyembuhkan cegukan, berenang tentunya bisa menjadi kegiatan olahraga yang menyenangkan dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan.
Baca juga :Gejala, Penyebab Cegukan Dan Cara Mengatasinya Dengan Benar

Cara Menyembuhkan Cegukan Lainnya

Selain beberapa cara diatas, masih ada beberapa cara lagi untuk menghilangkan cegukan, seperti:

9.  Membalikkan posisi tubuh yakni dengan memposisikan kaki ke atas dan kepala ke bawah. Hal ini bisa membuat peredaran darah lancar dan mengurangi kontraksi otot perut. Tidak perlu berlama-lama, cukup lakukan latihan ini tiga sampai lima menit saja.

10. Minum dengan satu kali napas juga dipercaya masyarakat sebagai Cara Menyembuhkan Cegukan yang paling mujarab. Ambillah 3/4 air putih hangat. Kemudian minumlah air tersebut dalam satu tegukan tanpa bernafas. Namun tidak usah melakukannya dengan terburu-buru. Hal ini dilakukan untuk meregangkan otot diafragma yang sedang kontraksi.

11. Tarik nafas secara mendalam kemudian tahan napas pada otot diafragma selama beberapa saat misalnya 20-30 detik. Kemudian buang nafas secara perlahan melalui mulut. Ulangi cara ini beberapa kali sampai cegukan benar-benar menghilang.

Selain mengetahui metode penyembuhan cegukan, ada baiknya juga untuk kita mengetahui beberapa hal penyebab cegukan agar kita bisa menghindarinya, seperti:

  • Makan dengan terburu-buru.
  • Mengonsumsi makanan yang terlalu pedas.
  • Minum sambil berbicara.
  • Kedinginan.
  • Kekurangan cairan tubuh.
  • Tertawa terlalu keras.
  • Makan atau minum secara berlebihan.
  • Minum air dingin setelah makan makanan terlalu panas ataupun pedas.

Itulah informasi seputar cegukan. Sebenarnya cegukan bisa dicegah dengan kita menerapkan pola makan dan minum yang baik dan tidak berlebihan ataupun tergesa-gesa. Dengan begitu otot-otot perut dan dada tidak akan kaget dan berkontraksi mendadak. Semoga beberapa Cara Menyembuhkan Cegukan terus pada orang diatas beberapa diantaranya bisa menjadi cara andalan anda untuk menghentikan cegukan. Jika anda suatau saat cegukan lagi jangan lupa kunjungi Tenggorokan.COM . Selamat Mencoba!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon