13 Nama Resep Tanaman Obat Sakit Radang Tenggorokan Tradisional Pada Orang Dewasa Dan Anak

Loading...
loading...
Megatasi sakit radang tenggorokan dengan Obat Sakit Radang Tenggorokan tradisional menunjukkan khasiat yang tinggi. Radang tenggorokan kerap muncul karena serangan virus atau bakteri disaat penderita sedang mengalami daya tahan tubuh yang rendah. Radang tenggorokan atau juga Faringitis merupakan gangguan yang muncul disertai peradangan di bagian tenggorokan atau hulu tenggorokan yakni faring yang merupakan pertanda bahwa terdapat infeksi pada saluran pernapasan. Penderita akan mengalami iritasi, batuk, suara serak, sensasi gatal di tenggorokan bahkan sakit saat menelan makanan atau minuman.

Terdapat dua penyebab radang tenggorokan yakni virus atau bakteri serta non-infeksi seperti iritan, tumor, GERD dan juga alergi. Jika disebabkan oleh virus, maka penderita bisa sakit karena serangan common cold, flu, mononucleosis dan juga croup. Tetapi, jika disebabkan oleh bakteri maka bisa saja disebabkan oleh bakteri streptococcus pyogenes, batuk rejan yang menular pada saluran pernafasan dan juga difteri.

Sedangkan pada penyebab non-infeksi bisa jadi karena alergi debu, tenggorokan kering karena kekurangan cairan atau dehidrasi, adanya iritasi di tenggorokan karena makanan yang digoreng, GERD atau Gastroesophageal reflux disease, penderita positif infeksi virus HIV serta adanya tumor atau kanker walaupun masih sangat jarang terjadi di Indonesia.

Nama Resep Tanaman Obat Sakit Radang Tenggorokan Tradisional Pada Orang Dewasa Dan Anak

13 Nama Resep Tanaman Obat Sakit Radang Tenggorokan Tradisional Pada Orang Dewasa Dan Anak
Berikut Nama Obat Sakit Radang Tenggorokan dari herbal alami yang bisa diberikan sebagai obat tradisional untuk orang dewasa dan anak yang sedang mengalami peradangan di tenggorokan.

1. Daun ki tolod
Siapkan 3 lembar daun ki tolod dan 2 gelas air bersih. Bersihkan dulu daun dengan cara dicuci di air yang mengalir dan rebus daun dengan 2 gelas air bersih. Pastikan jika air rebusan benar-benar mendidih dan tersisa hanya 1 gelas. Saring airnya jika sudah dingin dan gunakan air rebusannya sebagai obat untuk diminum sebanyak 2 kali sehari pagi dan sore sampai sakit tenggorokan benar-benar hilang.

2. Tanaman baru cina
Siapkan tanaman baru cina yang masih segar sesuai kebutuhan. Tumbuk tanaman tersebut sampai benar-benar halus. Peras daunnya supaya keluar air hingga mencapai 1/2 cangkir sedang. Air perasan harus diminum sampai habis sebanyak 2 kali sehari dengan dosis yang sama. Lakukan sampai radang tenggorokan benar-benar hilang.

3. Belimbing
Siapkan 100 hingga 120 gram belimbing manis yang masih segar.
Buah belimbing dicuci bersih dan blender semuanya sampai buah benar-benar halus. Saring dengan menggunakan kain dan tamping pada sebuah cangkir. Minum air perasan jus belimbing yang bisa menjadi Obat Sakit Radang Tenggorokan secara rutin dan sampai benar-benar habis.

4. Tanaman ciplukan
Siapkan sebanyak 10 hingga 15 gram tanaman ciplukan serta 4 cangkir air.
Rebus dahulu tanaman ciplukan dalam panci dan campurkan dengan 4 cangkir air bersih. Rebus sampai benar-benar mendidih dan air tersisa hanya 2 cangkir.
Biarkan dingin dulu dan minum air rebusan sebanyak 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

5. Getah jeruk nipis
Siapkan jeruk nipis dan ambil getahnya. Siapkan juga garam secukupnya.
Getah bening jeruk nipis diletakkan dalam wadah dan tambahkan dengan garam. Aduk dan minum air perasan getah jeruk nipis sampai habis dan lakukan secara teratur.

6. Daun sirih
Siapkan daun sirih sebanyak 20 lembar berserta gula batu lembut sebanyak 15 sendok makan, air 2 botol.
Daun sirih yang sudah diambil di cuci dulu sampai benar-benar bersih dan rebus dengan 2 botol limun air bersih selama 30 menit. Saring air rebusan dan tambahkan dengan gula batu. Biarkan selama beberapa saat sampai mengental. jika tenggorokan anda berdahak atasi dengan Cara Mengeluarkan Dan Cara Menghilangkan Lendir Di Tenggorokan Yang Susah Keluar ini .

Obat Sakit Radang Tenggorokan ini bisa diminum sebanyak 1 sendok makan setiap 2 jam sekali saat tenggorokan sakit sampai benar-benar sembuh.

7. Daun waru
Tanaman berikutnya yang bisa menjadi obat untuk radang tenggorokan adalah daun waru.
Siapkan daun waru lengis muda 1 genggam serta gula batu lembut sebanyak 6 sendok makan dan air 1 botol limun.

Daun waru yang sudah disiapkan dicuci terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dan remas daun waru.
Rebus dengan gula batu dan saring air rebusannya.
Minum air rebusan sebanyak 1 jam sekali 1 sendok makan setiap hari selama tenggorokan sakit.
Ramuan ini bekerja dengan sangat optimal untuk mencairkan lendir yang kental yang ada pada tenggorokan.

8. Kuning telor ayam kampung
Anda juga bisa menyiapkan kuning telor ayam kampung dan juga garam secukupnya.
Semua bahan harus dicampur menjadi satu termasuk garam secukupnya.
Minum ramuan ini sebagai obat radang. Pastikan bahwa cara ini dilakukan beberapa kali supaya radang tenggorokan cepat sembuh.

9. Tangkai bunga sirih
Obat Sakit Radang Tenggorokan selanjutnya adalah dengan menyiapkan tangkai bunga sirih sebanyak 10 lembar, disertai gula batu lembut sebanyak 3 sendok makan, tulang daun sirih sebanyak 5 batang, air panas 1 gelas dan juga garam dapur.

Cuci terlebih dahulu tangkai dan tulang daun sirih hingga benar-benar bersih dan campurkan semua bahan. Gunakan air panas untuk menyeduh semua bahan dan aduk hingga merata. Biarkan beberapa menit supaya sedikit dingin dan minum obat ini sebanyak 2 kali sehari hingga habis dan hingga sembuh.

10. Gula batu dan daun sirih
Siapkan daun sirih sebanyak 125 g dan air sebanyak 1/2 liter. Sedangkan untuk gula batu dibutuhkan 250 g.

Cara pembuatannya adalah dengan mencuci daun sirih terlebih dahulu dan dicampur dengan gula batu.
Rebus kedua bahan tersebut dengan air bersih sebanyak 1/2 liter dan aduk sampai benar-benar rata ketika mendidih.
Cara ini adalah minuman herbal tradisional daun sirih yang harus diminum sebanyak 3 kali sehari. Minum secara rutin sampai radang tenggorokan benar-benar sembuh.

11. Bunga belimbing wuluh
Obat Sakit Radang Tenggorokan lainnya adalah dengan menggunakan bunga belimbing wuluh sebanyak 10 kuncup, air matang 1/4 gelas, gula batu yang lembut sebanyak 1 sendok makan, daun bayam duri tua sebanyak 15 lembar dan akar bayam duri 1 batang.

Caranya, semua bahan diatas harus ditumbuk sampai benar-benar halus dan tambahkan air matang serta gula batu. Aduk ramuan sampai merata dan minum sebanyak 2 kali sehari.

12. Bunga kenikir
Siapkan 13 g bunga kenikir atau Tagetes Erecta yang kering dan juga 2 gelas air bersih.
Rebus kenikir terlebih dahulu hingga mendidih. Biarkan selama beberapa menit sampai air rebusan tersisa setengahnya. Saring jika sudah dibiarkan beberapa menit hingga dingin.
Obat herbal ini dapat diminum sebanyak 2 kali sehari 1/2 gelas setiap minum.

13. Daun pepaya muda
Siapkan daun pepaya muda sebanyak 10 gr, perasan bawang merah 5 gr, perasan buah pecut kuda 5 gr, asam lama 5 gr, perasan buah lobak 5 gr dan juga air hangat.

Cuci daun pepaya dan bahan-bahan lainnya. Tambahkan perasan bawang merah, perasan buah pecut kuda, perasan buah lobak serta asam lama dan seduh dengan air hangat.
Ramuan ini adalah ramuan atau obat kumur, bukan untuk diminum.
Itulah informasi lengkap tentang nama resep tanaman Obat Sakit Radang Tenggorokan tradisional pada orang dewasa dan anak. Bagaimana puas dengan penjelasan Tenggorokan.COM? jika silahkan share ya . Semoga membantu anda!.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon