Tanda2 Ciri Ciri Kanker Tenggorokan Dan Cara Mencegahnya di Stadium Awal , Akibat Rokok dan Alkohol

Loading...
loading...
Ciri Ciri Kanker Tenggorokan. Ketika terdapat tumor yang tumbuh dan terus berkembang di bagian tenggorokan baik di sekitar tonsil, laring atau faring, maka penderita mengalami kanker tenggorokan. Kanker ini hampir sama dengan kanker mulut dan kanker lidah. Umumnya, kanker tenggorokan menjangkit para penderita yang memiliki jenis karsinoma sel skuamosa. Ada beberapa jenis kanker tenggorokan, semua tergantung pada lokasi dan bagian mana yang diserang kanker tersebut. 

Tanda2 Ciri Ciri Kanker Tenggorokan Dan Cara Mencegahnya

Tanda2 Ciri Ciri Kanker Tenggorokan Dan Cara Mencegahnya
Berikut Ciri Ciri Kanker Tenggorokan:

1. Jika menyerang tenggorokan bagian atas tepatnya di bagian belakang hidung, maka disebut kanker nasofaring.
2. Jika menyerang tenggorokan bagian tengah, tepatnya di bagian belakang lidah maka disebut kanker orofaring.
3. Jika menyerang tenggorokan bagian bawah, maka disebut kanker hipofaring.
4. Jika menyerang pita suara, maka disebut kanker laring.

Sangat amat penting bagi siapapun untuk mempelajari Ciri Ciri Kanker Tenggorokan, seperti dari gejalanya. Ada beberapa gejala umum yang sering penderita kanker tenggorokan rasakan seperti misalnya sulit menelan, tenggorokan terasa sakit, batuk kronis, suara berubah, telinga sakit dan berdengung, ada benjolan yang tidak kunjung hilang dan sembuh, berat badan menurun drastis secara tidak jelas dan ada pembengkakan mulai dari leher, tenggorokan, rahang juga mata.

Jika dipelajari dari gejala tersebut, sepintas gejalanya mirip dengan masalah kesehatan lainnya. Sehingga, Ciri Ciri Kanker Tenggorokan cenderung sulit dideteksi. Oleh karena itu, disarankan agar tetap waspada dan terus memeriksakan diri ketika terdapat benjolan dan mengalami berbagai gejala seperti di atas. Apalagi jika tidak kunjung membaik dan terus berlanjut semakin parah.

Kanker tenggorokan muncul karena adanya mutasi pada sel-sel. Mutasi tersebut membuat sel-sel terus berkembang dan tidak terkendali. Sampai saat ini, penyebab dari mutasi sel-sel masih belum diketahui secara pasti tetapi banyak dugaan penelitian yang dapat meningkatkan resiko bahwa seseorang bisa terkena kanker tenggorokan mulai dari kondisi medis, usia dan juga pola hidup.

Dalam kondisi medis, jika seseorang terkena infeksi virus HPV (human papillomavirus), penyakit asam lambung atau GERD maka dapat memicu kanker tenggorokan.

Sedangkan pada faktor usia, umumnya seseorang dengan usia di atas 60 tahun memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena kanker tenggorokan. Sebab, resiko akan terus meningkat seiring bertambahnya usia.

Jika disebabkan oleh pola hidup, seseorang yang pola hidupnya kurang sehat berpeluang terkena kanker tenggorokan seperti misalnya kurang mengkonsumsi buah dan sayur, selalu mengkonsumsi minuman keras dan mengkonsumsi tembakau baik dalam bentuk rokok atau dikunyah. mukin butuh mengetahu tanda dan gejala kanker tenggorokan silahkan baca : Gejala Kanker Tenggorokan Stadium Awal Dan Stadium 4 Cara Mengatasinya .

Lalu bagaimana mencegah Ciri Ciri Kanker Tenggorokan agar tidak muncul?

 Cara Mencegah Kanker Tenggorokan

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Hindari minuman beralkohol
Agar tidak terkena serangan kanker tenggorokan, anda harus menghindari minuman beralkohol. Dari banyak hasil penelitian, minuman beralkohol adalah pemicu penyakit kanker kerongkongan. Alkohol juga menjadi salah satu pemicu kanker payudara dan kanker lainnya.

2. Berhenti merokok
Sebaiknya anda segera berhenti merokok atau menghindarinya. Di dalam rokok terdapat berbagai kandungan kimia yang berbahaya untuk kesehatan. Sehingga, dapat mempengaruhi kinerja tenggorokan dan paru-paru. Untuk itu, sebaiknya tidak merokok jika tidak ingin terkena resiko kanker tenggorokan.

3. Teh hijau
Cara lainnya untuk mencegah kanker adalah dengan rajin mengkonsumsi teh hijau. Teh ini memiliki kandungan antioksidan yang bekerja dengan baik untuk membantu tubuh melawan kanker. Pastikan jika anda mengkonsumsi teh ini tanpa gula atau susu. Gula bisa diganti dengan madu.

4. Kurangi asupan gula
Asupan gula bisa merangsang pertumbuhan sel-sel kanker. Saat terdapat pertumbuhan sel-sel kanker dengan baik, maka bisa menjadi Ciri Ciri Kanker Tenggorokan atau tanda kanker tersebut menjangkiti anda. Gula adalah makanan sel-sel kanker. Dengan mengurangi asupan manis-manis mulai dari nasi, gula dan kentang, maka sudah pasti anda bisa mengurangi atau mencegah kanker tenggorokan.

5. Rajin mengkonsumsi sayuran hijau organik
Sayuran organik adalah sayuran yang kaya nutrisi. Sehingga, benar-benar dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, sayuran organik menjadi salah satu senjata ampuh agar tidak terkena serangan kanker. Sebab, sayuran hijau tidak terkena kandungan pestisida dan sangat bagus untuk melawan kanker. Untuk itu, jangan ragu mencoba mengkonsumsi sayuran hijau organik mulai dari sekarang.

6. Kurangi konsumsi daging merah
Daging merah dapat memacu kanker usus. Bahkan, daging merah mengandung lemak jenuh serta kolesterol jahat. Sehingga, dengan mengurangi mengkonsumsi daging merah, secara otomatis anda mencegah tubuh dari Ciri Ciri Kanker Tenggorokan yang muncul.

7. Makan ikan
Kandungan omega-3 dan asam lemak pada ikan sangat bagus untuk melawan kanker. Kedua kandungan tersebut dapat berperan penting guna melindungi dan mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Pastikan jika anda tidak memasaknya terlalu matang. Karena, dapat membuat nutrisi pada ikan menjadi hilang.

8. Konsumsi paprika
Paprika kuning dan merah memiliki kandungan lykopene. Lykopene bekerja untuk mencegah pertumbuhan kanker. Dengan mengkonsumsi paprika, resiko kanker bisa diturunkan. Tidak heran jika paprika selalu disarankan oleh para peneliti terutama untuk para pasien kanker.

9. Tetap bergerak dan berkeringat
Bantu tubuh untuk menghilangkan racun didalamnya dengan terus bergerak dan berkeringat. Berkeringat akan membuat tubuh tetap sehat dan rutin mengeluarkan racun. Olahraga secara teratur bisa dilakukan seperti jalan sehat atau lari-lari kecil setiap pagi. Tidak perlu berolahraga yang berat-berat agar keringat bisa cepat keluar. Pastikan tubuh merasa nyaman sehingga badan tidak malah pegal-pegal.

10. Makan bawang putih
Bawang putih adalah obat dari segala penyakit mulai dari sakit tenggorokan, sakit gigi dan sakit lainnya termasuk kanker tenggorokan. Kanker tenggorokan dapat dituntaskan dengan rajin mengunyah bawang putih karena kandungan allicin mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

11. Rajin minum air
Air selalu dibutuhkan untuk tubuh guna mencegah berbagai penyakit mulai dari yang ringan seperti panas dalam sampai yang berat termasuk kanker tenggorokan. Air mampu membantu tubuh mengeluarkan racun. Dengan meminum cukup air yakni 8 gelas setiap harinya, maka sistem tubuh bisa dibersihkan sehingga tidak ada racun yang mengendap. Rajin minum air sangat disarankan bagi semua kalangan.

12. Gunakan masker
Saat ini, berbagai macam polusi ada dimana-mana dengan emisi gas dan zat-zat beracun lainnya. Semua zat tersebut memiliki kontribusi besar terhadap seseorang sampai akhirnya terkena kanker tenggorokan. Untuk itu, perlu penggunaan masker saat sedang keluar rumah agar tidak terkena racun atau radikal bebas yang menyebar melalui udara.
Seperti yang sudah diungkapkan di atas bahwa Ciri Ciri Kanker Tenggorokan sangat sulit sekali terdeteksi. Cara pencegahan yang kita lakukan harus maksimal agar tidak dengan mudah terserang kanker tenggorokan yang tentunya akan merugikan aktivitas dan kehidupan kita sendiri. Pencegahan juga harus dilakukan sebagai tanda rasa syukur bahwa Allah menganugerahkan tenggorokan yang masih sehat, yang tidak sakit saat menelan dan tidak terasa panas, berbeda jika tenggorokan mulai terkena kanker. Sekian dari Tenggorokan.COM dan Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon