Macam-Macam Dan Jenis Penyakit Tenggorokan , Penyebab Dan Gejalanya

Loading...
loading...
Penyakit tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang cukup mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Jika tidak segera diobati selain membuat aktivitas menjadi terganggu juga akan membuat tenggorokan terasa sakit apabila digunakan menelan makanan maupun menelan ludah.Banyak jenis dari penyakit tenggorokan yang dapat kita ketahui, sehingga dalam mengobati sakit tenggorokjan dapat menjadi tepat sasaran. Selain itu pada artikel ini kita akan mengetahui secara lengkap penyebab dan gejala dari penyekit tenggorokan.

Macam-Macam Dan Jenis Penyakit Tenggorokan , Penyebab Dan Gejalanya

Dengan mengetahui penyebab dan juga gejala dari penyakit tenggorokan maka kita dapat dengan cepat untuk mengatasinya supaya tidak berlarut-larut serta menjadi penyakit yang lebih serisu. Untuk lebih jelasnya mari kita baca sampai tuntas tentang penyakit tenggorokan secara lengkap di sini.

Macam-macam dan Jenis Penyakit Tenggorokan

Macam-Macam Dan Jenis Penyakit Tenggorokan , Penyebab Dan Gejalanya

Ada dua jenis penyakit tenggorokan yang dapat kita ketahui diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Penyakit tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri

Penyebab sakit tenggorokan karena bakteri ini biasanya akan menginfeksi bagian tubuh sehingga akan muncul berbagai penyakit pada mulut. Penyakit tenggorokan karena bakteri ini akan membuat susah menelan makanan dan terasa sakit.
Penyakit tenggorokan karena bakteri ini biasanya muncul lewat makanan maupun lewat udara yang masuk lewat mulut. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini misalnya sariawan.

Untuk mencegahnya kita dapatt meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin serta menerapkan pola hidup yang sehat.

2. Penyakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus

Penyakit tenggorokan yang disebabkan olh virus ini tidak bisa diobati karena akan hilang dengan sendirinya. Walaupun begitu pemberian obat tetap diperlukan karena dapat meredakan rasa sakit terutama pada penyakit tenggorokan yang dapat mengakibatkan susah menelan.

Biasanya obat yang diberikan bukan bersifat dapat membunuh virus namun dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta dapat membantu mengurangi gejala pada penyakit tenggorokan yang dapat mengganggu. Penyakit tenggorokan karena virus ini misalnya flu dan batuk. jadi dari dua jenis penyebab diatas akan menimbulak macam-macam penyaki Tenggorokan seperti penyakit tenggorokan difteri,  penyakit tenggorokan bengkak, penyakit tenggorokan kering, penyakit tenggorokan berdahak,radang tenggorokan

Penyebab Penyakit Tenggorokan

Adapun penyebab penyakit tenggorokan yaitu sebagai berikut.

1. Alergi
Alergi terhadap sesuatu juga dapat menyebabkan penyakit pada tenggorokan. Misalnya alergi bulu, debu atau jenis makanan tertentu. Jika memiliki alergi tertentu sebaiknya kita tidak mendekati makanan atau hal lain yang dapat menyebabkan alergi.

2. Iritasi
Penyebab yang kedua yaitu iritasi. Penyebab ini banyak dijumpai pada orang yang menderita penyakit tenggorokan. Iritasi ini biasanya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Makanan yang dapat membuat iritasi dan menyebabkan penyakit tenggorokan diantaranya yaitu makanan yang mengandung minyak, makanan terlalu panas, dan makanan pedas.

Selain itu ada beberapa jenis minuman lain yang dikonsumsi dan dapat menyebabkan penyakit tenggorokan yaitu alkohol. Asap rokok juga dapat menyebabkan iritasi.

3. Kekeringan
Penyebab ketiga yaitu karena kekeringan. Yang dimaksud kekeringan di sini bukanlah kekeringan pada musim kemarau melainkan tenggorokan yang kering. Tenggorokan kering dapat terjadi karena suhu yang terlalu panas serta kurangnya minum.

Hal lain yang dapat menyebabkan kekeringan yaitu ketika flu atau hidung tersumbat sering bernafas menggunakan mulut. Jika ini dilakukan secara terus menerus maka dapat menyebabkan radang tenggorokan.


4. GERD

GERD merupakan gangguan pada sistem pencernaan yaitu asam lambung serta isi yang lain dari lambung naik ke esofagus. FERD sendiri merupakan singkatan dari Gastroesophageal reflux disease). Isi dari lambung yang asam tersebut dapat mengiritasi sehingga dapat menyebabkan penyakit tenggorokan.

5. Infeksi HIV

Seseorang yang terinfeksi HIV akan mengalami penyakit tenggorokan dan gejala mirip flu. Sakit tenggorokan dan gejala mirip flu tersebut akan muncul pada awal seseorang terinfeksi virus HIV. Pada seseorang yang terinfeksi HIV positif akan mengalami radang tenggorokan kronis secara berulang.

6. Tumor

Penyebab yang lainnya yaitu karena tumor. Penyebab ini jarang sekali ditemui, namun tumor pada tenggorokan, laring, maupun lidah dapat menjadi penyebab penyakit pada tenggorokan. Penyebab penyakit tenggorokan karena tumor ini akan mengakibatkan suara menjadi serak, sulit untuk menelan, napasnya berisik, benjolan pada leher, serta ketika batuk terdapat dahak yang berdarah. dari penjelasan tersebut bisa jadi  jawaban sering sakit tenggorokan gejala penyakit apa ? tapi untuk jelasnya konsultasikanlah pada dokter atau tim medis lainnya untuk di diagnosa lebih lanjut .
Baca juga :     Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Bangun Tidur dan Susah Menelan

Gejala Penyakit Tenggorokan


Untuk mengetahui kita sedang menderita penyakit tenggorokan atau tidak maka dapat diuketahui dari gejala-gejala yang ada. Gejala penyakit tenggorokan diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Tenggorokan terasa kering dan gatal
Gejala penyakit tenggorokan yaitu tenggorokan akan terasa kering dan juga gatal. Biasanya gejala pertama ini akan hilang dengan sendirinya. Namun apabila berkelanjutan dapat diatasi dengan memperbanyak minum air putih, atau dapat juga dengan mengkonsumsi makanan atau vitamin yang dapat menjaga daya tahan tubuh.

2. Rasa sakit ketika menelan
Penyakit yang berhubungan dengan tenggorokan akan menyebabkan rasa sakit ketika menelan. Dengan sakit ketika menelan ini makanan yang kita konsumsi dapat berkurang karena akan menjadikan malas untuk makan. Jika sudah merasakan gejala seperti ini maka jangan biarkan begitu saja karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.
Kita dapat mengatasinya dengan menggunakan obat alami maupun obat apotik yang tersedia. Dapat juga dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menjaga daya tahan tubuh kita.

3. Kelenjar getah bening yang bengkak
Gejala selanjutnya yaitu kelenjar getah bening yang membengkak. Hal ini dapat terjadi pada semua usia anan-anak maupun pada dewasa. Ketika awal terinfeksi virus yang dapat menyebabkan penyakit tenggorokan maka getah bening biasanya akan membengkak.

Letak getah bening berada di bagian atas pada pangkal leher. Jika ingin mengetahui bengkak atau tidak dapat dilakukan dengan menyentuh bagian atas leher pada atas bagian kanan dan kiri. Jika terasa bengkak serta tenggorokan mulai tidak nyaman berarti kita mengalami sakit tenggorokan.

4. Pangkal Tenggorokan Memerah
Gejala selanjutnya yaitu pangkal tenggorokan menjadi memerah. Ciri ini dapat dilihat dengan berada di depan kaca. Caranya yaitu dengan membuka mulut lebar-lebar kemudian lihatlah pada pangkal tenggorokan.

Jika yang kita lihat adalah warna pangkal tenggorokan yang memerah dan terdapat bercak putih berarti penyakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri. Biasanya warna merah disertai bercak putih akan muncul di daerah amandel. Jika memiliki gejala seperti itu maka kita sedang mengalami sakit tenggorokan.
Baca juga:Penyakit Tenggorokan , Gejala , Penyebabnya Yang Perlu Anda Tahu
Penyakit pada tenggorokan memang perlu diketahui secara detail mulai penyebab dan gejala yang ditimbulkan. Dengan mengetahuinya dari awal maka kita dapat sesegera mungkin mengatasinya. Hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan obat alami maupun menggunakan obat yang ada di apotik.

Obat alami maupun dari apotik sama saja kegunaannya yaitu untuk meredakan penyakit tenggorokan. Selain itu memperbanyak minum air putih terutama yang hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

Namun apabila cara tersebut tidak menyebabkan rasa sakit berkurang makla kita dapat memeriksakannya ke dokter. Dokter akan menganalisis serta memberikan resep yang lebih tepat. Demikian beberapa ulasan tentang penyakit tenggorokan yang dapat diberikan semoga dapat bermanfaat bagi kita jangan lupa Tenggorkan.COM bila anda mengalami masalah tenggorokan .

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon