Obat Amandel Untuk Anak Balita 2 Tahun Yang Bagus Alami dan di Apotik

Loading...
loading...
Sakit amandel juga disebut sebagai radang amandel yang merupakan penyakit pada amandel. Amandel terletak di bagian dalam mulut yang paling belakang dan mengapit pita suara. Jadi, yang ada di pinggiran kanan dan kiri tenggorokan dan letaknya di atas langit-langit mulut adalah amandel. Penyakit amandel bisa terjadi pada siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tidak heran, bahwa balita pun bisa terserang amandel. Obat Amandel Untuk Anak dibutuhkan ketika anak mulai rewel karena merasa sakit untuk menelan makanan dan minuman. Dalam kondisi yang parah, anak jadi tidak mau makan dan tubuh pun kekurangan asupan makanan. Dalam kondisi ini, anak tidak boleh makan makanan yang terlalu pedas, manis atau juga asin. Sebab, makanan-makanan tersebut menjadi pemicu penyakit amandel.

Obat Amandel Untuk Anak Balita 2 Tahun Yang Bagus

Obat Amandel Untuk Anak Balita 2 Tahun Yang Bagus Alami dan di apotik
Memang, pengobatan amandel bisa dilakukan dengan cara operasi di rumah sakit tepatnya di bagian THT. Atau, anda juga dapat menggunakan cara alami sebagai Obat Amandel Untuk Anak. Penyakit ini juga bisa kambuh kapan saja. Selain disebabkan oleh makanan, penyakit ini juga bisa dikarenaan adanya infeksi yang menjamur dan membuat radang amandel.

Ada beberapa gejala yang akan dirasakan oleh anak. Pertama, mungkin anak akan merasa sakit kepala. Sakit kepala muncul akibat anak kurang istirahat, aktivitasnya terlalu berat dan pola hidupnya kurang bagus. Kedua, penyebabnya adalah sesak napas. Berawal dari sesak napas, saluran pernapasan pun tersumbat sehingga dapat membuat bakteri dan virus mudah masuk. Masalah bau mulut juga bisa menjadi pertanda bahwa anak terkena radang amandel. Selanjutnya, ada gejala-gejala lain yang muncul seperti kelenjar getah bening yang membengkak yang disebabkan daya tahan tubuh melemah dan bakteri atau kuman masuk begitu saja. Bahkan, banyak anak yang terkena demam disertai tenggorokan terasa kering dan suara menjadi serak. Ketika anak sudah mengalami gejala tersebut, Obat Amandel Untuk Anak dari herbal dan alami bisa membantu sebagai penanganan pertama di rumah.

Obat Amandel Untuk Anak Balita 2 Tahun Secara Alami

Cara alami akan berkhasiat cukup bagus dan tinggi terutama jika dilakukan secara rutin dan teratur saat amandel sedang sakit sampai amandel jadi sembuh. Walaupun proses penyembuhannya bertahap, namun cara alami bisa menjadi solusi sebagai Obat Amandel Untuk Anak yang aman tanpa memberikan efek samping yang serius untuk kesehatan anak.

Berikut beberapa cara alami yang bisa dijadikan obat amandel bagi anak balita dan usia 2 tahun:
1. Minum jeruk nipis
Untuk menyembuhkan radang amandel, meminum air jeruk nipis sangatlah membantu. Sebab, jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak.

Caranya:
Ajak anak untuk rutin meminum perasan air jeruk nipis secara rutin. Untuk menambah rasa, campurkan dengan madu murni. Jeruk nipis memiliki kandungan anti-bakteri yang sangat baik untuk membasmi bakteri dan kuman di mulut dan amandel. Sedangkan madu murni membantu untuk meringankan peradangan.

2. Berikan jahe hangat
Sebagai rempah, jahe juga dapat dimanfaatkan sebagai Obat Amandel Untuk Anak. Caranya pun sangat mudah yakni dengan menyiapkan sedikit jahe dan dimemarkan. Masukkan dalam cangkir dan tambah air hangat serta madu. Berikan pada anak selagi hangat dan beri minuman ini secara rutin.

3. Wortel dan Bayam
Wortel dan bayam adalah dua sayuran yang bisa anda manfaatkan untuk menyembuhkan amandel si kecil. Cara ini tergolong alami dan praktis. Kandungan gizi dan vitamin pada wortel dan bayam sangatlah tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan amandel yang sakit.
Caranya: anda bisa membuatkan si kecil jus wortel dan juga jus bayam yang diminum setiap pagi. Atau, anda bisa mencampur kedua sayuran tersebut untuk direbus dan diberikan pada anak.

4. Sari cuka apel
Sari cuka apel adalah salah satu obat tradisional yang bisa digunakan untuk meredakan peradangan di tenggorokan karena sakit amandel. Caranya pun terbilang sederhana. Anda hanya tinggal menyiapkan dua sendok sari cuka apel yang dicampur dengan satu sendok madu pada satu gelas air hangat.

Tentu saja anak akan suka jika dibuatkan minuman seperti ini sebagai Obat Amandel Untuk Anak karena rasa segar yang membuat tenggorokan terasa lebih nyaman. Ramuan ini harus diminum sebanyak dua kali sehari dan harus diberikan secara teratur pada anak sampai peradangan pun benar-benar sembuh. 


Obat Amandel Untuk Anak Balita 2 Tahun Yang Bagus di Apotik

Jika amandel sudah tampak parah dan anak mudah rewel, maka akan sangat menyusahkan anda karena aktivitas anda pun jadi ikut terganggu. Untuk itu, tidak hanya dibutuhkan cara alami dan tradisional sebagai Obat Amandel Untuk Anak, tetapi juga sudah harus diperiksakan ke dokter guna mendapatkan resep obat yang tepat. Pilihan lainnya adalah pergi ke apotik untuk mendapatkan obat amandel untuk anak di apotik.

Berikut beberapa obat yang aman dikonsumsi untuk mengatasi amandel pada anak usia 2 tahun dan balita di apotik:

1. Antibiotik
Pada radang amandel kronis atau yang sudah parah, biasanya dokter akan membuatkan resep atau memberikan antibiotik guna membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan radang amandel. Tapi, jika radang amandelnya tergolong ringan, dokter tidak akan memberikan antibiotik. Antibiotik tidak akan bisa didapatkan tanpa adanya resep dokter. Dosis yang diberikan pun tergantung dari riwayat kesehatan anak.

2. Parasetamol
Selain obat untuk menurunkan demam, parasetamol juga bisa digunakan sebagai Obat Amandel Untuk Anak karena dapat meringankan rasa sakit dan nyeri saat sedang sakit amandel. Sebelum memberikan obat ini pada anak, pastikan dulu bahwa anda sudah berkonsultasi dengan dokter. Walaupun dapat meringankan rasa nyeri, obat ini tidak memiliki anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan amandel dan menghilangkannya secara total.

Untuk Aspirin, Aspirin memang seringkali digunakan sebagai obat untuk mengatasi sakit kepala tapi juga bisa digunakan untuk mengatasi amandel yang membengkak. Fungsinya adalah untuk mengurangi rasa sakit yang berlebih karena radang amandel. Namun, untuk anak-anak atau balita, anda tidak boleh memberikan obat ini. 

Saat anak sedang dalam tahap pengobatan, pastikan bahwa anak tidak didekatkan dengan anak yang sehat agar tidak terjadi penularan. Anak yang sedang mengalami radang amandel juga harus diberikan banyak air putih atau cairan lainnya sehingga anak tetap dalam kondisi yang tidak dehidrasi. Ketika anak dehidrasi, maka tenggorokan akan semakin kering sehingga makan dan minum pun akan terasa semakin sakit. Selama sakit amandel, si kecil juga harus mendapatkan pengawasan yang ketat seperti misalnya harus makan banyak sayuran, minum banyak air hangat, banyak istirahat, tidak terlalu lelah karena terus bermain dan berhenti makan makanan yang berminyak.

Obat Amandel Untuk Anak akan bekerja secara cepat jika anda juga membuatkan makanan dengan tekstur yang lebih lembut supaya anak tidak kesulitan menelan dan tubuh bisa menerima asupan makanan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh jika anda berniata mencari obat amandel untuk dewasa maka lihat artikel sebelumnya.

Demikian informasi lengkap tentang Obat Amandel Untuk Anak balita 2 tahun yang bagus. Sekian dari Tim Tenggorokan.COM, Semoga membantu!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon