Bagaimana Cara Meresep Obat Radang Tenggorokan Akut Secara Alami Tanpa Resep Dokter

Loading...
loading...
Biasanya obat radang tenggorokan akut akan diberikan oleh dokter. Obat berupa resep yang bisa ditebus di apotik. Namun banyak masyarakat yang terkadang kurang paham bahwa obat yang diresepkan dokter memang sudah sesuai standar. Pihak pasien tidak bisa begitu saja meresepkan atau meminta resep kepada apoteker. Obat-obatan apapun termasuk obat radang apalagi yang sudah kronis atau akut diharuskan untuk mengikuti resep dokter. 
Namun, jika dirasa takut untuk mengonsumsi obat radang tenggorokan akut yang terbuat dari bahan-bahan kimia, bisa mencoba bahan-bahan alami. Saat ini memang semakin banyak masyarakat yang was-was dengan penggunaan obat kimiawi yang disinyalir bisa memberikan efek samping berbahaya terlebih yang tidak diresepkan dokter. Maka dari itu, banyak yang beralih ke obat-obatan alami yang berasal dari alam sekitar yang tidak memiliki efek samping.

Cara Meresep Obat Radang Tenggorokan Akut Secara Alami Tanpa Resep Dokter

Cara Meresep Obat Radang Tenggorokan Akut Secara Alami Tanpa Resep Dokter
Kita tidak bisa meresepkan obat kimiawi sendiri. Namun kita bisa membuat sendiri ramuan yang terbuat dari bahan-bahan alami sebagai obat radang tenggorokan akut. Berikut beberapa diantaranya yang bisa dicoba sendiri dirumah jika ada anggota keluarga yang sakit tenggorokan akut:

a.Gunakan Madu Asli
Madu merupakan obat dari segala macam penyakit. Kandungan didalamnya yang sangat berkhasiat bukan hanya untuk orang sakit saja, ia juga mampu menjaga daya tahan tubuh agar tidak gampang terserang penyakit. Madu berperan sebagai anti-bakteri dan anti-inflamasi. Tidak heran ia juga seringkali digunakan untuk kesehatan dan kecantikan kulit seperti mengatasi jerawat yang notabennya berupa inflamasi dikulit.
Untuk Jamu obat radang tenggorokan akut, madu juga bisa dimanfaatkan khasiatnya. Anti-bakterinya mampu mengobati radang yang memang biasanya disebabkan bakteri. Untuk menggunakannya sebagai obat pada tenggorokan yang radang bisa diminum secara langsung satu sendok makan 2 kali sehari. Atau bisa juga dicampur dengan segelas air hangat untuk memudahkan menelannya.

b.Pakai Kunyit
Biasanya, kunyit dipakai untuk kesehatan dan kecantikan wanita. Namun khasiat kunyit tidak hanya sampai disitu. Ia memiliki khasiat untuk melawan infeksi pada tubuh. Tanaman berwarna kuning ini memiliki bau yang khas namun masih enak untuk dikonsumsi. Tidak heran jika ia juga sering menjadi bumbu masakan.
Untuk digunakan sebagai cara obat radang tenggorokan akut, kita bisa mencuci bersih beberapa 1 sampai 2 ruas kunyit berukuran sedang. Kemudian peras airnya. Lalu campurkan air perasan kunyit tersebut dengan 3/4 gelas air hangat. Selanjutnya, gunakan ramuan tersebut untuk berkumur-kumur. Artinya, kita tidak perlu sampai meminumnya. Lakukan 2 kali sehari pagi dan malam agar infeksi ditenggorokan bisa segera reda.

c. Dengan Daun Raspberry
Bagi yang menyukai buah raspberry yang segar, ternyata daunnya juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Antioksidan yang tinggi bisa berperan untuk melawan infeksi dan radikal bebas. Daun ini bisa dijadikan teh untuk dikonsumsi. Hal ini bisa membantu kita meningkatkan sistem imun tubuh dan melawan penuaan.
Disamping itu, teh dari daun raspberry juga bisa menjadi obat radang tenggorokan akut. Caranya yakni dengan menjemur daun raspberry sampai benar-benar kering. Setelah kering, tumbuk sebentar beberapa daun raspberry. Kemudian seduh daun teh tersebut dengan air panas. Namun minumlah teh tersebut ketika sudah hangat. Karena minuman yang terlalu panas bisa memperparah radang.

d. Teh Hijau
Sama halnya seperti teh dari daun raspberry, teh hijaupun memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Ia seringkali menjadi obat alami untuk meredakan sakit kepala, diare, dan lain-lain. Sifat anti-mikrobanya ternyata bisa juga membantu untuk mengobati radang tenggorokan. Ia bisa membuat tenggorokan menjadi lebih rileks, mengusir mikroba jahat, serta meningkatkan kekebalan tubuh.
Cukup mudah jika ingin menggunakan teh hijau untuk obat radang tenggorokan akut. Cukup meminum air seduhan teh dan meminumnya dipagi hari. Ia akan memberikan sensasi rileks pada tubuh dan rasa sakit dari radang akan berkurang. Selain teh hijau, kita bisa juga menggunakan jenis teh lainnya seperti chamomile ataupun teh hitam.

e. Cuka Apel
Cuka apel cukup menjadi trend karena banyak kalangan yang menggunakannya untuk digunakan sehari-hari baik untuk campuran masakan ataupun membantu proses diet. Namun nyatanya, cuka apel memiliki khasiat lain yakni sebagai anti-mikroba dimana ia bisa melawan bakteri yang bersarang ditubuh kita. Rasanya yang masam memang menyegarkan sehingga tidak akan sulit untuk menjadikannya obat.
Untuk mengobati radang tenggorokan, kita bisa mencampur 3/4 gelas air hangat dengan 2 sendok the atau satu sendok makan cuka apel. Kemudian minum air tersebut dua kali sehari. Kita bisa mendapatkan cuka apel dimanapun seperti supermarket. Tidak sulit untuk menemukannya namun pastikan cuka sari apel benar-benar murni.

f. Jus Kulit Manggis
Kulit manggis kaya akan antioksidan serta mampu berperan sebagai anti-virus dan anti-mikroba. Maka ia bisa digunakan sebagai obat radang tenggorokan akut. Rasanya yang pahit tentu saja akan sedikit menyulitkan untuk ditelan begitu saja. Namun karena tidak ada obat yang enak, rasa kulit manggis masih bisa diakali agar lebih enak.
Cuci bersih kulit manggis lalu seruk bagian dalamnya (yang seperti daging) dan masukkan dalam blender. Masukkan 3/4 gelas air matang dan haluskan. Untuk menambah rasa, kita bisa menambahkan satu sendok makan madu murni. Dan bisa juga menambahkan sedikit air jeruk lemon yang masam dan segar. Dengan begitu, jus kulit manggis bisa terasa lebih nikmat.

Bahaya Menyepelekan Obat Radang Tenggorokan Akut

Banyak yang mengira bahwa sakit radang tenggorokan itu hanya sakit ringan biasa yang nantinya akan sembuh dengan sendirinya. Padahal, ada bahaya lanjutan jika kita membiarkan sakit ini apalagi sampai berminggu-minggu seperti:

  • - Sinusitis
Tenggorokan berhubungan langsung dengan area pernafasan dan sinus. Jika radang tenggorokan dibiarkan tanpa pengobatan maka bisa menimbulkan sinusitis. Bakteri streptococcus yang menjadi penyebab radang tenggorokan akan menyebar dan sampai pada sinus dan menginfeksinya. Mengobati sinus tidak bisa secara instan. Perlu waktu dan proses dalam penyembuhannya meskipun ditangani oleh dokter.
  • - Gejala Penyakit Lain
Ketika kita menyepelekan untuk mencari obat radang tenggorokan akut, hal ini bisa memperparah kondisi peradangan dan mengundang penyakit lain untuk datang. Misalnya saja bronkhitis atau sakit kuning. Radang yang dibiarkan tidak terobati selama berminggu-minggu bisa membuat virus atau bakteri penyebabnya menyebar dan menginfeksi bagian tubuh yang lain. Terlebih jika radang tenggorokannya tergolong akut ataupun kronis.
Ketika tenggorokan sudah mulai terasa sakit, sebaiknya biasakan untuk memperbanyak minum air putih. Selain itu, memperbaiki jam istirahat juga dapat membantu untuk menguatkan sistem imun dan melawan segala macam invasi dari bakteri maupun virus. Tubuh akan sangat mudah diserang jika dalam kondisi yang kurang fit. Itulah informasi seputar obat radang tenggorokan akut dan bahayanya menyepelekan radang. Jika anda suatu saat mengalami maslah tenggorokan lagi silahkan kunjungi kami di Tenggorkan.Com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon