Tanya Apa Nama Obat Sakit Tenggorokan Di Apotek Yang Ampuh

Loading...
loading...
Sakit tenggorokan memang terdengar sepele, tetapi tidak bisa dibiarkan begitu saja karena akan membuat penderita merasa tidak nyaman dan aktivitasnya menjadi terganggu. Memang, sakit tenggorokan umumnya akan hilang sendiri dalam satu minggu tanpa membutuhkan perawatan medis atau Obat Sakit Tenggorokan Di Apotek tetapi jangka waktu penyembuhannya tergantung kondisi seberapa parah sakit tenggorokan yang dirasakan oleh penderita. Biasanya, obat di apotek atau dari dokter diberikan bila sakitnya sudah tidak bisa ditahan lagi sebagaimana keluhan yang disampaikan oleh penderita.

Tanya Apa Nama Obat Sakit Tenggorokan Di Apotek Yang Ampuh
Tanya Apa Nama Obat Sakit Tenggorokan Di Apotek Yang Ampuh

Ada berbagai penyebab munculnya sakit tenggorokan seperti virus atau bakteri. Jika penyebabya adalah infeksi virus flu dan batuk, maka sakit tenggorokan yang diderita tergolong ringan sehingga tidak perlu cemas karena dapat diobati dengan lebih mudah dibandingkan pada radang tenggorokan. Tidak hanya sakit di tenggorokan yang bisa dirasakan lainnya, biasanya jika disebabkan oleh virus flu dan batuk maka penderita juga akan merasakan gejala demam.

Penyebab lainnya adalah infeksi bakteri. Sehingga, muncul peradangan di tenggorokan atau disebut peradangan uvula. Infeksi bakteri juga bisa menyebabkan radang tenggorokan karena batuk kering atau batuk berdahak dan juga infeksi amandel. Bahkan, ada juga penderita yang mengeluh tenggorokannya sakit dikarenakan penyumbatan di saluran tenggorokan.

Selain disebabkan oleh virus atau bakteri, sakit tenggorokan juga bisa muncul karena adanya iritasi atau luka di tenggorokan. Atau bisa disebut sakit tenggorokan karena panas dalam.

Beberapa faktor lainnya yang membuat tenggorokan terasa sakit adalah:

1. Perubahan suhu yang dingin
2. Penderita yang alergi flu dan kesulitan bernapas melalui hidung sehingga bernapas melalui mulut dan menyebabkan iritasi serta menimbulkan sakit tenggorokan.
3. Terlalu sering berteriak, bernyanyi atau marah-marah.
4. Bekerja terlalu berat sampai tubuh dalam kondisi lemah dan daya tahan tubuh menurun sehingga mudah terserang penyakit.
5. Banyak merokok dan kebiasaan minum alkohol.
6. Sakit maag dan asam lambung naik ke tenggorokan.


Obat Sakit Tenggorokan Di Apotek bisa membantu meringankan iritasi di tenggorokan. Sebab dengan cara alami, iritasi di tenggorokan bisa sembuh cukup lama yakni paling tidak seminggu. Jarang sekali ada kasus penderita sakit tenggorokan bisa sembuh dengan cepat. Dalam kurun waktu tersebut, penderita akan kesulitan makan karena sakit untuk menelan.

Memang, penyebab dari sakit tenggorokan cukup banyak, tetapi ada pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk penderita yakni dengan menggunakan obat antibiotik. Sebab, secara umumnya, sakit tenggorokan yang muncul disebabkan oleh infeksi virus. Antibiotik digunakan untu membunuh bakteri. Tetapi sisi negatifnya adalah antibiotik mampu membuat virus jahat menjadi kebal. Maka dari itu, sebelum menggunakan antibiotik sebaiknya penderita harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat sakit tenggorokan di apotik, sebaiknya dianjurkan penderita untuk melakukan pencegahan serta pengobatan secara alami terlebih dahulu. Maksud dari pengobatan secara alami adalah pengobatan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai upaya menghindari obat berbahan dasar kimia. Walaupun, semua obat-obatan kimia yang beredar sudah di uji di laboratorium dengan berbagai proses. Obat sakit tenggorokan secara alami bisa menjadi alternatif bagi penderita terutama jika penderita menginginkan obat yang mudah dicari, lebih ekonomis dan tentu saja efektif tanpa memberikan efek samping seperti menyebabkan kantuk atau lainnya.

Berikut beberapa obat alami yang bisa penderita coba saat sakit tenggorokan:

1. Makan dan minum yang hangat saja.
Pastikan penderita mengkonsumsi makanan dan minuman yang hangat. Artinya, semua yang dikonsumsi tidak boleh terlalu dingin atau terlalu panas. Jika terlalu dingin, maka tidak akan membantu meringankan infeksi dalam tenggorokan. Jika terlalu panas, maka akan menimbulkan sensasi tenggorokan seperti terbakar dan bahkan memperparah luka atau infeksi di tenggorokan.
Penderita bisa diberikan makanan hangat seperti sop ayam berkaldu, bakso, soto sedangkan minumannya bisa jus, air putih hangat, teh hangat dan lainnya. Penderita juga harus menghindari makanan dengan kandungan merica serta wajib mengkonsumsi makanan tanpa cabe atau yang pedas-pedas dulu.

2. Kumur air hangat dan 1/2 sdt. garam
Gunakan campuran air hangat dan 1/2 sdt. garam sebagai obat kumur. Cara ini adalah yang paling mudah dilakukan jika sedang sakit tenggrokan. Sebab, garam selalu ada di rumah karena fungsinya sebagai pelengkap bumbu masakan.

Agar hasil lebih maksimal, pastikan jika penderita selalu berkumur air garam hangat setiap setengah jam atau satu jam. Cara ini terbukti ampuh untuk mengurangi pembengkakan yang muncul di tenggorokan sehingga akan mengurangi rasa sakit pada penderita.

3. Kumur dengan Listerine
Jika anda merasa ragu dengan menggunakan air garam hangat sebagai cara untuk mengusir sakit tenggorokan, gunakan Listerine sebagai obat kumur. Listerine memiliki peran penting untuk mengusir kuman di mulut dan juga di tenggorokan. Listerine digunakan sebagai obat kumur, bukan ditelan.

4. Untuk penderita maag, sembuhkan maag telebih dahulu
Percaya atau tidak, maag erat kaitannya sebagai salah satu penyebab munculnya sakit tenggorokan. Jika penderita memiliki riwayat sakit maag, asam lambung yang naik bisa mencapai ke tenggorokan. Dengan demikian, terjadilah peradangan di tenggorokan yang membuat penderita merasa sakit.

5. Hentikan kebiasaan buruk selamanya atau sementara
Ada beberapa kebiasaan buruk yang selalu menjadi pemicu radang atau sakit tenggorokan seperti misalnya mengkonsumsi minuman beralkohol, softdrink dan juga merokok. Jika penderita tinggal di lingkungan dengan tingkat polusi tinggi, sebaiknya sering menggunakan masker saat keluar rumah dan jika tidak sedang ada kepentingan, sebaiknya tetap di rumah saja.

7. Makan permen pelega tenggorokan
Permen pelega tenggorokan juga bisa menjadi cara alami mengobati sakit tenggorokan ketimbang menggunakan Obat Sakit Tenggorokan Di Apotek. Permen pelega tenggorokan memiliki kandungan mint yang bekerja untuk melegakan tenggorokan, meringankan rasa nyeri sekaligus merangsang produksi lendir di tenggorokan sehingga tenggorokan tetap lembab.

Nama Obat Sakit Tenggorokan Di Apotek Paling Ampuh

Obat Sakit Tenggorokan Di Apotek baru dibutuhkan jika tidak kunjung sembuh setelah penderita melakukan perawatan intensif secara alami di rumah seperti cara-cara di atas. Ada beberapa obat apotik yang bisa diperoleh tanpa resep dokter. Namun, tidak ada salahnya untuk pergi ke dokter terlebih dahulu supaya dibuatkan resep obat supaya penanganan benar-benar tepat.

Berikut beberapa Merk Obat Sakit Tenggorokan Di Apotek yang bisa penderita coba dan cukup ampuh:

1. Jika disebabkan oleh panas dalam, penderita bisa mengkonsumsi obat berikut:
  • Adem Sari Ching Ku
  • Adem Sari Fresh Sachet

2. Jika tenggorokan yang sakit dikarenakan adanya iritasi atau luka, hilangkan nyeri di tenggorokan dengan Obat Sakit Tenggorokan Di Apotek seperti berikut:
  •  Coldizo
  • Decamedin
  • Degirol
  • Enkasari Lozenges Tablet
  • Jesscool Tablet EFF
  • Noscapax Sirup

Perlu dicatat bahwa Obat Sakit Tenggorokan Di Apotek tidak langsung membuat sakit tenggorokan penderita mendadak sembuh dan hilang. Semua juga butuh perawatan yang berlanjut seperti misalnya istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, tidak membiarkan tubuh kehilangan cairan, hindari kerja berat dan stress, konsumsi makanan bertekstur lembut dan hangat serta menghindari gaya hidup yang kurang sehat termasuk merokok, minum minuman beralkohol atau makan makanan sembarangan.
 Silahkan coba mana yang tepat dan sesuai dengan penyebab sakit tengggorokan anda agar cepar sembuh dan reda kembali .Demikian informasi lengkap tentang tanya apa nama Obat Sakit Tenggorokan Di Apotek yang ampuh. Salam Sehat dari Tenggorokan.COM , Semoga membantu!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon