Obat Radang Tenggorokan Resep Dokter THT Untuk Anak Dan Dewasa Di Apotik

Loading...
loading...
Obat Radang Tenggorokan Resep Dokter . Setiap harinya, semua orang hidup berdampingan dan menjalin komunikasi. Semua terasa lengkap jika pita suara bekerja dengan baik dan menghasilkan suara untuk mempermudah komunikasi dan membangun percakapan satu sama lain. Berbeda kondisinya jika radang tenggorokan menyerang, yang membuat tenggorokan terasa sakit dan suara serak bahkan sampai hilang. Radang tenggorokan artinya bagian belakang tenggorokan mengalami peradangan atau yang disebut sebagai faringitis. Walaupun tidak menyerang semua bagian tenggorokan, tetap saja mengganggu rutinitas yang anda jalani. Tidak heran jika anda mungkin akan butuh Obat Radang Tenggorokan Resep Dokter.

Jika anda ingin membeli Obat Radang Tenggorokan Resep Dokter di apotek, yang anda dapatkan mungkin adalah antibiotik, tetapi anda tidak bisa membelinya secara sembarangan sebab harus ada resep dokter untuk membeli antibiotik. Selain itu, menggunakan antibiotik juga harus mengikuti aturan pakai. Itulah sebabnya antibiotik penjualannya cukup ketat dan dengan resep dokter. Untuk menyembuhkan radang tenggorokan, ada 3 golongan antbiotik yang umumnya digunakan seperti sefalosporin, makrolida dan Beta-laktam. Untuk menggunakan golongan mana yang tepat, dibutuhkan pertimbangan dari dokter yang memacu pada sejarah medis pasien. Itulah alasan mengapa dokter juga tidak sembarangan menyarankan antibiotik yang tepat.

Obat Radang Tenggorokan Resep Dokter THT Untuk Anak Dan Dewasa Di Apotik

Obat Radang Tenggorokan Resep Dokter THT Untuk Anak Dan Dewasa Di Apotik
Obat sakit tenggorokan di apotek contohnya adaah Bromhexine HCL 8 mg, Paracetamol 500 mg, Mebhydroline 50 mg dan Ciprofloxacin 500mg. Tetapi ini hanyalah informasi saja, jadi pertimbangan sekali lagi harus berdasarkan pemeriksaan dokter terlebih dahulu. Anda sangat disarankan untuk beronsultasi terlebih dulu pada dokter THT. Antibiotik tidak boleh sembarangan dikonsumsi, sebab jika salah malah tidak akan menyembuhkan radang tenggorokan. tidak akant erlalu menjadi masalah jika anda membeli obat yang bersifat non-antibiotik.

Antibiotik FG Troches untuk Radang Tenggorokan

Salah satu obat antibiotik yang tidak terlalu ketat pemakaiannya adalah FG Troches. Obat ini memiliki kandungan Fradiomisin dan Gramisidin. Penggunaannya seperti permen hisap dengan rasa manis dan tidak akan membuat anda kesulitan untuk mengkonsumsinya. Obat ini sangat cocok untuk penderita radang tenggorokan yang masih ringan. Obat ini tersedia di apotik dan dapat membunuh bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan. Cara kerjanya lokal, tidak sistemik dengan bentuk seperti permen Polo, terdapat lubang di tengah.

Dexamethasone Bbat

Umumnya, sakit tenggorokan juga dikaitkan dengan infeksi di area faring yang bisa dikarenakan virus atau bakteri. Faringitis muncul karena adanya GABHS grup A Beta Hemolitikus Stretococcus yang menjangkit sekitar 15 hingga 30% pada anak dan hanya 5 hingga 15% pada orang dewasa.

Radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh GERD, postnasal drip sekunder pada rhinitis, batuk tak sembuh-sembuh, alergi, infeksi di kelenjar tiroid, merokok dan adanya benda asing di tenggorokan.

Bahkan radang tenggorokan juga merupakan gejala dari penyakit lain seperti difteri, infeksi oleh mycoplasma, epiglottis, Epstain-Barr virus dan juga abses di tonsil.

Dari penyebab-penyebab di atas, maka Obat Radang Tenggorokan Resep Dokter yang harus diberikan untuk radang tenggorokan antara lain golongan antibiotik atau antipiretik/ penurun panas, mukolitik, kortikosteroid, aithistamin, antitusif dan ekspektoran.

Kunci utama pengobatan sakit tenggorokan adalah tubuh harus dalam kondisi yang baik. Jangan sampai ada tanda-tanda kekurangan cairan atau dehidrasi. Penderita harus mendapatkan asupan cairan baik oral atau melalui infus. Ketika merasa nyeri, maka akan membatasi pasien dalam mengkonsumsi makanan. Dalam kondisi yang sangat mengganggu, pasien harus mendapatkan perawatan inap di rumah sakit. Jika radang tenggorokan muncul disebabkan oleh infeksi bakteri, maka penderita dapat menerima Obat Radang Tenggorokan Resep Dokter yaitu antibiotik sesuai dengan bakteri penyebabnya.

Pemberian antibiotik saat awal atau saat hasil kultur sekret tenggorokan belum keluar akan memberikan beberapa keuntungan seperti memperpendek masa sakit, mempercepat masa pemulihan dan membatasi penularan. Tetapi, ada juga beberapa kerugian jika diberikan Obat Radang Tenggorokan Resep Dokter yaitu antibiotik lebih awal seperti terapi bisa gagal karena membatasi kemampuan tubuh dalam membentuk sistem pertahanan melawan infeksi dan reaksi obat yang bisa dicegah jika penyebabnya adalah selain bakteri.

Aturan Pakai
Obat Radang Tenggorokan Resep Dokter untuk antibiotik yang biasa digunakan adalah dari golongan penisilin sampai sefalosporin generasi 2 atau 3. Contohnya, Amoxicillin dengan aturan pakai 3 x 500 mg / hari atau Cefadroxil dengan dosis 2 x 500 mg / hari.

Betalaktam Antibiotik

Obat Radang Tenggorokan Resep Dokter berupa antibiotik selanjutnya adalah Betalaktam. Antibiotik ini yang paling sering digunakan terutama untuk menyembuhkan radang tenggorokan misalnya penisilin serta obat yang terkait seperti amoksisilin dan ampisilin. Penggunakan obat tersebut untuk 2 minggu dengan hasil efektif untuk menghilangkan bakteri jenis streptococcus group A. Banyak penelitian medis menunjukkan bahwa antibiotik jenis lain bisa digunakan jika antibiotik dari golongan ini tidak mampu mengatasi radang tenggorokan.

Cephalosporins-Sefalosporin Antibiotik

Seperti golongan penisilin, Sefalosporin berfungsi menghambat proses pembentukan dinding sel bakteri saat reproduksi. Antibiotik ini bisa mengobati berbagai infeksi bakteri yang tidak bisa disembuhkan dengan antibiotik jenis penisilin misalnya meningitis, gonorrhea dan lainnya.
Pada kasus penderita yang sensitif dengan penggunaan penisilin, Obat Radang Tenggorokan Resep Dokter dengan antibiotik sefaosporin bisa menjadi alternatif penyembuhan. Tetapi ada kalanya penderita yang alergi dengan penisilin, maka bisa alergi juga dengan antibiotik sefalosporin dan efek sampingnya adalah seperti kejang perut, demam, ruam atau juga diare.

Makrolida Antibiotik

Golongan berikutnya adalah Makrolida yang juga disebut sebagai macrolide yang menjadi salah satu alternatif antibiotik guna menyembuhkan radang tenggorokan. Golongan dari jenis antibiotik ini adalah azithomycin, klaritromisin dan eritromisin. Obat antibiotikt ersebut memberikan banyak manfaat. Contohnya, azithromycin hanya diminum oleh penderita selama 4 hingga 5 hari saja. Berbeda dengan antibiotik lainnya yang harus diminum bahkan hingga 2 minggu berturut-turut. Dengan kata lain, konsumsi azithromycin lebih singkat dengan efek samping pada organ lambung.

Jadi, Obat Radang Tenggorokan Resep Dokter tidak selalu sama pada setiap penderita radang tenggorokan. Dokter akan membuatkan resep obat radang tenggorokan berdasarkan usia, riwayat alergi, kondisi kesehatan penderita dan pertimbangan lainnya dengan memilih antibiotik yang tepat pada lokasi peradangan yang terkena infeksi. Tidak mungkin setiap pasien mendapatkan resep obat yang sama karena penyebab radang tenggorokannya juga pasti berbeda.
Jika sudah menebus Obat Radang Tenggorokan Resep Dokter di apotek, pastikan bahwa anda juga menjaga kesehatan seperti mengkonsumsi makanan dengan nilai gizi yang tinggi dengan kandungan vitamin C, memperbanyak waktu untuk istirahat, memperbanyak minum air hangat, membuat jus, menghindari rokok, asap rokok dan berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol. Dengan cara-caraa tersebut, maka apa yang sudah anda dapatkan dari dokter tidak akan sia-sia. Sehingga, proses penyembuhan yang sedang anda jalani bisa menjadi lebih cepat dan aktivitas anda pun bisa kembali normal seperti biasanya. Demikian dulu artikel tentang obat radang tenggorokan resep dokter dari Tenggorokan.COM . Semoga manfaat !

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon