Cara Mengeluarkan Dan Cara Menghilangkan Lendir Di Tenggorokan Yang Susah Keluar

Loading...
loading...
Tidak ada yang lebih menjengkelkan dari Lendir Di Tenggorokan susah keluar. Keberadaannya sangat menganggu karena terasa gatal. Hal ini tentu saja mempengaruhi kinerja kita. Tidak nyaman rasanya jika terus menerus merasa ingin batuk karena tenggorokan yang gatal. Maka dari itu, mengeluarkan dan menghilangkan dahak haruslah segera dilakukan agar kita masih bisa beraktifitas seperti biasa.

Lendir di tenggorokan tidak hilang bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena infeksi bakteri ataupun virus. Hal yang ringan saja seperti mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak bisa merangsang produksi lendir. Biasanya lendir menjadi indikasi bahwa ada infeksi pada tenggorokan baik itu bakteri, jamur maupun virus. Namun tidak peduli apapun penyebabnya, mengeluarkan lendir adalah suatu keharusan sebelum sakit lainnya seperti radang tenggorokan menghampiri.

Cara Mengeluarkan Dan Cara Menghilangkan Lendir Di Tenggorokan Yang Susah Keluar

Cara Mengeluarkan Dan Cara Menghilangkan Lendir Di Tenggorokan Yang Susah Keluar
Untuk dapat menghilangkan Lendir Di Tenggorokan, kita bisa menggunakan obat-obatan tradisional yang terbuat dari bahan alami seperti berikut:

1.   Cara Menghilangkan Lendir Di Tenggorokan dengan Air Hangat
Air hangat bisa membantu mengeluarkan dahak atau lendir. Air hangat juga memberikan sensasi nyaman ditenggorokan dan dapat membuat pernafasan lebih lega. Ketika lendir terasa semakin banyak dan membuat gatal tenggorokan, minumlah air hangat secara perlahan. Dengan ini, produksi lendir bisa lebih ditekan karena saluran pernafasan lebih terbuka.

2. Cara Menghilangkan Lendir Di Tenggorokan dengan Uap
Lendir Di Tenggorokan bisa dihilangkan dengan menghirup uap dari air panas. Uap ini cara kerjanya hampir sama seperti air hangat tadi. Hanya saja uap ini dihirup melalui jalan pernafasan hidung. Dengan begitu uap panas tersebut bisa mendorong lendir. Uap juga bisa membantu mengencerkan dahak sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.
Cara yang dilakukan untuk menghilangkan lendir menggunakan uap ialah bisa dengan mengisi wadah dengan air panas. Kemudian hirup uapnya sampai tenggorokan merasa lega. Atau bisa juga dengan mengisi wada yang lebih besar dengan air panas. Kemudian tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Ruangan akan tersirkulasi dengan uap yang membantu untuk menghilangkan lendir.cara ini juga bisa diterapkan untu mengatasi lendir di tenggorokan bayi bunda .

3. Cara Menghilangkan Lendir Di Tenggorokan dengan Minum Ramuan Jahe
Jahe memiliki kandungan yang baik untuk menghangatkan tubuh. Sering juga digunakan sebagai bahan baku pada obat batuk berdahak karena sifatnya yang melegakan. Untuk menghilangkan Lendir Di Tenggorokan, kita bisa meminum ramuan jahe yang tidak hanya berkhasiat namun memiliki rasa yang enak.
Caranya yaitu dengan menyiapkan beberapa ruas jahe. Cuci bersih kemudian geprek. Lalu rebus sampai air mendidih. Kemudian minum ramuan tersebut selagi hangat setiap harinya. Untuk menambahkan rasa bisa menambahkan sedikit gula aren atau madu. Ulangi konsumsi ramuan ini dua sampai tiga jali sehari sebanyak 3/4 gelas berukuran sedang.

4. Cara Menghilangkan dahak Di Tenggorokan dengan Jeruk Nipis
Sama halnya seperti jahe yang seringkali digunakan sebagai bahan utama pada obat batuk berdahak, jeruk nipis juga mampu mengurangi lendir yang membandel di tenggorokan. Rasanya yang segar juga membuat kita tidak akan kesulitan untuk mengonsumsinya. Jeruk nipis juga mengandung vitamin C tinggi yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.
Untuk membuat ramuan penghilang lendir, kita bisa memeras satu buah jeruk nipis. Kemudian tambahkan air perasan tersebut pada segelas air hangat. Tambahkan setengah sendok makan madu agar rasa asamnya tidak terlalu kuat dan minum selagi hangat. Ulangi cara ini sehari dua kali, pagi dan sore hari.

5. Cara Mengeluarkan Di Tenggorokan dengan Daun Mint
Mint sering digunakan untuk produk-produk pelega tenggorokan seperti permen. Ia juga sering digunakan sebagai campuran pada obat batuk. Ia mampu menghilangkan Lendir Di Tenggorokan. Aromanya yang khas dan menyegarkan memang tepat untuk mengatasi keluhan lendir atau dahak pada tenggorokan.
Untuk membuat ramuan dari daun mint yaitu siapkan beberapa lembar daun mint atau sekita 5-7 lembar. Lalu cuci bersih daun mint dan remas sedikit agar aroma khasnya yang berkhasiat itu keluar. Lalu masukkan lembaran daun mint tersebut kedalam segelas air panas. Kemudian tunggu sampai suhu air menurun dan minumlah ramuan tersebut saat sudah hangat.

6. Cara Mengeluarkan Lendir Di Tenggorokan dengan Bawang Putih
Bawang putih memiliki kandungan antibiotik alami sehingga mampu menumpas bakteri penyebab datangnya lendir berlebih. Oleh karena itu, gunakan bawang putih ketika merasa sakit tenggorokan atau produksi lendir sedang meningkat. Kita bisa meminum jus bawang putih. Caranya tinggal blender 3-4 siung bawang putih dan campurkan 3/4 gelas air hangat. Atau kita juga bisa memakan bawang putihnya langsung.

Mencegah Datangnya Lendir Di Tenggorokan

Mengatasi lendir yang menganggu di tenggorokan bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami diatas. Namun akan lebih baik untuk melakukan pencegahan sebelum tenggorokan kita diserangoleh lendir yang menjengkelkan. Kita bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • - Hindari Makanan Terlalu Pedas
Makanan pedas bisa memicu adanya Lendir Di Tenggorokan maupun di jalur pernafasan lainnya seperti hidung. Meler setelah makan makanan yang pedas memang wajar dan akan menghilang dengan sendirinya. Namun jika ia terlalu pedas maka bisa menyebabkan radang tenggorokan. Sehingga pada awal gejalanya akan ada produksi lendir berlebih sebelum terasa rasa sakit ditenggorokan.

  • - Kurangi Makanan Berlemak
Sama halnya seperti makanan pedas, makanan berlemak akan menciptakan sensasi lengket di tenggorokan. Sehingga kemudian akan memicu lendir pada tenggorokan. Mengonsumsi makanan tentu diperbolehkan. Namun sebaiknya tidak mengonsumsinya terlalu sering.

  • - Perbanyak Minum Air Putih
Minum air putih yang banyak bisa membantu mencegah produksi lendir berlebih. Air putih memang memiliki khasiat yang banyak. Selain bisa mengurangi lendir, ia juga baik untuk mencegahnya datang. Selain baik untuk tenggorokan, air putih memang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  • - Kurangi Makanan Terlalu Manis
Bagi beberapa orang, mengonsumsi makanan manis memang menyenangkan dan mampu meningkatkan mood. Namun jika makanan yang dikonsumsi terlalu manis dan dikonsumsi secara berlebihan maka tenggorokan akan terasa gatal. Kemudian, Lendir Di Tenggorokan pada ibu hamil akan semakin banyak. Jika dibiarkan maka bisa menyebabkan batuk berdahak.

  • - Konsumsi Makanan Bersih
Saat ini kita bisa makan dimana saja. Mulai dari restoran mewah sampai pedagang kaki lima banyak yang menjajakan makanan lezat. Namun lezat saja tidak cukup. Kita harus memastikan makanan yang kita konsumsi sudah bersih dan aman untuk dikonsumsi. Pastikan untuk mencuci bersih bahan makanan yang akan kita olah untuk mencegah bakteri menginfeksi tenggorokan dan tubuh kita.
Selain itu, sebaiknya kita berhenti merokok apalagi jika lendir di tenggorokan bercampur darah  karena roko bisa menjadi pemicu sakit paru-paru yang akan mempengaruhi tenggorokan untuk memproduksi lendir sebagai akibat dari infeksi. Tenggorokan merupakan organ yang cukup vital untuk kita menjalani hari dengan fungsi yang maksimal. Selain untuk bernafas, ia membantu dalam memproduksi suara.

Maka kesehatan tenggorokan pun tidak seharusnya diabaikan. Menjaga tenggorokan agar tetap sehat bisa menjadi kunci agar tubuh kita sehat. Itulah hal-hal yang perlu kita ketahui tentang Lendir Di Tenggorokan, cara mencegahnya serta cara mengatasinya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon